.

.

SMPPJOK-01 UPAYA PENGEMBANGAN PRESTASI OLAH RAGA BADMINTON MELALUI METODE TEKNIK KETRAMPILAN PADA SISWA………. TAHUN PELAJARAN………

Share on :
UPAYA PENGEMBANGAN PRESTASI OLAH RAGA BADMINTON MELALUI METODE TEKNIK KETRAMPILAN PADA SISWA……….
TAHUN PELAJARAN………





KARYA TULIS ILMIAH




OLEH

………………………………………….

NIP……………………..
















DINAS PENDIDIKAN KOTA…………

……………………………………


LEMBAR PENGESAHAN


Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan sekolah………… dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan ……...

             Kepala Sekolah                                                        …………………….
                …………                                                              Penulis


       ………………………                                                   ……………….
       NIP:  ………………..                                                  NIP: ………..


             Mengetahui                                                                     Mengetahui
   Pustakawan …………….                                            Kepala Cab. Din. Pendidikan
        Kecamatan ………………                                                           Kecamatan ………


   …………………….                                                         ………………………..
                                                                                 NIP: …………….

               Mengetahui                                                                      Mengetahui
   Kepala Dinas Pendidikan                                                      Ketua PD II PGRI
      Kota …………….                                                                               Kota …………

 ………………………                                                ………………………….
 Pembina Utama Muda                                                             NPA: ………………..
NIP: ………………………..

KATA PENGANTAR


          Dengan mengucapkan Ahlahmudlillah kehadiran Allah SWT hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas penelitian karya ilmiah dengan judul “Upaya Pengembangan Prestasi Olah raga Badminton Melalui Metode Teknik Ketrampilan Pada Siswa……….Tahun Pelajaran………”
Penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga bagi anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini  penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak . Untuk  itu terima kasih kami ucapkan dengan tulus dan sedalam dalamnya kepada :
1.  Yth Kepala Dinas Pendidikan Kota  …………….
2.  Yth Ketua PGRI Kota ………………………
3.  Yth Rekan-rekan Guru …………………
4.  Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
          Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat mambangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

                                                                                              Penulis


ABSTRAKSI

………….200X. Upaya Pengembangan Prestasi Olah raga Badminton Melalui Metode Teknik Ketrampilan Pada Siswa……….Tahun Pelajaran………

Kata  kunci: pendidikan jasmani, badminton, metode teknik ketrampilan

          Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional.
          Permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini  adalah (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani bagi siswa dengan diterapkannya metode teknik ketrampilan? (b) bagaimanakah pengaruh metode teknik ketrampilan terhadap motivasi belajar siswa?
          Tujuan dari penelitian ini  adalah (a) bagaimanakah peningkatan prestasi  belajar pendidikan jasmani pada siswa setelah diterapkannya metode teknik ketrampilan, (b) Mengetahui motivasi belajar pendidikan jasmani setelah diterapkannya metode teknik ketrampilan.
          Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan. Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas ……………………..dari data diperoleh berupa hasil tes   praktik , lembar observasi.
          Dari hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami  peningkatakan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (48,72%), siklus II (87,18%) untuk ranah psikomotro, siklus I (69,23%). Siklus II (94,87%) untuk ranah afktif
          Simpulan dari penelitian ini adalah metode teknik ketrampilan dapat berpengaruh positif  terhadap   motivasi belajar siswa……………………………………….. serta model pembejalaran dapat digunakan sebagai salah satu alternative penjas


DAFTAR ISI
Halaman Judul                        ......................................................................         
Halaman pengesahan              ......................................................................         
Kata Pengantar                       ......................................................................         
Abstraksi                                ......................................................................         
Daftar Isi                                ......................................................................         

BAB I   PENDAHULUAN
          A. Latar  Belakang Masalah...............................................................         
          B. Rumusan Masalah    ......................................................................         
          C. Tujuan Penelitian      ......................................................................         
          D. Manfaat penelitian   ......................................................................         
          F.  Asumsi                     ......................................................................         
         
BAB II  KAJIAN PUSTAKA
          A. Sejarah Badminton   ......................................................................                                       B         Prestasi Belajar Penjaskes         
          C. Teknik Dasar Badminton / Bulutangkis.........................................
          D. Metode Latihan Ketrampilan (Drill Method)................................         
                                               
BAB III     METODOLOGI PENELITIAN
          A. Tempat, waktu dan subjek penelitian............................................         
          B. Rancangan Penelitian.....................................................................         
          C. Instrumen Penelitian                                                                                    
          D. Metode Pengumpulan Data  .........................................................         
          E. Teknik Analisis Data......................................................................         

BAB IV     HASIL  PENELITIAN DAN  PEMBAHASAN
          A. Analisis Data Penelitian Persiklus..................................................                                       B.     Pembahasan                      

BAB V  SIMPULAN DAN SARAN
          A. Kesimpulan              ......................................................................         
          B. Saran                        ......................................................................         

DAFTAR PUSTAKA            ......................................................................         



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar  Belakang Masalah
        Pendidikan Jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan keterampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan, penalaran, penghayatan nilai (sikap-mental-emosional-spiritual-sosial), dan pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan yang seimbang.
        Seiring dengan semangat untuk memperbaiki kehidupan berbangsa dan bernegara, pendidikan jasmani memiliki peran nyata dalam mendidik kader – kader bangsa yang sehat jasmani dan rohani. Kesehatan jasmani maupun rohani merupakan modal awal yang sangat menentukan dalam persaingan global yang ketat. Kemajuan suatu bangsa diukur dengan seberapa besar angkat harapan hidup masyarakatnya, angka harapan hidup sangat dipengaruhi kualitas kesehatan yang dimiliki bangsa tersebut.
        Pendidikan yang cenderung mengutamakan prestasi akademis semata tidak akan memberikan hasil maksimal pada perkembangan suatu bangsa. Selebihnya antara bidang akademis dan jasmani harus seimbang supaya memberikan kontribusi yang maksimal bagi bangsa dan negara. Jika dunia pendidikan masih mengabaikan akan pentingnya pendidikan jasmani tidak menutup kemungkinan kader – kader penerus bangsa akan menjadi generasi yang sangat rapuh. Generasi  unggul adalah generasi yang tahan uji dalam menghadapi setiap problematika yang dihadapi, baik secara fisik dan mental.
        Prestasi di sekolah juga dapat dipacu melalui prestasi dibidang jasmani. Melalui kegiatan olah raga siswa dapat menyalurkan bakat dan emosinya secara terarah. Dalam kegiatan ini siswa akan belajar bagaimana bekerjasama pada sebuah tim, bagaimana harus memenangkan persaingan secara seportif, bagaimana mengahargai sebuah kemenangan dan kegagalan. Guru dapat membantu siswa menyalurkan minat dan bakatnya supaya mencapai suatu prestasi tertentu. Dalam kegiatan olah raga semacam ini akan membantu proses berpikir siswa secara aktif dan sehat jika dibandingkan dengan kegiatan yang hanya diam dikelas mendengarkan materi.
        Cabang olahraga sangat banyak jumlahnya namun salah satunya yang paling populer di Indonesia adalah permainan badminton. Permainan ini tidaklah asing bagi kalangan tua maupun muda di seluruh pelosok Indonesia. Apalagi di daerah permainan ini tidak sekedar ajang olah raga prestasi namun juga menjadi suatu hiburan yang bersifat murah meriah dan menyehatkan. Maka tidak heran apabila olah raga ini sangat dicintai dan mendapat tempat tersendiri di masyarakat.
        Sejak pertama kali dilombakan di ajang Olimpiade 1992 di Bracelona altlet – atlet badminton Indonesia berhasil menyabet mendali emas di semua nomor yang dilombakan. Hingga saat ini prestasi badminton atlet – atlet Indonesia masih yang terbaik meskipun atlet – atlet berbakat dari negara lain mulai bermunculan. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa ini memiliki potensi di cabang olah raga ini. Akan sangat sayang sekali apabila prestasi yang telah dicapai dengan susah payah ini tidak dipertahankan dan di kembangkan lebih lanjut.
            Berdasarkan uraian diatas, perlu sekali adanya kaderisasi dalam cabang olahraga badminton melalui peningkatan minat siswa dalam olahraga badminton supaya prestasi olahraga nasional dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Oleh sebab itu penulis ingin memilih judul penelitian, “ Upaya Pengembangan Prestasi Olah raga Badminton Melalui Metode Teknik Ketrampilan Pada Siswa……….Tahun Pelajaran………”
B. Rumusan Masalah
               Berdasarkan latar belakang diatas maka dirumuskan suatu maslaah sebagai berikut:
     1.  Bagaimana peningkatan prestasi  belajar pendidikan jasmani  bagi siswa dengan diterapkannya metode teknik ketrampilan ?
     2.  Bagaimanakah pengaruh metode teknik ketrampilan terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani  pada siswa ?

C. Tujuan Penelitian
              Sesuai dengan permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk:
     1.  Mengetahui peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani  pada siswa setelah diterapkan metode teknik ketrampilan
     2.  Mengetahui pengaruh motivasi belajar pendidikan jasmani  berenang pada siswa setelah diterapkan metode teknik ketrampilan

D. Manfaat  Penelitian
              Penulis mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
     1.  Memberikan informasi tentang model pembelajaran yang sesuai dengan mata diklat Penjas.
     2.  Meningkatkan motivasi pada pelajar Penjas
     3.  Mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata diklat Penjas.

E. Asumsi
              Dalam  penelitian ini diasumsikan bahwa :
     1.  Siswa mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh dari awal sampai akhir pelajaran.
     2.  Siswa menerima semua penjelasan yang disampaikan guru dengan baik
     3.  Dalam mengerjakan soal tes tanpa dipengaruhi orang lain
    
F. Batasan Masalah
              Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi
     1.  Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas…………………………….
     2.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April semester ganjil tahun ajaran ………………….
     3.  Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan ………………….


0 comments on SMPPJOK-01 UPAYA PENGEMBANGAN PRESTASI OLAH RAGA BADMINTON MELALUI METODE TEKNIK KETRAMPILAN PADA SISWA………. TAHUN PELAJARAN……… :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search