MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008 SDN MERGOSARI 01 KECAMATAN TARIK KABUPATEN SIDOARJO
BAB I
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Seiring dengan
perubahan paradigma pendidikan yang berorientasi dari model model pembelajaran
yang konvensional kepada model model pembelajaran yang terbaru maka, guru
dituntut unutuk terus menerus melatih diri untuk menerapkan metode metode
tersebut. Penerapan metode membutuhkan keterampilan khusus yang berawal dari
pembiasaan penggunaan metode dalam proses belajar mengajar. Dengan penggunaan
metode yang tepat maka akan dapat dihasilkan kemampuan siswa yang baik sesuai
dengan tujuan pembelajaran.
Mata Pelajaran IPS
yang didominasi oleh aspek kognitif yang bersifat deskriptif menimbulkan kesulitan tersendiri dalam proses
belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang menyampaikan materi atau siswa
sebagai subjek penerima materi pelajaran.
Hal ini yang terjadi di sekolah SDN Mergosari 01 kelas V pada mata
pelajaran IPS yang secara khusus pada materi Tokoh tokoh perjuangan pada Zaman
Belanda dan Jepang. Secara umum materi
yang seperti itu disampaikan dengan metode ceramah langsung melalui cerita. Hal
ini menimbulkan kejenuhan dan kebosanan pada diri siswa, untuk menghindari
proses yang membosankan maka, perlu dicarikan metode pembelajaran yang sesuai
dengan materi tersebut.
Dalam menyelesaikan permasalahan ini maka
peneliti sebagai guru bidang studi memilih metode yang dianggap sesuai yaitu
metode alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa tentang materi
pelajaran IPS dengan metode penelitian tindakan kelas.
B. RUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan latar belakang di atas maka
peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan
Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01
Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo ?.
C. TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka
tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui
bagaimana meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan
Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01
Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo.
C. MANFAAT PENELITIAN
a. Bagi Kepala Sekolah : Sebagai sarana pembinaan kepada guru guru bidang Sosial
untuk mempertimbangkan penggunaan metode Alat Peraga.
b. Bagi guru
bidang studi Ilmu sosial : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil
proses belajar mengajar bidang studi Sosial.
c. Bagi teman sejawat : Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian
tindakan kelas dengan metode yang
berbeda sehingga memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian
tindakan kelas.
0 comments on SDIPS-02 MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008 SDN MERGOSARI 01 KECAMATAN TARIK KABUPATEN SIDOARJO :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak