UPAYA MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR PKn
MELALUI METODE
PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL
STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT
DIVISION)
PADA SISWA KELAS ……………………..
TAHUN ………………..
KARYA TULIS ILMIAH
OLEH
………………………
NIP : ………………..
DINAS PENDIDIKAN KOTA
……………………
………………………………………………
HALAMAN PENGESAHAN
KARYA ILMIAH
BERJUDUL :
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD
(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
PADA SISWA KELAS ………………………..
TAHUN …………………..
OLEH
…………………………..
TELAH DISETUJUI,
Pengelola
Perpustakaan Ketua
PGRI
………………………… ………………………… NIP : …………………. NIP : ………………….
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah
SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan
tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “ Upaya Meningkatkan Prestasi
Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams
Achievement Division ) Pada siswa Kelas ……………………………………. Tahun …………….,
penyusunan karya ilmiah ini kami susun untuk memenuhi persyaratan kenaikan
golongan profesi guru dari …….
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak
mendapat bantuan dari berbagai pihak, untuk ityu terima kasih ucapkan dengan
tulus dan sedalam-dalamnya kepada :
1.
Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota …………………..
2.
Yth. Ketua PGRI Kota …………………..
3.
yth. Rekan-rekan Guru …………………..
4.
Semua pihak yang telah banyak
membantu, sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh
dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari
semua pihak selalu penulis harapkan.
…………, Desember 2005
Penulis
ABSTRAK
.........., ………, 2005. Upaya Meningkatkan Prestasi
Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams
Achievement Division ) Pada siswa Kelas ……………………………………. Tahun …………….,
Kata Kunci :
PKn, metode pembelajaran kooperatif
Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif.
Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif,
namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan
memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa
yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa
kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan
penguasaan materi pelajaran.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran
kooperatif model STAD ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran
kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui
peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif.
(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkannya
pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat
dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif
dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu :
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian
ini adalah siswa kelas …………... …………………….…….. tahun pelajaran …………….. Data yang
diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar
mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II
(81,58%), siklus III (94,74%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif
dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa …………………
………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternative pembelajaran PKn.
DAFTAR ISI
Halama
Halaman Judul ..........................................................................................................
Halaman Pengesahan ................................................................................................
Kata pengantar ..........................................................................................................
Abstrak .....................................................................................................................
Daftar Isi....................................................................................................................
Daftar Lampiran........................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah..............................................................
B.
Rumusan Masalah........................................................................
C.
Tujuan Penelitian.........................................................................
D.
Manfaat Penelitian.......................................................................
E.
Penjelasan istilah..........................................................................
F.
Batasan Masalah..........................................................................
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.
Menarik Minat dan Perhatian
Siswa............................................
B.
Membangkitkan Motivasi Siswa..................................................
C.
Definisi Pembelajaran..................................................................
D.
Pembelajaran Kooperatif.............................................................
E.
Keterampilan-Keterampilan
Kooperatif......................................
F.
Metode Pembelajaran Kooperatif
Model STAD.........................
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A.
Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian.......................................
B.
Rancangan Penelitian...................................................................
C.
Alat Pengumpil Data...................................................................
D.
Analisis Data................................................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Analisis Data Penelitian
Persiklus................................................
B.
Pembahasan.................................................................................
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A.
Simpulan......................................................................................
B.
Saran............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1. Rencana
Pembelajaran 1......................................................................
Lampiran 2. Rencana Pembelajaran
2......................................................................
Lampiran 3. Rencana
Pembelajaran 3......................................................................
Lampiran 4. Lembar
Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran
Kooperatif Model STAD.....................................................................
Lampiran 5. Lembar
Pengamatan Aktivitas Siswa dan Guru dalam KBM.............
Lampiran 6. Data Pengamatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I......................
Lampiran 7. Data Pengamatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran II.....................
Lampiran 8. Data Pengamatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran III...................
Lampiran 9. Penelitian
Cooperatif Learning Pada Siklus I.....................................
Lampiran 10. Penelitian Cooperatif Learning Pada Siklus II....................................
Lampiran 11. Penelitian Cooperatif Learning Pada Siklus III..................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Guru memiliki peranan yang sangat
penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan.
Oleh sebab itu, guru harus memikirkan
dan membuat perencanaan secaraa seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar
bagi siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya.
Hal ini menuntut perubahan-perubahan
dalam mengorganisasikan kelas, penggunaan metode mengajar, strategi belajar
mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses belajar
mengajar. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar-mengajar, bertindak
sebagai fasilitor yang berusaha mencipatakan kondisi belajar mengajar yang
efektif, sehingga memungkinkan proses belajar mengajar, mengembangkan bahan
pelajaran dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak
pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai. Untuk
memenuhi hal tersebut di atas, guru dituntut mampu mengelola proses belajar
mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa, sehingga ia mau belajar
karena siswalah subyek utama dalam belajar.
Mengajar adalah membimbing belajar
siswa sehingga ia mampu belajar. Dengan demikian aktifitas siswa sangat
diperlukan dalam kegiatan belajar-mengajar sehingga siswalah yang seharusnya
banyak aktif, sebab siswa sebagai subyek didik adalah yang merencanakan, dan ia
sendiri yang melaksanakan belajar. Pada kenyataan, di sekolah-sekolah seringkali
guru yang aktif, sehingga siswa tidak diberi kesempatan untuk aktif.
Kegiatan belajar bersama dapat
membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang
dapat menstimulasi belajar aktif. Namun kemampuan untuk mengajar melalui
kegiatan kerjasana kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan
belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan
teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan
mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
Pembelajaran PKn tidak lagi
mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih
mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu
aktifitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas
dengan bekerja dalam kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain.
(Hartoyo, 2000:24).
Pembelajaran kooperatif lebih
menekankan interaksi antar siswa. Dari sini siswa akan melakukan komunikasi
aktif dengan sesama temannya. Dengan komunikasi tersebut diharapkan siswa dapat
menguasai materi pelajaran dengan mudah karena “siswa lebih mudah memahami
penjelasan dari kawannya dibanding penjelasan dari guru, karena taraf
pengetahuan serta pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”. (Sulaiman dalam
Wahyuni 2001: 2).
Pete Tschumi dari Universitas
Arkansas Little Rock memperkenalkan suatu ilmu pengetahuan pengantar pelajaran
komputer selama tiga kali, yang pertama siswa bekerja secaraa individu, dan dua
kali secaraa kelompok. Dalam kelas pertama hanya 36% siswa yang mendapat nilai
C atau lebih baik, dan dalam kelas yang bekerja secaraa kooperatif ada 58% dan
65% siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik (Felder, 199: 14).
Berasarkan paparan tersebut di atas,
maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan judul “Upaya
Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model
STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas …………………………………. Tahun
Pelajaran ……………………
B.
Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang di
atas, maka penulis merumuskan permasalahannya sebagai berikut:
1.
Bagaimanakah peningkatan
prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model
STAD pada siswa kelas …………………………… tahun pelajaran ..........?.
2.
Bagaimanakah pengaruh metode
pembelajaran kooperatif model STAD terhadap motivasi belajar PKn pada siswa
kelas …….………………….. ……………tahun pelajaran ..........?.
C.
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas,
penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas ……………….. ………………..tahun pelajaran ...........
- Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas……………..… …………………..tahun pelajaran ...........
- Memberikan gambaran tentang metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
D.
Hipotesis Tindakan
Berdasarkan
pada permasalahan dalam penelitian tindakan yang berjudul ……………………………. yang
dilakukan oleh peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut:
"Jika Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas ……………….
menggunakan metode………………. dalam menyampaikan materi pembelajaran, maka
dimungkinkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas …………………… akan lebih
baik dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru
sebelumnya".
D.
Manfaat Penelitian
Adapun maksud penulis mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna
sebagai:
- Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru PKn dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar PKn.
- Sumbangan pemikiran bagi guru PKn dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar PKn.
- Proses belajar mengajar PKn tidak lagi monoton.
- Ditemukannya strategi pembelajaran yang tepat, tidak konvesional tetapi variatif.
- Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas mandiri maupun kelompok meningkat.
- Menjadikan bahan ajar lebih menarik, sehingga proses pembelajaran sesuai dengan tujuan dan prestasi akademik siswa semakin meningkat.
E.
Penjelasan Istilah
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap tujuan ini, maka perlu
didefinisikan hal-hal sebagai berikut :
1.
Metode pembelajaran kooperatif
adalah :
Suatu metode pembelajaran dengan cara
mengelompokkkan siswa ke dalam kelompok – kelompok kecil untuk bekerja sama
dalam pemechan masalah dengan kemampuan siswa dalam setiap kelompok yang
heterogen.
2.
Motivasi belajar adalah :
Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif
menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai
tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalan diri individu yang mendorong tingkah
lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.
3. Prtestasi belajar adalah :
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk
nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.
F.
Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka
diperlukan pembatasan masalah yang meliputi :
1.
Penelitian ini hanya dikenakan
pada siswa Kelas ……………………………..
………….. Tahun Pelajaran ……….
2.
Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan November semester ganjil tahun pelajaran …………..
3.
Materi yang disampaikan adalah
pokok bahasan …………………..
0 comments on SMPPKN-05 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS …………………….. TAHUN ………………. :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak