EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN
PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI
MAKASSAR
SKRIPSI
Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan MIPA Program
Studi Biologi
Oleh :
NAMA : ROSMIATI
STAMBUK :
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004
|
PERSETUJUAN
PEMBIMBING
Telah diperiksa dan disetujui oleh
pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar.
Judul : EFEKTIVITAS
PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR
SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR
Atas Nama : Rosmiati
Stambuk :
Program : Strata Satu (S1)
Jurusan : Biologi
Fakultas : Keguruan dan Ilmu
Pendidikan
Makassar, Maret
2004
Pembimbing
I Pembimbing II
Muh. Khalifah, S.Ag., M.Pd. Drs. Ahmad Hasyim, M.Si.
Mengetahui
Ketua Jurusan MIPA
FKIP UVRI Makassar
Drs. H.M. Said Arman
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puja dan puji syukur hanya kepada Allah swt. semata,
karena dengan rahmat–Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini sebagai suatu
karya ilmiah,
walaupun sangat sederhana. Salawat dan Doa tercurah hanya kepada Nabi Muhammad
saw., sebagai nabi pembawa risalah Islam.
Skripsi ini berjudul “Efektivitas
Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran IPA terhadap Prestasi Belajar
Siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar, penulis angkat untuk mengetahui
apakah dengan pendekatan keterampilan proses tersebut memberikan pengaruh
terhadap prestasi belajar siswa.
Berbagai kendala yang penulis hadapi dalam
rangka penyelesaian skripsi ini. Namun dengan tabah dan pantang menyerah, semua
rintangan dapat teratasi.
Keberhasilan penulis dalam menyelesaikan
skripsi ini tidak terlepas dari berbagai bantuan dan dukungan, baik moril
maupun materil dari berbagai pihak. Untuk itu penulis tak lupa mengucaobt
terima kasih kepada :
1. Rektor Universitas
Veteran Republik Indonesia, beserta para Pembantu Rektor yang telah memberikan
kesempatan kepada penulis untuk menimba ilmu di Perguruan Tinggi ini.
2. Dekan dan para Pembantu dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan serta seluruh jajaran dosen/ asisten dosen yang telah membina
penulis melalui pemberian ilmu melalui perkuliahan.
3. Bapak Muh.
Khalifah Mustami, M. Pd. dan Bapak Drs. Ahmad Hasyim, M. Si., masing-masing
selaku Pembimbing I dan II yang telah memberi bimbingan dalam penyusunan hingga
penyelesaian skripsi ini.
4. Seluruh staf Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang turut
mempermudah segala urusan administrasi penulis dalam rangka penyelesaian studi
penulis.
Kepada semua pihak yang tidak dapat
penulis sebutkan satu persatu yang telah turut memberikan bantuannya. Dan hanya
kepada Allah jualah penulis serahkan semuanya, semoga menjadi amal ibadah yang
mendapat ganjaran di sisi-Nya. Amin.
Makassar, Maret
2004
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ................................................................................................ i
PENGESAHAN PEMBIMBING ......................................................................... ii
KATA
PENGANTAR ........................................................................................... iii
DAFTAR
ISI ............................................................................................................. v
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.............................................................. 1
B. Rumusan Masalah......................................................................... 3
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian ................................................ 3
D. Fariabel dan Definisi Operasional............................................. 4
E. Hipotesis Penelitian ..................................................................... 5
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengajaran Sebagai Suatu Sistem.............................................. 6
B. Prestasi Belajar IPA ..................................................................... 9
C. Pendekatan Keterampilan Proses............................................ 10
D. Hakekat Belajar IPA ................................................................... 19
BAB III. METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ............................................................................ 26
B. Desain Penelitian ........................................................................ 27
C. Populasi dan Sampel Penelitian.............................................. 27
D. Teknik Pengumpulan Data ...................................................... 31
E. Teknik Analisis Data ................................................................. 31
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian ........................................................................... 33
B. Pembahasan Hasil Penelitian .................................................. 44 .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
BAB V. P E N U T U P
A. Kesimpulan .................................................................................. 47
B. Saran-saran .................................................................................. 48
DAFTAR
PUSTAKA ........................................................................................... 49
PENGARUH PRAKTIKUM
LAPANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SLTP NEGERI 3 PANGKAJENE KABUPATEN
PANGKEP
Oleh : MUH. SALEH YUPPA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh praktikum lapangan terhadap hasil belajar IPA siswa SLTP Negeri 3
Pangkajene Kabipaten Pangkep. Penelitian ini termasuk jenis penelitian
eksperimental, dimana terdapat dua kelompok sampel (eksperimen dan kontrol). Data
dalam peneltian dikumpul dengan menggunakan instrumen berupa soal (test) hasil
belajar yang dilakukan setelah pengajaran berlangsung (praktikum lapangan
dengan konvensional). Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianamisi
dengan statistik infresial uji t (t-test) untuk mengetahui variabel bebas
terhadap variebel terikat. Hasil analis menunjukkan dengan db = 39, t hitung =
0,321, dan t tabel = 1,70 yang dikonsultasikan dengan syarat penerimaan dan
penolakan hipotesis, ternyata hipotesis yang diajukan (H1) di tolak.
Berarti praktikum lapangan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil
belajar IPA siswa SLTP Negeri 3 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Penolakan H1
oleh penulis diduga karena faktor-faktor kurangnya penguasaan materi siswa
sebelum praktikum, kelengkapan alat dan bahan, serta pengalaman praktikum yang
sangat minim. Meski demikian jika data diprosentasekan menunjukkan hasil siswa
yang memperoleh nilai 7 dengan praktikum lapangan sebesar 42,5 % dengan
pengajaran konvensional (ceramah) sebesar 37,5 %, memperoleh nilai 8 dengan
praktikum sebesar 30 % dengan pengajaran konvensional sebesar 5 %.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Masalah
pendidikan merupakan masalah yang cukup kompleks, karena terkait dengan masalah
kuantitas, masalah kualitas, masalah relevansi dan masalah efektivitas. Masalah
kuantitas timbulsebagai akibat hubungan antara pertumbuhan sistem pendidikan
dan pertumbuhan penduduk.
Masalah
kualitas adalah masalah bagaimana meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.
Masalah kualitas pendidikan merupakan masalah yang cukup serius di dalam rangka
kelangsungan hidup brbangsa dan bernegara, dakam konteks hubungan bangsa dengan
beradapan dunia. Penanganan masalah aspek kualitas berhubungan erat dengan
penanganan aspek kuantitas, oleh karenannya perlu ada keseimbangan antara
keduanya.
Masalah
relevansi timbul dari hubungan antara sistem pendidikan dan pembangunan
nasional, dan harapan masyarakat tentang peningkatan output pendidikan. Masalah
efektivitas merupakan masalah kemampuan pelaksanaan pendidikan. Sedangkan
masalah efisiensi pada hakekatnya juga merupakan masalah pengelolaan
pendidikan.
Sehubungan
dengan aspek permasalahan aspek di atas pemerintah telah banyak melakukan
serangkaian kegiatan secara terus menerus melalui tahapan pembangunan di bidang
pendidikan. Kesemunya diarahkan pada pencapaian peningkatan mutu pendidikan
atau menyangkut aspek kualitas pendidikan.
Berdasarkan
uraian di atas, maka pembangunan pendidikan sekarang harus mengalami perubahan.
Misalnya penyampaian pelajaran tidaklah cukup dengan mengutarakan secara
tulisan saja. Ini berarti bahwa sistem intruksional menghendaki para pengajar
berusaha menjadikan keterlibatan mental maupun fisik siswa dalam proses
pengajaran. Sehingga pengajaran yang efektif dan berhasil guna dapat tercapai
untuk menunjang pencapaian tujuan. Hal ini menuntut pihak pengajar sedapat
mungkin mencari pola organisasi pengajaran yang tepat sebagai alternatif yang
sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan. Salah satu acuannya adalah
analisis materi atau strukturisasi konsep.
Untuk mewujudkan harapan tersebut di atas,
perlu dilakukan pembaharuan pendidikan yang dituangkan dalam berbagai program
pembaharuan pendidikan. Misalnya perubahan kurikulum, pemberdayaan guru-guru
bidang studi melalui penataran, pengadaan buku-buku paket serta pemilihan
metode dan pendekatan pengajaran yang tepat.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang tersebut di atas, maka dapat
dirumuskan masalah penelitian yaitu “Apakah penggunaan pendekatan keterampilan
proses dalam pengajaran IPA berpengaruh atau efektif terhadap prestasi belajar
siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar khususnya mata pelajaran IPA ”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan
penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan penelitian
yakni untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam
pengajaran IPA berpengaruh atau efektif terhadap prestasi belajar siswa Sekolah
Dasar Inpres Pajjai Makassar khususnya mata pelajaran IPA.
2. Manfaat
Penelitian
Secara umum diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi
peserta didik, pendidik, lembaga pendidikan dalam meningktakan kualitas
pendidikan. Secara khusus penelitian ini diharapkan memberikan informasi
tentang bagaimana pengaruh pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA
yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan melakukan
pengajaran IPA di Sekolah Dasar.
D.
Variabel dan Definisi Operasional.
Agar dapat dipahami arah dan tujuan penelitian ini, dipandang
perlu memberikan gambaran tentang variabel penelitian yang sekaligus sebagai
batasan operasional.
1. Pendekatan
Keterampilan proses
Yang dimaksudkan di sini adalah pendekatan dalam melakukan keinginan
pengajaran IPA yang menekankan pada keterampilan mengamati, mengumpulkan data,
menemukan persamaan dan perbedaan materi yang dikaji. Pada gilirannya
diharapkan siswa dalam belajarnya menggunakan pengetahuan atau perolehnya.
2. Prestasi
Belajar IPA
Prestasi belajar yang dimaksud di sini adalah hasil perolehan
siswa setelah dilakukan testing terhadap materi yang telah diajarkan dengan
pendekatan keterampilan proses.
E. Hipotesis Penelitian
Untuk memberikan arah terhadap kesimpulan
yang hendak dicapai, maka perlu dirumuskan hipotesis, sebagai berikut :
Penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA berpengaruh
secara efektif terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai
Makassar, khususnya mata pelajaran IPA.
0 comments on SDIPA-11 EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak