.

.

SDMTK-02 MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS I DALAM MENGOPERASIONALKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Share on :
KATA PENGANTAR
Segala puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa peneliti panjatkan, karena berkat Rakhmat dan Hidayah Nya sehingga laporan penelitian ini dapat kami selesaikan tepat pada waktunya.
Penelitian dengan judul ” Meningkatkan Kemampuan siswa kelas I dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika “ ini dapat terlaksana berkat lembaga penelitian Universitas Negeri Malang  serta bantuan dari berbagai fihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.       Bapak Prof. Dr. Nana Sudjana selaku kepala Dit Jen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang telah membiayai pelaksanaan penelitian.
2.       Bapak Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd selaku ketua Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang yang telah memberi bekal untuk pelaksanaan penelitian.
3.       Bapak MG. Hadi Sucipto, SH, MM selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo yang telah mengirim peneliti untuk mengikuti pelatihan PTK di Malang.
4.       Ibu Dra. Harti Kartini, M.Pd dan Ibu Dra. Umi Dayati, M.Pd selaku pembimbing dalam penelitian ini.
5.       Bapak Drs. Yusuf Martono dan Ibu Dra. Hari Astuningsih selaku pengamat dalam penelitian tindakan ini.
6.       Bapak / Ibu Guru SDN Jimbaran Kulon yang telah membantu penelitian ini.
7.      

ii
 
Semua fihak yang telah membantu dalam penelitian ini.
Kami menyadari bahwa Laporan ini masih banyak kekurangan. Karena itu kritik serta saran sangat kami butuhkan.
Malang, November 2006
                                                                                        

iii
 
                                                                                             Peneliti

HALAMAN PENGESAHAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Judul Penelitian              :   Meningkatkan Kemampan Siswa Kelas I Dalam Mengoperasionalkan Penjumlahan Dan pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda Kongkrit.
Identitas Peneliti            
a. Nama Lengkap           :   Sumardi, S.Pd
b. Jenis Kelamin             :   Laki-laki
c. Pangkat/Gol/ Nip        :   Pembina / IV. a/ 130 742 122
d. Asal Sekolah               :   SDN Jimbaran Kulon
e. Alamat Kantor            :    Jln. Jimbaran Kulon, Wonoayu-Sidoarjo
    dan No. Tlp                      (031) 70969008
f. Alamat Rumah            :   Ds. Simo Angin-Angin RT 11 RW 04 Wonoayu-Sidoarjo
    dan No. Tlp                     Rumah ( 031) 8970441 Hp (031) 70387891
Lama Penelitian             :  3 Bulan September S.d. November 2006
Biaya Yang Diperlukan :  Rp. 2.000.000,00.- (dua juta rupiah)
                   Mengetahui                                                   Sidoarjo, Nopember 2006
Kepala Cabang Dinas Kec. Wonoayu                             Peneliti.
        
Drs, MULYONO,M.Pd                                                       SUMARDI, S.Pd
NIP. 131 035 805                                                                 NIP. 130 742 122
                                        

                                           Mengetahui / Menyetujui
                                      Ketua Lembaga Penelitian  UM


                                     Prof. Dr.IBRAHIM BAFADAL, M.Pd
                                     NIP. 131 652 225

DAFTAR ISI


                                                                                                                           Halaman
ABSTRAK .......................................................................................................... i
KATA PENGANTAR ........................................................................................ ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................... iii
DAFTAR LAMPIRAN ....................................................................................... v

BAB I PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Masalah ...................................................................... 1
1.2.  Perumusan Dan Pemecahan Masalah .................................................. 3
1.3.  Tujuan Penelitian ................................................................................. 4
1.4.  Manfaat Penelitian ............................................................................... 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA
         2.1. Pengertian Kemampuan ....................................................................... 6
2.2. Pengertian Mengoperasionalkan .......................................................... 7
2.3. Pengertain Kongkrit ............................................................................. 8
BAB III METODE PENELITI
3.1. Pendekatan Dan Jenis Penelitian ......................................................... 9
3.2. Kehadiran Peneliti ............................................................................... 9
3.3. Lokasi Penelitian ................................................................................. 10
3.4. Sumber Data ........................................................................................ 11

iii
 
3.5. Prosedur Pengumpulan Data ............................................................... 12
3.6. Analisis Data ........................................................................................13
3.7. Pengecekan Keabsahan Data ................................................................14
3.8. Tahap-Tahap Penelitian ........................................................................14
BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
4.1. Paparan Data Dan Temuan Penelitian Pada Kegiatan Pra Tindakan ....17
4.2. Paparan Data Dan Teman Pada Siklus I ................................................18
       Paparan Data Dan Tamuan Pada Siklus II .............................................25
4.3. Paparan Data Akhir Tindakan ................................................................30
BAB V PEMBAHASAN
5.1. Penggunaan Benda-benda Kongkrit Mampu Meningkatkan
       Kemampuan Belajar ..............................................................................32
         5.2. Siswa Mampu Mengoperasionalkan Penjumlahan Dan Pengurangan ..33
BAB VI SIMPULAN DAN SARAN
         6.1. Simpulan ................................................................................................35
         6.2. Saran .......................................................................................................36
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................37
LAMPIRAN-LAMPIRAN......................................................................................38












iv
 
 



DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                           Halaman
  1. Rencana Pembelajaran .................................................................................. 38
  2. Lembar Pengamatan ...................................................................................... 39
  3. Lembar Kegiatan Siswa ................................................................................ 41
  4. Lembar Evaluasi ........................................................................................... 46

  5. v
     
    Hasil Evaluasi Siswa .................................................................................... 48


ABSTRAK


Sumardi, S.Pd. 2006 Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas I Dalam Mengoperasionalkan Penujumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda-benda Kongkrit. Pembimbing : (1) Dra Harti Kartini, M.Pd (2) Dra Umi Dayati, M.Pd.

Kata-kata Kunci : Penjumlahan, pengurangan, Metematika SD, Benda Kongkrit.

Pendidikan merupakan tanggung jawab keluarga sekolah dan lingkungan. Keberhasilan pendidikan tiga komponen tersebut sangat menentukan. Disamping tiga komponen tersebut, metode atau strategi pembelajaran, alat-alat pembelajaran juga mutlak diperlukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan benda-benda kongkrit mampu meningkatkan kemampuan siswa Kelas I SDN Jimbaran Kulon dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan benda-benda kongkrit, juga diharapkan bermanfaat bagi siswa, peneliti,maupun orang tua murid. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas terhadap Siswa kelas I SDN Jimbaran Kulon sebanyak 37 siswa yang dilakukan dalam 2 siklus.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menggambarkan masalah sebenarnya yang ada dilapangan kemudian di refleksikan dan dianalisis berdasarkan teori yang menunjang dilanjutkan dengan pelaksanaan penelitian  dilapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi pengamatan diskusi dan evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kegiatan pratindakan, siklus I dan siklus II. Dalam penelitian pratindakan siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 35 % setelah dilakukan tindakan dengan alat bantu benda-benda kongkrit. Ketuntasan belajar siswa dalam siklus I naik menjadi 97 % dilanjutkan siklus selanjutnya seluruh siswa mengalami ketuntasan belajar.

i
 
Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa benda-benda kongkrit dapat membantu siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada pembelajaran Matematika Kelas I, sehingga prestasi belajar mengalami kemajuan. Temuan yang lain anak menjadi senang, percaya diri dalam melakukan proses pembelajaran.
Dengan demikian dapat disarankan bahwa pelaksanaan pendidikan hendaknya berwawasan lingkungan karena lingkungan banyak menyediakan alat bantu yang murah, mudah didapat dan mudah dikenal anak. 


BAB I

PENDAHULUAN



1.1.  LATAR BELAKANG MASALAH

             Pendidikan merupakan usaha manusia untuk menyiapkan diri dalam perananya dimasa akan datang. Pendidikan dilakukan tanpa ada batasan usia, ruang dan waktu yang tidak dimulai atau diakhiri di sekolah, tetapi diawali dalam keluarga dilanjutkan dalam lingkungan sekolah dan diperkaya oleh lingkungan masyarakat, yang hasilnya digunakan untuk membangun kehidupan pribadi agama, masyarakat, keluarga dan negara. Merupakan suatu kenyataan bahwa pemerintah dalam hal ini diwakili lembaga yang bertanggung jawab didalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia, akan tetapi pendidikan menjadi tanggung jawab keluarga, sekolah dan masyarakat yang sering disebut dengan Tri Pusat Pendidikan.
 Salah satu keprihatinan yang dilontarkan banyak kalangan adalah mengenai rendahnya mutu pendidikan atau Out Put yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal. Dalam hal ini yang menjadi kambing hitam adalah guru dan lembaga pendidikan tersebut, orang tua tidak memandang aspek keluarga dan kondisi lingkungannya. Pada hal lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar sangat menentukan terhadap keberhasilan pendidikan.

1
 
 Memasuki Tri bulan pertama tahun 2006-2007, ketika diadakan Ulangan Tengah Semester mulai tampak timbul suatu masalah. Sewaktu ulangan jatuh pada mata pelajaran Matematika begitu naskah dibagikan, sebagian siswa berteriak-teriak memanggil-manggil ibunya, ada yang garuk-garuk kepala, juga tidak sedikit yang menangis karena merasa tidak bisa mengerjakan. Akhirnya nilai yang diperoleh oleh sisa kelas I dalam pelajaran matematika khususnya dalam mengoperasionalkan penjumlahan  dan pengurangan. Nilai dari 37 siswa sebagai berikut: (1) 80-100 Amat baik ada 10 siswa =27 %. (2) 55-79 Cukup ada 7 siswa =10 %. (3) 0-54 Kurang ada 20 siswa =55 %. Dengan kondisi nilai tersebut diatas guru sebagai peneliti merasa pembelajaran matematika dikelas I krang berhasil.
Selama ini peneliti sudah menggunakan berbagai macam metode untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan, tetapi hasilnya masih belum memuaskan. Agaknya memang strategi/pendekatan-pendekatan saja belum cukup untuk menghasilkan perubahan. Meier (2002 : 54) mengatakan bahwa belajar adalah berkreasi bukan mengkonsumsi. Pengetahuan bukanlah suatu yang diserap oleh pembelajaran, melainkan sesuatu yang diciptakan oleh pembelajar.

2
 
Pembelajaran terjadi ketika seseorang pembelajar  memadukan pengetahuan dan keterampilan baru kedalam struktur dirinya sendiri yang telah ada. Belajar berharfiah adalah menciptakan makna baru, sejauh ini pendidikan kita didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Untuk itu diperlukan strategi belajar baru yang memberdayakan siswa sebuah strategi belajar tidak mengharuskan siswa menghafalkan fakta-fakta tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan dibenak mereka sendiri.
Dalam upaya itu siswa perlu guru sebagai pengarah dan pembimbing. Dalam kelas tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuan. Maksudnya guru lebih banyak berurusan dengan strategi dengan alat bantu yang dikenal siswa disekitarnya, dari pada memberi informasi.memang pendidikan siswa kelas I Sekolah Dasar masih identik dengan dunia bermain, karena siswa kelas I belum dapat melepas keterkaitannya dengan pendidikan Taman Kanak-Kanak sebelumnya, karena itu benda-benda disekitar sekolah sangat membantu proses pembelajaran siswa.
Bertitik tolak dari latar belakang masalah di atas peneliti ingin meningkatkan kemampuan siswa kelas I Sekolah Dasar dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika dengan bantuan benda-benda kongkrit.
1.2. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
1.2.1.      Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka perumusan masalahnya sebagai berikut: Bagaimana penggunaan benda-benda kongkrit mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN Jimbaran Kulon dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika.
1.2.2.   Pemecahan Masalah
Dengan bantuan benda-benda kongkrit disekitar sekolah siswa kelas I SD Jimbaran Kulon mampu mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika.

3
 
 


1.3.  TUJUAN PENELITIAN
Berpijak dari permasalahan yang diteliti maka tujuan  penelitian ini  adalah:
1.3.1        Meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan benda-benda kongkrit.
1.4. MANFAAT HASIL PENELITIAN
Dari hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat :
1.4.1. Siswa :
-    Mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika.
-    Mempermudah siswa mencari alat bantu pembelajaran dengan benda-benda kongkrit di sekitar Sekolah.
1.4.2. Guru Sebagai peneliti :
-                           Meningkatkan profesionalisme dalam bidang pendidikan.
-                           Menambah nilai angka kredit bagi golongan IV.a ke IV.b.
1.4.3. Lembaga
-    Memberi sumbangan yang berharga bagi lembaga bahwa benda-benda disekitar kita dapat dijadikan sebagai alat bantu pembelajaran.
-    Meringankan beban lembaga karena benda-benda di sekitar kita mudah dicari dan tidak memerlukan beaya yang mahal untuk membelinya.
1.4.4. Orang tua siswa
-   

4
 
Meringankan biaya orang tua siswa karena benda-benda di sekitar sekolah tidak harus membeli.



1 comments:

Unknown said... 29 November 2017 at 20:24

pengabdian dgn ikhlas dan sabar dalam membangun karakter peserta diidik dalam rangka menyosong indonesia emas tahun 2045.

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search