PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI
SISWA SD INPRES BERTINGKAT
MAMAJANG I MAKASSAR
SKRIPSI
Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan MIPA Program
Studi Biologi
Oleh :
NAMA : RAHMATIAH
STAMBUK : 0127022
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004
|
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Telah diperiksa
dan disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia
Makassar.
Judul : PENGARUH PENGGUNAAN
MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT
MAMAJANG I MAKASSAR
Atas Nama : RAHMATIAH
Stambuk : 0127022
Program : Strata Satu (S1)
Jurusan : Biologi
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Makassar, Maret
2004
Pembimbing I Pembimbing II
Muh. Khalifah, S.Ag., M. Pd. Drs.
Muh. Yunus
Mengetahui
Ketua
Jurusan MIPA
FKIP
UVRI Makassar
Drs.
H.M. Said Arman
KATA
PENGANTAR
بسم الله الرحمن
الرحيم
Sebagai
refleksi rasa kehambaan yang tulus dari lubuk hati yang terdalam seorang insan
manusia yang kecil, terucap ungkapanpuja dn puji kehadirat sang kreator Allah
Swt, yang telah memberikan kelebihan akal kepada manusia seunggal karunia
terbesar disamping karunia lainnya yang tak mampu ternilai dan terdeteksi
keseluruhannya oleh mesin teknologi
secanggih apapun juga. Kemudian shalawat dan salam senantiasa penulis sanjungkan
kepangkuan seorang pemuda yang telah membawa manusia dari alam kegelapan ke
alam yang kaya dengan ilmu pengetahuan, sebagai
pelita dan penerang di tengah kegelapan, Dialah Nabi besar Muhammad Saw.
Untuk
ucapan penulis selanjutnya secara jujur harus saya katakan bahwa kata yang ada
terlalu miskin bahkan tak cukup untuk menggambarkan perasaan saya sesungguhnya
terhadap orang-orang yang telah begitu banyak memberikan bantuan dan
pengorbanan baik secara moril maupun materil hingga dengan izin-Nya skripsi ini
bisa terwujudkan kendatipun penulis sedari masih banyak terdapat kekurangan dan
kesalahan di dalamnya, namun inilah yang sanggup penulis berikan sesuai batas
kemampuan yang penulis miliki.
Dengan
senantiasa mengharapkan rahmat dan ridho Allah Swt. Penulis mengucapkan terima
kasih yang sebesar-besarnya serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1.
Rektor UVRI Makassar, Dekan dan Pembantu Dekan FKIP UVRI
Makassar, Ketua Jurusan MIPA, serta seluruh staf, atas segala bimbingan dan perhatiannya,
baik selama penulis menjalani perkuliahan hingga berhasil menyelesaikan skripsi
ini.
2.
Bapak Muh. Khalifah, S.Ag., M.Pd. dan Bapak Drs. Muh. Yunus
selaku pembimbing dalam penulisan skripsi ini, yang telah membimbing dalam
penyelesaian penulisan skripsi ini. Keduanya telah berjasa mengarahkan dan
membangkitkan semangat dan mendorong penulis dalam penyelesaian skripsi ini.
3.
Para bapak dan ibu Dosen serta segenap jajaran civitas
akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)-UVRI Makassar, khususnya
program Studi Biologi.
4.
Bapak Kepala Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Mamajang I
Makassar beserta segenap staf pengajar dan siswa-siswi yang telah banyak
membantu penulis dalam memberikan data yang dibutuhkan sesuai dengan penyusunan
dan penyelesaian skripsi ini.
Penulis sadari untuk semua pengorbanan yang diberikan tak mungkin bisa
terbalas hanya dengan selembar kata pengantar ini.
Akhir kata yang bisa penulis lakukan hanyalah memohon doa, semoga jerih payah
yang diberikan kepada penulis mendapat balasan pahala yang berlipat ganda
dihadapan Sang Pencipta, Allah Swt.
Amin ya Rabbul Alamin.
Makassar, Maret 2004
Penyusun,
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................................. i
PENGESAHAN PEMBIMBING ............................................................................. ii
KATA PENGANTAR .............................................................................................. iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................... v
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah................................................................. 1
B. Rumusan Masalah........................................................................... 2
C. Tujuan Penelitian ............................................................................ 2
D. Manfaat Penelitian.......................................................................... 3
E. Hipotesis .......................................................................................... 3
BAB II. TINJAUAN
PUSTAKA
A. Pengertian Media ............................................................................ 4
B. Media Gambar ................................................................................. 8
C. Pemanfaatan Media Gambar Data Proses Belajar
Mengajar 10
D. Prestasi Belajar Biologi ................................................................ 18
BAB III. METODE
PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ............................................................................. 21
B. Variabel Penelitian ...................................................................... 21
C. Definisi Operasional .................................................................... 22
D. Populasi dan Sampel.................................................................... 22
E. Instrumen Penelitian .................................................................... 23
F. Prosedur Pengumpulan Data ....................................................... 23
G. Teknik Analisis Data ................................................................... 25
BAB IV. HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian ............................................................................. 27
B. Pembahasan Hasil Penelitian ...................................................... 37 .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
BAB
V. P
E N U T U P
A. Kesimpulan ................................................................................... 40
B. Saran-saran .................................................................................... 40
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................. 42
LAMPIRAN-LAMPIRAN
...........................................................................................
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR
BIOLOGI SISWA SLTP NEGERI I SOPPENG
RIAJA KABUPATEN BARRU
Oleh : Megawati
ABSTRAK
Penelitian
ini termasuk jenis penelitian ekspremintal dengan tujuan untuk mengetahui
apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar biologi
siswa SLTP Negeri I Soppeng Riaja Kab. Barru. Sampel penelitian adalah kelas
dua yang terambil dengan teknik Cluster Random sampling. Instrumen, yang
digunakan dalam pengambilan atau pengumpulan data berupa test yang dilakukan
setelah proses belajar mengajar berlangsung. Data yang terkumpul selanjutnya
diolah dengan statistik analisis varians satu faktor yang dalam analisisnya
digunakan chi-Kuadrat satu pihak. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai
Chi-Kuadrat daftar pada taraf signifikan 5 % ( X20,95 =
43,8 < X2h =68,80) yang berarti media gambar
berpengaruh secara positif terhadap prestasi /hasil belajar biologi siswa SLTP
Negeri I Soppeng Riaja Kab. Barru.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Pembangunan di bidang
pendidikan sebagai salah satu bagian dari pembangunan Nasional, perlu
diwujudkan guna peningkatan dan kemajuan sektor pendidikan. Merosotnya kualitas
pendidikan banyak mendapat sorotan dari masyarakat, peserta lulusan
kependidikan, para pendidik dan pemerintah. Oleh karena itu pemerintah berupaya
semaksimal mungkin mengadakan perbaikan dan penyempurnaan di bidang pendidikan.
Sebagai langkah antisipasi, maka pendidikan banyak diarahkan pada penataan
proses belajar, penggunaan dan pemilihan media belajar secara tepat. Kesemuanya
dimaksudkan untuk pencapaian hasil belajar semaksimal mungkin.
Belajar
adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung
seumur hidup. Salah satu pertanda bahwa seorang telah belajar suatu adalah
perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut
menyangkut baik perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan
(psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (apektif).
Perubahan
tersebut hendaknya terjadi sebagai akibat interaksi dengan lingkungannya
melalui proses belajar mengajar. Dimana guru berikan satu-satunya sumber
belajar, walaupun tugas, peranan dan fungsinya dalam proses belajar menagajar
sangatlah penting.
Melihat
sedemikian kompleksnya masalah proses belajar mengajar dan peran guru, maka
dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajr mengajar
perlu dikembangkan iklim kandusif yang dapat menumbuhkan sikap dan prilaku
belajar secara wajar. Untuk itu pembelajaran dengan menggunakan media,
khususnya media gambar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk hal
tersebut.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar
belakang masalah tersebut di atas, maka dapat dirumuskan masalah “Apakah ada
pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD
Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.
C. Tujuan
Penelitian
Berdasar
dari rumusan masalah di atas, maka penelitian ini diarahkan untuk mengungkap
apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar
IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.
D. Manfaat
Penelitian
Dalam penelitian ini terdapat beberapa manfaat
yang diharapkan penulis setelah penelitian dilaksanakan.
1. Sebagai
bahan informasi tentang pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi
belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.
2. Sebagai
bahan masukan untuk guru; untuk dipertimbangkan dalam pemilihan media sebelum
pelaksanaan proses belajar mengajar. Oleh karena hasil penelitian ini merupakan
bukti secara ilmiah.
3. Hasil
penelitian ini sedapat mungkin menjadi alasan rekomendasi untuk menggunakan
media gambar dalam proses belajar mengajar.
E. Hipotesis
Untuk pemberian arah yang jelas
terhadap kesimpulan yang diperoleh, maka dirumuskan hipotesis yaitu “Ada
pengaruh penggunaan media gambar prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres
Bertingkat Mamajang I Makassar”.
0 comments on SDIPA-12 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak