LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE
UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
MENULIS PADA SISWA KELAS V SD
Oleh:
Dra. Sumarwati, M.Pd.
Sudarsono, S.Pd., M.Pd.
Drs. Suradi
Dibiayai Oleh :
Direktorat Ketenagaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional
Dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian
Nomor : 110/Ketenagaan/2007 tanggal 23 Februari 2007
PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
NOVEMBER 2007
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)
1.
Judul Penelitian
|
PENERAPAN
PENDEKATAN PROSES 5 FASE UNTUK
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS 5 SD
|
2.
a. Mata Pelajaran
b.
Bidang Kajian
|
Bahasa Indonesia
Masalah Pembelajaran Menulis di SD
|
3.
Ketua Peneliti
a. Nama
Lengkap dan Gelar
b. Jenis
Kelamin
c. Pangkat,
Golongan, NIP
d. Program
Studi/Jurusan
e. Fakultas
f. Institut/Universitas
g. Alamat
rumah
Nomor
telepon/HP:
Email:
|
Dra. Sumarwati,
M.Pd.
Perempuan
Pembina/IV.1/131658567
Pend. Bahasa
Indonesia/Pend. Bahasa dan Seni
Keguruan dan
Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas
Sebelas Maret Surakarta
Perum “Dalem
Asri” Jl. Duku AA5 Jaten, Karanganyar
(0271)822653/08164272262
watik_fkipuns@yahoo.com
|
4. Nama Anggota Peneliti
|
1.
Sudarsono WP, S.Pd.
2.
Drs. Suradi
|
5.
Lama Penelitian
|
8 (delapan)
bulan
dari bulan April sampai bulan
November 2007
|
6. Biaya yang diperlukan:
Jumlah
|
Rp 15.000.000
Tidak ada
_______________________
Rp. 15.000.000
(Lima belas
juta rupiah)
|
Surakarta, 2 November 2007
Mengetahui
Ketua Pelaksana,
Dekan FKIP,
Prof. Dr. M. Furqon H., M.Pd. Dra.
Sumarwati, M.Pd.
NIP:
131658563
NIP: 131658567
Menyetujui
Mengetahui
Ketua LPPM UNS,
Kepala SD
Negeri 15
Prof. Dr.
Sunardi, M.Sc.
Sudarsono WP, S.Pd., M.Pd.
NIP :
130605279 NIP :
130576319
ABSTRAK
DRA.
SUMARWATI, M.PD., DKK ”PENERAPAN
PENDEKATAN PROSES 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA
SISWA KELAS V SD”
Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan kemampuan menulis dengan
mengimplementasikan tahap-tahap dalam pendekatan proses 5 fase. Strategi
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 dan tiap
siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi
dan verifikasi. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta, sedang
objeknya adalah pembelajaran menulis yang termasuk dalam pelajaran Bahasa
Indonesia.
Hasil
penelitian menunjukkan penerapan tahap-tahap dalam pendekatan proses 5 fase,
yaitu meliputi tahap prapenulisan, penulisan, revisi, pengeditan, dan
pemajangan karangan, dapat meningkatkan kualitas proses maupun hasil
pembelajaran menulis pada para siswa kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta. Ini
ditunjukkan dari adanya peningkatan jumlah siswa yang termotivasi dan aktif
selama proses kreatif menulis berlangsung. Selain itu, juga tampak dari
meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar menulis (mendapat
nilai minimal 65) dari siklus pertama hingga ketiga. Adapun cara penerapan
pendekatan proses 5 fase yang dapat meningkatan kualitas proses dan hasil
pembelajaran menulis tersebut adalah sebagai berikut: (1) tahap prepenulisan
direalisasikan melalui pembimbingan pemilihan dan pembatasan topik karangan
serta penyusunan kerangka karangan, (2) tahap penulisan direalisasikan melalui
pembimbingan mengembangkan topik-topik pada kerangka karangan menjadi
paragraf-paragraf sehingga dihasilkan draf karangan, (3) tahap revisi dan tahap
pengeditan direalisasikan melalui pemberian tanda-tanda atau feedback mengenai kekurangan pada aspek
isi karangan dan kesalahan bahasa dan pembimbingan memperbaiki isi dan
mengoreksi kesalahan bahasa, dan (4) tahap publikasi diwujudkan melalui
pemajangan karya semua siswa kelas V.1 pada papan pajang oleh guru dan siswa
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
peneliti panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wataala atas limpahan rahmat,
taufik dan hidayah-Nya karena dapat melaksanakan penelitian ini hingga
penyusunan laporan hasilnya.
Sudah barang
tentu pelaksanaan penelitian ini dapat berjalan dengan lancar berkat bantuan
dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan
terimakasih kepada:
1.
Ketua LPPM Universitas Sebelas Maret yang memberikan
pengesahan pada proposal maupun laporan hasil penelitian.
2.
Dekan FKIP Universitas Sebelas Maret yang memberikan
pengesahan pada proposal maupun laporan hasil penelitian.
3.
Kepala SD Negeri 15 Surakarta yang telah memberikan
pengesasahan pada proposal dan hasil penelitian serta berpartisipasi sebagai
angota dalam penelitian ini
4.
Guru kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta yang telah
berpartisipasi aktif sebagai anggota dalam penelitian ini
5.
Para guru SD Negeri15 Surakarta yang telah berpartisipasi
dalam pelaksanaan tindakan penelitian ini
6.
Para siswa kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta yang menjadi subjek penelitian ini dan berpartisipasi aktif selama
pelaksanaan tindakan.
7.
Semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan
penelitian ini.
Semoga amal baik semua pihak diatas mendapat balasan yang berlipat ganda
dari Allah Subhanahu wataala. Amin.
Sudah barang tentu laporan penelitian ini memiliki banyak kekurangan dan
kelemahan karena terbatasnya kemampuan peneliti. Oleh karena itu, kritik dan
saran dari berbagai pihak sangat peneliti harapkan untuk memperbaikinya.
Surakarta, November 2007
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . i
HALAMAN PENGESAHAN . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ii
ABSTRAK . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. iii
KATA PENGANTAR. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . iv
DAFTAR ISI. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. v
DAFTAR TABEL. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . vii
DAFTAR LAMPIRAN . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
B. Rumusan Masalah
dan Pemecahannya. . . . . . . . . . . .. 5
C. Tujuan Penelitian
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 8
D. Manfaat Penelitian
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 8
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
1. Pembelajaran Menulis
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 9
2. Bahasa dalam Penulisan . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . 11
3. Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses. . 13
B. Kerangka
Pemikiran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 17
C. Hipotesis
Tindakan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
18
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Lokasi dan Waktu
Penelitian.. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 19
B. Subjek dan Objek
Penelitian . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . 19
C. Prosedur
Penelitian . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 20
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
A Hasil Penelitian .
. . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 22
1. Siklus Pertama
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 22
2. Siklus Kedua .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 27
3. Siklus Ketiga .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . 30
B. Pembahasan Hasil
Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 35
BAB V SIMPULAN
DAN SARAN
A Simpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
37
B. Saran-saran . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 38
DAFTAR PUSTAKA . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 39
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1 : Rerata Nilai Hasil Tes Tengah
Semester Siswa Kelas V. 1
Tabel 2 : Contoh Kesalahan
Terjemahan Soal Cerita Matematika . .
2
Tabel 3: Persentase Siswa yang Aktif
dalam Pembelajaran . . . . . . 31
Tabel 4: Persentase Siswa yang
Menerjemahkan Soal Cerita
secara Benar . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 37
Tabel 5: Persentase Siswa yang
Menjawab Soal Cerita
secara Benar. .. . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . 38
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1 :
Perangkat Pembelajaran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 41
Lampiran 2 :
Instrumen Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 50
Lampiran 3 :
Personalia Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 52
Lampiran 4 :
Curriculum Vitae Tim Peneliti . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 53
Lampiran 5:
Data Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 56
Lampiran 6 :
Bukti Lain Pelaksanaan Penelitian . .
. . . . . . .. . . . . . . 60
BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Setting Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 15 Surakarta, yang
berdasarkan data pada Kantor Dinas Dikpora kota Surakarta, termasuk dalam
kualifikasi baik Fasilitas penunjang pelajaran menulis yang telah ada di
sekolah ini adalah adanya sebuah papan tempel berukuran sekitar 100 x 80 cm pada
setiap kelas sehingga hanya mampu memuat sebagian karya siswa. Karya yang
dimuat adalah yang menurut penilain guru merupakan karya terbaik sehingga yang
dimuat umumnya karya dari siswa yang itu-itu saja, yakni hanya yang berminat
atau suka menulis. Padahal, siswa yang demikian itu jumlahnya tidak banyak
sehingga seringkai papan tersebut dalam kondisi kosong.
Waktu pelaksanaan penelitian, yakni dari tahap persiapan
hingga pelaporan hasil penelitian
dilakukan selama 8 bulan, yakni
mulai bulan April sampai dengan 15 November 2007. Adapun pelaksanaan
pembelajaran diselenggarakan pada setengah semester gasal (semester 1), yaitu
bulan Agustus hingga September 2007 dengan rincian sebagai berikut:
1. Siklus I : dilaksanakan pada tanggal 6, 8, dan 10
Agustus 2007 (pema-jangan karangan berlangsung dari tanggal 11 s.d. 23 Agustus
2007)
2. Siklus II : dilaksanakan pada tanggal 20, 22, dan 24
Agustus 2007 (pema-jangan karangan berlangsung
tanggal 26 Agustus s.d. 8 September 2007)
3. Siklus III : dilaksanakan pada tanggal 3 dan 7 September 2007 (pema-jangan karangan
berlangsung dari tanggal 10 s.d. 22 September 2007
B. Subjek
dan Objek Penelitian
Yang menjadi
subjek penelitian adalah para siswa
kelas V.1 (non-akselerasi) SD Negeri 15 Surakarta tahun ajaran 2007 yang
berjumlah 48 siswa. Dalam berbagai mata pelajaran, sebenarnya kelas ini
memiliki prestasi yang lebih baik dibandingkan kelas V.2, namun dalam menulis
tampaknya para siswa kelas V.1 minatnya lebih rendah daripada kelas V.2 Adapun
yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran menulis yang termasuk dalam
mata pelajaran Bahasa Indonesia
C. Langkah-langkah Penelitian
Penelitian ini berupa penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menempuh prosedur sebagai berikut:
a. Tahap Persiapan Tindakan, meliputi
kegiatan tim (dosen, guru, dan kepsek):
1)
mengadakan sharing
ideas dengan guru-guru SD Negeri
15 untuk mendapatkan berbagai pertimbangan dan masukan mengenai
penerapan pendekatan proses dalam pembelajaran menulis
2)
penyiapan sarana
dan media pembelajaran menulis, yaitu papan pajang karya dan gambar-gambar seri
sebagai stimulan pada siswa untuk tahap prapenulisan (pemilihan dan pembatasan
topik)
3)
menyiapkan pedoman observasi terhadap proses pembelajaran
menulis dengan pendekatan proses serta pedoman penilaian terhadap karangan siswa
b. Tahap
Aplikasi Tindakan
Dalam pelaksanaan PTK ini, mekanisme
kerjanya diwujudkan dalam bentuk siklus (direncanakan 3 siklus), yang setiap
siklusnya tercakup 4 kegiatan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi
dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi (McNiff, 1992:22-24). Karena
pendekatan proses ini meliputi 5 fase, maka pelaksanaan kelima fase tersebut
dianggap sebagai satu siklus.
1) Rancangan siklus I
a) Tahap
perencanaan,
mencakup kegiatan menyiapkan perngkat pembelajaran dan merancang skenario
pembelajaran menulis dengan pendejkatan proses 5 fase.
b) Tahap
pelaksanaan,
dilakukan dengan mengadakan pembelajaran yang dalam satu siklus ada 3 kali
tatap muka, yang masing-masing 2 x 40 menit, sesuai skenario pembelajarn dan RP
pada siswa Pada siklus I ini pembelajaran dilakukan oleh guru kelas, sedangkan
peneliti lain (dosen dan kepala sekolah) melakukan observasi terhadap proses
pembelajaran dan wawancara kepada beberapa siswa setelah pembelajaran berakhir.
c) Tahap
observasi
dilakukan dosen dan kepala sekolah dengan mengamati proses pembelajaran
(aktivitas guru dan siswa) Observasi diarahkan pada poin-poin dalam pedoman yang telah disiapkan peneliti. Selain
itu, untuk memperoleh data yang akurat,
peneliti juga melakukan wawancara dengan para siswa mengenai poin-poin tertentu
yang dirasa perlu ditanyakan pada siswa untuk mendapatkan data yang lebih
lengkap.
d) Tahap
analisis dan refleksi,
dilakukan oleh dosen, guru, dan kepala sekolah dengan cara menganalisis hasil
pekerjaan siswa, hasil observasi, serta hasil wawancara. Dengan demikian,
analisis dilakukan terhadap proses dan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil
analisis tersebut akan diperoleh kesimpulan bagian fase mana yang perlu
diperbaiki atau disempurnakan dan fase mana yang telah memenuhi target.
2)
Rancangan
siklus II dan III
Pada siklus kedua dan ketiga dilakukan tahapan-tahapan
seperti pada siklus pertama tetapi didahului dengan perencanaan ulang
berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh pada siklus pertama
(refleksi), sehingga kelemahan-kelemahan yang terjadi pada siklus pertama tidak
terjadi pada siklus kedua, begitru juga dengan siklus III.
0 comments on SDBINA-06 PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS V SD :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak