HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS V PADA SD INPRES
RAPPOKALLING 2 MAKASSAR
SKRIPSI
Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan MIPA Program
Studi Biologi
Oleh :
NAMA : HJ. SUHARNI
STAMBUK :
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada
Panitia Ujian Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran
Republik Indonesia Makassar.
Judul : HUBUNGAN PARTISIPASI
ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS V PADA SD INPRES
RAPPOKALLING 2 MAKASSAR
Atas
Nama : HJ.
SUHARNI
Stambuk :
Program : Strata
Satu (S1)
Jurusan : Biologi
Fakultas
: Keguruan
dan Ilmu Pendidikan
Makassar, Maret
2004
Pembimbing I Pembimbing II
Drs. H.M. Said Arman Muh.
Khalifah, S.Ag., M.Pd.
Mengetahui
Ketua Jurusan MIPA
FKIP UVRI Makassar
Drs. H.M. Said Arman
KATA PENGANTAR
بـسم اللـه الرحـمن الرحـيم
Alhamdulillah,
segala puja dan puji syukur penulis persembahkan hanya kepada Allah swt.
semata, karena dengan hidayah serta izin–Nya jualah, sehingga penulis dapat menyelesaikan
skripsi ini sebagai suatu karya ilmiah dan syarat untuk memperoleh kesarjanaan
pada lembaga perguruan tinggi, walaupun hasilnya sangat sederhana. Salawat dan
Doa tercurah hanya kepada Nabi Muhammad saw., sebagai nabi terakhir dari
nabi-nabi Allah..
Skripsi ini berjudul “Hubungan
Partisipasi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas V pada SD
Inpres Rappokalling 2 Makassar”. penulis angkat untuk mengetahui bagaimana
prestasi belajar siswa dikaitkan dengan partisipasi orang tua mereka, adakah
hubungan yang signifikan terhadap hasil yang dicapai oleh siswa khususnya
pelajaran Biologi.
Penyelesaian skripsi ini tidak terlepas
dari berbagai kendala yang penulis hadapi, baik kendala dalam pengumpulan data
melalui buku-buku maupun data lapangan,
namun alhamdulillah semuanya dapat teratasi berkat bantuan dari berbagai pihak.
Seperti yang penulis kemukakan di atas,
bahwa keberhasilan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini tidak terlepas dari
berbagai bantuan dan dukungan, baik moril maupun materil, maka sepantasnyalah
jika penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya,
kepada :
1.
Rektor UVRI
Makassar, Dekan dan Pembantu Dekan FKIP UVRI Makassar, Ketua Jurusan MIPA, atas
segala bantuan, bimbingan dan perhatiannya, selama penulis menjadi mahasiswa
dan menjalani perkuliahan hingga menyelesaikan skripsi ini.
2.
Bapak Drs.
H.M. Said Arman dan Bapak Muh. Khalifah, S.Ag., M.Pd. selaku pembimbing dalam
penulisan skripsi ini, yang telah membimbing penulis dalam penyelesaian skripsi
ini. Keduanya memberikan motivasi kepada penulis dalam penyelesaian skripsi
ini.
3.
Para bapak dan ibu
Dosen serta segenap jajaran civitas akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP)-UVRI Makassar, khususnya pada program Studi Biologi.
Semua pihak yang
tidak sempat disebutkan satu-persatu oleh penulis, yang turut memberikan
bantuannya, baik secara materil maupun non materil, semuanya penulis serahkan
kepada Allah swt., semoga mendapat ganjaran yang setimpal di sisi-Nya. Amin.
Makassar, Maret
2004
Penulis,
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ................................................................................................... i
PENGESAHAN PEMBIMBING ............................................................................. ii
KATA PENGANTAR ............................................................................................... iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................... v
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah..................................................................... 1
B. Rumusan Masalah............................................................................... 5
C. Tujuan Penelitian .............................................................................. 5
D. Manfaat Penelitian ............................................................................. 6
E. Hipotesis............................................................................................. 7
BAB II. TINJAUAN
PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIR
A. Tinjauan Pustaka................................................................................. 8
B. Kerangka Pikir ................................................................................ 19
BAB III. METODE
PENELITIAN
A. Variabel dan Desain Penelitian......................................................... 21
B. Definisi Operasional Variabel .......................................................... 22
C. Populasi dan Sampel........................................................................ 22
D. Teknik Pengumpulan Data ............................................................... 23
E. Teknik Analisis Data ........................................................................ 24
BAB IV. HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian ................................................................................ 29
B. Pembahasan Hasil Penelitian ........................................................... 39 .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
BAB V. P E
N U T U P
A. Kesimpulan ...................................................................................... 42
B. Saran ................................................................................................ 42
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 44
ABSTRAK
Syamsuddin S. : HUBUNGAN
PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SLTP NEGERI 13
MAKASSAR.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang
bertujuan untuk mengetahui hubungan partisipasi orang tua dengan prestasi
belajar biologi siswa kelas II SLTP Negeri 13 Makassar. Data dalam penelitian
ini terambil dengan menggunakan instrumen berupa angket yang sifatnya tertutup.
Data penelitian selain dianalisis dengan statistik deskriptif juga dianalisis
dengan statistik inferensial. Hasil analis dengan statistik korelasi
menunjukkan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,77
> 0,308) yang berarti hipotesis yang diajukan (Ha) diterima.
Dengan kata lain terdapat hubungan yang signifikan antara partisipasi orang tua
dengan prestasi belajar biologi siswa kelas II SLTP Negeri 13 Makassar.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap manusia yang
telah dimulai sejak dari buaian hingga ke liang lahat. Oleh sebab itu, setiap
manusia wajib untuk belajar baik melalui jalur pendidikan formal, informal,
maupun non formal karena belajar merupakan kunci untuk memperoleh ilmu
pengetahuan. Tanpa belajar maka tak ada ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh.
Semakin perlunya manusia akan ilmu
pengetahuan, maka perkembangan sangat pesat dari waktu ke waktu. Hingga saat
ini perkembangan ilmu pengetahuan teknologi yang semakin tinggi dan maju.
Kemajuan suatu bangasa diukur dari tingkat kemajuan pengetahuan dan teknologi
karena semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi suatu bangsa semakin maju
taraf hidup dan kesejahteraan penduduknya.
Indonesia
sebagai salah satu negara di dunia yang ingin maju dalam bidang ilmu
pengetahuan dan teknologi telah menetapkan ilmu pengetahuan dan teknologi
pembangunan di bidang pendidikan yang menitikberatkan pada bidang penguasaan
IPTEK sebagaimana yang tercantum dalam GBHN (1998) yakni: “Titik
berat pembangunan pendidikan di Indonesia diletakkan pada mutu setiap jenjang
dan jenis pendidikan serta perluasan belajar pada jenjang pendidikan menengah
pertama dalam rangka perluasan persiapan wajib belajar pada pendidikan menengah
pertama, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan khususnya untuk memacu
penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi”.
Salah
satu indikator yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu lembaga
pendidikan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas adalah tercermin dari
prestasi belajar yang dicapai atau nilai yang diperoleh pada setiap mata
pelajaran yang disajikan pada lembaga pendidikan tersebut termasuk dalam mata
pelajaran matematika.
Beberapa
hasil penelitian di Indonesia yang telah memberikan gambaran rendahnya hasil
matematika siswa diungkapkan Djojonegoro (1994) bahwa: “Pencapaian Nilai Ebtanas Murni siswa SLTP dan SLTA
dalam bidang studi IPA san matematika hampir selalu terendah bila dibandingkan
dengan bidang studi yang lain;. Hal ini merupakan masalah yang sangat
memprihatinkan bagi semua pihak, dan rendahnya hasil belajar matematika
tersebut diasumsikan karena ada hambatan yang dialami siswa.
Hambatan
yang dimaksud tersebut dapat berupa faktor internal (dari dalam diri siswa)
maupun faktor eksternal (dari luar diri siswa), di antaranya: fasilitas
belajar, partisipasi orang tua, kebiasaan belajar, aktivitas belajar, motivasi
berprestasi, sikap terhadap sekolah serta kemampuan dasar lainnya. Dari
beberapa faktor tersebut, faktor partisipasi orang tua merupakan faktor yang
cukup penting dibandingkan dengan beberapa faktor lainnya. Hal tersebut sejalan
dengan pendapat yang dikemukakan oleh Bedjo (1996) bahwa: “Berbagai faktor yang mempengaruhi
keberhasilan pendidikan dan prestasi belajar siswa di antaranya adalah siswa
sebagai individu, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan
masyarakat”.
Pendapat
lain juga dikemukakan oleh Suryabrata (1988) bahwa: “Faktor yang mempengaruhi proses dan prestasi belajar
adalah faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa. Faktor
dari dalam diri siswa meliputi kondisi psikologis dan fisiologis, sedangkan
faktor dari laut meliputi lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat serta
kelengkapan berbagai sarana dan prasarana dalam belajar. Selanjutnya
dikemukakan pula oleh Bejdo (1999) bahwa keberadaan faktor-faktor yang
mempengaruhi proses belajar dan prestasi belajar siswa terdapat hubungan yang
saling terkait. Bakat yang ada dalam diri siswa misalnya agar dapat berkembang
baik, maka perlu ada dorongan dari keluarga dan masyarakat. Sebaliknya,
lingkungan yang kurang mendukung dapat menghambat perkembangan siswa itu
sendiri.
Dari
uraian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa dari beberapa faktor yang dapat
mempengaruhi prestasi belajar siswa, faktor partisipasi orang tua merupakan
faktor yang memegang peranan yang sangat penting. Hal ini tidak terlepas dari
adanya bahwa partisipasi orang tua berperan dalam pembentukan sikap siswa dan
prestasi yang cukup dan berkualitas serta sikap yang demokratis dan bijaksana
dari orang tua siswa dapat meningkatkan keinginan untuk lebih giat belajar
supaya dapat mencapai prestasi belajar yang tinggi.
Setiap
orang memberikan partisipasi dalam kegiatan belajar anak-anaknya dengan cara
yang berbeda-beda. Adanya perbedaan tersebut disebabkan karena latar belakang
keluarga yang berbeda pula. Latar belakang yang dimaksudkan di sini adalah pekerjaan
orang tua, pendidikan orang tua, pendidikan orang tua, tingkat sosial ekonomi
orang tua, wawasan orang tua, dan komunikasi antara orang tua dengan anaknya.
Dan beberapa latar belakang tersebut, pertama pendidikan orang tua merupakan
faktor yang biasanya dapat mempengaruhi partisipasi mereka terhadap anaknya,
sehingga secara langsung atau tidak langsung berpengaruh pula terhadap prestasi
belajar yang diperoleh siswa.
Berdasarkan
latar belakang yang telah dikemukakan di atas, penulis berasumsi bahwa partisipasi
orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa termasuk dalam mata
pelajaran IPA Biologi. Untuk membuktikan hal tersebut, maka dalam penelitian
ini akan dikaji hal-hal yang berhubungan antara partisipasi orang tua dengan
prestasi belajar IPA Biologi pada siswa kelas V pada SD Inpres Rappokalling 2
Makassar. Pemilihan siswa kelas V pada SD Inpres Rappokalling 2 Makassar
sebagai obyek penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa siswa pada jenjang
kelas tersebut berada pada masa transisi. Artinya, bahwa siswa kelas V yang
akan menuju jenjang pendidikan di sekolah lanjutan, tentunya sangat berbeda
bila masih tetap berada jenjang pendidikan dasar. Oleh karena itu, maka masa
transisi tersebut, partisipasi orang tua sangat diperlukan untuk mengontrol
perilaku anak, khususnya dalam hal belajar perlu mendapat perhatian yang
serius. Atas dasar tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan judul: ”Hubungan Partisipasi Orang Tua
dengan Prestasi Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas V pada SD Inpres Rappokalling 2
Makassar”.
B. Rumusan Masalah.
Untuk
lebih mengarahkan pelaksanaan penelitian, maka masalah yang dikaji dalam
penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :
1.
Bagaimana Tingkat partisipasi orang
tua siswa kelas V pada SD Inpres Rappokalling 2 Makassar ?
2.
Bagaimana tingkat prestasi belajar
IPA-Biologi siswa kelas V pada SD Inpres Rappokalling 2 Makassar?
3.
Apakah ada pengaruh partisipasi
orang tua dengan prestasi belajar IPA-Biologi siswa kelas V pada SD Inpres
Rappokalling 2 Makassar?
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan penelitian ini
adalah ;
1. Untuk
mengetahui tingkat partisipasi orang tua siswa kelas V pada SD Inpres
Rappokalling 2 Makassar.
2. Untuk
mengetahui tingkat prestasi belajar IPA-Biologi siswa V pada SD Inpres
Rappokalling 2 Makassar.
3. Untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh partisipasi orang tua dengan prestasi belajar
IPA Biologi siswa kelas V pada SD Inpres Rappokalling 2 Makassar.
D.
Manfaat Penelitian.
Manfaat yang diharapkan dapat diperoleh
dari hasil penelitian ini di antarnya adalah:
1. Bagi
orang tua, sebagai informasi dasar tentang ada tindaknya pengaruh partisipasi
orang tua terhadap prestasi belajar anak yang dicapai di sekolah, khususnya
dalam mata pelajaran IPA-Biologi.
2. Bagi
pihak sekolah, dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan tentang perlu
tidaknya melibatkan orang tua dalam menunaikan keberhasilan belajar siswa di
sekolah, khususnya dalam hal peningkatan prestasi belajar IPA-Biologi.
3. Bagi
peneliti selanjutnya, dapat menjadi bahan referensi dan komparasi khususnya
yang akan mengkaji masalah yang relevan dengan masalah dalam penelitian ini.
E.
Hipotesis Penelitian.
Sebelum melakukan penelitian dan
pembahasan untuk menjawab rumusan masalah yang telah dikemukakan sebelumnya,
maka terlebih dahulu diajukan hipotesis penelitian untuk menjadi acuan dalam
penelitian yang akan diuji kebenarannya, yaitu :
“
Ada pengaruh partisipasi orang tua dengan prestasi belajar IPA-Biologi
siswa kelas V pada SD Inpres
Rappokalling 2 Makassar.
0 comments on SDIPA-15 HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS V PADA SD INPRES RAPPOKALLING 2 AKASSAR :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak