STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DENGAN
MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR BELAJAR ............
PADA SISWA KELAS …………
TAHUN ............
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
OLEH
…………………
NIP: …………………
DINAS
PENDIDIKAN …………………
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang
merupakan ulasan hasil penelitian yang tidak dipublikasikan tetapi
didokumentasikan di perpustakaan ………………………hasil karya dari:
Nama : ……………………..
NIP : ……………………
Unit Kerja : ………………………
Judul : Penerapan Metode Demonstrasi Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Belajar ............ Pada Siswa Kelas ……………….Tahun
............
Menyetujui dan mengesahkan
untuk diajukan mendapatkan Penetapan Angka Kredit Kenaikan Pangkat dalam
jabatan fungsional guru.
Mengetahui
Ketua PD PGRI II
Kepala ………………….
Kabupaten …………….. Kec……………………………….
…………………………….. …………………………..
NPA: NIP: …………….
HALAMAN PERSETUJUAN DAN
PENGESAHAN
Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi penetapan
angka kredit kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional guru. Karya ilmiah ini
tidak dipublikasikan tetapi telah disetujui dan disahkan untuk didokumentasikan
di perpustakaan ……………………………………..
Pada Hari : ……………………
Tanggal
: ……………………
Pustakawan
Kepala
………………
…………………..
…………………………… …………………….
……………………… ………………………. NIP: …………….
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap
syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan
hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan
judul “Penerapan Metode Demonstrasi
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Belajar ............ Pada Siswa Kelas ……………………
Tahun ............”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai
dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan
dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan
diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan
karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan
tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.
Yth. Kepala Dinas Pendidikan
…………………..
2.
Yth. Ketua PD II PGRI
……………………….
3.
Yth. Rekan-rekan Guru
………………………………………
4.
Semua pihak yang telah banyak membantu
sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh
dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari
semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
………….., ............. Penerapan
Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Belajar ............ Pada Siswa Kelas ……………di………………. Tahun ............
Kata kunci: ilmu pengetahuan alam, metode
demonstrasi
Penggunaan metode
demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar
mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajar
tidak terjadi kejenuhn, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik,
emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep perubahan
benda yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa
Permasalahan yang ingin
dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan Hasil Belajar
belajar ............ dengan diterapkannya metode demonstrasi? (b) Bagaimanakah
pengaruh metode demostrasi terhadap motivasi belajar siswa?
Sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan Hasil Belajar belajar
siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar
siswa setelah diterapkan metode demonstrasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari
empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi.
Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelasi ………………………………. Data yang diperoleh
berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa Hasil Belajar belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%),
siklus II (76,19%), siklus III (90,48%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode
demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar dan motivasi
belajar Siswa …………………………………………….. serta model pembelajaran ini dapat digunakan
sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul ................................................................................................. i
Halaman Pengesahan .............................................................................................. ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iv
Abstrak .................................................................................................................... v
Daftar Isi ................................................................................................................ vi
BAB ..... I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah ........................................................... 1
B.
Rumusan Masalah ..................................................................... 3
C.
Tujuan Penelitian ....................................................................... 3
D.
Manfaat Penelitian ................................................................... 3
E.
Batasan Masalah ....................................................................... 4
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Definisi Pembelajaran .............................................................. 5
B.
Hakekat ..................................................................................... 6
C.
Proses Belajar Mengajar
............................................................ 7
D.
Hasil Belajar Belajar
.................................................................. 8
E.
Metode demonstrasi................................................................... 9
F.
Motivasi Belajar ..................................................................... 12
G.
Gaya Belajar ............................................................................ 16
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian .................................. 19
B.
Rancangan Penelitian ............................................................. 19
C.
Instrumen Penelitian ......................................................... 20
D.
Metode Pengumpulan Data .................................................... 24
E.
Teknik Analisis Data ............................................................. 25
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Analisis Item Butir Soal ......................................................... 27
B.
Analisi Data Penelitian
Persiklus ........................................... 29
C.
Pembahasan ............................................................................. 37
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan ............................................................................. 39
B.
Saran ....................................................................................... 39
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 41
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pada hakekatnya kegiatan belajar
mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru
dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses
belajar menganjar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Guru bukan
hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan
sebagai sentral pembelajaran.
Sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses
belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar
itu dilaksanakan. Karena itu guru harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi
lebeh efektif juga menarik sehingga bahan pelajaran yang disampaikan akan
membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran
tersebut.
Berhasilnya tujuan pembelajaran
ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan
proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi,
membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi
permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran
guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik
dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep
mata pelajaran yang akan disampaikan.
Tujuan pendidikan nasional seperti
yang terdapat dalam Undang-undang Nomor 2 tahuan 1989 yaitu mencerdaskan
kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa
terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan
keterampilan, sehat jasmani dan rohani kepribadian yang mantap dan mandiri
serta bertanggung jawab kemasyarakatan bangsa (Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan, 1998: 3). Tujuan pendidikan nasional ini sangat luas dan bersifat
umum sehingga perlu dijabarkan dalam Tujuan Institusional yang disesuaikan
dengan jenis dan tingkatan sekolah yang kemudian dijabarkan lagi menjadi tujuan
kurikuler yang merupakan tujuan kurikulum sekolah yang diperinci menurut bidang
studi/mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran (Purwanto, 1988 :2). Tujuan
instruksional dijabarkan menjadi Tujuan Pembelajaran Umum dan kemudian
dijabarkan lagi menjadi Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK).
Dalam mencapai Tujuan Pembelajaran
Khusus pada mata pelajaran ............ di ............, khususnya di …………..
masih banyak mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari masih rendahnya nilai
mata pelajaran ............ dibandingkan dengan nilai beberapa mata pelajaran
lainnya, mata pelajaran ............ peringkat nilainya menempati urutan paling
bawah dari enam mata pelajaran yang diUAS kan, bertitik tolak dari hal tersebut
di atas perlu pemikiran-pemikiran dan tindakan-tindakan yang harus dilalukan
agar siswa dalam mempelajari konsep-konsep ............ tidak mengalami
kesulitan, sehingga tujuan pembelajaran khusus yang dibuat oleh guru mata
pelajaran ............ dapat tercapai dengan baik dan hasilnya dapat memuaskan
semua pihak. Oleh sebab itu penggunaan metode pembelajaran dirasa sangat
penting untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep .............
Metode pembelajaran jenisnya beragam
yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan metode yang
sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan harus betul-betul
dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran.
Sedangkan penggunaan metode
demonstrasi diharapkan dapat
meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam
proses belajar mengajar itu aktivitasnya tidak hanya didominasi oleh guru,
dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual
yang pada gilirannya diharapkan konsep perubahan benda yang diajarkan oleh guru
dapat dipahami oleh siswa. Berdasarkan uraian dari latar belakang tersebut di
atas maka dalam penelitian ini memilih judul “Penerapan Metode Demonstrasi
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Belajar ............ Pada Siswa Kelas….. .”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas,
maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah
peningkatan Hasil Belajar belajar ............ dengan diterapkannya metode
demonstrasi?
- Bagaimanakah
pengaruh metode demostrasi terhadap motivasi belajar siswa?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini
bertujuan untuk:
- Ingin
mengetahui peningkatan Hasil Belajar belajar siswa setelah diterapkannya
metode demonstrasi.
- Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
demonstrasi.
D. Hipotesis
Tindakan
Berdasarkan pada permasalahan dalam penelitian tindakan yang berjudul
……………………………. yang dilakukan oleh peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan
sebagai berikut:
"Jika Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas ……………….
menggunakan metode………………. dalam menyampaikan materi pembelajaran, maka
dimungkinkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas …………………… akan lebih
baik dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru
sebelumnya".
E.Manfaat Penelitian
Penelitian
ini diharapkan bermanfaat:
- Bagi
siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep ............ dengan metode
demonstrasi.
- Bagi guru dapat memberikan tambahan pengayaan cara mengajar dengan bantuan metode demonstrasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapi dengan baik.
- Bagi lembaga dapat dijadikan sebagai bahan masukan informasi tentang salah satu alternative cara pembelajaran ............ pada siswa dengan pemanfaatan metode pengajaran dalam mencapai tujuan intruksional.
F.Batasan Masalah
- Konsep ............ yang digunakan dalam penelitian ini adalah pada pokok bahasan ……………
- Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi.
- Penelitian
ini dilakukan pada siswa Kelas …………………………………………………………………………..
0 comments on SDIPA-04 STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BELAJAR ............ PADA SISWA KELAS …………TAHUN ............ :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak