PENGARUH
PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PERTEMUAN
TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
SISWA
KELAS V PADA SD INPRES
BUTTATIANANG I MAKASSAR
SKRIPSI
Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan MIPA Program
Studi Biologi
Oleh :
NAMA : HJ. NURDALIAH
STAMBUK :
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004
|
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Telah diperiksa
dan disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia
Makassar.
Judul : PENGARUH PEMBERIAN
TUGAS SETIAP AKHIR PERTEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA SD
INPRES BUTTATIANANG I MAKASSAR
Atas Nama : HJ. NURDALIAH
Stambuk :
Program : Strata Satu (S1)
Jurusan : Biologi
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Makassar, Maret
2004
Pembimbing I Pembimbing II
Muh. Khalifah, S.Ag., M.Pd. Drs.
Ahmad Hasyim, M.Si.
Mengetahui
Ketua
Jurusan MIPA
FKIP
UVRI Makassar
Drs.
H.M. Said Arman
KATA PENGANTAR
بـسم اللـه الرحـمن الرحـيم
Syukur alhamdulillah, dengan segala puja dan puji
penulis persembahkan hanya kepada Allah swt, karena dengan izin–Nya jualah
sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi ini sebagai salah
satu syarat dalam meraih kesarjanaan pada lembaga pendidikan tinggi, walaupun dengan
apa adanya.
Salawat
dan doa tak lupa terkirim kepada Nabi Muhammad saw., sebagai nabi pembawa
risalah Islam dan membuka jalan menuju zaman yang terang benderang.
Dalam pelaksanaan
pengumpulan bahan-bahan pustaka maupun dalam data-data di lapangan
sampai pada pengolahan data yang telah diperoleh,
penulis menghadapi berbagai kendala, namun dengan kesabaran dan motivasi untuk
menyelesaikannya, serta doa kepada Allah swt., alhamdulilah skripsi ini dapat
penulis selesaikan.
Keberhasilan penulis
dalam penyelesaian skripsi ini, tidak terlepas bantuan dan dukungan dari
berbagai, baik moril maupun materil. Menyadari hal tersebut, maka penulis
mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.
Kedua orang tua penulis, yang telah mangasuh dan mendidik
penulis dengan penuh kasih sayang dan pengorbanan lahir bathin.
2.
Rektor UVRI Makassar, Dekan dan Pembantu Dekan FKIP UVRI
Makassar, Ketua Jurusan MIPA, serta seluruh staf, atas segala bimbingan dan
perhatiannya, baik selama penulis menjalani perkuliahan hingga berhasil
menyelesaikan skripsi ini.
3.
Para pembimbing dalam penulisan skripsi ini, yang telah
membimbing dalam penyelesaian penulisan skripsi ini. Keduanya telah berjasa
mengarahkan dan membangkitkan semangat dan mendorong penulis dalam penyelesaian
skripsi ini.
4.
Para bapak dan ibu
Dosen serta segenap jajaran civitas akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP)-UVRI Makassar, khususnya program Studi Biologi.
Kepada semua
pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah memberikan
bantuannya, penulis menyerahkan semuanya kepada Allah swt., semoga mendapat
ganjaran yang setimpal di sisi-Nya. Amin.
Makassar, Pebruari
2004
Penulis,
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................................. i
PENGESAHAN PEMBIMBING ............................................................................. ii
KATA PENGANTAR .............................................................................................. iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................... v
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah................................................................. 1
B. Rumusan Masalah........................................................................... 3
C. Tujuan Penelitian ............................................................................ 4
D. Manfaat Penelitian.......................................................................... 4
E. Hipotesis .......................................................................................... 5
BAB II. KAJIAN
PUSTAKA
A. Pengertian Metode Pemberian Tugas .......................................... 6
B. Penerapan Metode Pemberian Tugas dalam
Pengajaran IPA 10
C. Prestasi Belajar IPA ...................................................................... 16
BAB III. METODE
PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ............................................................................. 19
B. Desain Penelitian .......................................................................... 19
C. Variabel dan Definisi Operasional ............................................ 19
D. Populasi dan Sampel
Penelitian................................................. 20
E. Teknik Pengumpulan Data .......................................................... 20
F. Teknik Analisis Data ................................................................... 21
BAB IV. HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian ............................................................................. 22
B. Pembahasan Hasil Penelitian ...................................................... 34 .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
BAB
V. P
E N U T U P
A. Kesimpulan ................................................................................... 38
B. Saran-saran .................................................................................... 38
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................. 40
ABSTRAK
St.
Hasnah A. : Efektivitas
Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa SLTP Negeri 1
Pangkajene Kab. Pangkep
Tujuan
utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pemberian
tugas terhadap prestasi belajar IPA siswa SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab.
Pangkep. Dengan sampel penelitian adalah siswa kelas dua sebanyak 2 kelas. Data
penelitian ini terkumpul dengan instrumen berupa test. Selanjutnya data diolah
dan dianalisis dengan statistik deskriptif/statistik infrensial (uji-t). Hasil
analisis menunjukkan dan memungkinkan penolakan hipotesis nol (H0).
Ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang diterima. Dengan kata lain
penggunaan metode pemberian tugas efektif terhadap pencapaian prestasi belajar
IPA siswa SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep.
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Konsep
mengenai pendidikan yang dikembangkan saat ini, merupakan rangkaian upaya
manusia Indonesia untuk meningkatkan sumber daya yang akhir-akhir ini santer
diperbincangkan sehubungan dengan peningkatan sumber daya manusia pembangunan.
Pelaksanaan
proses pendidikan dan pengajaran yang diterapkan di seluruh tanah air, sudah
tentu tidak terlepas tuntutan zaman dan kebutuhan pendidikan yang cenderung
melibatkan seluruh strata sistem kemasyarakatan dalam suatu proses interaksi
dan komunikasi yang berimbang sebagai penjabaran operasional fungsi dan
strategi bagi dunia pendidikan. Mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai
pendidikan tinggi.
Rumusan
mengenai sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan proses pendidikan dan
pengajaran senantiasa mengacu pada tujuan pendidikan nasional yang telah
dirumuskan berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang sistem
pendidikan nasional serta telah ditetepkan dalam Garis-Garis Besar Haluan
Negara Republik Indonesia dengan ketetapan MPR Nomor II/ MPR/1993, bidang
pendidikan bahwa “Pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas
manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang
Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas
kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab,
dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan nasional juga harus
menumbuhkan jiwa patriotik dan mempertebal rasa cita tanah air, meningkatkan
semangat kebangsaan dan kesetiakawanan sosial serta kesadaran pada sejarah
bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan, serta berorientasi masa depan”.
Untuk
merealisasikan kerangka dasar pendidikan seperti yang telah dipaparkan di atas,
tentunya diperlukan upaya maksimal dari berbagai pihak, dalam melihat tugas dan
tanggung jawab pendidikan itu, tanpa harus terikat dengan kondisi formal
pendidikan semata.
Kiranya
perlu dipahami bahwa indikator keberhasilan suatu proses pendidikan dan
pengajaran tentunya tidak hanya terbatas pada sederetan angka-angka prestasi
belajar, akan tetapi harus terkait dengan kemampuan seseorang anak didik
merefleksikan program belajarnya dalam bentuk aplikasi sikap positif melalui
serangkaian aktivitas yang selektif dan efektif. Dalam prestasi yang demikian
itu, maka kita dapat memahami bahwa aspek nilai yang ditransfer dalam dunia
pendidikan dan pengajaran harus selalu terkait dengan unsur pengetahuan, sikap
dan keterampilan yang diproyeksikan melalui kurikulum dan silabus pengajaran,
untuk selanjutnya dioperasionalisasikan melalui kegiatan pengajaran. Diukur
dengan menggunakan instrumen test yang tepat.
Kenyataan
empiris proses pendidikan dan pengajaran yang dikembangkan berbagai lembaga
pendidikan menunjukkan bahwa penerapan pola pendidikan dan pengajaran yang
tepat, tampaknya masih kurang mendapat perhatian yang memadai dari tenaga
pengajar. Sehingga proses pengajaran cenderung tidak relevan dengan pola
pendekatan atau metode pengajaran yang digunakan. Hal ini menyebabkan sisi
kualitas pengajaran yang diharapkan kurang terpenuhi. Oleh karena itu
diperlukan upaya untuk melihat efektivitas suatu pendekatan dan metode
pengajaran proses belajar mengajar yang dilakukan dapat berhasil guna dan
memudahkan bagi siswa dalam memahami
suatu disiplin ilmu atau mata pelajaran diterimanya.
Berdasarkan
dari pemikiran di atas, penulis dengan segenap kemampuan untuk mencoba
melakukan suatu penelitian sekitar penggunaan metode pemberian tugas dalam
pengajaran IPA yang oleh penulis diduga meningkatkan hasil belajar siswa.
B.
Rumusan Masalah
Adapun
masalah pokok dalam penelitian ini yang didasarkan pada latar belakangnya di
atas adalah :
1.
Bagaimana efektifitas metode pemberian tugas dalam
pengajaran IPA bagi siswa kelas V SD
Inpres Buttatianang I Makassar.
2.
Bagaimana pengaruh pemberian tugas setiap akhir
pertemuan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Buttatianang I Makassar
3.
Faktor-faktor apa yang dapat menghambat pemahaman
siswa kelas V pada SD Inpres Buttatianang
I Makassar terhadap mata pelajaran IPA.
C.
Tujuan Penelitian
Tujuan
dalam penelitian difokuskan pada pembahasan untuk mengetahui :
1.
Efektifitas dari pelaksanaan metode pemberian tugas
dalam pengajaran IPA bagi siswa kelas V SD Inpres Buttatianang I Makassar.
2.
Pengaruh dari pelaksanaan metode pemberian tugas
terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Buttatianang I Makassar
3.
Faktor-faktor yang dapat menghambat pemahaman siswa
kelas V SD Inpres Buttatianang I
Makassar terhadap mata pelajaran IPA.
D.
Manfaat Penelitian
Manfaat
yang diharapkan terhadap hasil penelitian ini adalah :
1. Sebagai informasi
bagi para tenaga pengajar IPA khususnya dan tenaga pengajar umumnya tentang
bagaimana efektifitas metode penggunaan metode pemberian tugas.
2. Diharapkan
dijadikan dasar pemikiran dalam pengambilan keputusan guru dalam memilih metode
yang tepat dalam kegiatan pengajaran.
3. Sebagai bahan
informasi yang nyata bagi guru terhadap kondisi pengajaran dengan metode
pemberian tugas bagi siswa kelas V SD Inpres Buttatianang I Makassar.
E.
Hipotesis
Berdasar
dari uraian latar belakang dan penelusuran literatur yang dilakukan penulis
sebelumnya, maka dapat ditarik suatu hipotesis bahwa diduga metode pemberian
tugas setiap akhir pertemuan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres
Buttatianang I Makassar dapat memberikan
atau meningkatkan prestasi belajar IPA siswa (efektif).
0 comments on SDIPA-16 PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PERTEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA SD INPRES BUTTATIANANG I MAKASSAR :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak