PENGESAHAN
MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP
LISTRIK
DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI
SD
NEGERI SUKOSARI 01 KECAMATAN KASEMBON
KABUPATEN
MALANG TAHUN
2006 / 2007
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Untuk
meningkatkan kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPA
Di
Kelas VI SDN Sukosari 01 Kecamatan Kasembon
Kabupaten
Malang
Mengetahui,
Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kepala
Kec. Kasembon SDN Sukosari 01
DJAIT
MULYONO, S.Pd SUWANAN,
S.Pd
NIP. 130 419 520
NIP. 130 419 552
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG
KONSEP LISTRIK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA
SISWA KELAS VI SD NEGERI
SUKOSARI 01
KEC. KASEMBON KAB. MALANG
TAHUN 2006/2007
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Untuk
meningkatkan kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPA
Di
Kelas VI SDN Sukosari 01 Kecamatan Kasembon
Kabupaten
Malang
Nama :
SUWANAN, S.Pd
NIP : 130 419 552
DINAS
PENDIDIKAN KABUPATEN MALANG
SEKOLAH
DASAR NEGERI SUKOSARI 01
KEC.
KASEMBON KAB. MALANG
2006
ABSTRAKSI
Suwanan, 2006, Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tentang
konsep listrik dengan Meyode Demonstrasi Siswa Kleas VI SFD Negeri Sukosari I
Kecamatan Kasembon Tahun 200/2007
Latar belakang penelitian ini
adalah mutu pendidikan yang dilihat dari berbagai segi, salah satunya adalah
dengan melihat prestasi belajar siswa.
Prestasi belajar
dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya bahan pelajaran, bakat dan minat,
kecerdasan serta faktor guru dan instrumen lingkungan.
Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : apakah metode
demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar
tentang konsep listrik.
Tujuan penelitian ini adalah : meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas VI Sekolah Dasar tentang konsep listrik.
Metode penelitian : kegiatan penelitian ini menggunakan rancangan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD
Negeri Sukosari 01 yang berjumlah 19 orang.
Hasil penelitian : dari data yang diperoleh dianalisa berdasarkan
ketuntasan belajar siswa, yakni 80% dari jumlah siswa sudah mencapai 70% taraf
penguasaan konsep yang diberikan.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Illahi Rabbi atas limpahan rahmat, hidayah dan taufiq-Nya sehingga
kami dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul
“PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP LISTRIK DENGAN METODE DEMONSTRASI
PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUKOSARI 01 KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG
TAHUN 2006 / 2007.
Penulisan PTK ini digunakan untuk meningkatkan Pembelajaran Mata
Pelajaran IPA di SD Negeri Sukosari 01 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang .
Keberhasilan penulisan laporan Penelitian Tindakan Kelas
ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu kami menyampaikan terima
kasih kepada :
1.
Bapak Djait Mulyono, selaku
Kepala UPTD Kecamatan Kasembon.
2.
Bapak Kepala SD Negeri Sukosari
01.
3.
Bapak H. Muslim, S.Ag, selaku
penanggung jawab Perpustakaan SDN
Sukosari 01.
4.
Bapak / Ibu Guru SDN Sukosari
01.
5.
Siswa-siswi Kelas VI SDN
Sukosari 01 Tahun Pelajaran 2006 / 2007.
6.
Semua pihak yang telah turut
mendukung penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih terdapat banyak
kekurangan, baik isi maupun susunannya. Oleh karena itu, saran dan kritik yang
membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan masa mendatang.
Akhirnya, semoga laporan ini dapat memberikan manfaat
kepada semua pembaca, khususnya rekan-rekan sejawat.
Sukosari, 30 Desember 2006
DAFTAR ISI
PENGESAHAN
………………………………………………………… i
LEMBAR JUDUL……………………………………………………….. ii
ABSTRAKSI…………………………………………………………….. iii
PENGANTAR…………………………………………………………… iv
DAFTAR ISI…………………………………………………………….. v
SURAT PERNYATAAN KEPALA SEKOLAH………………………. vii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah ……………………………… 1
B.
Identifikasi Masalah
…………………………………… 2
C.
Rumusan Masalah …………………………………… 2
D.
Tujuan Penelitian …………………………………… 2
E.
Manfaat Penelitian ……………………………………. 3
BAB II KAJIAN PUSTAKA
1.
Pengertian Prestasi
Belajar ………………………… 4
2.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Prestasi Belajar …. 4
3.
Tujuan Tentang Metode
Mengajar …………………. 5
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Subyek Penelitian …………………………………… 7
B.
Metode Penelitian …………………………………… 7
C.
Metode Analisa Data ………………………………… 8
BAB IV PENUTUP
A.
Kesimpulan …………………………………………… 9
B.
Saran ………………………………………………… 9
LAMPIRAN……………………………………………………………… 10
PEMERINTAH
KABUPATEN MALANG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOSARI 01
KECAMATAN KASEMBON
Alamat : Jl. Raya No. 223 Sukosari Kasembon Malang
TENTANG
PERPUSTAKAAN
SEKOLAH
Yang bertanda
tangan di bawah ini :
I.
1. Nama : H. MUSLIM, S.Ag
2. NIP : 131 377
571
3. Jabatan :
Penanggung Jawab Perpustakaan SDN Sukosari 01
II.
1. Nama : SUWANAN, S.Pd
2. NIP : 130 419
552
3. Jabatan :
Guru SDN Sukosari 01
Judul Buku : Peningkatan Prestasi Belajar Siswa tentang
Konsep Listrik
dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada
siswa Kelas
VI SDN Sukosari 01 Kec. Kasembon Tahun 2006
/ 2007.
Nama Pengarang :
SUWANAN, S.Pd
Tahun Karangan :
2006
Kelompok Buku :
Referensi
Nomor Induk Buku :
Buku tersebut di
atas benar-benar telah menjadi koleksi buku Perpustakaan di Sekolah kami, dan
telah dimanfaatkan sebagaimana mestinya.
Sukosari, 02 Januari 2007
Mengetahui Penanggung
Jawab Perpuspatakaan
Kepala SDN Sukosari 01 Petugas Perpustakaan
SUWANAN, S.Pd H.
MUSLIM, S.Ag
NIP. 130 419 552 NIP. 131 377 571
PEMERINTAH
KABUPATEN MALANG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOSARI 01
KECAMATAN KASEMBON
Alamat : Jl. Raya No. 223 Sukosari Kasembon Malang
Nomor
: 39 / 104.26.04.102 / 2006
Kepala
Sekolah Dasar Negeri Sukosari 01 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang
menerangkan bahwa Saudara :
Nama : SUWANAN, S.Pd
NIP : 130 419 552
Jabatan : Guru
Alamat Dinas : SDN Sukosari 01
Alamat Rumah : Desa Kasembon Kecamatan Kasembon-Malang
Telah melakukan observasi lapangan, Penelitian dan
Pengumpulan data pada Kelas VI guna menyusun Penelitian Tindakan Kelas yang
berjudul “MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP LISTRIK DENGAN
METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUKOSARI 01 KECAMATAN KASEMBON
KABUPATEN MALANG TAHUN 2006 / 2007”, untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa tentang konsep listrik dengan metode Demonstrasi.
Demikian harap menjadi maklum dan hasil penelitian
dapatnya digunakan sebagaimana
mestinya.
Sukosari,
30 Desember 2006
Kepala Sekolah
SUWANAN, S.Pd
NIP. 130 419 552
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Dalam proses belajar mengajar,
pembelajaran mengandung arti suatu kegiatan yang dilaksanakan guru dan siswa
secara bersama-sama. Inti dari pembelajaran tersebut adalah terjadi proses
memberi dan menerima, diakhiri evaluasi yang sengaja dilakukan guru untuk
mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman siswa.
Berdasarkan hasil pengamatan guru dalam
proses belajar mengajar, mata pelajaran IPA, kurang diminati siswa sebab
dianggap sulit sehingga prestasi belajar siswa pada umumnya rendah. (Dyah H.
2002).
Salah satu indikator rendahnya hasil belajar
siswa pemanfaatan KIT IPA pada kegiatan belajar pada mata pelajaran tersebut
belum maksimal. Pada umumnya metode yang digunakan dalam proses belajar
mengajar IPA masih didominasi oleh metode ceramah, tanya jawab dan pemberian
tugas. Sebaliknya strategi pembelajaran praktik dan demonstrasi oleh KIT IPA
sering diabaikan, khususnya pada kegiatan pembelajaran konsep listrik.
Untuk mengatasi hal tersebut, maka guru
perlu memanfaatkan KIT IPA. Dengan menggunakan metode demonstrasi diharapkan
siswa dapat berpartisipasi dan prestasi siswa dapat meningkat.
Indentifikasi Masalah
Mata pelajaran IPA di sekolah
kurang diminati siswa karena dianggap menjenuhkan. Oleh karena itu perlu upaya
perbaikan managemen proses pembelajaran dengan metode dan pendekatan yang
tepat.
Dalam rangka membangkitkan motivasi dan
meningkatkan prestasi belajar, demonstrasi merupakan metode yang sesuai untuk
meningkatkan prestasi siswa, khususnya pada pembelajaran konsep listrik.
Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang
masalah, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
“Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas VI Sekolah Dasar tentang konsep listrik”
Tujuan Penelitian
Tujuan yang diharapkan dari hasil
penelitian ini adalah sebagai berikut :
Meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas VI Sekolah Dasar tentang konsep listrik.
Manfaat Penelitian
Manfaat Penelitian ini adalah :
Bagi Guru : meningkatkan proses dan
hasil pembelajaran guru.
Bagi Murid : Pelajaran IPA lebih
menarik dan menyenangkan.
0 comments on SDIPA-08 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP LISTRIK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUKOSARI 01 KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG TAHUN 2006 / 2007 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak