LAPORAN
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA
PELAJARAN
IPS TENTANG PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN
KEMERDEKAAN
DENGAN
MODEL GROUP INVESTIGATION DAN ALAT PERAGA GAMBAR PAHLAWAN
PADA KELAS V
SEMESTER II
SEKOLAH DASAR
NEGERI KEDONDONG 3
KECAMATAN
GAJAH KABUPATEN DEMAK
TAHUN
PELAJARAN 2009 / 2010
Diajukan
untuk Memenuhi Tugas
Mata
Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional PDGK 4501
Program
Strata 1 FKIP Universitas Terbuka
oleh
Nama : SRI JUMIYATI
NIM : 816729654
Masa Ujian : 2010.1
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TERBUKA
UNIT
PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH SEMARANG
TAHUN
2010
LEMBAR PENGESAHAN
Tempat, tanggal pelaksanaan
: SD Negeri Kedondong 3
1. Siklus I tanggal :
20 Maret 2010
2. Siklus II tanggal : 27
Maret 2010
Masalah yang menjadi fokus
perbaikan :
“Bagaimana
penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil
belajar IPS materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V
semester 2 SD Kedondong 3 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak tahun pelajaran
2009/2010? “
Dra Sri Surtini, M.Pd .............. Sri Jumiyati
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur ke
hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas kasih
dan kuasaNya sehingga Peneliti dapat menyelesaikan penyusunan laporan
hasil perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mata
pelajaran IPS Kelas V Semester 2 di SD Negeri Kedondomg 3 Kecamatan Gajah
Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Pada laporan ini termuat
masalah-masalah yang muncul selama proses pembelajaran dan pemecahannya yang
ditata secara runtut. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah PKP
dan dapat digunakan sebagai bekal Peneliti untuk melaksanakan pembelajaran di
Sekolah Dasar khususnya sebagai tugas profesional.
Ucapan terima kasih Peneliti
sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu kepada Peneliti baik secara
moril maupun materiil, sehingga penyusunan laporan hasil perbaikan pembelajaran
ini dapat terselesaikan, yaitu kepada :
1.
Dra. Sri Surtini,M.Pd.
selaku supervisor yang telah memberikan bimbingan selama ini kepada peneliti.
2.
Teman
sejawat yang telah memberi bantuan, masukan dan dukungan dalam proses
pembelajaran.
3.
Kepala
SD Negeri Kedondong 3 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak yang telah mengijinkan
peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran.
4.
Rekan-rekan
guru SD Negeri Kedondong 3 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak yang banyak membantu
pelaksanaan perbaikan pembelajaran.
5.
Suami
dan anak-anak tercinta yang selalu
memberi motivasi.
6.
Semua
pihak yang telah membantu terselesainya laporan ini yang tidak dapat peneliti
sebutkan satu persatu.
Semoga amal dan kebaikan yang telah diberikan kepada
Peneliti mendapat imbalan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.
Kritik dan saran sangat Peneliti harapkan dari para
pembaca karena Peneliti menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak
kekurangan.
Besar harapan Peneliti apa yang telah dilakukan ada
manfaatnya dapat memenuhi dan terwujud tujuan yang diinginkan.
Gajah,
Mei 2010
Peneliti
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ............................................................................................ i
LEMBAR
PENGESAHAN .................................................................................. ii
KATA
PENGANTAR .......................................................................................... iii
DAFTAR
ISI ......................................................................................................... v
DAFTAR
TABEL ................................................................................................. vi
DAFTAR
GRAFIK………………………………………………………………. vii
DAFTAR
LAMPIRAN………………………………………………………….......... viii
BAB
I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
A. Latar Belakang ............................................................................... 1
B. Rumusan Masalah .......................................................................... 3
C. Tujuan Penelitian............................................................................ 4
D. Manfaat Penelitian.......................................................................... 4
BAB
II KAJIAN PUSTAKA .......................................................................... 6
A. Landasan Teori .............................................................................. 6
B. Kerangka Berfikir .......................................................................... 10
C. Hipotesis Tindakan ........................................................................ 11
BAB
III PELAKSANAAN PERBAIKAN ...................................................... 12
A. Subyek Penelitian .......................................................................... 12
B. Deskripsi Per Siklus ....................................................................... 13
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ................................. 22
A. Deskripsi Per Siklus ....................................................................... 22
B. Pembahasan.................................................................................... 36
BAB
V SIMPULAN DAN SARAN ............................................................... 38
A. Simpulan ........................................................................................ 38
B. Saran .............................................................................................. 39
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................ 41
LAMPIRAN-LAMPIRAN
... …………………………………………………… .
DAFTAR TABEL
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel
1 Daftar
Nilai Formatif IPS Pra Siklus dan Siklus
I ........................... 24
Tabel 2 Hasil Perolehan Nilai Tes Formatif
Sebelum Perbaikan,
Perbaikan Siklus I.............................................................................. 25
Tabel
3 Perkembangan
Penguasan Matematika Pra Siklus Dan Siklus I….... 26
Tabel
4 Daftar
Nilai Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II……………………….. 31
Tabel 5 Hasil
Perolehan Nilai Formatif Prasiklus, Siklus I dan Siklus II……. 32
Tabel
6 Perkembangan
Penguasan Pembelajaran Pra Siklus, Siklus I
Dan Siklus
II…………………………………………………………. 33
DAFTAR
GAMBAR
Halaman
Gambar
1 Grafik
Perolehan Nilai Tes Formatif Pra Siklus dan Siklus I ........... 26
Gambar
2 Grafik
Perbandinmgan Ketuntasan Belajar Pra Siklus dan
Siklus I 27
Gambar
3 Grafik
Perbandinmgan Ketuntasan Belajar Pra Siklus dan
Siklus I
dan siklus II....................................................................................... 33
Gambar
4 Grafik
Perbandinmgan Ketuntasan Belajar Pra Siklus dan
Siklus I
dan Siklus II...................................................................................... 34
DAFTAR
LAMPIRAN
Halaman
Lampiran
1 Refleksi
Siklus I........................................................................... 42
Lampiran
2 Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus I................................... 44
Lampiran
3 Lembar
Kerja Siswa Siklus I....................................................... 49
Lampiran
4 Kunci
Jawaban LKK Siklus I...................................................... 50
Lampiran
5 Tes
Formatif Siklus I .................................................................. 51
Lampiran
6 Kunci
Jawaban Formatif Siklus I ............................................... 53
Lampiran
7 Kriteria
Penilaian Formatif Siklus I ........................................... 54
Lampiran
8 Hasil
Perbaikan Siklus 1.............................................................. 55
Lampiran
9 Analisis
Hasil Akhir Siklus I ....................................................... 56
Lampiran
10 Rekapitulasi
Lembar Observasi Aktivitas Guru ......................... 57
Lampiran
11 Indikator
Pengamatan Aktivitas Guru ........................................ 58
Lampiran 12 Rekapitulasi
Lembar Observasi Aktivitas Siswa ........................ 60
Lampiran
13 Indikator
Pengamatan Aktivitas Siswa ...................................... 61
Lampiran
14 Laporan
Perbaikan Pembelajaran Siklus I ................................... 62
Lampiran
15 Refleksi
Siklus I .......................................................................... 63
Lampiran
16 Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus II ................................. 65
Lampiran
17 Lembar
Kerja Siswa Siklus II ..................................................... 71
Lampiran 18 Kunci
Jawaban LKS.................................................................... 77
Lampiran 19 Tes
Formatif Siklus II ................................................................. 80
Lampiran
20 Kunci
Jawaban Siklus II ............................................................. 82
Lampiran 21 Kriteria
Penilain Formatif Siklus II............................................. 83
Lampiran
22 Hasil
Perbaikan Siklus II ............................................................ 84
Lampiran 23 Analisis
Nilai Akhir Siklus II ...................................................... 85
Lampiran 24 Rekapitulasi
Lembar Observasi Aktivitas Guru ......................... 86
Lampiran 25 Indikator
Pengamatan Aktivitas Guru ........................................ 87
Lampiran
26 Rekapitulasi
Lembar Observasi Aktivitas Siswa ........................ 89
Lampiran 27 Indikator
Pengamatan Aktivitas Siswa ...................................... 90
Lampiran
28 Laporan
Perbaikan Pembelajaran Siklus II ................................. 91
Lampiran
29 Surat
Pernyataan ......................................................................... 93
Lampiran
30 Format
Kesediaan Sebagai Teman Sejawat ................................ 94
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam kegiatan sehari hari
dihadapkan kepada persoalan bagaimana membuat pelajaran ilmu pengetahuan sosial
menjadi pelajaran yang efektif dan efisien. Efektif dimaksudkan bahwa pelajaran
IPS itu mencapai sasaran atau tujuan
yang telah di tetapkan, sedangkan efisien artinya keberhasilan mencapai tujuan
secara ekonomis dalam biaya, waktu, dan tenaga. Tentu untuk mencapai ke arah
itu diperlukan kerja keras yang melibatkan berbagai pihak terkait. Juga tidak
kalah ketrampilan dan strategi mengajar dari guru itu sendiri. Penggunaan alat
peraga yang tepat pada sasaran akan memperjelas materi yang disampaikan guru
kepada siswa. Selama ini penyajian yang disampaikan lebih terpusat kepada guru (teacher
centered). Guru berperan sebagai
penyampai informasi sebanyak-banyaknya kepada anak. Anak berperan sebagai
penerima berbagai informasi. Penyampaian dilakukan dengan metode ceramah
sehingga kegiatan anak lebih banyak mendengar, mencatat, dan menghafal
informasi. Berbeda dengan metode heuristic yang merupakan strategi proses
belajar mengajar yang menekankan kepada keaktifan anak untuk berperan dalam
proses belajar mengajar agar lebih berpikir logis, kritis, dan analisis. Anak
diberi peluang untuk mencari dan menemukan sesuatu, kemudian memecahkan
masalah. (Belen, 1995 : 338)
Untuk menunjang keaktifan guru dan
siswa maka diperlukan sarana yang memadai agar lebih terjadi interaksi yang
akhirnya mampu menyeimbangkan peran masing-masing. Dengan media dan sarana
pembelajaran siswa akan lebih cepat menangkap isi materi dan akan melihat
pengalaman nyata sehingga anak tidak lagi verbalisme. Namun efektifitas
penggunaan media pembelajaran tergantung dari kemampuan guru dan ketepatan
dalam memilih media, serta penggunaan media agar relevan dengan materi yang
diajarkan.
Pembelajaran yang berhasil akan
ditunjukan dengan dikuasainya materi oleh siswa yang dapat dilihat nilai yang
diperoleh siswa. Demikian halnya yang terjadi di kelas yang Peneliti alami di
kelas V semester 2 tahun pelajaran 2009 / 2010 menunjukkan hasil yang masih
sangat kurang dari yang diharapkan. Hal ini ditunjukkan dari seluruh siswa
kelas V sebanyak 12 siswa hanya 3 yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 9
siswa belum mencapai ketuntasan belajar.
Berdasar data nilai di atas
Peneliti melakukan refleksi diri dan diskusi dengan teman sejawat untuk
mengidentifikasi masalah yang terjadi pada proses pembelajaran.
1. Identifikasi
Masalah
Berdasarkan data-data dan hasil
refleksi diri juga hasil diskusi dengan teman sejawat maka Peneliti dapat
mengidentifikasi masalah sebagai berikut :
a. Siswa
tidak produktif dalam proses pembelajaran
b. Kurang
kerjasama antar siswa dalam kerja kelompok
c. Siswa
kurang memiliki keberanian dalam mengajukan pertanyaan baik kepada guru maupun
kepada siswa teman sebayanya.
Setelah mengetahui akar
permasalahan yang muncul tersebut di atas maka Peneliti kemudian berdiskusi
dengan teman sejawat untuk menganalisis masalah yang menjadi faktor kurang
berhasilnya proses pembelajaran.
2. Analisis
Masalah
Dari identifikasi masalah yang
diuraikan di atas maka dapat dianalisis masalah-masalah yang menjadi penyebab
kurang berhasilnya pembelajaran. Adapun kemungkinan penyebabnya adalah sebagai
berikut :
a. Kurangnya
alat peraga yang digunakan oleh guru.
b. Guru
kurang memberikan penjelasan secara kongkrit
c. Guru
kurang memberikan motivasi kepada siswa
Agar proses pembelajaran dapat
mencapai tujuan yang telah ditetapkan maka Peneliti merencanakan untuk
melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar yang
diharapkan.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi dan
analisis masalah di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
“Bagaimana penerapan model pembelajaran Group
Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok perjuangan
mempertahankan kemerdekaan di kelas V semester 2 SD Kedondong 3 Kecamatan Gajah
Kabupaten Demak tahun pelajaran 2009/2010?”
C. Tujuan Penelitian
Rumusan masalah yang merupakan
pangkal dari pencapaian tujuan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah
:
1.
Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan alat
peraga gambar pahlawan dan peristiwa agresi militer pada materi
perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri Kedondong 3.
2.
Mendeskripsikan penerapan
model pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran IPS pada materi
perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri Kedondong 3.
3.
Mendeskripsikan dampak
penerapan model pembelajaran
Group Investigation dan penggunaan alat peraga gambar pahlawan dan peristiwa
agresi militer dalam pembelajaran IPS
pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri
Kedondong 3 terhadap hasil belajar siswa.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan
dapat memberikan manfaat bagi peneliti sebagai guru kelas, siswa, guru-guru
yang lain, sekolah tempat penelitian, pendidikan dasar, dan bagi pembaca.
- Bagi
Guru
-
Dapat menemukan masalah
dari proses pembelajaran yang dilakukan sendiri
-
Dapat memperbaiki
pembelajaran karena akan menemukan solusi sendiri dari masalah yang ditemukan
sendiri dalam proses pembelajaran
-
Meningkatkan
keprofesionalan seorang guru karena dapat menilai atas kelemahan yang dimiliki
dan memperbaiki kelemahan guru dan siswanya.
- Bagi
Siswa
-
Meningkatkan pemahaman
siswa terhadap materi pelajaran
-
Meningkatkan kinerja
siswa
-
Meningkatkan hasil
belajar siswa
- Bagi
Institusi dan Pendidikan
-
Meningkatkan pelayanan
terhadap siswa
-
Meningkatkan kemajuan
institusi / sekolah
-
Meningkatkan mutu
pendididkan secara umum
0 comments on SDIPS-11 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN ALAT PERAGA GAMBAR PAHLAWAN PADA KELAS V SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI KEDONDONG 3 KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak