.

.

SDIPS-11 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN ALAT PERAGA GAMBAR PAHLAWAN PADA KELAS V SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI KEDONDONG 3 KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Share on :
 





LAPORAN


UPAYA  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN
 IPS TENTANG PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN
DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN ALAT PERAGA GAMBAR  PAHLAWAN  PADA  KELAS  V  SEMESTER  II
SEKOLAH   DASAR   NEGERI  KEDONDONG  3
KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK
TAHUN  PELAJARAN 2009 / 2010


Diajukan untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional PDGK 4501
Program Strata 1 FKIP Universitas Terbuka





oleh

                                    Nama                          :  SRI JUMIYATI
                                    NIM                            :  816729654
                                    Masa Ujian                :  2010.1






FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH SEMARANG
TAHUN 2010

                                             LEMBAR PENGESAHAN


                  Nama Mahasiswa                    :  Sri Jumiyati
                  NIM                                        :  816729654
                  Program Studi                         :  S-1 PGSD
                  Tempat Mengajar                    :  SD Negeri Kedondong 3
                                                                     Kecamatan Gajah Kab. Demak
                  Jumlah Pembelajaran               :  1 ( satu ) pembelajaran non eksakta
                                                                     dengan (dua ) Siklus pembelajaran
                  Tempat, tanggal pelaksanaan :  SD Negeri Kedondong 3
                                                                     1. Siklus I   tanggal :  20 Maret 2010
                                                                     2. Siklus II tanggal  :  27 Maret 2010
                  Masalah yang menjadi fokus perbaikan :
“Bagaimana penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V semester 2 SD Kedondong 3 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak tahun pelajaran 2009/2010? “

                  Menyetujui                                                      Demak,    Mei 2020 Koordinator PKP                  Mahasiswa
                          

                  Dra Sri Surtini, M.Pd                                      .............. Sri Jumiyati
                  NIM. 19500623 197603 2 001                          NIM. 816729654





                                                KATA PENGANTAR

            Dengan mengucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas kasih  dan kuasaNya sehingga Peneliti dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mata pelajaran IPS Kelas V Semester 2 di SD Negeri Kedondomg 3 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
            Pada laporan ini termuat masalah-masalah yang muncul selama proses pembelajaran dan pemecahannya yang ditata secara runtut. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah PKP dan dapat digunakan sebagai bekal Peneliti untuk melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar khususnya sebagai tugas profesional.
            Ucapan terima kasih Peneliti sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu kepada Peneliti baik secara moril maupun materiil, sehingga penyusunan laporan hasil perbaikan pembelajaran ini dapat terselesaikan, yaitu kepada :
1.      Dra. Sri Surtini,M.Pd. selaku supervisor yang telah memberikan bimbingan selama ini kepada peneliti.
2.      Teman sejawat yang telah memberi bantuan, masukan dan dukungan dalam proses pembelajaran.
3.      Kepala SD Negeri Kedondong 3 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak yang telah mengijinkan peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran.
4.      Rekan-rekan guru SD Negeri Kedondong 3 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak yang banyak membantu pelaksanaan perbaikan pembelajaran.
5.      Suami dan anak-anak  tercinta yang selalu memberi motivasi.
6.      Semua pihak yang telah membantu terselesainya laporan ini yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu.
Semoga amal dan kebaikan yang telah diberikan kepada Peneliti mendapat imbalan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.
Kritik dan saran sangat Peneliti harapkan dari para pembaca karena Peneliti menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kekurangan.
Besar harapan Peneliti apa yang telah dilakukan ada manfaatnya dapat memenuhi dan terwujud tujuan yang diinginkan.



Gajah,   Mei 2010

Peneliti






















DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL ............................................................................................         i
LEMBAR PENGESAHAN ..................................................................................        ii
KATA PENGANTAR ..........................................................................................       iii
DAFTAR ISI .........................................................................................................        v
DAFTAR TABEL .................................................................................................       vi
DAFTAR GRAFIK……………………………………………………………….              vii
DAFTAR LAMPIRAN…………………………………………………………..........       viii
BAB I       PENDAHULUAN ..............................................................................        1
                  A.  Latar Belakang ...............................................................................        1
                  B.  Rumusan Masalah ..........................................................................        3
                  C.  Tujuan Penelitian............................................................................        4
                  D.  Manfaat Penelitian..........................................................................        4
BAB II      KAJIAN PUSTAKA ..........................................................................        6
                  A.  Landasan Teori ..............................................................................        6
                  B.  Kerangka Berfikir ..........................................................................      10
                  C.  Hipotesis Tindakan ........................................................................      11
BAB III    PELAKSANAAN PERBAIKAN ......................................................      12
                  A.  Subyek Penelitian ..........................................................................      12
                  B.  Deskripsi Per Siklus .......................................................................      13
BAB IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .................................      22
                  A.  Deskripsi Per Siklus .......................................................................      22
                  B.  Pembahasan....................................................................................      36
BAB V      SIMPULAN DAN SARAN ...............................................................      38
                  A.  Simpulan ........................................................................................      38
                  B.  Saran ..............................................................................................      39

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................      41
LAMPIRAN-LAMPIRAN ...            ……………………………………………………                                                                            .   
                                       DAFTAR TABEL


Halaman
Tabel   1       Daftar Nilai Formatif IPS Pra Siklus dan  Siklus I ...........................      24
Tabel  2       Hasil Perolehan Nilai Tes Formatif Sebelum Perbaikan,
                     Perbaikan Siklus I..............................................................................      25
Tabel   3       Perkembangan Penguasan Matematika Pra Siklus Dan Siklus I…....      26
Tabel   4       Daftar Nilai Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II………………………..   31
Tabel   5       Hasil Perolehan Nilai Formatif Prasiklus, Siklus I dan Siklus II…….    32
Tabel   6       Perkembangan Penguasan Pembelajaran Pra Siklus, Siklus I
                     Dan Siklus II………………………………………………………….   33






DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 1    Grafik Perolehan Nilai Tes Formatif Pra Siklus dan Siklus I ...........      26
Gambar 2    Grafik Perbandinmgan Ketuntasan Belajar Pra Siklus dan  Siklus I      27
Gambar 3    Grafik Perbandinmgan Ketuntasan Belajar Pra Siklus dan  Siklus I
                     dan siklus II.......................................................................................      33
Gambar 4    Grafik Perbandinmgan Ketuntasan Belajar Pra Siklus dan  Siklus I
                     dan Siklus II......................................................................................      34



DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran   1       Refleksi Siklus I...........................................................................      42
Lampiran   2       Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I...................................      44
Lampiran   3       Lembar Kerja Siswa Siklus I.......................................................      49
Lampiran   4       Kunci Jawaban LKK Siklus I......................................................      50
Lampiran   5       Tes Formatif Siklus I ..................................................................      51
Lampiran   6       Kunci Jawaban Formatif Siklus I ...............................................      53
Lampiran   7       Kriteria Penilaian Formatif  Siklus I ...........................................      54
Lampiran   8       Hasil Perbaikan Siklus 1..............................................................      55
Lampiran   9       Analisis Hasil Akhir Siklus I .......................................................      56
Lampiran   10     Rekapitulasi Lembar Observasi Aktivitas Guru .........................      57
Lampiran   11     Indikator Pengamatan Aktivitas Guru ........................................      58
Lampiran   12     Rekapitulasi Lembar Observasi Aktivitas Siswa ........................      60
Lampiran   13     Indikator Pengamatan Aktivitas Siswa ......................................      61
Lampiran   14     Laporan Perbaikan Pembelajaran Siklus I ...................................      62
Lampiran   15     Refleksi Siklus I ..........................................................................      63
Lampiran   16     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II .................................      65
Lampiran   17     Lembar Kerja Siswa Siklus II .....................................................      71
Lampiran   18     Kunci Jawaban LKS....................................................................      77
Lampiran   19     Tes Formatif Siklus II .................................................................      80
Lampiran   20     Kunci Jawaban Siklus II .............................................................      82
Lampiran   21     Kriteria Penilain Formatif Siklus II.............................................      83
Lampiran   22     Hasil Perbaikan Siklus II ............................................................      84
Lampiran   23     Analisis Nilai Akhir Siklus II ......................................................      85
Lampiran   24     Rekapitulasi Lembar Observasi Aktivitas Guru .........................      86
Lampiran   25     Indikator Pengamatan Aktivitas Guru ........................................      87
Lampiran   26     Rekapitulasi Lembar Observasi Aktivitas Siswa ........................      89
Lampiran   27     Indikator Pengamatan Aktivitas Siswa ......................................      90
Lampiran   28     Laporan Perbaikan Pembelajaran Siklus II .................................      91
Lampiran   29     Surat Pernyataan .........................................................................      93
Lampiran   30     Format Kesediaan Sebagai Teman Sejawat ................................      94




















BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Dalam kegiatan sehari hari dihadapkan kepada persoalan bagaimana membuat pelajaran ilmu pengetahuan sosial menjadi pelajaran yang efektif dan efisien. Efektif dimaksudkan bahwa pelajaran IPS itu mencapai sasaran  atau tujuan yang telah di tetapkan, sedangkan efisien artinya keberhasilan mencapai tujuan secara ekonomis dalam biaya, waktu, dan tenaga. Tentu untuk mencapai ke arah itu diperlukan kerja keras yang melibatkan berbagai pihak terkait. Juga tidak kalah ketrampilan dan strategi mengajar dari guru itu sendiri. Penggunaan alat peraga yang tepat pada sasaran akan memperjelas materi yang disampaikan guru kepada siswa. Selama ini penyajian yang disampaikan lebih terpusat kepada guru (teacher centered).  Guru berperan sebagai penyampai informasi sebanyak-banyaknya kepada anak. Anak berperan sebagai penerima berbagai informasi. Penyampaian dilakukan dengan metode ceramah sehingga kegiatan anak lebih banyak mendengar, mencatat, dan menghafal informasi. Berbeda dengan metode heuristic yang merupakan strategi proses belajar mengajar yang menekankan kepada keaktifan anak untuk berperan dalam proses belajar mengajar agar lebih berpikir logis, kritis, dan analisis. Anak diberi peluang untuk mencari dan menemukan sesuatu, kemudian memecahkan masalah. (Belen, 1995 : 338)
Untuk menunjang keaktifan guru dan siswa maka diperlukan sarana yang memadai agar lebih terjadi interaksi yang akhirnya mampu menyeimbangkan peran masing-masing. Dengan media dan sarana pembelajaran siswa akan lebih cepat menangkap isi materi dan akan melihat pengalaman nyata sehingga anak tidak lagi verbalisme. Namun efektifitas penggunaan media pembelajaran tergantung dari kemampuan guru dan ketepatan dalam memilih media, serta penggunaan media agar relevan dengan materi yang diajarkan.
Pembelajaran yang berhasil akan ditunjukan dengan dikuasainya materi oleh siswa yang dapat dilihat nilai yang diperoleh siswa. Demikian halnya yang terjadi di kelas yang Peneliti alami di kelas V semester 2 tahun pelajaran 2009 / 2010 menunjukkan hasil yang masih sangat kurang dari yang diharapkan. Hal ini ditunjukkan dari seluruh siswa kelas V sebanyak 12 siswa hanya 3 yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa belum mencapai ketuntasan belajar.
Berdasar data nilai di atas Peneliti melakukan refleksi diri dan diskusi dengan teman sejawat untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada proses pembelajaran.
      1.   Identifikasi Masalah
Berdasarkan data-data dan hasil refleksi diri juga hasil diskusi dengan teman sejawat maka Peneliti dapat mengidentifikasi masalah sebagai berikut :
a.       Siswa tidak produktif dalam proses pembelajaran
b.      Kurang kerjasama antar siswa dalam kerja kelompok
c.       Siswa kurang memiliki keberanian dalam mengajukan pertanyaan baik kepada guru maupun kepada siswa teman sebayanya.
Setelah mengetahui akar permasalahan yang muncul tersebut di atas maka Peneliti kemudian berdiskusi dengan teman sejawat untuk menganalisis masalah yang menjadi faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran.
      2.   Analisis Masalah
Dari identifikasi masalah yang diuraikan di atas maka dapat dianalisis masalah-masalah yang menjadi penyebab kurang berhasilnya pembelajaran. Adapun kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut :
a.       Kurangnya alat peraga yang digunakan oleh guru.
b.      Guru kurang memberikan penjelasan secara kongkrit
c.       Guru kurang memberikan motivasi kepada siswa
Agar proses pembelajaran dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan maka Peneliti merencanakan untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar yang diharapkan.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi dan analisis masalah di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
“Bagaimana penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V semester 2 SD Kedondong 3 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak tahun pelajaran 2009/2010?”



C.  Tujuan Penelitian
Rumusan masalah yang merupakan pangkal dari pencapaian tujuan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah :
1.      Mendeskripsikan  proses pembelajaran dengan menggunakan  alat  peraga gambar pahlawan dan peristiwa agresi militer pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri Kedondong 3.
2.      Mendeskripsikan  penerapan  model pembelajaran Group Investigation     dalam pembelajaran IPS pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri Kedondong 3.
3.      Mendeskripsikan   dampak    penerapan    model pembelajaran Group Investigation dan penggunaan alat peraga gambar pahlawan dan peristiwa agresi militer dalam  pembelajaran IPS pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri Kedondong 3 terhadap hasil belajar siswa.
D.  Manfaat Penelitian         
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peneliti sebagai guru kelas, siswa, guru-guru yang lain, sekolah tempat penelitian, pendidikan dasar, dan bagi pembaca.
  1. Bagi Guru
-          Dapat menemukan masalah dari proses pembelajaran yang dilakukan sendiri
-          Dapat memperbaiki pembelajaran karena akan menemukan solusi sendiri dari masalah yang ditemukan sendiri dalam proses pembelajaran
-          Meningkatkan keprofesionalan seorang guru karena dapat menilai atas kelemahan yang dimiliki dan memperbaiki kelemahan guru dan siswanya.
  1. Bagi Siswa
-          Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
-          Meningkatkan kinerja siswa
-          Meningkatkan hasil belajar siswa
  1. Bagi Institusi dan Pendidikan
-          Meningkatkan pelayanan terhadap siswa
-          Meningkatkan kemajuan institusi / sekolah
-          Meningkatkan mutu pendididkan secara umum



0 comments on SDIPS-11 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN ALAT PERAGA GAMBAR PAHLAWAN PADA KELAS V SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI KEDONDONG 3 KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search