.

.

SMPPKN-05 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS …………………….. TAHUN ……………….

Share on :

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn
MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL
STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
PADA SISWA KELAS ……………………..
TAHUN ………………..


KARYA TULIS ILMIAH

OLEH
………………………
NIP : ………………..




DINAS PENDIDIKAN KOTA ……………………
………………………………………………


HALAMAN PENGESAHAN

KARYA ILMIAH

BERJUDUL :
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD
(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
PADA SISWA KELAS ………………………..
TAHUN …………………..


OLEH
…………………………..

TELAH DISETUJUI,
Pengelola Perpustakaan                                                          Ketua PGRI
Kota



        …………………………                                            …………………………        NIP : ………………….                                                NIP : ………………….



KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “ Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division ) Pada siswa Kelas ……………………………………. Tahun ……………., penyusunan karya ilmiah ini kami susun untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi guru dari …….
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, untuk ityu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada :
1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota …………………..
2.      Yth. Ketua PGRI Kota …………………..
3.      yth. Rekan-rekan Guru …………………..
4.      Semua pihak yang telah banyak membantu, sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

…………, Desember 2005


Penulis


ABSTRAK

.........., ………, 2005. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division ) Pada siswa Kelas ……………………………………. Tahun …………….,


Kata Kunci : PKn, metode pembelajaran kooperatif

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas …………... …………………….…….. tahun pelajaran …………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa ………………… ………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.

DAFTAR ISI


Halama
Halaman Judul ..........................................................................................................
Halaman Pengesahan ................................................................................................
Kata pengantar ..........................................................................................................
Abstrak .....................................................................................................................
Daftar Isi....................................................................................................................
Daftar Lampiran........................................................................................................
BAB       I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah..............................................................
B.     Rumusan Masalah........................................................................
C.     Tujuan Penelitian.........................................................................
D.    Manfaat Penelitian.......................................................................
E.     Penjelasan istilah..........................................................................
F.      Batasan Masalah..........................................................................
BAB      II       KAJIAN PUSTAKA
A.    Menarik Minat dan Perhatian Siswa............................................
B.     Membangkitkan Motivasi Siswa..................................................
C.     Definisi Pembelajaran..................................................................

D.    Pembelajaran Kooperatif.............................................................
E.     Keterampilan-Keterampilan Kooperatif......................................
F.      Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD.........................
BAB      III     METODOLOGI PENELITIAN
A.    Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian.......................................
B.     Rancangan Penelitian...................................................................
C.     Alat Pengumpil Data...................................................................
D.    Analisis Data................................................................................
BAB      IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Analisis Data Penelitian Persiklus................................................
B.     Pembahasan.................................................................................
BAB       V     SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan......................................................................................
B.     Saran............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................







DAFTAR LAMPIRAN


Halaman

Lampiran 1.   Rencana Pembelajaran 1......................................................................
Lampiran 2.   Rencana Pembelajaran 2......................................................................
Lampiran 3.   Rencana Pembelajaran 3......................................................................
Lampiran 4.   Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran
                      Kooperatif Model STAD.....................................................................
Lampiran 5.   Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa dan Guru dalam KBM.............
Lampiran 6.   Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I......................
Lampiran 7.   Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran II.....................
Lampiran 8.   Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran III...................
Lampiran 9.   Penelitian Cooperatif Learning Pada Siklus I.....................................
Lampiran 10. Penelitian Cooperatif Learning Pada Siklus II....................................
Lampiran 11. Penelitian Cooperatif Learning Pada Siklus III..................................





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan. Oleh sebab itu, guru  harus memikirkan dan membuat perencanaan secaraa seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya.
Hal ini menuntut perubahan-perubahan dalam mengorganisasikan kelas, penggunaan metode mengajar, strategi belajar mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar-mengajar, bertindak sebagai fasilitor yang berusaha mencipatakan kondisi belajar mengajar yang efektif, sehingga memungkinkan proses belajar mengajar, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai. Untuk memenuhi hal tersebut di atas, guru dituntut mampu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa, sehingga ia mau belajar karena siswalah subyek utama dalam belajar.
Mengajar adalah membimbing belajar siswa sehingga ia mampu belajar. Dengan demikian aktifitas siswa sangat diperlukan dalam kegiatan belajar-mengajar sehingga siswalah yang seharusnya banyak aktif, sebab siswa sebagai subyek didik adalah yang merencanakan, dan ia sendiri yang melaksanakan belajar. Pada kenyataan, di sekolah-sekolah seringkali guru yang aktif, sehingga siswa tidak diberi kesempatan untuk aktif.
Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif. Namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasana kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
Pembelajaran PKn tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktifitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas dengan bekerja dalam kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo, 2000:24).
Pembelajaran kooperatif lebih menekankan interaksi antar siswa. Dari sini siswa akan melakukan komunikasi aktif dengan sesama temannya. Dengan komunikasi tersebut diharapkan siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan mudah karena “siswa lebih mudah memahami penjelasan dari kawannya dibanding penjelasan dari guru, karena taraf pengetahuan serta pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”. (Sulaiman dalam Wahyuni 2001: 2).
Pete Tschumi dari Universitas Arkansas Little Rock memperkenalkan suatu ilmu pengetahuan pengantar pelajaran komputer selama tiga kali, yang pertama siswa bekerja secaraa individu, dan dua kali secaraa kelompok. Dalam kelas pertama hanya 36% siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik, dan dalam kelas yang bekerja secaraa kooperatif ada 58% dan 65% siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik (Felder, 199: 14).
Berasarkan paparan tersebut di atas, maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas …………………………………. Tahun Pelajaran ……………………

B.     Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang di atas, maka penulis merumuskan permasalahannya sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas …………………………… tahun pelajaran ..........?.
2.      Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model STAD terhadap motivasi belajar PKn pada siswa kelas …….………………….. ……………tahun pelajaran ..........?.

C.    Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas ……………….. ………………..tahun pelajaran  ...........
  2. Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas……………..…  …………………..tahun pelajaran ...........
  3. Memberikan gambaran tentang metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
D.   Hipotesis Tindakan
Berdasarkan pada permasalahan dalam penelitian tindakan yang berjudul ……………………………. yang dilakukan oleh peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut:
"Jika Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas ………………. menggunakan metode………………. dalam menyampaikan materi pembelajaran, maka dimungkinkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas …………………… akan lebih baik dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru sebelumnya".

D.    Manfaat Penelitian
     Adapun maksud penulis mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
  1. Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru PKn dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar PKn.
  2. Sumbangan pemikiran bagi guru PKn dalam mengajar dan meningkatkan  pemahaman siswa belajar PKn.
  3. Proses belajar mengajar PKn tidak lagi monoton.
  4. Ditemukannya strategi pembelajaran yang tepat, tidak konvesional tetapi variatif.
  5. Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas mandiri maupun kelompok meningkat.
  6. Menjadikan bahan ajar lebih menarik, sehingga proses pembelajaran sesuai dengan tujuan dan prestasi akademik siswa semakin meningkat. 

E.     Penjelasan Istilah
       Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap tujuan ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut  :
1.      Metode pembelajaran kooperatif adalah :
      Suatu metode pembelajaran dengan cara mengelompokkkan siswa ke dalam kelompok – kelompok kecil untuk bekerja sama dalam pemechan masalah dengan kemampuan siswa dalam setiap kelompok yang heterogen.
2.      Motivasi belajar adalah :
      Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalan diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu. 
3.   Prtestasi belajar adalah :
      Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.

F.     Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi :
1.      Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa Kelas ……………………………..
      ………….. Tahun Pelajaran ……….
2.      Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November semester ganjil tahun pelajaran …………..
3.      Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan …………………..

0 comments on SMPPKN-05 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS …………………….. TAHUN ………………. :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search