.

.

SDIPA-01 MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DIKELAS V ( LIMA ) SDN SUMURGEDE III KECAMATAN CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANG DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA

Share on :

LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
DIKELAS V ( LIMA ) SDN SUMURGEDE III
KECAMATAN CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANG
DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA


 









Di susun oleh :
Nama             : ABDUL HARIS
NIM                : 817700372


Diajukan untuk memenuhi Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas
( IDIK 4008 )


UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ JAKARTA
POKJAR KARAWANG UTARA / CILAMAYA
TAHUN 2011



LEMBARAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Judul             :    Upaya meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) Dikelas V ( Lima ) SDN Sumurgede III  Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang dengan Pemanfaatan alat peraga

Nama Mahasiswa     : ABDUL HARIS
NIM                         : 817700372
Program Studi          : S1 Pendas /  PGSD
Pokjar                       : Karawang Utara / Cilamaya
UPBJJ                      : Jakarta
Masa Registrasi        : 2011.2 
Tempat Penelitian    : SDN Sumurgede III   Kec. Cilamaya Kulon  Kab. Karawang

Penelitian Tindakan Kelas
Telah dilaksanakan di SDN Sumurgede III Kecamatan Cilamaya Kulon
Kabupaten Karawang



Mengetahui ;
Kepala Sekolah




UJANG RACHMAT,S.Pd.
NIP. 19620702.198305.1.001

Karawang,  Nopember 2011
Peneliti / Mahasiswa





ABDUL HARIS
NIM. 817700372

Supervisor





Drs. EDWARD KUSNADI,M.Pd.
NIP. 195508281977111001
                            


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT dengan rahmat, taufik dan hidayah – Nya. Penulis dapat menyelesaikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas  untuk tugas kuliah ini sesuai dengan waktu yang ditentukan.
 Penulisan merasa sedikit bangga telah menyelesaikan Laporan Penelitian Kelas ini untuk kemajuan didunia Pendidikan walaupun masih banyak kekurangan baik dalam penyusunan maupun pembendaharaan kata, dalam pepatah mengatakan “ orang yang bijak adalah orang yang siap menerima kritikan “ oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritikan yang membangun demi kemajuan pendidikan yang dapat meningkatkan proses Pendidikan anak bangsa.
Dengan diselesaikannya proposal judul ini, semoga dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pembaca umumnya dan penulis khususnya. Amin, sangat kami sadari, tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan proposal judul ini jauh dari kesempurnaan, karenanya kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca sangat kami nantikan demi kesempurnaan penyusunan Penelitian Tindakan Kelas yang akan penulis susun.

Terimakasih penulis sampaikan kepada :
1.      Ujang Rachmat, S.Pd. Selaku Kepala SDN Sumurgede III UPTD TK, SD Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang yang telah memberikan ijin dan yang selalu memberikan motivasi kepada penulis
2.      Rekan – rekan guru SDN Sumurgede III UPTD TK, SD Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang yang telah membantu penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas.
3.      Istri Tercinta yang telah membantu memberikan dorongan dan memberikan keluaangan waktu yang terbagi untuk menyelesaikan laporan ini.

Semoga Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini menjadi motivasi untuk meningkatkan Pendidikan Di Indonesia semakin berkarakter.

Karawang,  Nopember 2011
Hormat Penulis,



DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan                      .............................................................................           i
Kata Pengantar                              .............................................................................           ii
Abstrak                                          .............................................................................           iii
Daftar isi                                       .............................................................................           iv
Daftar lampiran                             .............................................................................           v
BAB I PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang                       .............................................................................           1
1.2.  Identifikasi Masalah               .............................................................................           2
1.3.  Rumusan Masalah                  .............................................................................           2
1.4.  Tujuan Penelitian                    .............................................................................           2
1.5.  Hipotesis Penelitian                .............................................................................           3
1.6.  Manfaat Penelitian                 .............................................................................           3
1.7.  Definisi Operasional               .............................................................................           4

BAB II  KAJIAN TEORI
2.1. Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa  ........................................................           6
2.2. Ilmu Pengetahuan Alam         .............................................................................           6
2.3. Pemanfaatan alat peraga        .............................................................................           7

BAB III METODE PENELITIAN
3.1.  Jenis Penelitian                       .............................................................................           8
3.2.  Lokasi dan Subjek                  .............................................................................           8
3.3.  Waktu penelitian ( agenda )   .............................................................................           9
3.4.  Rancangan Penelitian             .............................................................................           10
3.5.  Instrumen                               .............................................................................           11
3.6.  Rencana Tindakan                  .............................................................................           12
3.7.  Tekhnik pengumpulan data    .............................................................................           12
3.8.  Tekhnik Analisis Data dan pembahasan  ...........................................................           12

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1.1.       Data Hasil Penelitian           .............................................................................             13
1.2.       Pembahasan                         .............................................................................             19

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1.       Kesimpulan                          .............................................................................             20
5.2.       Saran                                    .............................................................................             20
5.3.       Daftar Pustaka                     .............................................................................             21












iv
DAFTAR LAMPIRAN

Kurikulum Vitae                           .............................................................................           22
Siklus 1                                         
RPP                                               .............................................................................           23
Kisi Kisi Soal                                .............................................................................           25
Soal Latihan                                  .............................................................................           26
Analisis Hasil Evaluasi                  .............................................................................           27
Daftar Hadir Siswa                       .............................................................................           28
Jurnal Kegiatan PTK                     .............................................................................          
Identifikasi Masalah                      .............................................................................           29
Lembar Observasi                         .............................................................................           30
Siklus 2                                         
RPP                                               .............................................................................           31
Kisi Kisi Soal                                .............................................................................           33
Soal Latihan                                  .............................................................................           34
Analisis Hasil Evaluasi                  .............................................................................           35
Daftar Hadir Siswa                       .............................................................................           36
Identifikasi Masalah                      .............................................................................           37
Lembar Observasi                         .............................................................................           38
Surat – Surat                                 .............................................................................           39
Foto Kegiatan                               .............................................................................           41



MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
DIKELAS V ( LIMA ) SDN SUMURGEDE III
KECAMATAN CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANG
DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA

Oleh : Abdul Haris
ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini dilator belakangi masih rendahnya tingkat perorelahan hasil belajar IPA serta aktivitas pada siswa kelas V SDN Sumurgede III yang disebabkan masih belum maksimalnya proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran IPA di kelas masih monoton. Selain itu belum ditemukan strategi pembelajaran yang tepat dan metode yang digunakan masih bersifat konvensional. Guru lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sebagai pembei pengetahuan bagi siswa, sehingga guru kurang dapat menggali kemampuan sisiwa untuk bernalar.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan kontribusi penerapan pembelajaran dengan alat Peraga terhadap siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang ada yaitu bagai mana metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumurgede III dalam pembelajaran IPA ?
Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK/ Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan (plan), pelaksanaan (action), pengawasan (observe) dan refleksi (reflec). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumurgede III Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Data yang diperoleh berupa hasil formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Melalui hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantafnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan II) yaitu masing-masing 79% dan 89% pada siklus kedua ketuntasan belajar sisiwa secara klasikal telah tercapai dengan diterapkannya model pembelajaran kooferatif tipe STAD proses pembelajaran metematika lebih bermakna, aktif kreatif dan menyenangkan.


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang Masalah
Dalam proses pembelajaran di sekolah,guru berusaha meningkatkan mutu pembelajaran bagi siswanya, baik dalam penyajian materi, kesesuaian metode, dan ketepatan evaluasi/ soal yang di berikan, Akan tetapi permasalahan senantiasa ada,dan guru berusaha secepat mungkin menyelesaikannya. Agar dapat mengajar lebih efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa dan meningkatkan mutu mengajarnya. kesempatan belajar dapat di tingkatkan dengan cara melibatkan iswa secara aktif dalam belajar. menggunakan waktu pelajaran secara efektif berarti memberi kesempatan belajar semakin banyak dan optimal serta gurur menunjukan keseriusannya saat mengajar sehingga dapat membangkitkan minat atau motivasi siswa untuk belajar. Makin banyak terlibat aktif dalam belajar,makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang di capainya.sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula dalam bentuk interaksi belajar mengajar.
Permasalahan dalam pembelajaran senantiasa ada,terutama pada pembelajaran matematika dikelas rendah. Permasalahan-permasalahan belajar yang dihadapi guru seperti siswa tidak konsentrasi,siswa tidak aktif dan cenderung bermain sendiri,apa lagi untuk bertanya.Guru harus berusaha untuk dapat menyelesaikan semua permasalahan agar materi yang disampaikan dapat diterima olehseluruh siswa. Guru berusaha dengan berbagai cara dalam pelaksanaan proses pembelajaran,baik dengan penggunaan metode,media belajar,pendekatan, strategi belajar,atau dengan menggunakan alat peraga, agar materi yang dapat di pahami dan dimengerti oleh siswa.Di antara usaha guru untuk menyampaikan materi agar dapat diterima dan di ingat oleh siswa adalah dengan menggunakan alat peraga pada pembelajaran penjumlahan siswa kelas I sekolah dasar. Salah satu model pembelajaran,yaitu pembelajaran model PAKEM, memungkinkan pencapaian hasil belajar yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang menghafal bacaan shalat. PAKEM yang merupakan singkatan dari pembelajaran aktif,kreatif,efektif dan Menyenangkan,merupakan sebuah model pembelajaran kontekstual yangmelibatkan paling sedikit empat prinsip utamadalam proses pembelajarannya. pertama,proses interaksi ( siswa berinteraksi secara aktif dengan guru,rekan siswa,multi-media,referensi, lingkungan dsb ). Kedua,Proses komunikasi ( siswa Mengkomunikasikan pengalaman beljar mereka dengan guru dan rekan siswa lain melalui cerita, dialog atau melalui simulasi role-play ). Ketiga,Proses Refleksi, ( siswa memikirkan kembali tentang kebermaknaan apa yang mereka telah pelajari,dan apa yang mereka telah lakukan ). Keempat,proses Eksplorasi ( siswa mengalami langsung dengan melibatkan semua indera mereka melalui pengamatan, percobaan,penyelidikan dan/atau Wawancara ). Berdasarkan permasalahan belajar diatas,maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan judul " Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Dua Angka Melalui Pembelajaran Model PAKEM Pada Siswa Kelas I SDN Sukakerta III ".

1.2.       Rumusan Masalah
Merujuk pada uraian latar belakang dapat dikaji ada beberapa permaslahan yang dirumuskan sebagai berikut :
a.         Apakah melalui Pembelajaran Model PAKEM berpengaruh terhadap hasil belajar  melakukan Penjumlahan Dana pengurangan Dua angka Siswa Kelas I  SDN Sukakerta III Kecamatan Cilamaya Wetan Tahun Pelajaran 2011/2012.          
b.        Bagaimanakah peningkatan Pembelajaran Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan Dua Angka melalui pembelajaran model PAKEM kelas I SDN Sukakerta III pada Setiap Siklus.

1.3.       Tujuan Penelitian
Berdasarkan ats rumusan masalah diatas, maka tujuan dilaksanakan  penelitian ini  adalah :
a.       Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model PAKEM terhadap hasil belajar melakukan Penjumlahan dan Pengurangan Dua Angka Siswa Kelas I SDN Sukakerta III kecamatan Cilamaya Wetan tahun Pelajaran 2011/2012
b.      Untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran Melakukan Penjumlahan dan     pengurangan Dua Angka melalui pembelajaran model PAKEM kelas I SDN Sukakerta III pada setiap siklus ?

1.4.  Manfaat Penelitian
a.         Hasil dan temuan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang     pembelajaran kooperatif dengan menggunakan alat peraga dalam  pembelajaran matematika oleh guru kelas I SDN Sukakerta III tahun  pelajaran 2011/2012.
b.        Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi  belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika,dapat  meningkatkan mutu pendidikannya.
c.         Siswa,dapat meningkatkan motivasi belajar untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
1.5.       Penjelasan Istilah
            Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini,maka perlu didefinisikan hal-hal sabagai berikut :

a.         Model PAKEM
PAKEM yang merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif,kreatif,efektif dan Menyenangkan,merupakan sebuah model pembelajaran kontekstual yang melibatkan paling sedikit empat prinsip utama dalam proses pembelajarannya. Pertama,proses interaksi ( siswa berinteraksi secara aktif dengan guru,rekan siswa,multi-media,referensi,lingkungan dsb ). Kedua proses Komunikasi ( siswa mengkomunikasikan pengalaman belajar mereka dengan guru dab siswa lain melalui cerita,dialog atau melalui simulasi role-play ). ketiga, Proses Refleksi, ( Siswa memikirkan kembali tentang kebermaknaan tentang apa yang mereka telah pelajari,dan apa yang telah mereka lakukan ). Keempat,proses Eksplorasi ( siswa mengalami Langsung dengan melibatkan semua indera mereka melalui pengamatan,percobaan,penyelidikan dan / wawancara.

b.        Motivasi Belajar
Suatu proses untuk menggiatkan motf-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan,atu keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.
c.         Prestasi Belajar Adalah :
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.

1.6.       Penjelasan Operasional
a.         Materi Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Penjumlahan dan Pengurangan dua angka,yang merupakan salah satu materi  pada mata pelajaran Matematika kelas I Sekolah Dasar Pada Semester II.
b.        Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang direncanakan terdiri  atas 2 siklus, tiap siklus terdiri tahapan perencanaan ( planing ), pelaksanaan tindakan ( acting ),pengamatan (observasi),dan refleksi.
c.         Penelitian tindakan kelas ini hanya dilakukan di kelas I SDN Sukakerta III Kec.Cilamaya Wetan tahun pelajaran 2011/2012 Yang berjumlah 43 siswa.


0 comments on SDIPA-01 MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DIKELAS V ( LIMA ) SDN SUMURGEDE III KECAMATAN CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANG DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search