EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP
PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR
SKRIPSI
Diajukan
Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi
Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan
MIPA Program Studi Biologi
Oleh :
NAMA : ROSMIATI
STAMBUK :
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004
|
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Telah diperiksa dan disetujui oleh
pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar.
Judul : EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR
Atas Nama : Rosmiati
Stambuk :
Program : Strata
Satu (S1)
Jurusan : Biologi
Fakultas : Keguruan
dan Ilmu Pendidikan
Makassar, Maret
2004
Pembimbing
I Pembimbing II
Muh. Khalifah, S.Ag., M.Pd. Drs. Ahmad Hasyim, M.Si.
Mengetahui
Ketua
Jurusan MIPA
FKIP
UVRI Makassar
Drs.
H.M. Said Arman
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,
segala puja dan puji syukur hanya kepada
Allah swt. semata, karena dengan rahmat–Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi
ini sebagai suatu karya ilmiah, walaupun sangat sederhana. Salawat dan Doa
tercurah hanya kepada Nabi Muhammad saw., sebagai nabi pembawa risalah Islam.
Skripsi
ini berjudul “Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran IPA
terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar, penulis
angkat untuk mengetahui apakah dengan pendekatan keterampilan proses tersebut
memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Berbagai
kendala yang penulis hadapi dalam rangka penyelesaian skripsi ini. Namun dengan
tabah dan pantang menyerah, semua rintangan dapat teratasi.
Keberhasilan
penulis dalam menyelesaikan skripsi ini tidak terlepas dari berbagai bantuan
dan dukungan, baik moril maupun materil dari berbagai pihak. Untuk itu penulis
tak lupa mengucaobt terima kasih kepada :
1. Rektor
Universitas Veteran Republik Indonesia, beserta para Pembantu Rektor yang telah
memberikan kesempatan kepada penulis untuk menimba ilmu di Perguruan Tinggi
ini.
2. Dekan
dan para Pembantu dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta seluruh jajaran
dosen/ asisten dosen yang telah membina penulis melalui pemberian ilmu melalui
perkuliahan.
3. Bapak
Muh. Khalifah Mustami, M. Pd. dan Bapak Drs. Ahmad Hasyim, M. Si.,
masing-masing selaku Pembimbing I dan II yang telah memberi bimbingan dalam
penyusunan hingga penyelesaian skripsi ini.
4. Seluruh
staf Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang turut mempermudah segala urusan
administrasi penulis dalam rangka penyelesaian studi penulis.
Kepada
semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah turut
memberikan bantuannya. Dan hanya kepada Allah jualah penulis serahkan semuanya,
semoga menjadi amal ibadah yang mendapat ganjaran di sisi-Nya. Amin.
Makassar, Maret
2004
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL ................................................................................................... i
PENGESAHAN PEMBIMBING
............................................................................. ii
KATA PENGANTAR ............................................................................................... iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................... v
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah..................................................................... 1
B. Rumusan Masalah............................................................................... 3
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian .......................................................... 3
D. Fariabel dan Definisi Operasional....................................................... 4
E. Hipotesis Penelitian ........................................................................... 5
BAB II. TINJAUAN
PUSTAKA
A. Pengajaran Sebagai Suatu Sistem....................................................... 6
B. Prestasi Belajar IPA .......................................................................... 9
C. Pendekatan Keterampilan Proses...................................................... 10
D. Hakekat Belajar IPA ........................................................................ 19
BAB III. METODE
PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ................................................................................. 26
B. Desain Penelitian ............................................................................. 27
C. Populasi dan Sampel Penelitian........................................................ 27
D. Teknik Pengumpulan Data ............................................................... 31
E. Teknik Analisis Data ........................................................................ 31
BAB IV. HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian ................................................................................ 33
B. Pembahasan Hasil Penelitian ........................................................... 44 .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
BAB V. P E
N U T U P
A. Kesimpulan ...................................................................................... 47
B. Saran-saran ....................................................................................... 48
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 49
PENGARUH
PRAKTIKUM LAPANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SLTP NEGERI 3 PANGKAJENE
KABUPATEN PANGKEP
Oleh
: MUH. SALEH YUPPA
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum lapangan terhadap hasil belajar
IPA siswa SLTP Negeri 3 Pangkajene Kabipaten Pangkep. Penelitian ini termasuk
jenis penelitian eksperimental, dimana terdapat dua kelompok sampel (eksperimen
dan kontrol). Data dalam peneltian dikumpul dengan menggunakan instrumen berupa
soal (test) hasil belajar yang dilakukan setelah pengajaran berlangsung
(praktikum lapangan dengan konvensional). Data yang terkumpul selanjutnya
diolah dan dianamisi dengan statistik infresial uji t (t-test) untuk mengetahui
variabel bebas terhadap variebel terikat. Hasil analis menunjukkan dengan db =
39, t hitung = 0,321, dan t tabel = 1,70 yang dikonsultasikan dengan syarat
penerimaan dan penolakan hipotesis, ternyata hipotesis yang diajukan (H1)
di tolak. Berarti praktikum lapangan tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap hasil belajar IPA siswa SLTP Negeri 3 Pangkajene Kabupaten Pangkep.
Penolakan H1 oleh penulis diduga karena faktor-faktor kurangnya
penguasaan materi siswa sebelum praktikum, kelengkapan alat dan bahan, serta
pengalaman praktikum yang sangat minim. Meski demikian jika data
diprosentasekan menunjukkan hasil siswa yang memperoleh nilai 7 dengan
praktikum lapangan sebesar 42,5 % dengan pengajaran konvensional (ceramah) sebesar
37,5 %, memperoleh nilai 8 dengan praktikum sebesar 30 % dengan pengajaran
konvensional sebesar 5 %.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Masalah pendidikan
merupakan masalah yang cukup kompleks, karena terkait dengan masalah kuantitas,
masalah kualitas, masalah relevansi dan masalah efektivitas. Masalah kuantitas
timbulsebagai akibat hubungan antara pertumbuhan sistem pendidikan dan
pertumbuhan penduduk.
Masalah kualitas
adalah masalah bagaimana meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Masalah
kualitas pendidikan merupakan masalah yang cukup serius di dalam rangka
kelangsungan hidup brbangsa dan bernegara, dakam konteks hubungan bangsa dengan
beradapan dunia. Penanganan masalah aspek kualitas berhubungan erat dengan
penanganan aspek kuantitas, oleh karenannya perlu ada keseimbangan antara
keduanya.
Masalah relevansi
timbul dari hubungan antara sistem pendidikan dan pembangunan nasional, dan
harapan masyarakat tentang peningkatan output pendidikan. Masalah efektivitas
merupakan masalah kemampuan pelaksanaan pendidikan. Sedangkan masalah efisiensi
pada hakekatnya juga merupakan masalah pengelolaan pendidikan.
Sehubungan dengan
aspek permasalahan aspek di atas pemerintah telah banyak melakukan serangkaian
kegiatan secara terus menerus melalui tahapan pembangunan di bidang pendidikan.
Kesemunya diarahkan pada pencapaian peningkatan mutu pendidikan atau menyangkut
aspek kualitas pendidikan.
Berdasarkan uraian di
atas, maka pembangunan pendidikan sekarang harus mengalami perubahan. Misalnya
penyampaian pelajaran tidaklah cukup dengan mengutarakan secara tulisan saja.
Ini berarti bahwa sistem intruksional menghendaki para pengajar berusaha
menjadikan keterlibatan mental maupun fisik siswa dalam proses pengajaran.
Sehingga pengajaran yang efektif dan berhasil guna dapat tercapai untuk
menunjang pencapaian tujuan. Hal ini menuntut pihak pengajar sedapat mungkin
mencari pola organisasi pengajaran yang tepat sebagai alternatif yang sesuai
dengan karakteristik materi yang diajarkan. Salah satu acuannya adalah analisis
materi atau strukturisasi konsep.
Untuk mewujudkan harapan tersebut di atas, perlu dilakukan
pembaharuan pendidikan yang dituangkan dalam berbagai program pembaharuan
pendidikan. Misalnya perubahan kurikulum, pemberdayaan guru-guru bidang studi
melalui penataran, pengadaan buku-buku paket serta pemilihan metode dan
pendekatan pengajaran yang tepat.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang
tersebut di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu “Apakah
penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA berpengaruh atau
efektif terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar
khususnya mata pelajaran IPA ”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan
penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab
permasalahan penelitian yakni untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan
keterampilan proses dalam pengajaran IPA berpengaruh atau efektif terhadap
prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar khususnya mata
pelajaran IPA.
2. Manfaat
Penelitian
Secara umum diharapkan penelitian
ini dapat bermanfaat bagi peserta didik, pendidik, lembaga pendidikan dalam
meningktakan kualitas pendidikan. Secara khusus penelitian ini diharapkan
memberikan informasi tentang bagaimana pengaruh pendekatan keterampilan proses
dalam pengajaran IPA yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan
pertimbangan melakukan pengajaran IPA di Sekolah Dasar.
D. Variabel dan
Definisi Operasional.
Agar dapat dipahami arah dan
tujuan penelitian ini, dipandang perlu memberikan gambaran tentang variabel
penelitian yang sekaligus sebagai batasan operasional.
1. Pendekatan
Keterampilan proses
Yang dimaksudkan di sini adalah
pendekatan dalam melakukan keinginan pengajaran IPA yang menekankan pada
keterampilan mengamati, mengumpulkan data, menemukan persamaan dan perbedaan
materi yang dikaji. Pada gilirannya diharapkan siswa dalam belajarnya
menggunakan pengetahuan atau perolehnya.
2. Prestasi
Belajar IPA
Prestasi belajar yang dimaksud di
sini adalah hasil perolehan siswa setelah dilakukan testing terhadap materi
yang telah diajarkan dengan pendekatan keterampilan proses.
E. Hipotesis Penelitian
Untuk memberikan arah terhadap kesimpulan yang hendak
dicapai, maka perlu dirumuskan hipotesis, sebagai berikut : Penggunaan pendekatan
keterampilan proses dalam pengajaran IPA berpengaruh secara efektif terhadap
prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar, khususnya mata
pelajaran IPA.
0 comments on SDIPA-02 EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak