.

.

SDIPA-16 PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PERTEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA SD INPRES BUTTATIANANG I MAKASSAR

Share on :
PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PERTEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
SISWA KELAS V  PADA SD INPRES
BUTTATIANANG I MAKASSAR







SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan MIPA  Program Studi Biologi




Oleh :

NAMA       : HJ. NURDALIAH

STAMBUK  :





FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004


 
 


PERSETUJUAN  PEMBIMBING

Telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar.

Judul                : PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PERTEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA SD INPRES BUTTATIANANG  I MAKASSAR
Atas Nama     : HJ. NURDALIAH
Stambuk        :
Program        : Strata Satu (S1)
Jurusan         : Biologi
Fakultas        : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

                                                       Makassar,      Maret  2004


Pembimbing  I                                                Pembimbing  II



Muh. Khalifah, S.Ag., M.Pd.           Drs. Ahmad Hasyim, M.Si.


Mengetahui
Ketua Jurusan MIPA
FKIP UVRI Makassar



Drs. H.M. Said Arman

KATA  PENGANTAR


بـسم اللـه الرحـمن الرحـيم
Syukur alhamdulillah, dengan segala puja dan puji penulis persembahkan hanya kepada Allah swt, karena dengan izin–Nya jualah sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi ini sebagai salah satu syarat dalam meraih kesarjanaan pada lembaga pendidikan tinggi, walaupun dengan apa adanya.
Salawat dan doa tak lupa terkirim kepada Nabi Muhammad saw., sebagai nabi pembawa risalah Islam dan membuka jalan menuju zaman yang terang benderang.
Dalam pelaksanaan pengumpulan bahan-bahan pustaka maupun dalam data-data di  lapangan sampai pada pengolahan data yang telah diperoleh, penulis menghadapi berbagai kendala, namun dengan kesabaran dan motivasi untuk menyelesaikannya, serta doa kepada Allah swt., alhamdulilah skripsi ini dapat penulis selesaikan.
Keberhasilan penulis dalam penyelesaian skripsi ini, tidak terlepas bantuan dan dukungan dari berbagai, baik moril maupun materil. Menyadari hal tersebut, maka penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.        Kedua orang tua penulis, yang telah mangasuh dan mendidik penulis dengan penuh kasih sayang dan pengorbanan lahir bathin.
2.        Rektor UVRI Makassar, Dekan dan Pembantu Dekan FKIP UVRI Makassar, Ketua Jurusan MIPA, serta seluruh staf, atas segala bimbingan dan perhatiannya, baik selama penulis menjalani perkuliahan hingga berhasil menyelesaikan skripsi ini.
3.        Para pembimbing dalam penulisan skripsi ini, yang telah membimbing dalam penyelesaian penulisan skripsi ini. Keduanya telah berjasa mengarahkan dan membangkitkan semangat dan mendorong penulis dalam penyelesaian skripsi ini.
4.     Para bapak dan ibu Dosen serta segenap jajaran civitas akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)-UVRI Makassar, khususnya program Studi Biologi.
Kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah memberikan bantuannya, penulis menyerahkan semuanya kepada Allah swt., semoga mendapat ganjaran yang setimpal di sisi-Nya. Amin.

                                                          Makassar,   Pebruari  2004


Penulis,









DAFTAR  ISI


HALAMAN JUDUL .................................................................................................. i
PENGESAHAN  PEMBIMBING ............................................................................. ii
KATA PENGANTAR .............................................................................................. iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................... v
BAB      I.   PENDAHULUAN
                   A.   Latar Belakang Masalah................................................................. 1                              
                   B.   Rumusan Masalah........................................................................... 3                  
                   C.   Tujuan Penelitian ............................................................................ 4                  
                   D.   Manfaat Penelitian.......................................................................... 4      
                   E.    Hipotesis .......................................................................................... 5      
BAB     II.   KAJIAN PUSTAKA
                   A.   Pengertian Metode Pemberian Tugas .......................................... 6      
                   B.   Penerapan Metode Pemberian Tugas dalam Pengajaran IPA              10                   
                   C.   Prestasi Belajar IPA ...................................................................... 16                  
BAB   III.   METODE PENELITIAN
                   A.   Jenis Penelitian ............................................................................. 19                  
                   B.   Desain Penelitian .......................................................................... 19                  
                   C.   Variabel dan Definisi Operasional ............................................ 19                  
                   D.   Populasi  dan Sampel Penelitian................................................. 20
                   E.    Teknik Pengumpulan Data .......................................................... 20
                   F.    Teknik Analisis Data ................................................................... 21                  


BAB   IV.   HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
                   A.   Hasil Penelitian ............................................................................. 22                  
                   B.   Pembahasan Hasil Penelitian ...................................................... 34                                                         ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................       
BAB    V.   P E N U T U P
                   A.   Kesimpulan ................................................................................... 38
                   B.   Saran-saran .................................................................................... 38
DAFTAR  PUSTAKA ............................................................................................. 40






























ABSTRAK

St. Hasnah  A.  : Efektivitas Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep
 



Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar IPA siswa SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep. Dengan sampel penelitian adalah siswa kelas dua sebanyak 2 kelas. Data penelitian ini terkumpul dengan instrumen berupa test. Selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan statistik deskriptif/statistik infrensial (uji-t). Hasil analisis menunjukkan dan memungkinkan penolakan hipotesis nol (H0). Ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang diterima. Dengan kata lain penggunaan metode pemberian tugas efektif terhadap pencapaian prestasi belajar IPA siswa SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep.



BAB  I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Konsep mengenai pendidikan yang dikembangkan saat ini, merupakan rangkaian upaya manusia Indonesia untuk meningkatkan sumber daya yang akhir-akhir ini santer diperbincangkan sehubungan dengan peningkatan sumber daya manusia pembangunan.
Pelaksanaan proses pendidikan dan pengajaran yang diterapkan di seluruh tanah air, sudah tentu tidak terlepas tuntutan zaman dan kebutuhan pendidikan yang cenderung melibatkan seluruh strata sistem kemasyarakatan dalam suatu proses interaksi dan komunikasi yang berimbang sebagai penjabaran operasional fungsi dan strategi bagi dunia pendidikan. Mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.
Rumusan mengenai sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan proses pendidikan dan pengajaran senantiasa mengacu pada tujuan pendidikan nasional yang telah dirumuskan berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional serta telah ditetepkan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara Republik Indonesia dengan ketetapan MPR Nomor II/ MPR/1993, bidang pendidikan bahwa “Pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa patriotik dan mempertebal rasa cita tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan sosial serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan, serta berorientasi masa depan”.
Untuk merealisasikan kerangka dasar pendidikan seperti yang telah dipaparkan di atas, tentunya diperlukan upaya maksimal dari berbagai pihak, dalam melihat tugas dan tanggung jawab pendidikan itu, tanpa harus terikat dengan kondisi formal pendidikan semata.
Kiranya perlu dipahami bahwa indikator keberhasilan suatu proses pendidikan dan pengajaran tentunya tidak hanya terbatas pada sederetan angka-angka prestasi belajar, akan tetapi harus terkait dengan kemampuan seseorang anak didik merefleksikan program belajarnya dalam bentuk aplikasi sikap positif melalui serangkaian aktivitas yang selektif dan efektif. Dalam prestasi yang demikian itu, maka kita dapat memahami bahwa aspek nilai yang ditransfer dalam dunia pendidikan dan pengajaran harus selalu terkait dengan unsur pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diproyeksikan melalui kurikulum dan silabus pengajaran, untuk selanjutnya dioperasionalisasikan melalui kegiatan pengajaran. Diukur dengan menggunakan instrumen test yang tepat.
Kenyataan empiris proses pendidikan dan pengajaran yang dikembangkan berbagai lembaga pendidikan menunjukkan bahwa penerapan pola pendidikan dan pengajaran yang tepat, tampaknya masih kurang mendapat perhatian yang memadai dari tenaga pengajar. Sehingga proses pengajaran cenderung tidak relevan dengan pola pendekatan atau metode pengajaran yang digunakan. Hal ini menyebabkan sisi kualitas pengajaran yang diharapkan kurang terpenuhi. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melihat efektivitas suatu pendekatan dan metode pengajaran proses belajar mengajar yang dilakukan dapat berhasil guna dan memudahkan bagi siswa dalam memahami   suatu disiplin ilmu atau mata pelajaran diterimanya.
Berdasarkan dari pemikiran di atas, penulis dengan segenap kemampuan untuk mencoba melakukan suatu penelitian sekitar penggunaan metode pemberian tugas dalam pengajaran IPA yang oleh penulis diduga meningkatkan hasil belajar siswa.

B. Rumusan Masalah

Adapun masalah pokok dalam penelitian ini yang didasarkan pada latar belakangnya di atas adalah :
1.     Bagaimana efektifitas metode pemberian tugas dalam pengajaran IPA bagi siswa kelas V  SD Inpres Buttatianang  I Makassar.
2.     Bagaimana pengaruh pemberian tugas setiap akhir pertemuan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V  SD Inpres Buttatianang  I Makassar
3.     Faktor-faktor apa yang dapat menghambat pemahaman siswa kelas V pada SD Inpres Buttatianang  I Makassar terhadap mata pelajaran IPA.

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dalam penelitian difokuskan pada pembahasan untuk mengetahui :
1.     Efektifitas dari pelaksanaan metode pemberian tugas dalam pengajaran IPA bagi siswa kelas V SD Inpres Buttatianang  I Makassar.
2.     Pengaruh dari pelaksanaan metode pemberian tugas terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Buttatianang  I Makassar
3.     Faktor-faktor yang dapat menghambat pemahaman siswa kelas V SD Inpres Buttatianang  I Makassar terhadap mata pelajaran IPA.

D. Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan terhadap hasil penelitian ini adalah :
1.   Sebagai informasi bagi para tenaga pengajar IPA khususnya dan tenaga pengajar umumnya tentang bagaimana efektifitas metode penggunaan metode pemberian tugas.
2.   Diharapkan dijadikan dasar pemikiran dalam pengambilan keputusan guru dalam memilih metode yang tepat dalam kegiatan pengajaran.
3.   Sebagai bahan informasi yang nyata bagi guru terhadap kondisi pengajaran dengan metode pemberian tugas bagi siswa kelas V SD Inpres Buttatianang  I Makassar.
E. Hipotesis
Berdasar dari uraian latar belakang dan penelusuran literatur yang dilakukan penulis sebelumnya, maka dapat ditarik suatu hipotesis bahwa diduga metode pemberian tugas setiap akhir pertemuan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Buttatianang  I Makassar dapat memberikan atau meningkatkan prestasi belajar IPA siswa (efektif).

0 comments on SDIPA-16 PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PERTEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA SD INPRES BUTTATIANANG I MAKASSAR :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search