PERANAN EKSPLORASI PUSTAKA
UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV SDN ABC
OLEH :
NAMA :
NIP :
SD NEGERI ABC
LEMBAR PENGESAHAN
Yang bertanda
tangan dibawah ini :
N a m a :
N I P :
J a b a t a n :
Kepala Sekolah
Dengan ini
mengesahkan keaslian ide dan karya ilmiah dari :
N a m a :
.
N I P :
J a b a t a n : Guru Kelas SDN
Judul Karya Ilmiah
: Peranan Eksplorasi Pustaka Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Pada
Siswa Kelas IV SDN ABC
Ta.., 31 Maret 2008
Kepala
Sekolah
.......
NIP....
KATA PENGANTAR
Segala
puja dan puji syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah swt, yang telah melimpahkan segala rahmat, taufiq dan
hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan karya ilmiah ini.
Karya
Ilmiah ini disusun dalam rangka
mengikuti Lomba Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SD, di tingkat Propinsi Jawa
Tengah, tahun 2008.
Dalam
penyusunan karya ilmiah ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa penulisan ini
tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :
1.
Bapak Hartanto, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 01-02 Tawangmangu
yang telah membantu dalam pembuatan laporan ini.
2.
Bapak dan Ibu Guru SDN 01 Tawangmangu, selaku teman sejawat yang
telah memberikan masukan selama penulis melakukan Penelitian.
3.
Semua pihak yang telah membantu tersusunnya karya ilmiah ini.
Penulis
menyadari sepenuhnya penulisan ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih
banyak kekurangannya, untuk itu penulis mohon kritik dan saran dari para pembaca.
Sekian
dan terima kasih.
Hormat
kami,
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN....................................................................... ii
KATA PENGANTAR................................................................................ iii
DAFTAR ISI............................................................................................... iv
ABSTRAKSI.............................................................................................. vi
BAB I : PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG........................................... 1
B.
PERMASALAHAN............................................. 4
1.
Identifikasi Masalah....................................... 4
2.
Analisis Masalah............................................ 4
3.
Rumusan Masalah......................................... 4
C.
TUJUAN .............................................................. 4
D.
MANFAAT............................................................ 5
BAB II :
KERANGKA TEORITIS, KERANGKA BERPIKIR DAN HIPOTESIS
A.
KERANGKA TEORITIS..................................... 6
B.
KERANGKA BERPIKIR.................................... 7
C.
HIPOTESIS.......................................................... 8
BAB III
: METODOLOGI PENELITIAN
A.
SUBJEK PENELITIAN....................................... 9
B.
TEKNIK DAN ALAT PENGUMPULAN DATA 9
C.
TEKNIK ANALISIS DATA.................................. 9
D.
PROSEDUR PELAKSANAAN PENELITIAN 10
BAB IV : HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN
A.
HASIL PENELITIAN...........................................
B.
ANALISIS HASIL PENELITIAN........................ 15
BAB V
: KESIMPULAN DAN SARAN
A.
KESIMPULAN..................................................... 31
B.
SARAN................................................................. 32
DAFTAR PUSTAKA................................................................................. 33
LAMPIRAN
Lampiran 1: Biodata
.............................................................. 34
Lampiran 2: Foto
copi Identitas Diri .......................................... 36
Lampiran 3: Surat
Pernyataan .................................................
Lampiran 4: Foto
Kegiatan.......................................................... 38
ABSTRAKSI
Judul
karya ilmiah: Peranan Eksplorasi Pustaka Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis
Siswa Kelas IV SDN 01 Tawangmangu.
Penulis
: Reni Asyaroh Nur Syamsiyah, S.E,S.Pd.
Karya Ilmiah ini merupakan hasil penelitian tindakan
kelas (PTK) di SDN 01 Tawangmangu, pada kelas IV (Semester 2) tahun ajaran
2007-2008.
Kesulitan pembelajaran berawal dari permasalahan ”Bagaimana meningkatkan ketrampilan
menulis pada siswa kelas IV di SDN 01 Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar?”.
Dalam Kerangka Berpikir
memuat latar belakang dan rumusan masalah, kemudian menetapkan Hipotesis.
Hipotesis yang pertama adalah dengan
hanya menggunakan strategi pembelajaran pada umumnya (konvensional) misalnya
pemberian tugas, siswa kurang dapat termotivasi untuk meningkatkan ketrampilan
menulis. Dan hipotesis yang kedua
adalah dengan adanya penerapan eksplorasi pustaka sebagai metode pembelajaran
membaca dan menulis mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan
ketrampilan menulis siswa.
Disini Penelitian
melalui 2 siklus, dengan tujuan ada perubahan peningkatan terjadi pada tiap
siklusnya. Pada siklus I (masih bersifat konvensional) ada sedikit peningkatan,
namun belum menunjukkan hasil yang maksimal karena masih ada siswa yang belum
mencapai batas ketuntasan minimal. Kemudian dilanjutkan pada siklus II (dengan
menggunakan peranan eksplorasi pustaka) dan hasilnya menunjukkan peningkatan
dalam jumlah nilai pada kategori A, B dam C. Sedangkan pada kategori D dan C
menunjukkan penurunan jumlah siswa. Untuk itu PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
dihentikan pada siklus ke II.
Profesionalitas
guru untuk melakukan pembelajaran secara aktif, kreatif, efektif, inovatif dan
menyenangkan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar
Mengajar). Sehingga kendala-kendala dapat teratasi dengan baik, dan prestasi
belajar siswa dapat meningkat.
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Seseorang yang selalu
membaca diwaktu luang adalah ciri orang yang minat bacanya tinggi. Dengan
membaca, anak akan merasa betapa banyak fenomena alam maupun lingkungan sosial
yang belum mereka ketahui.(genta,1998)
Begitu juga dengan
menulis, adalah merupakan kegiatan yang mudah, hanya membutuhkan pensil dan
secarik kertas. Namun tulisan yang baik memerlukan ketrampilan dan kebiasaan
yang terasah dari bakat yang ada pada diri sendiri.(genta,1998)
Berbagai cara yang pernah dilaksanakan oleh guru dalam upaya meningkatkan
kemampuan berbahasa pada siswa tidaklah sedikit. Antara lain memberi tugas di
rumah (PR) dalam bentuk portofolio maupun bentuk tugas proyek lainnya. Namun
hal itu ternyata masih kurang dapat meningkatkan bakat maupun minat pada siswa
didik untuk gemar membaca dan menulis.
Pada Kurikulum
Berbasis Kompetensi, awal dimulainya kurikulum yang menitikberatkan pada peningkatan dan
pengembangan terhadap kemampuan bakat siswa, setiap individu dalam diri siswa
pasti ada kelebihan, yang mana hal tersebut merupakan bakat yang harus diasah,
sehingga bakat tersebut menjadi sesuatu yang menjadi nilai lebih dalam diri
siswa. Karena pembelajaran belumlah maksimal apabila siswa belum dapat
berkembang kemampuan bakat dan kreativitasnya.
Ketrampilan
menulis siswa berkaitan erat dengan kegiatan membaca. Faktor yang mampu
mendorong Minat Baca antara lain : 1) Rasa ingin tahu atas fakta, teori,
prinsip, pengetahuan, informasi dan lainnya. 2) Fasilitas yang memadai. 3)
Terciptanya situasi yang kondusif . 4) Membaca adalah suatu kebutuhan.
Dalam mengatasi
permasalahan ini, penulis ingin memberikan masukan tentang Eksplorasi Pustaka sebagai wadah pengembangan bidang kebahasaan dan kesastraan. Dengan menggunakan
fasilitas perpustakaan yang ada di sekolah, siswa dapat memanfaatkan
perpustakaan sebagai sumber belajar, dengan begitu siswa telah melakukan
pembelajaran eksplorasi terhadap
lingkungannya.
Mengapa Eksplorasi Pustaka menjadi pilihan? Pertanyaan
tersebut muncul ketika guru mengalami kendala dalam menyampaikan pembelajaran
mengarang(menulis cerita) maupun menulis
sinopsis yang sering menjadi bahan untuk lomba. Melihat hasil penulisan
siswa dalam bercerita atau membuat sinopsis, sangat banyak siswa yang menulis
asal jadi saja, padahal kita sebagai guru telah menyampaikan cara-cara menulis
sebuah cerita dengan harapan siswa bisa
menulis dengan lebih baik.
Beberapa Kegiatan
Eksplorasi Pustaka yang menjadi bahan pertimbangan, meliputi :
1.
Siswa mengetahui beberapa bagian penting didalam perpustakaan,
antara lain ruang baca, tempat menyimpan buku, dan daftar katalog buku juga
harus memiliki kartu anggota perpustakaan.
2.
Siswa membaca cerita dari berbagai jenis buku sesuai yang
diminatinya, lalu membuat ringkasan cerita dalam bentuk karangan baru maupun
sinopsis.
3.
Siswa mencari referensi bacaan sebagai bahan dalam membantu
menyelesaikan kesulitan belajar.
4.
Siswa menjadikan perpustakaan sebagai nara sumber selain guru.
5.
Siswa menjadi bagian dalam perpustakaan, yaitu siswa dilibatkan
sebagai petugas perpustakaan secara bergilir. Sehingga siswa akan merasa
memiliki dan akan sepenuh hati merawat kelestarian perpustakaan tersebut.
Beberapa kelebihan
Perpustakaan antara lain:
1.
Mudah didapat, karena biasanya setiap sekolah memiliki
perpustakaan. Minimal mempunyai beberapa buku pelajaran yang dari tahun ke
tahun dapat menjadi bahan bacaan tambahan bagi siswa.
2.
Selain itu perpustakaan mudah dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini
siswa bisa meminjam untuk dibaca di tempat perpustakaan tersebut maupun dipinjam untuk dibaca dirumah.
3.
Perpustakaan sekolah itu murah. Mengapa? Karena perpustakaan
memang disediakan untuk semua anggota di dalam sekolah tersebut secara gratis.
Dalam hal ini siswa sebagai anggota sekolah tidak perlu membayar ketika
meminjam buku. Tetapi mungkin ada Sekolah yang mengharuskan si peminjam buku
membayar buku yang dipinjam dan dibawa pulang, tapi penulis yakin biayanya
murah dan dapat dijangkau oleh uang saku siswa setiap hari.
4.
Perpustakaan merupakan tempat istirahat juga. Disini suasana
ketenangan harus dijaga. Dengan penataan tempat yang baik siswa dapat
membaca dengan santai. Biasanya perpustakaan dibuka saat istirahat
maupun diisi ketika ada jadwal yang kosong (sisa waktu sehabis olah raga maupun
kegiatan bebas).
Tahap-tahap eksplorasi
pustaka antara lain :
1.
Siswa dibagi beberapa kelompok sesuai tema cerita yang ada pada
Katalog perpustakaan.
2.
Siswa memilih cerita dengan cara meminjam ke perpustakaan.
3.
Siswa mendiskusikan dengan temannya judul cerita masing-masing
agar tidak sama tetapi sesuai tema yang telah ditentukan.
4.
Siswa menukar hasil karya cerita masing-masing untuk mengoreksi
dan menunjuk salah satu temannya untuk membaca kembali. Maksud dan tujuannya
adalah cerita tersebut merupakan hasil karya anak dan sesuai dengan selera anak
maka yang menjadi pembanding adalah anak.
5.
Hasil cerita dievaluasi secara proses dan evaluasi akhir, karena
guru selain bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber harus melakukan
penilaian.
B. PERMASALAHAN
1. Identifikasi Masalah
Adapun masalah-masalah yang ditemui penulis
sebagai guru dalam pembelajaran membaca dan menulis, antara lain:
a.
Minat membaca dan menulis pada siswa kurang.
b.
Antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran tidak begitu tampak.
2. Analisis Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas,
penulis menemukan beberapa faktor yang menyebabkan siswa belum menunjukan minat
membaca dan menulis yang besar, diantaranya adalah :
a.
Kurangnya kreatifitas guru dalam menciptakan maupun memilih
strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan ketrampilan
menulis.
b.
Siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran karena situasi pembelajaran yang tidak menyenangkan
sehingga siswa mudah bosan.
3.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah ”Bagaimana meningkatkan ketrampilan menulis pada siswa kelas IV di SDN
01 Tawangmangu, Kecamatan
Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar?”.
C. TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan agar :
1.
Meningkatkan ketrampilan menulis pada siswa khususnya kelas IV SDN
01Tawangmangu.
2.
Menambah semangat dan antusiasme yang tinggi pada siswa dalam mengikuti pembelajaran.
3.
Meningkatkan kreativitas dan inovasi Guru dalam menciptakan
strategi pembelajaran yang tidak membosankan.
D. MANFAAT PENELITIAN
Setelah pelaksanaan penelitian
diharapkan dapat memberi manfaat bagi siswa, guru maupun pihak lain,
antara lain adalah:
1.
Bagi siswa, akan lebih termotivasi untuk membaca dan menulis
cerita atau karya sastra maupun pengembangan pembelajaran kebahasaan lainnya.
2.
Bagi Guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam merencanakan
pelaksanaan pembelajaran.
3.
Terciptanya situasi pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak
mudah bosan.
4.
Menjadi masukan bagi para pembaca untuk menambah wawasan dan bagi
penulis untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan.
0 comments on SDBINA-04 PERANAN EKSPLORASI PUSTAKA UNTUK MENINGKATKA KETRAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV SDN ABC :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak