LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
DIKELAS V ( LIMA ) SDN SUMURGEDE III
KECAMATAN CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANG
DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA
Di susun oleh :
Nama : ABDUL HARIS
NIM : 817700372
Diajukan untuk memenuhi Mata
Kuliah Penelitian Tindakan Kelas
( IDIK 4008 )
UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ
JAKARTA
POKJAR KARAWANG UTARA /
CILAMAYA
TAHUN 2011
LEMBARAN
PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
Judul : Upaya meningkatkan
pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Dikelas V ( Lima ) SDN Sumurgede III Kecamatan
Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang dengan Pemanfaatan alat peraga
Nama
Mahasiswa : ABDUL HARIS
NIM : 817700372
Program Studi : S1 Pendas / PGSD
Pokjar :
Karawang Utara / Cilamaya
UPBJJ :
Jakarta
Masa Registrasi : 2011.2
Tempat Penelitian : SDN Sumurgede III Kec. Cilamaya Kulon Kab. Karawang
Penelitian
Tindakan Kelas
Telah
dilaksanakan di SDN Sumurgede III Kecamatan Cilamaya Kulon
Kabupaten
Karawang
Mengetahui ;
Kepala Sekolah
UJANG RACHMAT,S.Pd.
NIP. 19620702.198305.1.001
|
Karawang, Nopember 2011
Peneliti / Mahasiswa
ABDUL HARIS
NIM. 817700372
|
Supervisor
Drs. EDWARD KUSNADI,M.Pd.
NIP.
195508281977111001
|
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT dengan rahmat, taufik dan hidayah –
Nya. Penulis dapat menyelesaikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas untuk tugas kuliah ini sesuai dengan waktu
yang ditentukan.
Penulisan merasa sedikit bangga telah
menyelesaikan Laporan Penelitian Kelas ini untuk kemajuan didunia Pendidikan
walaupun masih banyak kekurangan baik dalam penyusunan maupun pembendaharaan
kata, dalam pepatah mengatakan “ orang yang bijak adalah orang yang siap
menerima kritikan “ oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritikan
yang membangun demi kemajuan pendidikan yang dapat meningkatkan proses
Pendidikan anak bangsa.
Dengan
diselesaikannya proposal judul ini, semoga dapat memberikan tambahan ilmu
pengetahuan bagi para pembaca umumnya dan penulis khususnya. Amin, sangat kami
sadari, tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan proposal judul ini
jauh dari kesempurnaan, karenanya kritik dan saran yang konstruktif dari
pembaca sangat kami nantikan demi kesempurnaan penyusunan Penelitian Tindakan
Kelas yang akan penulis susun.
Terimakasih
penulis sampaikan kepada :
1.
Ujang Rachmat,
S.Pd. Selaku Kepala SDN Sumurgede III UPTD TK, SD Kecamatan Cilamaya Kulon
Kabupaten Karawang yang telah memberikan ijin dan yang selalu memberikan
motivasi kepada penulis
2.
Rekan – rekan
guru SDN Sumurgede III UPTD TK, SD Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang
yang telah membantu penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas.
3.
Istri Tercinta
yang telah membantu memberikan dorongan dan memberikan keluaangan waktu yang
terbagi untuk menyelesaikan laporan ini.
Semoga Laporan
Penelitian Tindakan Kelas ini menjadi motivasi untuk meningkatkan Pendidikan Di
Indonesia semakin berkarakter.
Karawang, Nopember 2011
Hormat Penulis,
DAFTAR ISI
Lembar
Pengesahan ............................................................................. i
Kata
Pengantar ............................................................................. ii
Abstrak ............................................................................. iii
Daftar
isi ............................................................................. iv
Daftar
lampiran ............................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang ............................................................................. 1
1.2. Identifikasi
Masalah ............................................................................. 2
1.3. Rumusan
Masalah ............................................................................. 2
1.4. Tujuan
Penelitian ............................................................................. 2
1.5. Hipotesis
Penelitian ............................................................................. 3
1.6. Manfaat
Penelitian ............................................................................. 3
1.7. Definisi
Operasional ............................................................................. 4
BAB II KAJIAN TEORI
2.1.
Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa ........................................................ 6
2.2.
Ilmu Pengetahuan Alam ............................................................................. 6
2.3.
Pemanfaatan alat peraga ............................................................................. 7
BAB III METODE
PENELITIAN
3.1. Jenis
Penelitian ............................................................................. 8
3.2. Lokasi
dan Subjek ............................................................................. 8
3.3. Waktu
penelitian ( agenda ) ............................................................................. 9
3.4. Rancangan
Penelitian ............................................................................. 10
3.5. Instrumen ............................................................................. 11
3.6. Rencana
Tindakan ............................................................................. 12
3.7. Tekhnik
pengumpulan data ............................................................................. 12
3.8. Tekhnik
Analisis Data dan pembahasan ........................................................... 12
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1.1.
Data Hasil Penelitian ............................................................................. 13
1.2.
Pembahasan ............................................................................. 19
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1.
Kesimpulan ............................................................................. 20
5.2.
Saran ............................................................................. 20
5.3.
Daftar Pustaka ............................................................................. 21
iv
DAFTAR LAMPIRAN
Kurikulum
Vitae ............................................................................. 22
Siklus
1
RPP ............................................................................. 23
Kisi
Kisi Soal ............................................................................. 25
Soal
Latihan ............................................................................. 26
Analisis
Hasil Evaluasi ............................................................................. 27
Daftar
Hadir Siswa ............................................................................. 28
Jurnal
Kegiatan PTK .............................................................................
Identifikasi
Masalah ............................................................................. 29
Lembar
Observasi ............................................................................. 30
Siklus
2
RPP ............................................................................. 31
Kisi
Kisi Soal ............................................................................. 33
Soal
Latihan ............................................................................. 34
Analisis
Hasil Evaluasi ............................................................................. 35
Daftar
Hadir Siswa ............................................................................. 36
Identifikasi
Masalah ............................................................................. 37
Lembar
Observasi ............................................................................. 38
Surat
– Surat ............................................................................. 39
Foto
Kegiatan ............................................................................. 41
MENINGKATKAN
PEMAHAMAN BELAJAR SISWA
PADA MATA
PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
DIKELAS V (
LIMA ) SDN SUMURGEDE III
KECAMATAN
CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANG
DENGAN
PEMANFAATAN ALAT PERAGA
Oleh
: Abdul Haris
ABSTRAK
Penelitian
tindakan kelas ini dilator belakangi masih rendahnya tingkat perorelahan hasil
belajar IPA serta aktivitas pada siswa kelas V SDN Sumurgede III yang
disebabkan masih belum maksimalnya proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran
IPA di kelas masih monoton. Selain itu belum ditemukan strategi pembelajaran
yang tepat dan metode yang digunakan masih bersifat konvensional. Guru lebih
aktif dalam kegiatan pembelajaran sebagai pembei pengetahuan bagi siswa,
sehingga guru kurang dapat menggali kemampuan sisiwa untuk bernalar.
Secara umum penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan kontribusi penerapan
pembelajaran dengan alat Peraga terhadap siswa dalam pembelajaran IPA.
Penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang ada yaitu bagai mana metode
pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V
SDN Sumurgede III dalam pembelajaran IPA ?
Jenis penelitiannya adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK/ Classroom Action
Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan (plan), pelaksanaan (action), pengawasan (observe)
dan refleksi (reflec). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumurgede III Kecamatan Cilamaya Kulon
Kabupaten Karawang. Data yang diperoleh berupa hasil formatif dan lembar
observasi kegiatan belajar mengajar.
Melalui hasil penelitian ini menunjukan
bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki dampak positif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantafnya
pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama
ini (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan II) yaitu masing-masing 79%
dan 89% pada siklus kedua ketuntasan belajar sisiwa secara klasikal telah
tercapai dengan diterapkannya model pembelajaran kooferatif tipe STAD proses
pembelajaran metematika lebih bermakna, aktif kreatif dan menyenangkan.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Masalah
Dalam proses
pembelajaran di sekolah,guru berusaha meningkatkan mutu pembelajaran bagi
siswanya, baik dalam penyajian materi, kesesuaian metode, dan ketepatan evaluasi/
soal yang di berikan, Akan tetapi permasalahan senantiasa ada,dan guru berusaha
secepat mungkin menyelesaikannya. Agar dapat mengajar lebih efektif, guru harus
meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa dan meningkatkan mutu mengajarnya.
kesempatan belajar dapat di tingkatkan dengan cara melibatkan iswa secara aktif
dalam belajar. menggunakan waktu pelajaran secara efektif berarti memberi
kesempatan belajar semakin banyak dan optimal serta gurur menunjukan
keseriusannya saat mengajar sehingga dapat membangkitkan minat atau motivasi
siswa untuk belajar. Makin banyak terlibat aktif dalam belajar,makin tinggi kemungkinan
prestasi belajar yang di capainya.sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam
mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus
mampu pula dalam bentuk interaksi belajar mengajar.
Permasalahan
dalam pembelajaran senantiasa ada,terutama pada pembelajaran matematika dikelas
rendah. Permasalahan-permasalahan belajar yang dihadapi guru seperti siswa
tidak konsentrasi,siswa tidak aktif dan cenderung bermain sendiri,apa lagi
untuk bertanya.Guru harus berusaha untuk dapat menyelesaikan semua permasalahan
agar materi yang disampaikan dapat diterima olehseluruh siswa. Guru berusaha
dengan berbagai cara dalam pelaksanaan proses pembelajaran,baik dengan
penggunaan metode,media belajar,pendekatan, strategi belajar,atau dengan
menggunakan alat peraga, agar materi yang dapat di pahami dan dimengerti oleh
siswa.Di antara usaha guru untuk menyampaikan materi agar dapat diterima dan di
ingat oleh siswa adalah dengan menggunakan alat peraga pada pembelajaran
penjumlahan siswa kelas I sekolah dasar. Salah satu model pembelajaran,yaitu
pembelajaran model PAKEM, memungkinkan pencapaian hasil belajar yang baik dan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang menghafal bacaan shalat. PAKEM
yang merupakan singkatan dari pembelajaran aktif,kreatif,efektif dan
Menyenangkan,merupakan sebuah model pembelajaran kontekstual yangmelibatkan
paling sedikit empat prinsip utamadalam proses pembelajarannya. pertama,proses
interaksi ( siswa berinteraksi secara aktif dengan guru,rekan
siswa,multi-media,referensi, lingkungan dsb ). Kedua,Proses komunikasi ( siswa
Mengkomunikasikan pengalaman beljar mereka dengan guru dan rekan siswa lain
melalui cerita, dialog atau melalui simulasi role-play ). Ketiga,Proses
Refleksi, ( siswa memikirkan kembali tentang kebermaknaan apa yang mereka telah
pelajari,dan apa yang mereka telah lakukan ). Keempat,proses Eksplorasi ( siswa
mengalami langsung dengan melibatkan semua indera mereka melalui pengamatan, percobaan,penyelidikan
dan/atau Wawancara ). Berdasarkan permasalahan belajar diatas,maka peneliti
ingin mencoba melakukan penelitian dengan judul " Meningkatkan Prestasi
Belajar Matematika Tentang Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Dua
Angka Melalui Pembelajaran Model PAKEM Pada Siswa Kelas I SDN Sukakerta III
".
1.2.
Rumusan Masalah
Merujuk pada
uraian latar belakang dapat dikaji ada beberapa permaslahan yang dirumuskan
sebagai berikut :
a.
Apakah melalui Pembelajaran
Model PAKEM berpengaruh terhadap hasil belajar melakukan Penjumlahan Dana pengurangan Dua
angka Siswa Kelas I SDN Sukakerta III
Kecamatan Cilamaya Wetan Tahun Pelajaran 2011/2012.
b.
Bagaimanakah
peningkatan Pembelajaran Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan Dua Angka
melalui pembelajaran model PAKEM kelas I SDN Sukakerta III pada Setiap Siklus.
1.3.
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan ats
rumusan masalah diatas, maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah :
a.
Untuk
mengetahui pengaruh pembelajaran model PAKEM terhadap hasil belajar melakukan
Penjumlahan dan Pengurangan Dua Angka Siswa Kelas I SDN Sukakerta III kecamatan
Cilamaya Wetan tahun Pelajaran 2011/2012
b.
Untuk
mengetahui peningkatan hasil pembelajaran Melakukan Penjumlahan dan pengurangan Dua Angka melalui pembelajaran
model PAKEM kelas I SDN Sukakerta III pada setiap siklus ?
1.4.
Manfaat
Penelitian
a.
Hasil dan
temuan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang pembelajaran kooperatif dengan menggunakan
alat peraga dalam pembelajaran matematika
oleh guru kelas I SDN Sukakerta III tahun
pelajaran 2011/2012.
b.
Sekolah sebagai
penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran
matematika,dapat meningkatkan mutu
pendidikannya.
c.
Siswa,dapat meningkatkan
motivasi belajar untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam
mencapai tujuan belajar.
1.5.
Penjelasan
Istilah
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian
ini,maka perlu didefinisikan hal-hal sabagai berikut :
a.
Model PAKEM
PAKEM yang merupakan singkatan dari Pembelajaran
Aktif,kreatif,efektif dan Menyenangkan,merupakan sebuah model pembelajaran
kontekstual yang melibatkan paling sedikit empat prinsip utama dalam proses pembelajarannya.
Pertama,proses interaksi ( siswa berinteraksi secara aktif dengan guru,rekan
siswa,multi-media,referensi,lingkungan dsb ). Kedua proses Komunikasi ( siswa
mengkomunikasikan pengalaman belajar mereka dengan guru dab siswa lain melalui
cerita,dialog atau melalui simulasi role-play ). ketiga, Proses Refleksi, (
Siswa memikirkan kembali tentang kebermaknaan tentang apa yang mereka telah
pelajari,dan apa yang telah mereka lakukan ). Keempat,proses Eksplorasi ( siswa
mengalami Langsung dengan melibatkan semua indera mereka melalui pengamatan,percobaan,penyelidikan
dan / wawancara.
b.
Motivasi
Belajar
Suatu proses untuk menggiatkan motf-motif menjadi perbuatan atau
tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan,atu keadaan dan
kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat
sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.
c.
Prestasi
Belajar Adalah :
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk
skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.
1.6.
Penjelasan
Operasional
a.
Materi
Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penjumlahan dan Pengurangan dua angka,yang
merupakan salah satu materi pada mata
pelajaran Matematika kelas I Sekolah Dasar Pada Semester II.
b.
Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang direncanakan terdiri atas 2 siklus, tiap siklus terdiri tahapan
perencanaan ( planing ), pelaksanaan tindakan ( acting ),pengamatan
(observasi),dan refleksi.
c.
Penelitian
tindakan kelas ini hanya dilakukan di kelas I SDN Sukakerta III Kec.Cilamaya
Wetan tahun pelajaran 2011/2012 Yang berjumlah 43 siswa.
0 comments on SDIPA-01 MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DIKELAS V ( LIMA ) SDN SUMURGEDE III KECAMATAN CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANG DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak