.

.

SDIPA-08 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP LISTRIK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUKOSARI 01 KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG TAHUN 2006 / 2007

Share on :
PENGESAHAN




MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP
LISTRIK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI
SD NEGERI SUKOSARI 01 KECAMATAN KASEMBON
KABUPATEN MALANG TAHUN 2006 / 2007




PENELITIAN TINDAKAN KELAS





Untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPA
Di Kelas VI SDN Sukosari 01 Kecamatan Kasembon
Kabupaten Malang







Malang, 30 Desember 2006


Mengetahui,


TANDA TANGANKepala UPTD TK, SD dan PLS                                                       Kepala
             Kec. Kasembon                                                            SDN Sukosari 01




    DJAIT MULYONO, S.Pd                                               SUWANAN, S.Pd
            NIP. 130 419 520                                                       NIP. 130 419 552








MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG
KONSEP LISTRIK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA
 SISWA KELAS VI SD NEGERI SUKOSARI 01
KEC. KASEMBON KAB. MALANG
TAHUN 2006/2007




PENELITIAN TINDAKAN KELAS






Untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPA
Di Kelas VI SDN Sukosari 01 Kecamatan Kasembon
Kabupaten Malang









Nama              :  SUWANAN, S.Pd

NIP                 :  130 419 552













DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MALANG
SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOSARI 01
KEC. KASEMBON KAB. MALANG
2006


ABSTRAKSI



Suwanan, 2006,  Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tentang konsep listrik dengan Meyode Demonstrasi Siswa Kleas VI SFD Negeri Sukosari I Kecamatan Kasembon Tahun 200/2007
Latar belakang penelitian ini adalah mutu pendidikan yang dilihat dari berbagai segi, salah satunya adalah dengan melihat prestasi belajar siswa.
Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya bahan pelajaran, bakat dan minat, kecerdasan serta faktor guru dan instrumen lingkungan.

Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar tentang konsep listrik.

Tujuan penelitian ini adalah : meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar tentang konsep listrik.

Metode penelitian : kegiatan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Sukosari 01 yang berjumlah 19 orang.

Hasil penelitian : dari data yang diperoleh dianalisa berdasarkan ketuntasan belajar siswa, yakni 80% dari jumlah siswa sudah mencapai 70% taraf penguasaan konsep yang diberikan.



























KATA PENGANTAR



Puji syukur kami panjatkan kehadirat Illahi Rabbi atas limpahan rahmat, hidayah dan taufiq-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP LISTRIK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUKOSARI 01 KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG TAHUN  2006 / 2007.
Penulisan PTK ini digunakan untuk meningkatkan Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di SD Negeri Sukosari 01 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang.
Keberhasilan penulisan laporan Penelitian Tindakan Kelas ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Bapak Djait Mulyono, selaku Kepala UPTD Kecamatan Kasembon.
2.      Bapak Kepala SD Negeri Sukosari 01.
3.      Bapak H. Muslim, S.Ag, selaku penanggung jawab Perpustakaan SDN     Sukosari 01.
4.      Bapak / Ibu Guru SDN Sukosari 01.
5.      Siswa-siswi Kelas VI SDN Sukosari 01 Tahun Pelajaran 2006 / 2007.
6.      Semua pihak yang telah turut mendukung penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, baik isi maupun susunannya. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan masa mendatang.
Akhirnya, semoga laporan ini dapat memberikan manfaat kepada semua pembaca, khususnya rekan-rekan sejawat.




Sukosari, 30 Desember 2006




DAFTAR ISI



PENGESAHAN  ………………………………………………………… i
LEMBAR JUDUL………………………………………………………..  ii
ABSTRAKSI……………………………………………………………..  iii
PENGANTAR……………………………………………………………  iv
DAFTAR ISI……………………………………………………………..  v
SURAT PERPUSTAKAAN………….…………………………………   vi
SURAT PERNYATAAN KEPALA SEKOLAH……………………….  vii
                                                                                                                      
BAB    I           PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah  ……………………………… 1
B.     Identifikasi Masalah ……………………………………            2
C.     Rumusan Masalah  ……………………………………   2
D.    Tujuan Penelitian  ……………………………………    2
E.     Manfaat Penelitian  ……………………………………. 3
BAB    II         KAJIAN PUSTAKA
1.       Pengertian Prestasi Belajar   …………………………   4
2.       Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar …. 4
3.       Tujuan Tentang Metode Mengajar  ………………….   5
BAB    III        METODE PENELITIAN
A.    Subyek Penelitian  ……………………………………   7
B.     Metode Penelitian  ……………………………………   7
C.     Metode Analisa Data  …………………………………  8
BAB    IV        PENUTUP
A.    Kesimpulan  …………………………………………… 9
B.     Saran  …………………………………………………   9
LAMPIRAN………………………………………………………………   10






Logo KABPEMERINTAH KABUPATEN MALANG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOSARI 01
KECAMATAN KASEMBON
Alamat : Jl. Raya No. 223 Sukosari Kasembon Malang
 



SURAT KETERANGAN


TENTANG
PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Yang bertanda tangan di bawah ini  :

I.       1.  Nama               :  H. MUSLIM, S.Ag
2.  NIP                  :  131 377 571
3.  Jabatan             :  Penanggung Jawab Perpustakaan SDN Sukosari 01

II.    1.  Nama               :  SUWANAN, S.Pd
2.  NIP                  :  130 419 552
3.  Jabatan             :  Guru SDN Sukosari 01

Judul Buku                  :  Peningkatan Prestasi Belajar Siswa tentang Konsep Listrik
                                       dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada siswa Kelas
                                       VI SDN Sukosari 01 Kec. Kasembon Tahun 2006 / 2007.

Nama Pengarang         :  SUWANAN, S.Pd
Tahun Karangan          :  2006
Kelompok Buku          :  Referensi
Nomor Induk Buku    : 

Buku tersebut di atas benar-benar telah menjadi koleksi buku Perpustakaan di Sekolah kami, dan telah dimanfaatkan sebagaimana mestinya.





         Sukosari,  02 Januari 2007
                       Mengetahui                                                      Penanggung Jawab Perpuspatakaan
Kepala SDN Sukosari 01                                                        Petugas Perpustakaan


     SUWANAN, S.Pd                                                                        H. MUSLIM, S.Ag
      NIP. 130 419 552                                                               NIP. 131 377 571
Logo KABPEMERINTAH KABUPATEN MALANG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOSARI 01
KECAMATAN KASEMBON
Alamat : Jl. Raya No. 223 Sukosari Kasembon Malang
 



SURAT PERNYATAAN
Nomor : 39 / 104.26.04.102 / 2006


Kepala Sekolah Dasar Negeri Sukosari 01 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang menerangkan bahwa Saudara  :

Nama                          :  SUWANAN, S.Pd
NIP                             :  130 419 552
Jabatan                        :  Guru
Alamat Dinas              :  SDN Sukosari 01
Alamat Rumah           :  Desa Kasembon Kecamatan Kasembon-Malang

Telah melakukan observasi lapangan, Penelitian dan Pengumpulan data pada Kelas VI guna menyusun Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul “MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP LISTRIK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUKOSARI 01 KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG TAHUN 2006 / 2007”, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa tentang konsep listrik dengan metode Demonstrasi.

Demikian harap menjadi maklum dan hasil penelitian dapatnya digunakan     sebagaimana mestinya.

Sukosari,  30 Desember 2006
Kepala Sekolah


SUWANAN, S.Pd
NIP. 130 419 552




BAB  I
PENDAHULUAN


Latar Belakang Masalah

Dalam proses belajar mengajar, pembelajaran mengandung arti suatu kegiatan yang dilaksanakan guru dan siswa secara bersama-sama. Inti dari pembelajaran tersebut adalah terjadi proses memberi dan menerima, diakhiri evaluasi yang sengaja dilakukan guru untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman siswa.
Berdasarkan hasil pengamatan guru dalam proses belajar mengajar, mata pelajaran IPA, kurang diminati siswa sebab dianggap sulit sehingga prestasi belajar siswa pada umumnya rendah. (Dyah H. 2002).
Salah satu indikator rendahnya hasil belajar siswa pemanfaatan KIT IPA pada kegiatan belajar pada mata pelajaran tersebut belum maksimal. Pada umumnya metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar IPA masih didominasi oleh metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Sebaliknya strategi pembelajaran praktik dan demonstrasi oleh KIT IPA sering diabaikan, khususnya pada kegiatan pembelajaran konsep listrik.
Untuk mengatasi hal tersebut, maka guru perlu memanfaatkan KIT IPA. Dengan menggunakan metode demonstrasi diharapkan siswa dapat berpartisipasi dan prestasi siswa dapat meningkat.

Indentifikasi Masalah

Mata pelajaran IPA di sekolah kurang diminati siswa karena dianggap menjenuhkan. Oleh karena itu perlu upaya perbaikan managemen proses pembelajaran dengan metode dan pendekatan yang tepat.
Dalam rangka membangkitkan motivasi dan meningkatkan prestasi belajar, demonstrasi merupakan metode yang sesuai untuk meningkatkan prestasi siswa, khususnya pada pembelajaran konsep listrik.

Rumusan Masalah

Bertitik tolak dari latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
“Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas VI Sekolah Dasar tentang konsep listrik”

Tujuan Penelitian

Tujuan yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut :
Meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar tentang konsep listrik.

Manfaat Penelitian

Manfaat Penelitian ini adalah :
Bagi Guru : meningkatkan proses dan hasil pembelajaran guru.
Bagi Murid : Pelajaran IPA lebih menarik dan menyenangkan.


0 comments on SDIPA-08 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP LISTRIK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUKOSARI 01 KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG TAHUN 2006 / 2007 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search