.

.

SDIPA-13 HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PERHATIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA SDN LABUANG BAJI I MAKASSAR

Share on :
HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PERHATIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN  IPA
PADA SDN LABUANG BAJI  I MAKASSAR










SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan MIPA  Program Studi Biologi




Oleh :

NAMA       : NURBAETI SOFYAN

STAMBUK  : 0127026    






FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004


 
 


PERSETUJUAN  PEMBIMBING

Telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar.

Judul                : HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PERHATIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA SDN LABUANG BAJI I MAKASSAR
Atas Nama     : Nurbaeti Sofyan
Stambuk         : 0127026
Program          : Strata Satu (S1)
Jurusan           : Biologi
Fakultas          : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

                                                                                           Makassar,    Maret  2004


Pembimbing  I                                             Pembimbing  II



Muh. Khalifah, S.Ag., M.Pd.                   Drs. Muh. Yunus


Mengetahui
Ketua Jurusan MIPA
FKIP UVRI Makassar



Drs. H.M. Said Arman

KATA  PENGANTAR


Syukur Alhamdulillah, dengan segala kerendahan hati penulis mengkhaturkan puji syukur ke hadirat Allah swt, karena dengan hidaya dan taufiq–Nya jualah penulis dapat menyelesaiakan penyusunan skripsi dengan hasil yang sangat sederhana sebagai suatu karya ilmiah. Salawat dan doa tak lupa tercurah kepada Nabi Muhammad saw., serta para pengikutnya yang setia menjalankan risalah Islam.
Skripsi ini berjudul “Hubungan Antara Minat dan Perhatian dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA pada SDN Labuang Baji I Makassar”, dimana penulis bermaksud untuk mengetahui, apakah ada hubungan antara minat dan perhatian dengan prestasi belajar siswa khususnya pelajaran IPA.
Pada tahap pelaksanaan, mulai dari pengumpulan bahan-bahan pustaka maupun data di lapangan hingga penulisan skripsi ini berbagai kendala penulis temui, namun dengan gigih dan pantang menyerah, dengan ketekunan serta kerja keras dibarengi dengan doa kepada Allah swt., alhamdulillah skripsi ini dapat penulis selesaikan sebagaimana adanya.
Dalam menyelesaikan skripsi ini penulis tentunya tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, baik yang bersifat moril maupun yang bersifat materil, baik yang hanya berupa motivasi maupun dalam bentuk penggunaan fasilitas pribadinya. Menyadari akan hal tersebut, tidak berlebihan kiranya bila penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.   Bapak Rektor Universitas Veteran Republik Indonesia, beserta para Pembantu Rektor yang telah gigih memperjuangkan perguruan tinggi ini, sehingga tetap eksis.
2.   Dekan Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan beserta para Pembantu Dekan yang telah menerima dan memberi kesempatan kepada penulis untuk menimba ilmu pengetahuan di perguruan tinggi ini.
3.   Bapak Muh. Khalifah Mustami, M.Pd. dan Bapak Drs. Muh. Yunus, masing-masing selaku Pembimbing I dan Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam penyelesaian skripsi ini.
4.   Seluruh pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang turut memberikan dukungan, baik dukungan moril maupun dukungan yang bersifat materil berupa pengadaan buku literatur.
Atas segala bantuan yang telah diberikan, penulis menyerahkan sepenuhnya kepada Allah swt., semoga bantuan tersebut mendapat ganjaran yang setimpal di sisi-Nya. Amin ya rabbal ‘alamin.
                                                                            Makassar,   Maret  2004


Penulis

DAFTAR  ISI

HALAMAN JUDUL ................................................................................................ i
PERSETUJUAN  PEMBIMBING ......................................................................... ii
KATA PENGANTAR ........................................................................................... iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................. v
DAFTAR TABEL.................................................................................................... vii
BAB      I.   PENDAHULUAN
                   A.   Latar Belakang .............................................................................. 1                              
                   B.    Rumusan Masalah......................................................................... 2                  
                   C.   Tujuan Penelitian .......................................................................... 3                  
                   D.   Manfaat Penelitian........................................................................ 3      
                   E.    Hipotesis penelitian ..................................................................... 4      
BAB    II.   TINJAUAN PUSTAKA
                   A.   Tinjauan tentang Minat Belajar ................................................ 6      
                   B.    Tinjauan Tentang Perhatian .................................................... 11
                   C.   Tinjauan tentang Prestasi Belajar ........................................... 19
BAB   III.   METODE  PENELITIAN
                   A.   Jenis  Penelitian ........................................................................... 24                  
                   B.    Definisi Operasional Variabel ................................................. 24                  
                   C.   Variabel dan Desain Penelitian .............................................. 25                  
                   D.   Populasi  dan Sampel Penelitian ............................................ 26
                   E.    Instrumen Penelitian  ................................................................ 29
                   F.    Pelaksanaan Penelitian ............................................................. 31
                   G.   Teknik Pengolahan Data .......................................................... 31

BAB   IV.   HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
                   A.   Hasil Penelitian ........................................................................... 36                  
                   B.    Pembahasan Hasil Penelitian .................................................. 46                                                         ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................       
BAB    V.   P E N U T U P
                   A.   Kesimpulan .................................................................................. 49
                   B.    Saran-saran .................................................................................. 49
DAFTAR  PUSTAKA ........................................................................................... 51































DAFTAR  TABEL

Tabel 1.   Distribusi Penyebaran Populasi......................................       22

Tabel  2.   Sebaran Sampel Tiap Kelas............................................       23

Tabel  3.   Distribusi Angket Kasar Tingkat Minat dan Perhatian Belajar           31

Tabel  4.   Frekuensi dan Persentase Data Tingkat Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep.......................       34

Tabel 5.   Frekuensi dan Persentase Data Tingkat Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep.......................       35





























ABSTRAK

N a m a               :  St. Nurhaedah Nur
Judul Skripsi     :  Hubungan  Antara Minat dan Perhatian dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran IPA pada SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep
 


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat korelasional, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dan perhatian belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas II SLTP Negeri 1 Pangkajene pada mata pelajaran IPA. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas II dengan sampel sebesar 20 % dan populasi (60 orang siswa). Data penelitian dikumpul dengan menggunakan instrumen berupa angket untuk data minat dan perhatian belajar siswa dan dokumentasi untuk data prestasi belajar. Data selanjutnya diolah dan dianalisis, dengan statistik korelasi untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil analisis menunjukkan nilai r hitung sebesar 0,53 dan r tabel 0,254 yang lebih kecil dari r hitung, berarti dapat dikatakan terdapat hubungan yang positif antara minat/perhatian belajar siswa dengan prestasi belajar IPA siswa SLTP Negeri 1 Pangkajene Kelas II. Berarti pula hipotesis yang diajukan di terima.




BAB  I
PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Disadari atau tidak, menurunnya kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Walaupun seorang guru sudah berbuat yang terbaik menurut prosedur yang ada tanpa dukungan dari berbagai pihak, niscaya tujuan pendidikan tidak akan tercapai dengan baik. Di sinilah kita perlu memadukan antara faktor lingkungan dengan faktor alami berupa potensi yang dimiliki anak itu sendiri.
Faktor potensi anak yang tak kalah pentingnya adalah minat belajar anak-anak yang kurang memiliki minat dalam belajar, maka akan menunjang suatu sikap dan prilaku yang membias dari anak normal lainnya. Misalnya saja anak sering membolos, tidak antusias dalam belajar, sering membuat kegundahan dalam kelas, pessimis, agresif dan sering memberontak. Hal semacam ini akan teraplikasikan pada pencapaian tujuan pembelajaran yang menurun atau prestasinya menurun.
Olehnya itu, penulis berinisiatif untuk mengkaji lebih mendalam melalui kegiatan penelitian ini yang erat kaitannya dengan masalah minat dan perhatian belajar anak, dalam mempelajari mata pelajaran IPA-Biologi yang akan berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap prestasi yang dicapainya.

 

B. Rumusan Masalah

Bertolak dari latar belakang di atas, maka penulis membatasi diri untuk mengkaji variabel-variabel yang ada dalam bentuk rumusan masalah yang menjadi fokus perhatian dan penelitian ini. Adapun rumusan masalah yang penulis maksudkan adalah:
1.   Bagaimanakah tingkat minat dan perhatian belajar siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Labuang Baji I Makassar.
2.   Bagaimanakah tingkat prestasi belajar siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi pada pada SDN Labuang Baji I Makassar.
3.   Bagaimanakah hubungan antara minat dan perhatian dengan prestasi belajar siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi SDN Labuang Baji I Makassar.

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, adalah sebagai berikut:
1.   Untuk mengetahui tingkat minat dan perhatian belajar siswa mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Labuang Baji I Makassar.
2.   Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Labuang Baji I Makassar.
3.   Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat dan perhatian belajar dengan prestasi belajar IPA-Biologi siswa SDN Labuang Baji I Makassar.

 

D. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang akan diperoleh melalui penelitian ini antara lain:
1.   Dengan mengetahui tingkat minat dan perhatian belajar siswa menjadi sumber informasi bagi seorang guru untuk lebih menumbuh-kembangkan minat belajar siswanya.
2.   Dengan mengetahui tingkat minat dan perhatian belajar siswa menjadi sumber iklim yang kondusif agar anak secara leluasa dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya.
3.   Diharapkan semua dapat lembaga yang terkait dalam bidang pendidikan agar dapat memperbaiki sistem yang ada supaya anak dapat mencapai tingkat perkembangan yang optimal.
4.   Sebagai salah satu bahan referensi bacaan yang dapat dijadikan sumber informasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan ilmu pengertahuan dan teknologi pada umumnya dan penelitian pada khususnya.

 

E. Hipotesis Penelitian

Berdasarkan dari rumusan masalah dan pengkajian terhadap literatur yang relevan, maka ditarik suatu hipotesis, dimana hal ini dimaksudkan sebagai pengarah, pedoman dan tuntunan dalam pelaksanan pengumpulan maupun pengolahan data penelitian, baik data di lapangan maupun data melalui literatur. Adapun hipotesis yang dimaksud adalah: “Terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan perhatian dengan prestasi belajar IPA-Biologi siswa SDN Labuang Baji I Makassar”.


0 comments on SDIPA-13 HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PERHATIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA SDN LABUANG BAJI I MAKASSAR :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search