.

.

SMPPKN-04 PENERAPAN MODEL GABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA-SISWI KELAS ……………… ……………………………………………… TAHUN ………………………

Share on :
PENERAPAN MODEL GABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK
DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL UNTUK
MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA-SISWI KELAS ………………
………………………………………………
TAHUN ………………………





KARYA TULIS ILMIAH



OLEH:
………………………………………..
NIP:…………………………………



DINAS PENDIDIKAN ………………………………..
……………………………………………..

HALAMAN PENGESAHAN
KARYA ILMIAH



BERJUDUL:
PENERAPAN MODEL GABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK
DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL UNTUK
MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA-SISWI KELAS ………………
………………………………………………
TAHUN ………………………



OLEH:
…………………………………………..



TELAH DISETUJUI

     Pengelola Perpustakaan                                                       Ketua PGRI
      ……………………….                                                        …………….


      ………………………                                                        ……………..
      NIP:………………….                                                      NPA:………..

ii
 

KATA PENGANTAR



        Dengan mengucap syukur alhamdullolah Kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik Dalam meningkatkan life skill untuk Meningkatkan proses dan hasil belajar pkn pada siswa-siswi kelas …………………………….tahun……………”
penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk memenuhi persyaratan kenaikan  golongan profesi guru dari IVa ke IVb.
            Dalam penyusunan karya ilmiah  ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih kami ucapkan dengan tuilus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.  Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota…………………………………………….
2.  Yth Ketua PGRI Kota…………………………………………………………..
3.  Yth Rekan-rekan Guru …………………………………………………………
            Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmah ini jauh dari sempurna untuk itu  segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.




………………………………………



Penulis 

iii
 

ABSTRAK



……………..,2006. “Penerapan model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik Dalam meningkatkan life skill untuk Meningkatkan proses dan hasil belajar pkn pada siswa-siswi kelas …………………………….tahun……………”

Kata Kunci : ppkn Model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik

            Dalam proses pembelajaran yang menyangkut matri, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan ( inovasi). Dengan adanya inovasi tersebut diatas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup ( life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitar.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
            Penelitian ini berdasarkan permasalahn (a) Bagaimanakah peningkatan  prestasi belajar PKn dengan diterapkannya model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik pada siswa kelas………………… tahun pelajaran……………..( b) Bagaimanakah pengaruh Model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik terhadap motivasi belajar PKn pada siswa kelas…………………. Tahun pelajaran………….
            Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya  model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkan model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik.                    
            Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)  sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap  yaitu : rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas  ………………………………………. Tahun pelajaran…………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
            Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (73,17%), siklus II (82,93%), siklus III (95,12%)
            Simpulan dari  penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa………………………………………………… serta model pembelajarasn  ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PPKn

iv
 

DAFTAR ISI
Halaman Judul     .........................................................................................            
Halaman pengesahan ...................................................................................            
Kata Pengantar    .........................................................................................            
Abstraksi             .........................................................................................            
Daftar Isi             .........................................................................................            
Daftar Lampiran .........................................................................................            

BAB I        PENDAHULUAN
          A. Latar  Belakang Masalah...............................................................            
          B. Rumusan Masalah..........................................................................            
          C. Tujuan Penelitian...........................................................................            
          D. Manfaat Penelitian.........................................................................            
          E. Penjelasan Istilah...........................................................................            
          F.  Batasan Masalah............................................................................            

BAB II       KAJIAN PUSTAKA
          A. Definisi Pembelajaran....................................................................            
          B  Gaya Belajar .................................................................................            
          C. Sisi Social Proses Belajar...............................................................            
          D. Motivasi Belajar.............................................................................            
          E. Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Pada  Siswa .......................            
          F. Pengajaran Autentik……………………………………………....           
         
         
BAB III     METODOLOGI PENELITIAN
          A. Tempat, waktu dan subjek penelitian............................................            
          B. Rancangan Penelitian.....................................................................            
          C. Alat Pengumpulan Data.................................................................            
          D. Analisis Data..................................................................................            


v
 

BAB IV          HASIL  PENELITIAN DAN  PEMBAHASAN
                   A. Analisis Data Penelitian Persiklus........................................            
                   B. Pembahasan                                                                                      

BAB V           SIMPULAN DAN SARAN
                   A. Simpulan                                                                                          
                   B. Saran                                                                                                

DAFTAR PUSTAKA                                                                                             

vi
 

DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran
Lampiran 1      Rencana Pembelajaran 1 ......................................................              
Lampiran 2      Rencana Pembelajaran 2 ......................................................            
Lampiran 3      Rencana Ppembelajaran 3 ....................................................            
Lampiran 4      Hasil tes Formatif Siklus I....................................................            
Lampiran 5      Hasil tes Formatif Siklus II..................................................
Lampiran 6      Hasil tes Formatif Siklus III.................................................            
Lampiran 7      Data pengamatana Minat, Perhatian dan Partisipasi Siswa
                        Putaran I...............................................................................            
Lampiran 8      Data pengamatana Minat, Perhatian dan Partisipasi Siswa
                        Putaran II.............................................................................              
Lampiran 9      Data pengamatana Minat, Perhatian dan Partisipasi Siswa
                        Putaran III............................................................................            


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar  Belakang  Masalah
              Di era globalisasi yang sedang berlangsung dewasa ini. Indonesia menghadapi berbagai tantangan. Tantangan tersebut antara lain persaingan ketat dalam pandangan internasional sebagai konsekuensi pasar bebas di kawasan ASEAN dan Asia Pasifik. Hal tersebut telah menimbulkan berbagai masalah kehidupan, termasuk matinya produk-produk perdangan  local bahkan pabrik-pabrik tekstl dalam negeri , karena tidak mampu bersaing dengan produk luar. Contohnya kalau jalan-jalan ke swalayan, dapat kita saksikan berapa proses produk dalam negari yang dipasarkan, bahkan mencari jeruk Garut atau Apel malang saja  sudah susah.
              Menghadapi tantangan dan permasalahn tersebut, pendidikan harus berorientasi sesuai dengan kondisi dan tuntutan itu, agar output pendidikan dapat mengikuti perkembnagan yang terjadi. Dalam kondisi ini manajemen birokratik sentralistik yang telah menghasilkan pola penyelenggaraan pendidikan yang regam dalam berbagai kondisi local yang berbeda untuk berbagai lapisan masyarakat yang berbeda, tidak bisa dipertahankan lagi. Dikatakan demikian karena muatan dan proses pembelajaran di sekolah selama ini menjadi miskin variasi, berbasis pada standar nasional yang kaku dan diimplementasikan di sekolah atas dasar petunjuk-petunjuk yang cenderung serba detail. Di samping itu  peserta didik dievaluasi atas dasar akumulasi pengetahuan yang telah diperolehnya sehingga orang tua tidak mempunyai variasi  pilihan atas jasa pelayanan pendidikan bagi anak-anaknya sumber-sumber pembelajaran di “ dunia” nyata dan unggulan daerah tidak dimanfaatkan bagi kepentingan pendidikan di sekolah dan lulusan hanya mampu  menghafal tanpa memahami.
              Tantangan masa depan yang berbeda indikatornya telah  nampak akhir-akhir ini menuntut manusia yang mandiri, sehingga peserta didik harus dibekali dengan kecakapan hidup ( life skill) melalui muatan, proses pembelajaran dan aktivitas lain di sekolah. Kecakapan hidup di sini tidak semata-mata terkait dengan motif ekonomi secara sempit, seperti keterampilan untuk bekerja , tetapi menyangkut aspek social budaya seperti cakap, berdemokrasi, ulet dan memilih budaya belajar sepanjang hayat. Dengan demikian pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup pada hakekatnya adalah pendidikan untuk membentuk watak dan etos.
              Perkembangan global saat ini juga menuntut dunia pendidikan untuk selalu mengubah konsep berfikirnya. Konsep lama mungkin sudah tidak sesuai  dengan perkembangan saat ini, lebih-lebih untuk yang akan datang. Untuk itulah, perubahan selalu dilakukan sesuai dengan  perkembangan jaman.
              Belajar adalah proses penambahana pengetahuan. Konsep ini muncul pada pengertian paling awal. Namun pandangan ini ternyata masih berlaku bagi sebagian orang di negeri ini. Dengan pijakan konsep ini belajar seolah-olah hanya penjejalan ilmu pengetahuan kepada siswa.
              Pandangan ini tidak perlu salah karena pada kenyataannya bahwa belajar itu menambah pengetahuan kepada anak didik. Namun demikian konsep ni masih sangat persial, terlalu sempit dan menjadikan siswa sebagai individu-individu yang pasih dan repasif. Siswa layaknya sebuah benda kosong yang perlu diisi sampai penuh tanpa melihat potensi yang sebenarnya sudah ada pada siswa.
              Pendidikan formal saat ini ditandai adanya perubahan yang berkali-kali dalam beberapa  tahun terakhir ini ditandai dengan adanya suatu perubahan (inovasi). Perubahan pada hakekatnya adalah sesuatu hal yang wajar karena perubahan itu adalah sesuatu yang bersifat kodrati dan manusiawi. Hanya ada dua alternative pilihan  yaitu  menghadapi tantangan yang ada di dalamnya atau mencoba menghindarinya. Jika perubahan direspon positif akan menjadi peluang dan jika perubahan direspon negative akan menjadi arus  kuat yang menghempaskan adan mengalahkan kita.
              Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan (inovasi)I.  Dengan  adanya inovasi tersebut di atas di tuntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif.    Terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpikak pada lingkungan sekitarnya.
              Berangkat dari latar belakang permasalahan tersebut di atas maka dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis mengambil judul “ Penerapan Model Pengajaran  model  Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik Dalam Meningkatkan life Skill  untuk meningkatkan                                                     proses dan hasil belajar PKn Pada Siswa –Siswi Kelas …………………tahun pelajaran………………………..

B. Rumusan Masalah
              Bertitik tolak dari latar belakang diats maka penulis merumuskan permasalahannya sebagai berikut:
     1.  Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya model  Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik pada siswa kelas ……………………Tahun Pelajaran ……………………
     2.  Bagaimanakah pengaruh model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik terhadap motivasi belajar PKn pada siswa kelas ………………………….tahun pelajaran…………

C. Tujuan Penelitian
           Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk :
    1.  Ingin mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar kewarganegaraan setelah diterapkan model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik pada siswa Kelas ……………………………..tahun pelajaran …………………..
    2.  Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn  setelah diterapkannya model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik pada siswa kelas……………… ………………………tahun pelajaran……………………………………….

D.  Manfaat Penelitian
                  Adapun maksud penulis mengadakan penelitian  ini diharapkan dapat berguna bagi:
         1.  Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru PKn dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar PKn
         2.  Sumbangan pemikiran bagi guru PKn dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar PKn
         3.  Proses belajar mengajar PKn tidak lagi monoton
         4.  ditemukannya strategi pembelajaran yang tepat,tidak konvensional tetapi variatif
         5.  Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas mandiri maupun kelompok  meningkat
         6.  Kualitas pembelajaran PKn meningkat
         7.  Prestasi belajar untuk PKn meningkat

E. Penjelasan Istilah
             Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
    1.  Metode Ceramah adalah:
Metode ceramah adalah cara penyampain bahan pelajaran dengan komunikasi lisan.
    2.  Motivasi belajar adalah
             Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapi tujuan tertentu.
                  3   Prestasi belajar adalah
            Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.

F. Batasan Masalah
              Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
    1.  Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas ………………………………………………..tahun pelajaran………….
    2.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Sepetember semester ganjil tahun pelajaran…………………………………
    3.  Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan…………………..

0 comments on SMPPKN-04 PENERAPAN MODEL GABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA-SISWI KELAS ……………… ……………………………………………… TAHUN ……………………… :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search