.

.

SDBINA-01 PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS V SD

Share on :





LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE
UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
MENULIS PADA SISWA KELAS V SD



Oleh:
Dra. Sumarwati, M.Pd.
Sudarsono, S.Pd., M.Pd.
Drs. Suradi


Dibiayai Oleh :
Direktorat Ketenagaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional
Dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian
Nomor : 110/Ketenagaan/2007 tanggal 23 Februari 2007





PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
NOVEMBER 2007

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)

1.    Judul Penelitian
PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE  UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS 5 SD

2.    a. Mata Pelajaran
b. Bidang Kajian
Bahasa Indonesia
Masalah Pembelajaran Menulis di SD
3.    Ketua Peneliti
         a.    Nama Lengkap dan Gelar
         b.    Jenis Kelamin
         c.    Pangkat, Golongan, NIP
         d.    Program Studi/Jurusan
         e.    Fakultas
          f.    Institut/Universitas
         g.    Alamat rumah

Nomor telepon/HP:
        Email:

Dra. Sumarwati, M.Pd.
Perempuan
Pembina/IV.1/131658567
Pend. Bahasa Indonesia/Pend. Bahasa dan Seni
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Sebelas Maret Surakarta
Perum “Dalem Asri” Jl. Duku AA5 Jaten, Karanganyar
(0271)822653/08164272262
watik_fkipuns@yahoo.com
4.    Nama Anggota Peneliti
1.       Sudarsono WP, S.Pd.   
2.       Drs. Suradi
5.    Lama Penelitian
8 (delapan)  bulan
dari bulan April sampai bulan November 2007
6.    Biaya yang diperlukan:
  1. Sumber dari Ditjen Dikti
  2. Sumber lain

 Jumlah

Rp  15.000.000
      Tidak ada
_______________________
Rp. 15.000.000
(Lima belas juta rupiah)
                                 

                                                                                       Surakarta,  2 November 2007

Mengetahui                                                                     Ketua Pelaksana,
Dekan  FKIP,


Prof. Dr. M. Furqon H., M.Pd.                                         Dra. Sumarwati, M.Pd.
NIP: 131658563                                                              NIP: 131658567



 Menyetujui                                                                     Mengetahui
 Ketua LPPM UNS,                                                         Kepala SD Negeri 15  
                                                                                        Surakarta,               
                                                                                                      
       
 Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.                                                Sudarsono WP, S.Pd., M.Pd.
 NIP :  130605279                                                          NIP : 130576319    
      
ABSTRAK

DRA. SUMARWATI, M.PD., DKK  ”PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS V SD”
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan kemampuan menulis dengan mengimplementasikan tahap-tahap dalam pendekatan proses 5 fase. Strategi penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 dan tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi dan verifikasi. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa  kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta, sedang objeknya adalah pembelajaran menulis yang termasuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan tahap-tahap dalam pendekatan proses 5 fase, yaitu meliputi tahap prapenulisan, penulisan, revisi, pengeditan, dan pemajangan karangan, dapat meningkatkan kualitas proses maupun hasil pembelajaran menulis pada para siswa kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta. Ini ditunjukkan dari adanya peningkatan jumlah siswa yang termotivasi dan aktif selama proses kreatif menulis berlangsung. Selain itu, juga tampak dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar menulis (mendapat nilai minimal 65) dari siklus pertama hingga ketiga. Adapun cara penerapan pendekatan proses 5 fase yang dapat meningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis tersebut adalah sebagai berikut: (1) tahap prepenulisan direalisasikan melalui pembimbingan pemilihan dan pembatasan topik karangan serta penyusunan kerangka karangan, (2) tahap penulisan direalisasikan melalui pembimbingan mengembangkan topik-topik pada kerangka karangan menjadi paragraf-paragraf sehingga dihasilkan draf karangan, (3) tahap revisi dan tahap pengeditan direalisasikan melalui pemberian tanda-tanda atau feedback mengenai kekurangan pada aspek isi karangan dan kesalahan bahasa dan pembimbingan memperbaiki isi dan mengoreksi kesalahan bahasa, dan (4) tahap publikasi diwujudkan melalui pemajangan karya semua siswa kelas V.1 pada papan pajang oleh guru dan siswa
KATA PENGANTAR

Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wataala atas limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya karena dapat melaksanakan penelitian ini hingga penyusunan laporan hasilnya.
Sudah barang tentu pelaksanaan penelitian ini dapat berjalan dengan lancar berkat bantuan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada:
1.    Ketua LPPM  Universitas Sebelas Maret yang memberikan pengesahan pada proposal maupun laporan hasil penelitian.
2.    Dekan FKIP Universitas Sebelas Maret yang memberikan pengesahan pada proposal maupun laporan hasil penelitian.
3.    Kepala SD Negeri 15 Surakarta yang telah memberikan pengesasahan pada proposal dan hasil penelitian serta berpartisipasi sebagai angota dalam penelitian ini
4.    Guru kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta yang telah berpartisipasi aktif sebagai anggota dalam penelitian ini
5.    Para guru SD Negeri15 Surakarta yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan tindakan penelitian ini
6.    Para siswa kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta  yang menjadi subjek penelitian  ini dan berpartisipasi aktif selama pelaksanaan tindakan.
7.    Semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan penelitian ini.
Semoga amal baik semua pihak diatas mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah Subhanahu wataala. Amin.
Sudah barang tentu laporan penelitian ini memiliki banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya kemampuan peneliti. Oleh karena itu, kritik dan saran dari berbagai pihak sangat peneliti harapkan untuk memperbaikinya.
                                                                                
                                                                              Surakarta,     November 2007




DAFTAR ISI
                                          
                                                                                             Halaman

 HALAMAN JUDUL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . .  . .               i
HALAMAN PENGESAHAN   . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .              ii
ABSTRAK . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .             iii
KATA  PENGANTAR. . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .             iv
DAFTAR ISI. . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .              v
DAFTAR TABEL. . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .            vii
DAFTAR LAMPIRAN . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .           viii

BAB I     PENDAHULUAN
              A. Latar Belakang Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .              1
              B. Rumusan Masalah dan Pemecahannya. . . . . . . . . . . ..              5
              C. Tujuan Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .               8
              D. Manfaat Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .               8
                 
BAB II    KAJIAN PUSTAKA
               A. Kajian Teori
                   1. Pembelajaran Menulis . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .            9
                   2. Bahasa dalam Penulisan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .           11
                   3. Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses. .           13                       
               B. Kerangka Pemikiran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .          17
               C. Hipotesis Tindakan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  .          18

BAB III    PELAKSANAAN PENELITIAN
               A. Lokasi dan Waktu Penelitian.. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  .          19
               B. Subjek dan Objek Penelitian  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .        19
               C. Prosedur Penelitian . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .        20
              


BAB IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
              A Hasil Penelitian . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .             22
                 1. Siklus Pertama . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .             22
                 2. Siklus Kedua . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .            27
                 3. Siklus Ketiga . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .            30
             B. Pembahasan Hasil Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .            35

BAB V   SIMPULAN DAN SARAN      
              A  Simpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .           37
              B. Saran-saran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .          38

DAFTAR PUSTAKA  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .          39                                                  

LAMPIRAN             



















DAFTAR TABEL
                    
                                                                                                Halaman

Tabel 1 : Rerata Nilai Hasil Tes Tengah Semester Siswa Kelas V.              1

Tabel 2 : Contoh Kesalahan Terjemahan Soal Cerita Matematika . .            2

Tabel 3: Persentase Siswa yang Aktif dalam Pembelajaran . . . . .  .           31

Tabel 4: Persentase Siswa yang Menerjemahkan Soal Cerita
              secara Benar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  .           37

Tabel 5: Persentase Siswa yang Menjawab Soal Cerita
              secara Benar. .. . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .             38


















DAFTAR LAMPIRAN

                                                                                                 Halaman

Lampiran 1 : Perangkat Pembelajaran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .              41

Lampiran 2 : Instrumen Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .             50

Lampiran 3 : Personalia Penelitian . . .  .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .            52

Lampiran 4 : Curriculum Vitae Tim Peneliti . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .           53

Lampiran 5: Data Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .          56

Lampiran 6 : Bukti Lain Pelaksanaan Penelitian    . . . . . . . . .. . . . . . .         60
















BAB III
PELAKSANAAN  PENELITIAN

A.  Setting Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 15 Surakarta, yang berdasarkan data pada Kantor Dinas Dikpora kota Surakarta, termasuk dalam kualifikasi baik Fasilitas penunjang pelajaran menulis yang telah ada di sekolah ini adalah adanya sebuah papan tempel berukuran sekitar 100 x 80 cm pada setiap kelas sehingga hanya mampu memuat sebagian karya siswa. Karya yang dimuat adalah yang menurut penilain guru merupakan karya terbaik sehingga yang dimuat umumnya karya dari siswa yang itu-itu saja, yakni hanya yang berminat atau suka menulis. Padahal, siswa yang demikian itu jumlahnya tidak banyak sehingga seringkai papan tersebut dalam kondisi kosong.
Waktu pelaksanaan penelitian, yakni dari tahap persiapan hingga pelaporan hasil penelitian  dilakukan  selama 8 bulan, yakni mulai bulan April sampai dengan 15 November 2007. Adapun pelaksanaan pembelajaran diselenggarakan pada setengah semester gasal (semester 1), yaitu bulan Agustus hingga September 2007 dengan rincian sebagai berikut:
1. Siklus I    : dilaksanakan pada tanggal 6, 8, dan 10 Agustus 2007 (pema-jangan karangan berlangsung dari tanggal 11 s.d. 23 Agustus 2007)
2. Siklus II    : dilaksanakan pada tanggal 20, 22, dan 24 Agustus 2007 (pema-jangan karangan berlangsung  tanggal 26 Agustus s.d. 8 September 2007)
3. Siklus III   : dilaksanakan pada tanggal 3  dan 7 September 2007 (pema-jangan karangan berlangsung dari tanggal 10 s.d. 22 September 2007

B. Subjek dan Objek Penelitian
  Yang menjadi subjek penelitian adalah para siswa  kelas V.1 (non-akselerasi) SD Negeri 15 Surakarta tahun ajaran 2007 yang berjumlah 48 siswa. Dalam berbagai mata pelajaran, sebenarnya kelas ini memiliki prestasi yang lebih baik dibandingkan kelas V.2, namun dalam menulis tampaknya para siswa kelas V.1 minatnya lebih rendah daripada kelas V.2 Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran menulis yang termasuk dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
C. Langkah-langkah  Penelitian
Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menempuh prosedur sebagai berikut:
a.    Tahap Persiapan Tindakan, meliputi kegiatan tim (dosen, guru, dan kepsek):
                              1)      mengadakan sharing ideas dengan  guru-guru SD Negeri 15  untuk mendapatkan  berbagai pertimbangan dan masukan mengenai penerapan pendekatan proses dalam pembelajaran menulis
                              2)       penyiapan sarana dan media pembelajaran menulis, yaitu papan pajang karya dan gambar-gambar  seri  sebagai stimulan pada siswa untuk tahap prapenulisan (pemilihan dan pembatasan topik) 
                              3)      menyiapkan pedoman observasi terhadap proses pembelajaran menulis dengan pendekatan proses serta pedoman penilaian terhadap karangan siswa
b.    Tahap Aplikasi Tindakan
Dalam pelaksanaan PTK ini, mekanisme kerjanya diwujudkan dalam bentuk siklus (direncanakan 3 siklus), yang setiap siklusnya tercakup 4 kegiatan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi (McNiff, 1992:22-24). Karena pendekatan proses ini meliputi 5 fase, maka pelaksanaan kelima fase tersebut dianggap sebagai satu siklus.
               1)  Rancangan siklus I
a)    Tahap perencanaan, mencakup kegiatan menyiapkan perngkat pembelajaran dan merancang skenario pembelajaran menulis dengan pendejkatan proses 5 fase.
b)   Tahap pelaksanaan, dilakukan dengan mengadakan pembelajaran yang dalam satu siklus ada 3 kali tatap muka, yang masing-masing 2 x 40 menit, sesuai skenario pembelajarn dan RP pada siswa Pada siklus I ini pembelajaran dilakukan oleh guru kelas, sedangkan peneliti lain (dosen dan kepala sekolah) melakukan observasi terhadap proses pembelajaran dan wawancara kepada beberapa siswa setelah pembelajaran berakhir.
c)    Tahap observasi dilakukan dosen dan kepala sekolah dengan mengamati proses pembelajaran (aktivitas guru dan siswa) Observasi diarahkan pada poin-poin  dalam pedoman yang telah disiapkan peneliti. Selain itu, untuk memperoleh data yang  akurat, peneliti juga melakukan wawancara dengan para siswa mengenai poin-poin tertentu yang dirasa perlu ditanyakan pada siswa untuk mendapatkan data yang lebih lengkap.
d)   Tahap analisis dan refleksi, dilakukan oleh dosen, guru, dan kepala sekolah dengan cara menganalisis hasil pekerjaan siswa, hasil observasi, serta hasil wawancara. Dengan demikian, analisis dilakukan terhadap proses dan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis tersebut akan diperoleh kesimpulan bagian fase mana yang perlu diperbaiki atau disempurnakan dan fase mana yang telah memenuhi target.

2)    Rancangan siklus II dan III

Pada siklus kedua dan ketiga dilakukan tahapan-tahapan seperti pada siklus pertama tetapi didahului dengan perencanaan ulang berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh pada siklus pertama (refleksi), sehingga kelemahan-kelemahan yang terjadi pada siklus pertama tidak terjadi pada siklus kedua, begitru juga dengan siklus III.


1 comments:

Document said... 7 December 2015 at 14:05

Izin download PTK nya Ya?

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search