UPAYA
PENGEMBANGAN PRESTASI OLAH RAGA BADMINTON MELALUI METODE TEKNIK KETRAMPILAN
PADA SISWA……….
TAHUN
PELAJARAN………
KARYA TULIS
ILMIAH
OLEH
………………………………………….
NIP……………………..
DINAS PENDIDIKAN KOTA …………
……………………………………
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk
melengkapi perpustakaan sekolah………… dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya
Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan ……...
Kepala Sekolah …………………….
………… Penulis
……………………… ……………….
NIP:
………………..
NIP: ………..
Mengetahui Mengetahui
Pustakawan ……………. Kepala Cab. Din.
Pendidikan
Kecamatan ………………
Kecamatan ………
……………………. ………………………..
NIP: …………….
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
Kota ……………. Kota …………
……………………… ………………………….
Pembina Utama Muda NPA: ………………..
NIP:
………………………..
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan
Ahlahmudlillah kehadiran Allah SWT hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya
penulis dapat menyelesaikan tugas penelitian karya ilmiah dengan judul “Upaya Pengembangan Prestasi Olah raga Badminton
Melalui Metode Teknik Ketrampilan Pada Siswa……….Tahun Pelajaran………”
Penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di
perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan
karya ilmiah bagi teman sejawat juga bagi anak didik pada latihan diskusi
ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini
penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak . Untuk itu terima kasih kami ucapkan dengan tulus
dan sedalam dalamnya kepada :
1. Yth Kepala Dinas Pendidikan
Kota …………….
2. Yth Ketua PGRI Kota ………………………
3. Yth Rekan-rekan Guru
…………………
4. Semua pihak yang telah
banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari
bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan
saran yang bersifat mambangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAKSI
………….200X. Upaya Pengembangan Prestasi Olah raga
Badminton Melalui Metode Teknik Ketrampilan Pada Siswa……….Tahun Pelajaran………
Kata kunci: pendidikan
jasmani, badminton, metode teknik ketrampilan
Pendidikan Jasmani
adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan
secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu
secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam
kerangka sistem pendidikan nasional.
Permasalah yang ingin
dikaji dalam penelitian ini adalah (a)
Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani bagi siswa dengan
diterapkannya metode teknik ketrampilan? (b) bagaimanakah pengaruh metode
teknik ketrampilan terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan dari
penelitian ini adalah (a) bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar pendidikan
jasmani pada siswa setelah diterapkannya metode teknik ketrampilan, (b)
Mengetahui motivasi belajar pendidikan jasmani setelah diterapkannya metode
teknik ketrampilan.
Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap
putaran terdiri dari dua tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan.
Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas ……………………..dari
data diperoleh berupa hasil tes praktik
, lembar observasi.
Dari hasil analisa
didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatakan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (48,72%), siklus
II (87,18%) untuk ranah psikomotro, siklus I (69,23%). Siklus II (94,87%) untuk
ranah afktif
Simpulan dari
penelitian ini adalah metode teknik ketrampilan dapat berpengaruh positif terhadap
motivasi belajar siswa……………………………………….. serta model pembejalaran dapat
digunakan sebagai salah satu alternative penjas
DAFTAR ISI
Halaman Judul ......................................................................
Halaman pengesahan ......................................................................
Kata Pengantar ......................................................................
Abstraksi ......................................................................
Daftar Isi ......................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah...............................................................
B. Rumusan Masalah ......................................................................
C. Tujuan Penelitian ......................................................................
D. Manfaat penelitian ......................................................................
F. Asumsi ......................................................................
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Sejarah Badminton ...................................................................... B Prestasi
Belajar Penjaskes
C. Teknik Dasar Badminton / Bulutangkis.........................................
D. Metode Latihan Ketrampilan (Drill Method)................................
BAB III METODOLOGI
PENELITIAN
A. Tempat, waktu dan subjek penelitian............................................
B. Rancangan Penelitian.....................................................................
C. Instrumen Penelitian
D. Metode Pengumpulan Data .........................................................
E. Teknik Analisis Data......................................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisis Data Penelitian Persiklus.................................................. B. Pembahasan
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ......................................................................
B. Saran ......................................................................
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan
Jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan keterampilan motorik,
kemampuan fisik, pengetahuan, penalaran, penghayatan nilai
(sikap-mental-emosional-spiritual-sosial), dan pembiasaan pola hidup sehat yang
bermuara untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan yang seimbang.
Seiring
dengan semangat untuk memperbaiki kehidupan berbangsa dan bernegara, pendidikan
jasmani memiliki peran nyata dalam mendidik kader – kader bangsa yang sehat
jasmani dan rohani. Kesehatan jasmani maupun rohani merupakan modal awal yang
sangat menentukan dalam persaingan global yang ketat. Kemajuan suatu bangsa
diukur dengan seberapa besar angkat harapan hidup masyarakatnya, angka harapan
hidup sangat dipengaruhi kualitas kesehatan yang dimiliki bangsa tersebut.
Pendidikan
yang cenderung mengutamakan prestasi akademis semata tidak akan memberikan
hasil maksimal pada perkembangan suatu bangsa. Selebihnya antara bidang
akademis dan jasmani harus seimbang supaya memberikan kontribusi yang maksimal
bagi bangsa dan negara. Jika dunia pendidikan masih mengabaikan akan pentingnya
pendidikan jasmani tidak menutup kemungkinan kader – kader penerus bangsa akan
menjadi generasi yang sangat rapuh. Generasi
unggul adalah generasi yang tahan uji dalam menghadapi setiap
problematika yang dihadapi, baik secara fisik dan mental.
Prestasi
di sekolah juga dapat dipacu melalui prestasi dibidang jasmani. Melalui
kegiatan olah raga siswa dapat menyalurkan bakat dan emosinya secara terarah.
Dalam kegiatan ini siswa akan belajar bagaimana bekerjasama pada sebuah tim,
bagaimana harus memenangkan persaingan secara seportif, bagaimana mengahargai
sebuah kemenangan dan kegagalan. Guru dapat membantu siswa menyalurkan minat dan
bakatnya supaya mencapai suatu prestasi tertentu. Dalam kegiatan olah raga
semacam ini akan membantu proses berpikir siswa secara aktif dan sehat jika
dibandingkan dengan kegiatan yang hanya diam dikelas mendengarkan materi.
Cabang
olahraga sangat banyak jumlahnya namun salah satunya yang paling populer di
Indonesia adalah permainan badminton. Permainan ini tidaklah asing bagi
kalangan tua maupun muda di seluruh pelosok Indonesia. Apalagi di daerah
permainan ini tidak sekedar ajang olah raga prestasi namun juga menjadi suatu
hiburan yang bersifat murah meriah dan menyehatkan. Maka tidak heran apabila
olah raga ini sangat dicintai dan mendapat tempat tersendiri di masyarakat.
Sejak
pertama kali dilombakan di ajang Olimpiade 1992 di Bracelona altlet – atlet
badminton Indonesia berhasil menyabet mendali emas di semua nomor yang
dilombakan. Hingga saat ini prestasi badminton atlet – atlet Indonesia masih
yang terbaik meskipun atlet – atlet berbakat dari negara lain mulai
bermunculan. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa ini memiliki potensi di cabang
olah raga ini. Akan sangat sayang sekali apabila prestasi yang telah dicapai
dengan susah payah ini tidak dipertahankan dan di kembangkan lebih lanjut.
Berdasarkan uraian
diatas, perlu sekali adanya kaderisasi dalam cabang olahraga badminton melalui
peningkatan minat siswa dalam olahraga badminton supaya prestasi olahraga
nasional dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Oleh sebab itu penulis ingin
memilih judul penelitian, “ Upaya
Pengembangan Prestasi Olah raga Badminton Melalui Metode Teknik Ketrampilan Pada
Siswa……….Tahun Pelajaran………”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka
dirumuskan suatu maslaah sebagai berikut:
1. Bagaimana peningkatan prestasi
belajar pendidikan jasmani bagi
siswa dengan diterapkannya metode teknik ketrampilan ?
2. Bagaimanakah pengaruh metode teknik ketrampilan terhadap motivasi
belajar pendidikan jasmani pada siswa ?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan
permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk:
1. Mengetahui peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa setelah diterapkan metode teknik
ketrampilan
2. Mengetahui pengaruh motivasi belajar pendidikan jasmani berenang pada siswa setelah diterapkan metode
teknik ketrampilan
D. Manfaat Penelitian
Penulis
mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
1. Memberikan informasi tentang model pembelajaran yang sesuai dengan
mata diklat Penjas.
2. Meningkatkan motivasi pada pelajar Penjas
3. Mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata diklat
Penjas.
E. Asumsi
Dalam penelitian ini diasumsikan bahwa :
1. Siswa mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh dari awal sampai
akhir pelajaran.
2. Siswa menerima semua penjelasan yang disampaikan guru dengan baik
3. Dalam mengerjakan soal tes tanpa dipengaruhi orang lain
F. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu,
maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi
1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas…………………………….
2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April semester ganjil tahun
ajaran ………………….
3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan ………………….
0 comments on SMPPJOK-01 UPAYA PENGEMBANGAN PRESTASI OLAH RAGA BADMINTON MELALUI METODE TEKNIK KETRAMPILAN PADA SISWA………. TAHUN PELAJARAN……… :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak