.

.

SDIPA-12 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR

Share on :
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI
SISWA SD INPRES BERTINGKAT
MAMAJANG I MAKASSAR











SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan MIPA  Program Studi Biologi




Oleh :

NAMA       :  RAHMATIAH

STAMBUK  :  0127022





FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004


 
 


PERSETUJUAN  PEMBIMBING

Telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar.

Judul                : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR
Atas Nama     : RAHMATIAH
Stambuk        : 0127022
Program        : Strata Satu (S1)
Jurusan         : Biologi
Fakultas        : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

                                                      Makassar,      Maret  2004

Pembimbing  I                                               Pembimbing  II



Muh. Khalifah, S.Ag., M. Pd.          Drs. Muh. Yunus


Mengetahui
Ketua Jurusan MIPA
FKIP UVRI Makassar



Drs. H.M. Said Arman




KATA PENGANTAR

بسم الله الرحمن الرحيم
Sebagai refleksi rasa kehambaan yang tulus dari lubuk hati yang terdalam seorang insan manusia yang kecil, terucap ungkapanpuja dn puji kehadirat sang kreator Allah Swt, yang telah memberikan kelebihan akal kepada manusia seunggal karunia terbesar disamping karunia lainnya yang tak mampu ternilai dan terdeteksi keseluruhannya oleh mesin  teknologi secanggih apapun juga. Kemudian shalawat dan salam senantiasa penulis sanjungkan kepangkuan seorang pemuda yang telah membawa manusia dari alam kegelapan ke alam yang kaya dengan ilmu pengetahuan, sebagai  pelita dan penerang di tengah kegelapan, Dialah Nabi besar Muhammad Saw.
Untuk ucapan penulis selanjutnya secara jujur harus saya katakan bahwa kata yang ada terlalu miskin bahkan tak cukup untuk menggambarkan perasaan saya sesungguhnya terhadap orang-orang yang telah begitu banyak memberikan bantuan dan pengorbanan baik secara moril maupun materil hingga dengan izin-Nya skripsi ini bisa terwujudkan kendatipun penulis sedari masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan di dalamnya, namun inilah yang sanggup penulis berikan sesuai batas kemampuan yang penulis miliki.
Dengan senantiasa mengharapkan rahmat dan ridho Allah Swt. Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1.        Rektor UVRI Makassar, Dekan dan Pembantu Dekan FKIP UVRI Makassar, Ketua Jurusan MIPA, serta seluruh staf, atas segala bimbingan dan perhatiannya, baik selama penulis menjalani perkuliahan hingga berhasil menyelesaikan skripsi ini.
2.        Bapak Muh. Khalifah, S.Ag., M.Pd. dan Bapak Drs. Muh. Yunus selaku pembimbing dalam penulisan skripsi ini, yang telah membimbing dalam penyelesaian penulisan skripsi ini. Keduanya telah berjasa mengarahkan dan membangkitkan semangat dan mendorong penulis dalam penyelesaian skripsi ini.
3.        Para bapak dan ibu Dosen serta segenap jajaran civitas akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)-UVRI Makassar, khususnya program Studi Biologi.
4.        Bapak Kepala Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar beserta segenap staf pengajar dan siswa-siswi yang telah banyak membantu penulis dalam memberikan data yang dibutuhkan sesuai dengan penyusunan dan penyelesaian skripsi ini.
Penulis sadari untuk semua pengorbanan yang diberikan tak mungkin bisa terbalas hanya dengan selembar kata pengantar ini.
Akhir kata yang bisa penulis lakukan hanyalah memohon doa, semoga jerih payah yang diberikan kepada penulis mendapat balasan pahala yang berlipat ganda dihadapan Sang Pencipta, Allah Swt.
Amin ya Rabbul Alamin.

Makassar, Maret  2004

Penyusun,







DAFTAR  ISI


HALAMAN JUDUL .................................................................................................. i
PENGESAHAN  PEMBIMBING ............................................................................. ii
KATA PENGANTAR .............................................................................................. iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................... v
BAB      I.   PENDAHULUAN
                   A.   Latar Belakang Masalah................................................................. 1                              
                   B.   Rumusan Masalah........................................................................... 2                  
                   C.   Tujuan Penelitian ............................................................................ 2                  
                   D.   Manfaat Penelitian.......................................................................... 3      
                   E.    Hipotesis .......................................................................................... 3      
BAB     II.   TINJAUAN PUSTAKA
                   A.   Pengertian Media ............................................................................ 4      
                   B.   Media Gambar ................................................................................. 8                  
                   C.   Pemanfaatan Media Gambar Data Proses Belajar Mengajar               10
                   D.   Prestasi Belajar Biologi ................................................................ 18                  
BAB   III.   METODE PENELITIAN
                   A.   Jenis Penelitian ............................................................................. 21                  
                   B.   Variabel  Penelitian ...................................................................... 21                  
                   C.   Definisi Operasional .................................................................... 22                  
                   D.   Populasi  dan Sampel.................................................................... 22
                   E.    Instrumen Penelitian .................................................................... 23
                   F.    Prosedur Pengumpulan Data ....................................................... 23
                   G.   Teknik Analisis Data ................................................................... 25                  
BAB   IV.   HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
                   A.   Hasil Penelitian ............................................................................. 27                  
                   B.   Pembahasan Hasil Penelitian ...................................................... 37                                                         ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................       
BAB    V.   P E N U T U P
                   A.   Kesimpulan ................................................................................... 40
                   B.   Saran-saran .................................................................................... 40
DAFTAR  PUSTAKA ............................................................................................. 42
LAMPIRAN-LAMPIRAN ...........................................................................................




























PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SLTP NEGERI I   SOPPENG RIAJA  KABUPATEN BARRU

Oleh : Megawati

ABSTRAK

Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekspremintal dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar biologi siswa SLTP Negeri I Soppeng Riaja Kab. Barru. Sampel penelitian adalah kelas dua yang terambil dengan teknik Cluster Random sampling. Instrumen, yang digunakan dalam pengambilan atau pengumpulan data berupa test yang dilakukan setelah proses belajar mengajar berlangsung. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan statistik analisis varians satu faktor yang dalam analisisnya digunakan chi-Kuadrat satu pihak. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Chi-Kuadrat daftar pada taraf signifikan 5 % ( X20,95 = 43,8 < X2h =68,80) yang berarti media gambar berpengaruh secara positif terhadap prestasi /hasil belajar biologi siswa SLTP Negeri I Soppeng Riaja Kab. Barru.



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pembangunan di bidang pendidikan sebagai salah satu bagian dari pembangunan Nasional, perlu diwujudkan guna peningkatan dan kemajuan sektor pendidikan. Merosotnya kualitas pendidikan banyak mendapat sorotan dari masyarakat, peserta lulusan kependidikan, para pendidik dan pemerintah. Oleh karena itu pemerintah berupaya semaksimal mungkin mengadakan perbaikan dan penyempurnaan di bidang pendidikan. Sebagai langkah antisipasi, maka pendidikan banyak diarahkan pada penataan proses belajar, penggunaan dan pemilihan media belajar secara tepat. Kesemuanya dimaksudkan untuk pencapaian hasil belajar semaksimal mungkin.
Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Salah satu pertanda bahwa seorang telah belajar suatu adalah perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut menyangkut baik perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (apektif).
Perubahan tersebut hendaknya terjadi sebagai akibat interaksi dengan lingkungannya melalui proses belajar mengajar. Dimana guru berikan satu-satunya sumber belajar, walaupun tugas, peranan dan fungsinya dalam proses belajar menagajar sangatlah penting.
Melihat sedemikian kompleksnya masalah proses belajar mengajar dan peran guru, maka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajr mengajar perlu dikembangkan iklim kandusif yang dapat menumbuhkan sikap dan prilaku belajar secara wajar. Untuk itu pembelajaran dengan menggunakan media, khususnya media gambar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk hal tersebut.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka dapat dirumuskan masalah “Apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.

C. Tujuan Penelitian
Berdasar dari rumusan masalah di atas, maka penelitian ini diarahkan untuk mengungkap apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.

D. Manfaat Penelitian
 Dalam penelitian ini terdapat beberapa manfaat yang diharapkan penulis setelah penelitian dilaksanakan.
1.    Sebagai bahan informasi tentang pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.
2.    Sebagai bahan masukan untuk guru; untuk dipertimbangkan dalam pemilihan media sebelum pelaksanaan proses belajar mengajar. Oleh karena hasil penelitian ini merupakan bukti secara ilmiah.
3.    Hasil penelitian ini sedapat mungkin menjadi alasan rekomendasi untuk menggunakan media gambar dalam proses belajar mengajar.
E. Hipotesis
Untuk pemberian arah yang jelas terhadap kesimpulan yang diperoleh, maka dirumuskan hipotesis yaitu “Ada pengaruh penggunaan media gambar prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar”.


0 comments on SDIPA-12 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search