HUBUNGAN ANTARA MINAT
DAN PERHATIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA
PADA SDN LABUANG
BAJI I MAKASSAR
SKRIPSI
Diajukan
Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi
Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan
MIPA Program Studi Biologi
Oleh :
NAMA : NURBAETI SOFYAN
STAMBUK : 0127026
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004
|
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Telah diperiksa dan
disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar.
Judul : HUBUNGAN
ANTARA MINAT DAN PERHATIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA
PADA SDN LABUANG BAJI I MAKASSAR
Atas
Nama : Nurbaeti
Sofyan
Stambuk :
0127026
Program : Strata
Satu (S1)
Jurusan : Biologi
Fakultas
: Keguruan
dan Ilmu Pendidikan
Makassar, Maret
2004
Pembimbing I Pembimbing II
Muh.
Khalifah, S.Ag., M.Pd. Drs.
Muh. Yunus
Mengetahui
Ketua Jurusan MIPA
FKIP UVRI Makassar
Drs. H.M. Said Arman
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah, dengan segala
kerendahan hati penulis mengkhaturkan puji syukur ke hadirat Allah swt, karena
dengan hidaya dan taufiq–Nya jualah penulis dapat menyelesaiakan penyusunan
skripsi dengan hasil yang sangat sederhana sebagai suatu karya ilmiah. Salawat
dan doa tak lupa tercurah kepada Nabi Muhammad saw., serta para pengikutnya
yang setia menjalankan risalah Islam.
Skripsi ini berjudul “Hubungan Antara
Minat dan Perhatian dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA pada SDN
Labuang Baji I Makassar”, dimana penulis bermaksud untuk mengetahui, apakah ada
hubungan antara minat dan perhatian dengan prestasi belajar siswa khususnya pelajaran
IPA.
Pada tahap pelaksanaan, mulai dari
pengumpulan bahan-bahan pustaka maupun data di lapangan hingga penulisan
skripsi ini berbagai kendala penulis temui, namun dengan gigih dan pantang
menyerah, dengan ketekunan serta kerja keras dibarengi dengan doa kepada Allah
swt., alhamdulillah skripsi ini dapat penulis selesaikan sebagaimana adanya.
Dalam menyelesaikan skripsi ini penulis
tentunya tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, baik
yang bersifat moril maupun yang bersifat materil, baik yang hanya berupa
motivasi maupun dalam bentuk penggunaan fasilitas pribadinya. Menyadari akan
hal tersebut, tidak berlebihan kiranya bila penulis mengucapkan terima kasih
kepada :
1. Bapak Rektor Universitas Veteran Republik
Indonesia, beserta para Pembantu Rektor yang telah gigih memperjuangkan
perguruan tinggi ini, sehingga tetap eksis.
2. Dekan Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan
beserta para Pembantu Dekan yang telah menerima dan memberi kesempatan kepada
penulis untuk menimba ilmu pengetahuan di perguruan tinggi ini.
3. Bapak Muh. Khalifah Mustami, M.Pd. dan Bapak
Drs. Muh. Yunus, masing-masing selaku Pembimbing I dan Pembimbing II yang telah
memberikan bimbingan dan arahan dalam penyelesaian skripsi ini.
4. Seluruh pihak yang tidak dapat penulis
sebutkan satu persatu yang turut memberikan dukungan, baik dukungan moril
maupun dukungan yang bersifat materil berupa pengadaan buku literatur.
Atas segala bantuan yang telah
diberikan, penulis menyerahkan sepenuhnya kepada Allah swt., semoga bantuan
tersebut mendapat ganjaran yang setimpal di sisi-Nya. Amin ya rabbal ‘alamin.
Makassar, Maret
2004
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ................................................................................................ i
PERSETUJUAN PEMBIMBING ......................................................................... ii
KATA PENGANTAR ........................................................................................... iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................. v
DAFTAR TABEL.................................................................................................... vii
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang .............................................................................. 1
B. Rumusan Masalah......................................................................... 2
C. Tujuan Penelitian .......................................................................... 3
D. Manfaat Penelitian........................................................................ 3
E. Hipotesis penelitian ..................................................................... 4
BAB II. TINJAUAN
PUSTAKA
A. Tinjauan tentang Minat Belajar ................................................ 6
B. Tinjauan Tentang Perhatian .................................................... 11
C. Tinjauan tentang Prestasi Belajar ........................................... 19
BAB III. METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ........................................................................... 24
B. Definisi Operasional Variabel ................................................. 24
C. Variabel dan Desain Penelitian .............................................. 25
D. Populasi dan Sampel
Penelitian ............................................ 26
E. Instrumen Penelitian ................................................................ 29
F. Pelaksanaan Penelitian ............................................................. 31
G. Teknik Pengolahan Data .......................................................... 31
BAB IV. HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian ........................................................................... 36
B. Pembahasan Hasil Penelitian .................................................. 46 .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
BAB V. P E
N U T U P
A. Kesimpulan .................................................................................. 49
B. Saran-saran .................................................................................. 49
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................... 51
DAFTAR
TABEL
Tabel
1. Distribusi
Penyebaran Populasi...................................... 22
Tabel 2. Sebaran
Sampel Tiap Kelas............................................ 23
Tabel 3. Distribusi
Angket Kasar Tingkat Minat dan Perhatian Belajar 31
Tabel 4. Frekuensi
dan Persentase Data Tingkat Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SLTP Negeri
1 Pangkajene Kab. Pangkep....................... 34
Tabel
5. Frekuensi
dan Persentase Data Tingkat Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SLTP
Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep....................... 35
ABSTRAK
N
a m a : St. Nurhaedah Nur
Judul Skripsi : Hubungan
Antara Minat dan Perhatian dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Mata
Pelajaran IPA pada SLTP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep
Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat korelasional, bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara minat dan perhatian belajar siswa dengan prestasi
belajar siswa kelas II SLTP Negeri 1 Pangkajene pada mata pelajaran IPA.
Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas II dengan sampel sebesar 20
% dan populasi (60 orang siswa). Data penelitian dikumpul dengan menggunakan
instrumen berupa angket untuk data minat dan perhatian belajar siswa dan
dokumentasi untuk data prestasi belajar. Data selanjutnya diolah dan dianalisis,
dengan statistik korelasi untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil analisis
menunjukkan nilai r hitung sebesar 0,53 dan r tabel 0,254 yang lebih kecil dari
r hitung, berarti dapat dikatakan terdapat hubungan yang positif antara
minat/perhatian belajar siswa dengan prestasi belajar IPA siswa SLTP Negeri 1
Pangkajene Kelas II. Berarti pula hipotesis yang diajukan di terima.
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Disadari atau tidak,
menurunnya kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Walaupun
seorang guru sudah berbuat yang terbaik menurut prosedur yang ada tanpa
dukungan dari berbagai pihak, niscaya tujuan pendidikan tidak akan tercapai
dengan baik. Di sinilah kita perlu memadukan antara faktor lingkungan dengan
faktor alami berupa potensi yang dimiliki anak itu sendiri.
Faktor potensi anak
yang tak kalah pentingnya adalah minat belajar anak-anak yang kurang memiliki
minat dalam belajar, maka akan menunjang suatu sikap dan prilaku yang membias
dari anak normal lainnya. Misalnya saja anak sering membolos, tidak antusias
dalam belajar, sering membuat kegundahan dalam kelas, pessimis, agresif dan
sering memberontak. Hal semacam ini akan teraplikasikan pada pencapaian tujuan
pembelajaran yang menurun atau prestasinya menurun.
Olehnya itu, penulis
berinisiatif untuk mengkaji lebih mendalam melalui kegiatan penelitian ini yang
erat kaitannya dengan masalah minat dan perhatian belajar anak, dalam
mempelajari mata pelajaran IPA-Biologi yang akan berpengaruh langsung maupun
tidak langsung terhadap prestasi yang dicapainya.
B. Rumusan Masalah
Bertolak
dari latar belakang di atas, maka penulis membatasi diri untuk mengkaji
variabel-variabel yang ada dalam bentuk rumusan masalah yang menjadi fokus
perhatian dan penelitian ini. Adapun rumusan masalah yang penulis maksudkan
adalah:
1. Bagaimanakah tingkat minat dan
perhatian belajar siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Labuang
Baji I Makassar.
2. Bagaimanakah tingkat prestasi belajar
siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi pada pada SDN Labuang Baji I
Makassar.
3. Bagaimanakah hubungan antara minat dan
perhatian dengan prestasi belajar siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi
SDN Labuang Baji I Makassar.
C. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini, adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui tingkat minat dan
perhatian belajar siswa mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Labuang Baji I
Makassar.
2. Untuk mengetahui tingkat prestasi
belajar siswa mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Labuang Baji I Makassar.
3. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan
antara minat dan perhatian belajar dengan prestasi belajar IPA-Biologi siswa
SDN Labuang Baji I Makassar.
D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang
akan diperoleh melalui penelitian ini antara lain:
1. Dengan mengetahui tingkat minat dan
perhatian belajar siswa menjadi sumber informasi bagi seorang guru untuk lebih
menumbuh-kembangkan minat belajar siswanya.
2. Dengan mengetahui tingkat minat dan
perhatian belajar siswa menjadi sumber iklim yang kondusif agar anak secara
leluasa dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya.
3. Diharapkan semua dapat lembaga yang
terkait dalam bidang pendidikan agar dapat memperbaiki sistem yang ada supaya
anak dapat mencapai tingkat perkembangan yang optimal.
4. Sebagai salah satu bahan referensi
bacaan yang dapat dijadikan sumber informasi dalam pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan ilmu pengertahuan dan teknologi
pada umumnya dan penelitian pada khususnya.
E. Hipotesis
Penelitian
Berdasarkan dari
rumusan masalah dan pengkajian terhadap literatur yang relevan, maka ditarik
suatu hipotesis, dimana hal ini dimaksudkan sebagai pengarah, pedoman dan
tuntunan dalam pelaksanan pengumpulan maupun pengolahan data penelitian, baik
data di lapangan maupun data melalui literatur. Adapun hipotesis yang dimaksud
adalah: “Terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan perhatian dengan
prestasi belajar IPA-Biologi siswa SDN Labuang Baji I Makassar”.
0 comments on SDIPA-13 HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PERHATIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA SDN LABUANG BAJI I MAKASSAR :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak