.

.

SMPPAI-03 IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) SISWA KELAS IX SMP NEGERI 01 BATU

Share on :
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

IMPLEMENTASI METODE DISKUSI  DALAM MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR (PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
 SISWA KELAS IX SMP NEGERI 01 BATU

Dosen Pembimbing Lapangan :
Drs. Agus Maimun, M.Pd

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Akhir Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) Fakultas Tarbiyah UIN Malang

Oleh
Siti Aminah
02110017


1UIN


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MALANG
2005
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Dengan Judul:
IMPLEMENTASI METODE DISKUSI  DALAM MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR (PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
 SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 01 BATU
Oleh
Siti Aminah
02110017
Disusun untuk memenuhi tugas akhir PKLI/PPL II
 Universitas Islam Negeri Malang 2005

Laporan Penelitian ini Telah Di Periksa dan Disahkan

Malang, September 2005


Mengetahui
Kepala SMP Negi 01 Batu                                 Dosen Pembimbing Lapangan
                                                                       

Drs. H. Syamsul Hidayat                                            Drs. Agus Maimun M.Pd
NIP: 130609199                                                         NIP: 150289468

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Ilahi Rabbi yang telah memberikan  Rahmat, Taufiq, dan juga Hidayah-Nya, sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan Judul “ Implementasi Metode Diskusi  Dalam Meningkatkan  Prestasi Belajar (Pelajaran Pendidikan Agama Islam) Siswa Kelas IX SMP Negeri 01 Batu, sebagai persyaratan dari rangkaian kegiatan PKLI/PPLII ini dapat penulis selesaikan  dengan baik
Sholawat serta salam semoga tetap terlimpahkan  keharibaan baginda Nabi Muhammad SAW. Yang telah mengantarkan dari alam kejumudan  menuju alam yang penuh dengan sains ini.
Dengan terselesaikannya laporan penelitian tindakan kelas ini taklupa penulis sampaikan banyak-banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
  1. Ayah dan Ibu yang tercinta yang telah memberikan dorongan moril maupun spiritual dan doa yang takhenti-hentinya.
  2. Bapak Prof. DR. Imam Suprayogo selaku Rektor UIN Malang.
  3. Bapak DR. H.M. Djunaidi Ghoni selaku Dekan Fakultas Tarbiyah UIN  Malang.
  4. Bapak Drs. Padil M.A selaku ketua Jurusan UIN Malang
  5. Bapak Drs Agus Maimun M.Pd. Selaku Dewan Pembimbing Lapangan.
  6. Bapak Drs.Syamsul Hidayat selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 01 Batu  yang telah menyediakan tempat bagi kami  untuk bisa melakukan kegiatan PKLI
  7. Bapak Drs. Musyafa’ selaku Guru Pamong yang telah membantu dalam penyusunan laporan.
  8. Bapak Ibu Guru Staf  Karyawan  SMP Negeri 01 Batu  yang telah membantu  kelancaran pelaksanaan PKLI
  9. Rekan-rekan Mahasiswa  peserta PKLI yang selalu memberikan motivasi kepada kami.
  10. Buat Mas dadik tercinta dan terkasih yang telah memberikan motifasi dan juga dorongan  kepada penulis.
Kami sadar bahwa dalam penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini masih banyak terdapat kekurangan, oleh karena  itu kritik dan  saran  sangat kami harapkan  guna perbaikan terhadap pembuatan laporan selanjutnya.
Semoga Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini bermanfaat  bagi penulis khususnya  dan juga bagi pembaca umumnya  Amin Ya Rabbal Alamin


Batu,   September 2005


         Penyusun





DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
BAB : I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penelitian
D.    Hipotesis Penelitian
E.     Manfaat Penelitian
BAB : II KAJIAN PUSTAKA
BAB : III METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian
B.     Rencana Tindakan
1.      Perencanaan Tindakan
2.      Implementasi Tindakan
3.      Observasi dan Interpretasi
4.      Analisis dan Refleksi
C.     Siklus Penelitian
D.    Pembuatan Instrumen
E.     Pengumpulan Data
F.      Indikator Kinerja
BAB : IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian
1.      Siklus Pertama
a.       Perencanaan
b.      Pelaksanaan
c.       Pengamatan
d.      Refleksi

2.      Siklus kedua
a.       Perencanaan
b.      Pelaksanaan
c.       Pengamatan
d.      Refleksi
3.      Siklus Ketiga
a.       Perencanaan
b.      Pelaksanaan
c.       Pengamatan
d.      Refleksi
B.     Pembahasan 
BAB : V KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA



















BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akan maju.
Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3 menyebutkan bahwa: “Pendidikan  Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusi Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan Nasional”.
Salah satu  tujuan pendidikan adalah upaya untuk mengembangkan bakat dan kemampuan individual, sehingga potensi kejiwaan anak dapat diaktualisasikan secara sempurna.
Mata pelajaran pendidikan agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang di dalamnya mencakup pelajaran memahami, menghayati, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi dalam kenyataan yang ada di lapangan mata pelajaran pendidikan agama Islam dewasa ini mutunya masih rentan karena belum mencapai target yang diinginkan secara memadai, hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami materi yang sukar diterima. Selain itu metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih terpaku pada buku-buku pelajaran
Pada hakekatnya guru sering menggunakan suatu metode dalam pengajaran, yaitu metode ceramah sehingga proses belajar anak hanya sekedar merekam informasi saja, hal demikian mengakibatkan proses belajar anak hanya bersifat harfiah saja. Guru mendektekan informasi dan murid memperhatikan serta mencatat yang akhirnya anak membiasakan diri untuk tidak kreatif dalam mengemukakan ide-ide dan memcahkan masalah yang efeknya akan membawa anak dalam kehidupan di masyarakat. Siswa kurang dapat mengolah informasi menjadi ide-ide baru, tetapi hanya merekam dan mengemukakan informasi yang telah diterimanya
Tujuan pengajaran disekolah hendaknya bersifat komprehensif artinya bukan hanya mengutamakan penambahan pengetahuan, melainkan juga pembentukan strategi belajar mengajar yang memungkinkan siswa menguasai suatu konsep, memecahkan suatu masalah melalui satu proses yang memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir, percaya kepada diri sendiri dan berani mengemukakan pendapatnya, berlatih bersifat kritis dan positif, serta mampu berinteraksi sosial. Dengan kata lain, diskusi kelompok merupakan salah satu startegi belajar mengajar yang memungkinkan tercapainya tujuan pengajaran komprehensif.
Disaaat sekarang ini sering kita jumpai para siswa yang tidak punya kesiapan dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar, terutama dalam hal materi pelajaran yang akan disampaikan, sehingga ketika didalam kelassiswa tidak tahu materi yang akan dibahas, selain itu masalah alokasi waktu yang tidak mencukupi, sehingga menyebabkan interaksi belajar mengajar menjadi tidak efektif dan efisien serta tidak sesuai dengan tuntutan yang diharapkan oleh kurikulum. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu cara agar pelaksanaan belajar mengajar dapat terlaksana secara efektif yaitu dengan menerapkan atau menggunakan metode resitasi sebagai variasi dalam penyajian dalam pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam baik itu tugas individual atau kelompok, rumah atau sekolah, merupakan salah satu metode dari beberapa metode yang ada sebagai langkah alternatif dalam rangka mengefektifkan dan mengefisiensikan proses pembelajaran.
Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DAN DALAM MENINGKATKAN BELAJAR (PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) SISWA KELA IX  F SMP NEGERI 01 BATU”
B. Rumusan Masalah
            Sehubungan dengan fenomena diatas, maka ada dua permasalahan yang akan diajukan dalam penelitian ini yaitu :
a. Bagaimana Implementasi metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam) Siswa Kela IX F  SMP Negeri 01 Batu
b. Apakah dengan adanya implementasi metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam) Siswa Kela IX F  SMP N 01 Batu





C.Tujuan Penelitan
a. Mengetahui bagaimana implementasi metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam) siswa kelas XI F SMP Negeri 01 Batu
b. Mengetahui apakah dengan adanya implementasi metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam) Siswa Kela IX F  SMP Negeri 01 Batu
D. Manfaat Penelitian
            Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya untuk meningkatkan prestasi pembelajaran agama Islam di SMP Negi I Batu, khususnya pada kegiatan pengajaran agama Islam di kelas IX F  SMP Negi 01 Batu. Adapun secara detail kegunaan tersebut diantaranya untuk :
a.       Bagi Lembaga
Untuk dijadikan bahan pertimbangan dan tambahan informasi dalam menentukan langkah-langkah penggunaan metode pembelajaran pendidikan agama Islam khususnya dan mata pelajaran yang lain pada umumnya.
b.      Bagi Guru
Sebagai bahan pertimbangan guru untuk memilih metode yang tepat bagi siswa yang sesuai dengan tujuan pembelajaran

c.       Bagi Penulis
Akan menambah wawasan dan pengetahuan lebih dalam tentang pembelajaran agama Islam dengan berbagai variasi sehingga nantinya dapat diaplikasikan secara langsung dalam pengabdian masyarakat yang sesungguhnya
d.      Bagi siswa
Dengan metode ini siswa diharapkan bisa menjadi bahan acuan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, juga dapat mempermudah siswa dalam menerima pelajaran.
E. Hipotesis Penelitian
            Dengan adanya metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam) Siswa Kela IX F  SM P Negeri I Batu


0 comments on SMPPAI-03 IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) SISWA KELAS IX SMP NEGERI 01 BATU :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search