.

.

SDBINA-04 PERANAN EKSPLORASI PUSTAKA UNTUK MENINGKATKA KETRAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV SDN ABC

Share on :
PERANAN   EKSPLORASI  PUSTAKA
UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV SDN ABC


 









OLEH :
NAMA :
NIP :



SD NEGERI ABC


LEMBAR PENGESAHAN


Yang bertanda tangan dibawah ini :

N a m a                      :
N I P                           :
J a b a t a n                : Kepala Sekolah

Dengan ini mengesahkan keaslian ide dan karya ilmiah dari :

N a m a                      : .
N I P                           :
J a b a t a n                : Guru Kelas SDN
Judul Karya Ilmiah   : Peranan Eksplorasi Pustaka Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Pada Siswa Kelas IV SDN ABC



Ta.., 31 Maret 2008
                                                                                    Kepala Sekolah


                                                                                     .......
                                                                                    NIP....


 KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur  penulis panjatkan kehadirat Allah swt, yang telah melimpahkan segala rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan karya ilmiah ini.
Karya Ilmiah ini disusun dalam rangka mengikuti Lomba Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SD, di tingkat Propinsi Jawa Tengah, tahun 2008.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa penulisan ini tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak.  Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :
1.    Bapak Hartanto, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 01-02 Tawangmangu yang telah membantu dalam pembuatan laporan ini.
2.    Bapak dan Ibu Guru SDN 01 Tawangmangu, selaku teman sejawat yang telah memberikan masukan selama penulis melakukan Penelitian.
3.    Semua pihak yang telah membantu tersusunnya karya ilmiah ini.
Penulis menyadari sepenuhnya penulisan ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangannya, untuk itu penulis mohon kritik dan saran dari para pembaca.
Sekian dan terima kasih.


                                                                      Hormat kami,
                                                                          Penulis     


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ..................................................................................              i
LEMBAR PENGESAHAN.......................................................................             ii
KATA PENGANTAR................................................................................            iii
DAFTAR ISI...............................................................................................            iv
ABSTRAKSI..............................................................................................           vi
BAB      I : PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG...........................................             1
B.   PERMASALAHAN.............................................             4
1. Identifikasi Masalah.......................................             4
2. Analisis Masalah............................................             4
3. Rumusan Masalah.........................................             4
C.   TUJUAN ..............................................................             4
D.   MANFAAT............................................................             5
BAB     II :  KERANGKA TEORITIS, KERANGKA BERPIKIR DAN HIPOTESIS
A.   KERANGKA TEORITIS.....................................             6
B.   KERANGKA BERPIKIR....................................             7
C.   HIPOTESIS..........................................................             8
BAB   III  :  METODOLOGI PENELITIAN
A.   SUBJEK PENELITIAN.......................................             9
B.   TEKNIK DAN ALAT PENGUMPULAN DATA             9
C.   TEKNIK ANALISIS DATA..................................             9
D.   PROSEDUR PELAKSANAAN PENELITIAN           10
BAB   IV :  HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN
A.   HASIL PENELITIAN...........................................
B.   ANALISIS HASIL PENELITIAN........................           15

BAB   V  :  KESIMPULAN  DAN SARAN
A.   KESIMPULAN.....................................................           31
B.   SARAN.................................................................           32
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................           33
LAMPIRAN
Lampiran 1: Biodata ..............................................................         34
Lampiran 2: Foto copi Identitas Diri ..........................................           36
Lampiran 3: Surat Pernyataan  .................................................
Lampiran 4: Foto Kegiatan..........................................................           38














ABSTRAKSI

Judul karya ilmiah: Peranan Eksplorasi Pustaka Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Kelas IV SDN 01 Tawangmangu.
Penulis : Reni Asyaroh Nur Syamsiyah, S.E,S.Pd.

Karya Ilmiah ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) di SDN 01 Tawangmangu, pada kelas IV (Semester 2) tahun ajaran 2007-2008.
Kesulitan pembelajaran berawal dari permasalahan ”Bagaimana meningkatkan ketrampilan menulis pada siswa kelas IV di SDN 01 Tawangmangu,  Kecamatan Tawangmangu,  Kabupaten Karanganyar?”.
Dalam Kerangka Berpikir memuat latar belakang dan rumusan masalah, kemudian menetapkan Hipotesis. Hipotesis yang pertama adalah dengan hanya menggunakan strategi pembelajaran pada umumnya (konvensional) misalnya pemberian tugas, siswa kurang dapat termotivasi untuk meningkatkan ketrampilan menulis. Dan hipotesis yang kedua adalah dengan adanya penerapan eksplorasi pustaka sebagai metode pembelajaran membaca dan menulis mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan ketrampilan menulis siswa.
Disini Penelitian melalui 2 siklus, dengan tujuan ada perubahan peningkatan terjadi pada tiap siklusnya. Pada siklus I (masih bersifat konvensional) ada sedikit peningkatan, namun belum menunjukkan hasil yang maksimal karena masih ada siswa yang belum mencapai batas ketuntasan minimal. Kemudian dilanjutkan pada siklus II (dengan menggunakan peranan eksplorasi pustaka) dan hasilnya menunjukkan peningkatan dalam jumlah nilai pada kategori A, B dam C. Sedangkan pada kategori D dan C menunjukkan penurunan jumlah siswa. Untuk itu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dihentikan pada siklus ke II. 
Profesionalitas guru untuk melakukan pembelajaran secara aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Sehingga kendala-kendala dapat teratasi dengan baik, dan prestasi belajar siswa dapat meningkat.
 


BAB   I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Seseorang yang selalu membaca diwaktu luang adalah ciri orang yang minat bacanya tinggi. Dengan membaca, anak akan merasa betapa banyak fenomena alam maupun lingkungan sosial yang belum mereka ketahui.(genta,1998)
Begitu juga dengan menulis, adalah merupakan kegiatan yang mudah, hanya membutuhkan pensil dan secarik kertas. Namun tulisan yang baik memerlukan ketrampilan dan kebiasaan yang terasah dari bakat yang ada pada diri sendiri.(genta,1998)
Berbagai cara yang pernah dilaksanakan oleh guru dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa pada siswa tidaklah sedikit. Antara lain memberi tugas di rumah (PR) dalam bentuk portofolio maupun bentuk tugas proyek lainnya. Namun hal itu ternyata masih kurang dapat meningkatkan bakat maupun minat pada siswa didik untuk gemar membaca dan menulis. 
Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi, awal dimulainya kurikulum yang  menitikberatkan pada peningkatan dan pengembangan terhadap kemampuan bakat siswa, setiap individu dalam diri siswa pasti ada kelebihan, yang mana hal tersebut merupakan bakat yang harus diasah, sehingga bakat tersebut menjadi sesuatu yang menjadi nilai lebih dalam diri siswa. Karena pembelajaran belumlah maksimal apabila siswa belum dapat berkembang kemampuan bakat dan kreativitasnya.
Ketrampilan menulis siswa berkaitan erat dengan kegiatan membaca. Faktor yang mampu mendorong Minat Baca antara lain : 1) Rasa ingin tahu atas fakta, teori, prinsip, pengetahuan, informasi dan lainnya. 2) Fasilitas yang memadai. 3) Terciptanya situasi yang kondusif . 4) Membaca adalah suatu kebutuhan.
Dalam mengatasi permasalahan ini, penulis ingin memberikan masukan tentang Eksplorasi Pustaka sebagai wadah pengembangan bidang  kebahasaan dan kesastraan. Dengan menggunakan fasilitas perpustakaan yang ada di sekolah, siswa dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar, dengan begitu siswa telah melakukan pembelajaran eksplorasi terhadap  lingkungannya.
Mengapa Eksplorasi Pustaka menjadi pilihan? Pertanyaan tersebut muncul ketika guru mengalami kendala dalam menyampaikan pembelajaran mengarang(menulis cerita) maupun menulis sinopsis yang sering menjadi bahan untuk lomba. Melihat hasil penulisan siswa dalam bercerita atau membuat sinopsis, sangat banyak siswa yang menulis asal jadi saja, padahal kita sebagai guru telah menyampaikan cara-cara menulis sebuah cerita dengan  harapan siswa bisa menulis dengan lebih baik.
Beberapa Kegiatan Eksplorasi Pustaka yang menjadi bahan pertimbangan, meliputi :
1.    Siswa mengetahui beberapa bagian penting didalam perpustakaan, antara lain ruang baca, tempat menyimpan buku, dan daftar katalog buku juga harus memiliki kartu anggota perpustakaan.
2.    Siswa membaca cerita dari berbagai jenis buku sesuai yang diminatinya, lalu membuat ringkasan cerita dalam bentuk karangan baru maupun sinopsis.
3.    Siswa mencari referensi bacaan sebagai bahan dalam membantu menyelesaikan kesulitan belajar.
4.    Siswa menjadikan perpustakaan sebagai nara sumber selain guru.
5.    Siswa menjadi bagian dalam perpustakaan, yaitu siswa dilibatkan sebagai petugas perpustakaan secara bergilir. Sehingga siswa akan merasa memiliki dan akan sepenuh hati merawat kelestarian perpustakaan tersebut.
Beberapa kelebihan Perpustakaan antara lain:
1.    Mudah didapat, karena biasanya setiap sekolah memiliki perpustakaan. Minimal mempunyai beberapa buku pelajaran yang dari tahun ke tahun dapat menjadi bahan bacaan tambahan bagi siswa.
2.    Selain itu perpustakaan mudah dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini siswa bisa meminjam untuk dibaca di tempat perpustakaan tersebut     maupun dipinjam untuk dibaca dirumah.
3.    Perpustakaan sekolah itu murah. Mengapa? Karena perpustakaan memang disediakan untuk semua anggota di dalam sekolah tersebut secara gratis. Dalam hal ini siswa sebagai anggota sekolah tidak perlu membayar ketika meminjam buku. Tetapi mungkin ada Sekolah yang mengharuskan si peminjam buku membayar buku yang dipinjam dan dibawa pulang, tapi penulis yakin biayanya murah dan dapat dijangkau oleh uang saku siswa setiap hari.
4.    Perpustakaan merupakan tempat istirahat juga. Disini suasana ketenangan harus dijaga. Dengan penataan tempat yang baik  siswa dapat  membaca dengan santai. Biasanya perpustakaan dibuka saat istirahat maupun diisi ketika ada jadwal yang kosong (sisa waktu sehabis olah raga maupun kegiatan bebas). 
Tahap-tahap eksplorasi pustaka antara lain :
1.    Siswa dibagi beberapa kelompok sesuai tema cerita yang ada pada Katalog perpustakaan.
2.    Siswa memilih cerita dengan cara meminjam ke perpustakaan.
3.    Siswa mendiskusikan dengan temannya judul cerita masing-masing agar tidak sama tetapi sesuai tema yang telah ditentukan.
4.    Siswa menukar hasil karya cerita masing-masing untuk mengoreksi dan menunjuk salah satu temannya untuk membaca kembali. Maksud dan tujuannya adalah cerita tersebut merupakan hasil karya anak dan sesuai dengan selera anak maka yang menjadi pembanding adalah anak.
5.    Hasil cerita dievaluasi secara proses dan evaluasi akhir, karena guru selain bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber harus melakukan penilaian.


B.   PERMASALAHAN
1.    Identifikasi Masalah
Adapun masalah-masalah yang ditemui penulis sebagai guru dalam pembelajaran membaca dan menulis, antara lain:
a.    Minat membaca dan menulis pada siswa kurang.
b.    Antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran tidak begitu tampak.

2.    Analisis Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas, penulis menemukan beberapa faktor yang menyebabkan siswa belum menunjukan minat membaca dan menulis yang besar, diantaranya adalah :
a.    Kurangnya kreatifitas guru dalam menciptakan maupun memilih strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan ketrampilan menulis.
b.    Siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran karena  situasi pembelajaran yang tidak menyenangkan sehingga siswa mudah bosan.

3.    Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana meningkatkan ketrampilan menulis pada siswa kelas IV di SDN 01 Tawangmangu,  Kecamatan Tawangmangu,  Kabupaten Karanganyar?”.

C.   TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan agar :
1.    Meningkatkan ketrampilan menulis pada siswa khususnya kelas IV SDN 01Tawangmangu.
2.    Menambah semangat dan antusiasme yang tinggi pada siswa dalam  mengikuti pembelajaran.
3.    Meningkatkan kreativitas dan inovasi Guru dalam menciptakan strategi pembelajaran yang tidak membosankan.

D.   MANFAAT PENELITIAN
Setelah pelaksanaan penelitian  diharapkan dapat memberi manfaat bagi siswa, guru maupun pihak lain, antara lain adalah:
1.    Bagi siswa, akan lebih termotivasi untuk membaca dan menulis cerita atau karya sastra maupun pengembangan pembelajaran kebahasaan lainnya.
2.    Bagi Guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam merencanakan pelaksanaan  pembelajaran.
3.    Terciptanya situasi pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak mudah bosan.
4.    Menjadi masukan bagi para pembaca untuk menambah wawasan dan bagi penulis untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan.


0 comments on SDBINA-04 PERANAN EKSPLORASI PUSTAKA UNTUK MENINGKATKA KETRAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV SDN ABC :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search