KATA
PENGANTAR
Segala
puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa peneliti panjatkan, karena
berkat Rakhmat dan Hidayah Nya sehingga laporan penelitian ini dapat kami
selesaikan tepat pada waktunya.
Penelitian
dengan judul ” Meningkatkan Kemampuan siswa kelas I dalam mengoperasionalkan
penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika “ ini dapat
terlaksana berkat lembaga penelitian Universitas Negeri Malang serta bantuan dari berbagai fihak. Oleh karena
itu pada kesempatan ini peneliti sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada :
1.
Bapak Prof. Dr. Nana Sudjana selaku kepala Dit Jen
Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang telah membiayai
pelaksanaan penelitian.
2.
Bapak Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd selaku ketua
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang yang telah memberi bekal untuk
pelaksanaan penelitian.
3.
Bapak MG. Hadi Sucipto, SH, MM selaku Kepala Dinas
Pendidikan Kabupaten Sidoarjo yang telah mengirim peneliti untuk mengikuti
pelatihan PTK di Malang.
4.
Ibu Dra. Harti Kartini, M.Pd dan Ibu Dra. Umi Dayati,
M.Pd selaku pembimbing dalam penelitian ini.
5.
Bapak Drs. Yusuf Martono dan Ibu Dra. Hari Astuningsih
selaku pengamat dalam penelitian tindakan ini.
6.
Bapak / Ibu Guru SDN Jimbaran Kulon yang telah membantu
penelitian ini.
7.
|
Semua fihak yang telah membantu dalam penelitian ini.
Kami
menyadari bahwa Laporan ini masih banyak kekurangan. Karena itu kritik serta
saran sangat kami butuhkan.
Malang, November 2006
|
Peneliti
HALAMAN
PENGESAHAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
Judul Penelitian
: Meningkatkan Kemampan Siswa
Kelas I Dalam Mengoperasionalkan Penjumlahan Dan pengurangan Pada Mata
Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda Kongkrit.
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
: Sumardi, S.Pd
b. Jenis Kelamin
: Laki-laki
c. Pangkat/Gol/ Nip
: Pembina / IV. a/ 130 742 122
d. Asal Sekolah
: SDN Jimbaran Kulon
e. Alamat Kantor
: Jln. Jimbaran Kulon,
Wonoayu-Sidoarjo
dan No. Tlp (031) 70969008
f. Alamat Rumah
: Ds. Simo Angin-Angin RT 11 RW
04 Wonoayu-Sidoarjo
dan No. Tlp Rumah ( 031) 8970441 Hp
(031) 70387891
Lama Penelitian :
3 Bulan September S.d. November 2006
Biaya Yang Diperlukan :
Rp. 2.000.000,00.- (dua juta rupiah)
Mengetahui
Sidoarjo, Nopember 2006
Kepala
Cabang Dinas Kec. Wonoayu Peneliti.
Drs,
MULYONO,M.Pd
SUMARDI, S.Pd
NIP.
131 035 805
NIP. 130 742 122
Mengetahui / Menyetujui
Ketua
Lembaga Penelitian UM
Prof.
Dr.IBRAHIM BAFADAL, M.Pd
NIP. 131
652 225
DAFTAR ISI
Halaman
ABSTRAK
..........................................................................................................
i
KATA PENGANTAR
........................................................................................
ii
DAFTAR ISI
.......................................................................................................
iii
DAFTAR LAMPIRAN .......................................................................................
v
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang Masalah
...................................................................... 1
1.2. Perumusan
Dan Pemecahan Masalah .................................................. 3
1.3. Tujuan
Penelitian
.................................................................................
4
1.4. Manfaat
Penelitian
...............................................................................
4
BAB II KAJIAN PUSTAKA
2.1. Pengertian Kemampuan
....................................................................... 6
2.2. Pengertian Mengoperasionalkan
.......................................................... 7
2.3. Pengertain Kongkrit .............................................................................
8
BAB III METODE PENELITI
3.1. Pendekatan Dan Jenis Penelitian
......................................................... 9
3.2. Kehadiran Peneliti
...............................................................................
9
3.3. Lokasi Penelitian
.................................................................................
10
3.4. Sumber Data
........................................................................................
11
|
3.5. Prosedur Pengumpulan Data
............................................................... 12
3.6. Analisis Data
........................................................................................13
3.7. Pengecekan Keabsahan Data ................................................................14
3.8. Tahap-Tahap Penelitian
........................................................................14
BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
4.1. Paparan Data Dan Temuan Penelitian Pada Kegiatan Pra Tindakan ....17
4.2. Paparan Data Dan Teman Pada Siklus I
................................................18
Paparan Data Dan Tamuan Pada
Siklus II .............................................25
4.3. Paparan Data Akhir Tindakan ................................................................30
BAB V PEMBAHASAN
5.1. Penggunaan Benda-benda Kongkrit Mampu Meningkatkan
Kemampuan Belajar
..............................................................................32
5.2. Siswa Mampu
Mengoperasionalkan Penjumlahan Dan Pengurangan ..33
BAB VI SIMPULAN DAN SARAN
6.1. Simpulan
................................................................................................35
6.2. Saran
.......................................................................................................36
DAFTAR PUSTAKA
............................................................................................37
LAMPIRAN-LAMPIRAN......................................................................................38
|
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Halaman
- Rencana Pembelajaran .................................................................................. 38
- Lembar Pengamatan ...................................................................................... 39
- Lembar Kegiatan Siswa ................................................................................ 41
- Lembar Evaluasi ........................................................................................... 46
-
v
ABSTRAK
Sumardi, S.Pd. 2006 Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas I Dalam
Mengoperasionalkan Penujumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika
Dengan Bantuan Benda-benda Kongkrit. Pembimbing : (1) Dra Harti Kartini,
M.Pd (2) Dra Umi Dayati, M.Pd.
Kata-kata Kunci : Penjumlahan, pengurangan,
Metematika SD, Benda Kongkrit.
Pendidikan
merupakan tanggung jawab keluarga sekolah dan lingkungan. Keberhasilan
pendidikan tiga komponen tersebut sangat menentukan. Disamping tiga komponen
tersebut, metode atau strategi pembelajaran, alat-alat pembelajaran juga mutlak
diperlukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan
benda-benda kongkrit mampu meningkatkan kemampuan siswa Kelas I SDN Jimbaran
Kulon dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran
Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan benda-benda
kongkrit, juga diharapkan bermanfaat bagi siswa, peneliti,maupun orang tua
murid. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas
terhadap Siswa kelas I SDN Jimbaran Kulon sebanyak 37 siswa yang dilakukan
dalam 2 siklus.
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menggambarkan
masalah sebenarnya yang ada dilapangan kemudian di refleksikan dan dianalisis
berdasarkan teori yang menunjang dilanjutkan dengan pelaksanaan penelitian dilapangan. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini melalui observasi pengamatan diskusi dan evaluasi.
Hasil
penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kegiatan pratindakan, siklus I dan
siklus II. Dalam penelitian pratindakan siswa yang mengalami ketuntasan belajar
sebanyak 35 % setelah dilakukan tindakan dengan alat bantu benda-benda
kongkrit. Ketuntasan belajar siswa dalam siklus I naik menjadi 97 % dilanjutkan
siklus selanjutnya seluruh siswa mengalami ketuntasan belajar.
|
Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa benda-benda
kongkrit dapat membantu siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan
pengurangan bilangan pada pembelajaran Matematika Kelas I, sehingga prestasi
belajar mengalami kemajuan. Temuan yang lain anak menjadi senang, percaya diri
dalam melakukan proses pembelajaran.
Dengan
demikian dapat disarankan bahwa pelaksanaan pendidikan hendaknya berwawasan
lingkungan karena lingkungan banyak menyediakan alat bantu yang murah, mudah
didapat dan mudah dikenal anak.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR
BELAKANG MASALAH
Pendidikan
merupakan usaha manusia untuk menyiapkan diri dalam perananya dimasa akan
datang. Pendidikan dilakukan tanpa ada batasan usia, ruang dan waktu yang tidak
dimulai atau diakhiri di sekolah, tetapi diawali dalam keluarga dilanjutkan
dalam lingkungan sekolah dan diperkaya oleh lingkungan masyarakat, yang
hasilnya digunakan untuk membangun kehidupan pribadi agama, masyarakat,
keluarga dan negara. Merupakan suatu kenyataan bahwa pemerintah dalam hal ini
diwakili lembaga yang bertanggung jawab didalam pelaksanaan pendidikan di
Indonesia, akan tetapi pendidikan menjadi tanggung jawab keluarga, sekolah dan
masyarakat yang sering disebut dengan Tri Pusat Pendidikan.
Salah satu
keprihatinan yang dilontarkan banyak kalangan adalah mengenai rendahnya mutu
pendidikan atau Out Put yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal.
Dalam hal ini yang menjadi kambing hitam adalah guru dan lembaga pendidikan
tersebut, orang tua tidak memandang aspek keluarga dan kondisi lingkungannya.
Pada hal lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar sangat menentukan terhadap
keberhasilan pendidikan.
|
Memasuki Tri bulan
pertama tahun 2006-2007, ketika diadakan Ulangan Tengah Semester mulai tampak
timbul suatu masalah. Sewaktu ulangan jatuh pada mata pelajaran Matematika
begitu naskah dibagikan, sebagian siswa berteriak-teriak memanggil-manggil
ibunya, ada yang garuk-garuk kepala, juga tidak sedikit yang menangis karena
merasa tidak bisa mengerjakan. Akhirnya nilai yang diperoleh oleh sisa kelas I
dalam pelajaran matematika khususnya dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan. Nilai dari 37 siswa sebagai
berikut: (1) 80-100 Amat baik ada 10 siswa =27 %. (2) 55-79 Cukup ada 7 siswa
=10 %. (3) 0-54 Kurang ada 20 siswa =55 %. Dengan kondisi nilai tersebut diatas
guru sebagai peneliti merasa pembelajaran matematika dikelas I krang berhasil.
Selama
ini peneliti sudah menggunakan berbagai macam metode untuk mencapai tujuan
pendidikan yang diharapkan, tetapi hasilnya masih belum memuaskan. Agaknya
memang strategi/pendekatan-pendekatan saja belum cukup untuk menghasilkan
perubahan. Meier (2002 : 54) mengatakan bahwa belajar adalah berkreasi bukan
mengkonsumsi. Pengetahuan bukanlah suatu yang diserap oleh pembelajaran,
melainkan sesuatu yang diciptakan oleh pembelajar.
|
Pembelajaran terjadi ketika seseorang pembelajar memadukan pengetahuan dan keterampilan baru
kedalam struktur dirinya sendiri yang telah ada. Belajar berharfiah adalah
menciptakan makna baru, sejauh ini pendidikan kita didominasi oleh pandangan
bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih
berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Kemudian ceramah menjadi
pilihan utama strategi belajar. Untuk itu diperlukan strategi belajar baru yang
memberdayakan siswa sebuah strategi belajar tidak mengharuskan siswa
menghafalkan fakta-fakta tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa
mengkonstruksikan pengetahuan dibenak mereka sendiri.
Dalam
upaya itu siswa perlu guru sebagai pengarah dan pembimbing. Dalam kelas tugas
guru adalah membantu siswa mencapai tujuan. Maksudnya guru lebih banyak
berurusan dengan strategi dengan alat bantu yang dikenal siswa disekitarnya,
dari pada memberi informasi.memang pendidikan siswa kelas I Sekolah Dasar masih
identik dengan dunia bermain, karena siswa kelas I belum dapat melepas
keterkaitannya dengan pendidikan Taman Kanak-Kanak sebelumnya, karena itu
benda-benda disekitar sekolah sangat membantu proses pembelajaran siswa.
Bertitik
tolak dari latar belakang masalah di atas peneliti ingin meningkatkan kemampuan
siswa kelas I Sekolah Dasar dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan
pengurangan pada mata pelajaran Matematika dengan bantuan benda-benda kongkrit.
1.2. PERUMUSAN
DAN PEMECAHAN MASALAH
1.2.1.
Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas maka perumusan masalahnya sebagai berikut:
Bagaimana penggunaan benda-benda kongkrit mampu meningkatkan kemampuan siswa
kelas I SDN Jimbaran Kulon dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan
pada mata pelajaran Matematika.
1.2.2. Pemecahan Masalah
Dengan
bantuan benda-benda kongkrit disekitar sekolah siswa kelas I SD Jimbaran Kulon
mampu mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran
Matematika.
|
1.3. TUJUAN PENELITIAN
Berpijak dari
permasalahan yang diteliti maka tujuan
penelitian ini adalah:
1.3.1
Meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam
mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan benda-benda
kongkrit.
1.4.
MANFAAT HASIL PENELITIAN
Dari hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat :
1.4.1.
Siswa :
-
Mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika.
-
Mempermudah siswa mencari alat bantu pembelajaran
dengan benda-benda kongkrit di sekitar Sekolah.
1.4.2. Guru Sebagai peneliti :
-
Meningkatkan profesionalisme dalam bidang pendidikan.
-
Menambah nilai angka kredit bagi golongan IV.a ke IV.b.
1.4.3.
Lembaga
-
Memberi sumbangan yang berharga bagi lembaga bahwa
benda-benda disekitar kita dapat dijadikan sebagai alat bantu pembelajaran.
-
Meringankan beban lembaga karena benda-benda di sekitar
kita mudah dicari dan tidak memerlukan beaya yang mahal untuk membelinya.
1.4.4.
Orang tua siswa
-
|
1 comments:
pengabdian dgn ikhlas dan sabar dalam membangun karakter peserta diidik dalam rangka menyosong indonesia emas tahun 2045.
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak