UPAYA
MENINGKATKAN PRESTASI DAN KUALITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI
BERBICARA DAN MEMBACA DENGAN MENERAPKAN METODE STAD DAN METODE ROLE PLAYING
PADA SISWA
KELAS ………………
TAHUN
PELAJARAN ………………………
KARYA
ILMIAH
OLEH
………………………………..
NIP: ……………………………
DINAS PENDIDIKAN …………………………………..
…………………………………………
………………………………………………
HALAMAN PERSETUJUAN DAN
PENGESAHAN
Setelah membaca dan mencermati karya
ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang tidak dipublikasikan tetapi didokumentasikan
di perpustakaan ………………………………….. hasil karya dari:
Nama : ……………………….
NIP : ……………………….
Unit
Kerja : ………………………………
Judul : Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Kualitas
Belajar bahasa Indonesia Pada Materi Berbicara dan Membaca Dengan Menerapkan
Metode STAD dan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas …………………………………………….. Tahun
Pelajaran 200X/200X.
Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan mendapatkan Penetapan Angka
Kredit Kenaikan Pangkat dalam jabatan fungsional guru.
Mengetahui
Ketua PD PGRI II
Kepala …………………
…………………….
……………………………
……………………………… …………………………..
NPA: NIP: ……………….
HALAMAN PERSETUJUAN DAN
PENGESAHAN
Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat
untuk memenuhi penetapan angka kredit kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional
guru. Karya ilmiah ini tidak dipublikasikan tetapi telah disetujui dan disahkan
untuk didokumentasikan di perpustakaan …………………………………..
Pada Hari :
……………………
Tanggal : ……………………
Pustakawan
Kepala
…………………. …………………………..
NIP: ………………. NIP: …………………
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur
Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan
hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan
judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Dan
Kualitas Belajar bahasa Indonesia Pada Materi Berbicara dan Membaca Dengan
Menerapkan Metode STAD dan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas
…………………………………………….. Tahun Pelajaran 200X/200X”, penulisan karya ilmiah ini
kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai
sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak
didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya
ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan
tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.
Yth. Kepala Dinas Pendidikan
…………………………………….
2.
Yth. Ketua PD II PGRI
………………………….
3.
Yth. Rekan-rekan Guru
……………………………….
4.
Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari
sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua
pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
…………………., 200X.Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Kualitas Belajar
bahasa Indonesia
Pada Materi Berbicara dan Membaca Dengan Menerapkan Metode STAD dan Metode Role
Playing Pada Siswa Kelas …………………………………………….. Tahun Pelajaran 200X/200X
Kata Kunci:
bahasa Indonesia, metode model STAD dan Role Playing
Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan
oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses
belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan
meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan
di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat
penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu
memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata
pelajaran yang akan disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini
adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan
diterapkannya pembelajaran model STAD dan Role Playing? (b) Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran model STAD dan Role Playing terhadap motivasi
belajar siswa?
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a)
Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya
pembelajaran model STAD dan Role Playing. (b) Ingin mengetahui pengaruh
motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran model STAD dan
Role Playing.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas
………………………………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar
observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I
(68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode model
STAD dan Role Playing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa
……………………………., serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif pembelajaran bahasa Indonesia.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul .................................................................................................
Lembar Pengesahan ..................................................................................................
Kata Pengantar ..........................................................................................................
Abstrak ......................................................................................................................
Daftar Isi ...................................................................................................................
BAB ..... I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah .............................................................
B.
Perumusan Masalah......................................................................
C.
Tujuan Penelitian .........................................................................
D.
Manfaat Penelitian ......................................................................
E.
Batasan Masalah .........................................................................
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran..............................................
B. Pengertian Komunikasi................................................................
C. Karakteristik Komunikasi............................................................
D. Proses Komunikasi.......................................................................
E. . Pengertian Membaca dan Mendengarkan..........................
F.
Faedah dan Nilai Membaca................................................
G. Model STAD (Student Teams Achivement Division
)......
H. Model Pembelajaran Kartu Peran (Role Playing)
..............
I. Hubungan Motivasi dan Prestasi Belajar
Terhadap
Metode pembelajaran STAD dan Metode
Pembelajaran
Role Playing........................................................................
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian ......................................
B.
Rancangan Penelitian .................................................................
C.
Instrumen Penelitian ...................................................................
D.
Metode Pengumpulan Data .......................................................
E.
Teknik Analisis Data ...................................................................
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Analisi Item Butir Soal ..............................................................
B.
Analisis Data Penelitian
Persiklus ..............................................
C.
Pembahasan .......................................................................
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan .................................................................................
B.
Saran ...........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ..............................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Negara Indonesia terdiri dari berbagai suku
yang tinggal di beberapa pulau. Negara Indonesia memiliki bahasa persatuan
yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sangat
penting kedudukannya dalam kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, Bahasa
Indonesia diajarkan sejak kelas 1. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi
yang dijadikan status sebagai bahasa persatuan sangat penting untuk diajarkan
sejak anak-anak.
Bahasa Indonesia
tidak akan terlepas dari kebudayaan bangsa Indonesia karena bahasa Indonesia
dijadikan alat berkomunikasi dengan berbagai suku di tanah air. Bahasa
Indonesia memang diajarkan sejak anak-anak, tetapi model pengajaran yang baik
dan benar tidak banyak dilakukan oleh seorang pengajar. Metode pengajaran
bahasa Indonesia tidak dapat menggunakan satu metode karena bahasa Indonesia
sendiri yang bersifat dinamis. Bahasa sendiri bukan sebagai ilmu tetapi sebagai
keterampilan sehingga penggunaan metode yang tepat perlu dilakukan.
Pada
pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah
sangat mengandalkan penggunaan metode-metode yang aplikatif dan menarik.
Pembelajaran yang menarik akan memikat anak-anak untuk terus dan betah
mempelajari Bahasa Indonesia sebagai bahasa ke-2 setelah bahasa ibu. Apabila siswa sudah tertarik dengan
pembelajaran maka akan dengan mudah meningkatkan prestasi siswa dalam bidang
bahasa. Di sebagian siswa, pembelajaran Bahasa Indonesia sangat membosankan
karena mereka sudah merasa bisa dan penyampaian materi yang kurang menarik
sehingga secara tidak langsung siswa menjadi lemah dalam penangkapan materi
tersebut. Penulis sebagai guru Bahasa Indonesia sangat merasakan problem
pembelajaran yang terjadi selama ini.
Penulis
juga menemui kasus serupa ketika berada di daerah kabupaten yang terpencil
sangat kurang sekali penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh
sebab itu, penulis berusaha melakukan perubahan-perubahan dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia di dalam kelas. Salah satu perubahan yang dilakukan dengan
menggunakan metode role play dan metode STAD (student teams achievement
division) dalam standart kompetensi berbicara dan membaca. Dalam pembelajaran
Menceritakan Kegemaran, dapat dilakukan dengan menggunakan metode role play
sehingga menjadikan siswa lebih aktif. Metode role play memahami bahasa sebagai
keterampilan berbicara secara langsung dengan berdasarkan kehidupan siswa dalam
masayarakat. Metode role play sangat cocok diterapkan ketika pengajar melakukan
pembelajaran berbicara dengan dibantu dengan kartu peran.
Pertama-tama,
siswa dibagi dua kelompok dengan jumlah yang sama. Sebelumnya pengajar
menyediakan kartu peran dua macam yang berbeda warna sebanyak jumlah siswa.
Dalam kartu peran tersebut sudah diberi tanda atau tulisan siapa yang menjadi
lawan bicaranya. Siswa yang lain mencari pasangan bicaranya. Setelah menemukan,
siswa yang mencari tersebut berusaha untuk mengorek keterangan tentang
kegemarannya dengan menggunakan pertanyaan yang sudah disediakan di kartu
perannya (boleh ditambah sendiri), tetapi siswa yang diajak bicara diberi tahu
supaya jangan menjawan secara langsung kegemaran dirinya. Dengan kegiatan ini,
siswa saling berusaha untuk mencari dan memainkan strategi untuk mengetahui
kegemaran teman bicaranya. Kegiatan ini dilakukan secara bergantian. Setelah
selesai melakukan kegiatan tersebut, pengajar memberikan pengarahan sekaligus
bertanya jawab tentang kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa yang dapat
mengetahui kegemaran lawan bicaranya diberi penghargaan.
Dalam
pembelajaran membaca dapat memakai metode STAD sebagai kegiatan memacu anak-anak
memahami bacaan dengan cara diskusi kelompok. Teori STAD (student teams
achievement division) merupakan metode yang menekankan kepada kerja sama
kelompok untuk menyelesaikan sebuah masalah. Dalam metode ini, siswa
ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat atau lima orang yang merupakan campuran menurut
tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku. Guru menyajikan pelajaran, siswa
bekerja dalam tim mereka untuk memastikan seluruh anggota tim telah menguasai
pelajaran tersebut. Saat belajar berkelompok, siswa saling membantu untuk
menuntaskan materi yang dipelajari. Guru memantau dan mengelilingi tiap
kelompok untuk melihat adanya kemungkinan siswa yang memerlukan bantuan guru.
Metode ini pun dibantu oleh metode pelatihan, penugasan, dan tanya jawab sesuai
satuan pelajaran sehingga ketuntasan materi dapat terwujud (Her World Indonesia
edisi Maret 2005, halaman 190 – 1).
Berdasarkan uraian di atas, judul yang diambil oleh peneliti
dalam penelitian ini adalah Upaya
Meningkatkan Prestasi Dan Kualitas Belajar bahasa Indonesia Pada Materi
Berbicara dan Membaca Dengan Menerapkan Metode STAD dan Metode Role Playing
Pada Siswa Kelas …………………………Tahun Pelajaran 200X/200X
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas,
maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar siwa dengan diterapkannya pembelajaran model
STAD dan Role Playing?
- Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran model STAD dan Role Playing terhadap motivasi
belajar siswa?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran model STAD dan Role Playing.
- Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran model STAD dan Role Playing.
D.
Hipotesis Tindakan
Berdasarkan pada permasalahan
dalam penelitian tindakan yang berjudul ……………………………. yang dilakukan oleh
peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut:
"Jika Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas ………………. menggunakan
metode………………. dalam menyampaikan materi pembelajaran, maka dimungkinkan minat
belajar dan hasil belajar siswa kelas …………………… akan lebih baik dibandingkan
dengan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru sebelumnya".
D. Manfaat Penelitian
Penulis mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
- Memberikan
informasi tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan materi bahasa
Indonesia.
- Meningkatkan
motivasi pada pelajaran bahasa Indonesia
- Mengembangkan
metode pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi bahasa Indonesia.
E. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu,
maka diperlukan pembatasan masalah meliputi:
- Penelitian
inihanya dikenakan pada siswa kelas ………………………………… tahun pelajaran ...../......
- Penelitian ini dilakukan pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran ...../......
- Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan…………………
2 comments on SDBINA-09 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KUALITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI BERBICARA DAN MEMBACA DENGAN MENERAPKAN METODE STAD DAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS ……………… TAHUN PELAJARAN ……………………… :
terimakasih pak,, PTK nya mantap.
Semoga tetap berkarya pak.., sukses sllu
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak