.

.

SDIPA-11 EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR

Share on :
EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR










SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan MIPA  Program Studi Biologi




Oleh :

NAMA       : ROSMIATI

STAMBUK  :    







FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004


 
 


PERSETUJUAN  PEMBIMBING

Telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar.

Judul                : EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR
Atas Nama       : Rosmiati
Stambuk           :
Program           : Strata Satu (S1)
Jurusan            : Biologi
Fakultas           : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

                                                                                              Makassar,    Maret  2004


Pembimbing  I                                               Pembimbing  II



Muh. Khalifah, S.Ag., M.Pd.                      Drs. Ahmad Hasyim, M.Si.


Mengetahui
Ketua Jurusan MIPA
FKIP UVRI Makassar



Drs. H.M. Said Arman


KATA  PENGANTAR


Alhamdulillah, segala puja dan  puji syukur hanya kepada Allah swt. semata, karena dengan rahmat–Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini sebagai suatu karya ilmiah, walaupun sangat sederhana. Salawat dan Doa tercurah hanya kepada Nabi Muhammad saw., sebagai nabi pembawa risalah Islam.
Skripsi ini berjudul “Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran IPA terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar, penulis angkat untuk mengetahui apakah dengan pendekatan keterampilan proses tersebut memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Berbagai kendala yang penulis hadapi dalam rangka penyelesaian skripsi ini. Namun dengan tabah dan pantang menyerah, semua rintangan dapat teratasi.
Keberhasilan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini tidak terlepas dari berbagai bantuan dan dukungan, baik moril maupun materil dari berbagai pihak. Untuk itu penulis tak lupa mengucaobt terima kasih kepada :
1.   Rektor Universitas Veteran Republik Indonesia, beserta para Pembantu Rektor yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menimba ilmu di Perguruan Tinggi ini.
2.   Dekan dan para Pembantu dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta seluruh jajaran dosen/ asisten dosen yang telah membina penulis melalui pemberian ilmu melalui perkuliahan.
3.   Bapak Muh. Khalifah Mustami, M. Pd. dan Bapak Drs. Ahmad Hasyim, M. Si., masing-masing selaku Pembimbing I dan II yang telah memberi bimbingan dalam penyusunan hingga penyelesaian skripsi ini.
4.   Seluruh staf Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang turut mempermudah segala urusan administrasi penulis dalam rangka penyelesaian studi penulis.
Kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah turut memberikan bantuannya. Dan hanya kepada Allah jualah penulis serahkan semuanya, semoga menjadi amal ibadah yang mendapat ganjaran di sisi-Nya. Amin.

Makassar,    Maret  2004


Penulis







                                                                                               

DAFTAR  ISI


HALAMAN JUDUL ................................................................................................ i
PENGESAHAN  PEMBIMBING ......................................................................... ii
KATA PENGANTAR ........................................................................................... iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................. v
BAB      I.   PENDAHULUAN
                   A.   Latar Belakang Masalah.............................................................. 1                              
                   B.    Rumusan Masalah......................................................................... 3                  
                   C.   Tujuan dan Manfaat Penelitian ................................................ 3                  
                   D.   Fariabel dan Definisi Operasional............................................. 4      
                   E.    Hipotesis Penelitian ..................................................................... 5      
BAB    II.   TINJAUAN PUSTAKA
                   A.   Pengajaran Sebagai Suatu Sistem.............................................. 6      
                   B.    Prestasi Belajar IPA  ..................................................................... 9                  
                   C.   Pendekatan Keterampilan Proses............................................ 10
                   D.  Hakekat Belajar IPA ................................................................... 19                  
BAB   III.   METODE PENELITIAN
                   A.   Jenis Penelitian ............................................................................ 26                  
                   B.    Desain Penelitian ........................................................................ 27                  
                   C.   Populasi dan Sampel Penelitian.............................................. 27
                   D.   Teknik Pengumpulan Data ...................................................... 31
                   E.    Teknik Analisis Data ................................................................. 31                  
BAB   IV.   HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
                   A.   Hasil Penelitian ........................................................................... 33
                   B.    Pembahasan Hasil Penelitian .................................................. 44                                                         ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................       
BAB    V.   P E N U T U P
                   A.   Kesimpulan .................................................................................. 47
                   B.    Saran-saran .................................................................................. 48
DAFTAR  PUSTAKA ........................................................................................... 49





























PENGARUH PRAKTIKUM LAPANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SLTP NEGERI 3 PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP

Oleh : MUH. SALEH YUPPA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum lapangan terhadap hasil belajar IPA siswa SLTP Negeri 3 Pangkajene Kabipaten Pangkep. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental, dimana terdapat dua kelompok sampel (eksperimen dan kontrol). Data dalam peneltian dikumpul dengan menggunakan instrumen berupa soal (test) hasil belajar yang dilakukan setelah pengajaran berlangsung (praktikum lapangan dengan konvensional). Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianamisi dengan statistik infresial uji t (t-test) untuk mengetahui variabel bebas terhadap variebel terikat. Hasil analis menunjukkan dengan db = 39, t hitung = 0,321, dan t tabel = 1,70 yang dikonsultasikan dengan syarat penerimaan dan penolakan hipotesis, ternyata hipotesis yang diajukan (H1) di tolak. Berarti praktikum lapangan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SLTP Negeri 3 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Penolakan H1 oleh penulis diduga karena faktor-faktor kurangnya penguasaan materi siswa sebelum praktikum, kelengkapan alat dan bahan, serta pengalaman praktikum yang sangat minim. Meski demikian jika data diprosentasekan menunjukkan hasil siswa yang memperoleh nilai 7 dengan praktikum lapangan sebesar 42,5 % dengan pengajaran konvensional (ceramah) sebesar 37,5 %, memperoleh nilai 8 dengan praktikum sebesar 30 % dengan pengajaran konvensional sebesar 5 %.


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Masalah pendidikan merupakan masalah yang cukup kompleks, karena terkait dengan masalah kuantitas, masalah kualitas, masalah relevansi dan masalah efektivitas. Masalah kuantitas timbulsebagai akibat hubungan antara pertumbuhan sistem pendidikan dan pertumbuhan penduduk.
Masalah kualitas adalah masalah bagaimana meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Masalah kualitas pendidikan merupakan masalah yang cukup serius di dalam rangka kelangsungan hidup brbangsa dan bernegara, dakam konteks hubungan bangsa dengan beradapan dunia. Penanganan masalah aspek kualitas berhubungan erat dengan penanganan aspek kuantitas, oleh karenannya perlu ada keseimbangan antara keduanya.
Masalah relevansi timbul dari hubungan antara sistem pendidikan dan pembangunan nasional, dan harapan masyarakat tentang peningkatan output pendidikan. Masalah efektivitas merupakan masalah kemampuan pelaksanaan pendidikan. Sedangkan masalah efisiensi pada hakekatnya juga merupakan masalah pengelolaan pendidikan.
Sehubungan dengan aspek permasalahan aspek di atas pemerintah telah banyak melakukan serangkaian kegiatan secara terus menerus melalui tahapan pembangunan di bidang pendidikan. Kesemunya diarahkan pada pencapaian peningkatan mutu pendidikan atau menyangkut aspek kualitas pendidikan.
Berdasarkan uraian di atas, maka pembangunan pendidikan sekarang harus mengalami perubahan. Misalnya penyampaian pelajaran tidaklah cukup dengan mengutarakan secara tulisan saja. Ini berarti bahwa sistem intruksional menghendaki para pengajar berusaha menjadikan keterlibatan mental maupun fisik siswa dalam proses pengajaran. Sehingga pengajaran yang efektif dan berhasil guna dapat tercapai untuk menunjang pencapaian tujuan. Hal ini menuntut pihak pengajar sedapat mungkin mencari pola organisasi pengajaran yang tepat sebagai alternatif yang sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan. Salah satu acuannya adalah analisis materi atau strukturisasi konsep.
Untuk mewujudkan harapan tersebut di atas, perlu dilakukan pembaharuan pendidikan yang dituangkan dalam berbagai program pembaharuan pendidikan. Misalnya perubahan kurikulum, pemberdayaan guru-guru bidang studi melalui penataran, pengadaan buku-buku paket serta pemilihan metode dan pendekatan pengajaran yang tepat.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan dari latar belakang tersebut di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu “Apakah penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA berpengaruh atau efektif terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar khususnya mata pelajaran IPA ”.

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan penelitian yakni untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA berpengaruh atau efektif terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar khususnya mata pelajaran IPA.
2. Manfaat Penelitian
Secara umum diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi peserta didik, pendidik, lembaga pendidikan dalam meningktakan kualitas pendidikan. Secara khusus penelitian ini diharapkan memberikan informasi tentang bagaimana pengaruh pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan melakukan pengajaran IPA di Sekolah Dasar.
D. Variabel dan Definisi Operasional.
Agar dapat dipahami arah dan tujuan penelitian ini, dipandang perlu memberikan gambaran tentang variabel penelitian yang sekaligus sebagai batasan operasional.
1. Pendekatan Keterampilan proses
Yang dimaksudkan di sini adalah pendekatan dalam melakukan keinginan pengajaran IPA yang menekankan pada keterampilan mengamati, mengumpulkan data, menemukan persamaan dan perbedaan materi yang dikaji. Pada gilirannya diharapkan siswa dalam belajarnya menggunakan pengetahuan atau perolehnya.
2. Prestasi Belajar IPA
Prestasi belajar yang dimaksud di sini adalah hasil perolehan siswa setelah dilakukan testing terhadap materi yang telah diajarkan dengan pendekatan keterampilan proses.

E. Hipotesis Penelitian

Untuk memberikan arah terhadap kesimpulan yang hendak dicapai, maka perlu dirumuskan hipotesis, sebagai berikut : Penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA berpengaruh secara efektif terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar, khususnya mata pelajaran IPA.


0 comments on SDIPA-11 EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES PAJJAI MAKASSAR :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search