UPAYA PENINGKATAN KELINCAHAN DAN
KECEPATAN DALAM BERMAIN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS ………………………………..
TAHUN PELAJARAN…………………..
KARYA
TULIS ILMIAH
OLEH
………………………………………….
NIP……………………..
DINAS PENDIDIKAN KOTA …………
……………………………………
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan
hasi8l penelitian yang tidak dipublikasikan tetapi didokumentasikan di
perpustakaan………………………………………………..hasil karya ini dari:
Nama : ………………………………..
Nip : ………………………………..
Unit
kerja : …………………………………
Judul : …………………………………
Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan mendapatkan penetapan
Angka Kredit Kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional guru
Mengatahui
Ketua PD PGRI
II Kepala
………………………
……………………… …………………
NIP: NIP
|
||||
|
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Karya ilmiah ini diajukan sebagai syarat unukt memenuhi penetapan
angka kredit kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional guru. Karya ilmiah ini
tidak dipublikasikan tetapi
didokumentaskan di perpustakaan………………kota
Pada hari : ……………………………………
Tanggal : ……………………………………
Perpustakawan
kepala
………………………. . ……………………….
……………………… …………………
NIP: NIP
|
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan
Ahlahmudlillah kehadiran Allah SWT hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya
penulis dapat menyelesai8kan tugas penyuluhan karya ilmiah dengan judul “ Upaya Meningkatkan Kelincahan dan Kecepatan Dalam
Bermain Sepak Bola Pada Siswa
Kelas……………………………………………tahun pelajaran …………………., penulisan karya ilmiah
ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekola dan dapat
dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat
juga bagi anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya
ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini
penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak . Untuk itu terima kasih kami ucapkan dengan tulus
dan sedalam dalamnya kepada :
1. Yth Kepala Dinas Pendidikan
Kota …………….
2. Yth Ketua PGRI Kota ………………………
3. Yth Rekan-rekan Guru
…………………
4. Semua pihak yang telah
banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari
bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan
saran yang bersifat mambangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
|
||||
|
ABSTRAKSI
………………………….., 2004 Upaya Meningkatkan Kelincahan dan Kecepatan Dalam
Bermain Sepak Bola Pada Siswa
Kelas……………………………………………tahun pelajaran ………………….
Kata kunci: Prestasi Belajar
penjas, metode demonstrasi
Kecepatan dan
kelincahan adalah model dasar dalam berpain sepakbola dan bagi pemain merupakan
modal sukses untuk mencetak gol, dan mempertahankan kemasukan gola. Dengan kemampuan kecepatan akan memudahkan pemain
dalam rangka membawa bola.
Permasalahan yang
ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagimanakah meningkatkan prestasi penguasaan dasar-dasar sepakbola
bagi siswa dalam diterapkannya metode demontrasi? (b) Bagaimana pengaruh metode
demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa?
Tujua dari penelitian
ini adalah (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar dasar-dasar sepakbola
pada siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi, (b) mengetahui motivasi
belajar dasar-dasar sepakbola setelah diterapkannya metode demonstrasi.
Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap
putaran terdiri dari dua tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan.
Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas
………………………………………………..dari data diperoleh berupa hasil tes praktik , lembar observasi kegiatan beolajar
mengajar
Dari hasil analisa
didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatakan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (61.54%), siklus
II (89,74%) untuk ranah psikomotro, siklus I (84,62%). Siklus II (100%) untuk
ranah afktif
Simpulan dari
penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap
motivasi belajar siswa……………………………………….. serta model pembejalaran dapat
digunakan sebagai salah satu alternative penjas.
|
DAFTAR ISI
Halaman Judul ...................................................................... i
Halaman pengesahan ...................................................................... ii
Kata Pengantar ...................................................................... iii
Abstraksi ...................................................................... iv
Daftar Isi ...................................................................... v
Daftar Lampiran ...................................................................... vii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah............................................................... 1
B. Rumusan Masalah ...................................................................... 5
C. Tujuan Penelitian ...................................................................... 5
D. Manfaat penelitian ...................................................................... 6
E. Definisi Operasional Variabel........................................................ 6
F. Asumsi ...................................................................... 7
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Sejarah singkat sepakbola ............................................................. 9
B Teknik Dasar Permaian Sepak Bola .............................................. 11
C. Teknik Gerakan
Tanpa Bola ........................................................ 30
D. Teknik
gerakan Tanpa Dengan Bola Pola Penyerangan............... 21
E. Teknik Gerakan Dengan Bola Bertahan ....................................... 23
F. Metode Demonstrasi ..................................................................... 26
BAB III METODOLOGI
PENELITIAN
A. Tempat, waktu dan subjek penelitian............................................ 30
B. Rancangan Penelitian..................................................................... 30
C. Instrumen Penelitian 32
D. Metode Pengumpulan Data ......................................................... 33
|
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisis Data Penelitian Persiklus.................................................. 39
B. Pembahasan ...................................................................... 53
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ...................................................................... 55
B. Saran ...................................................................... 55
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................... 57
|
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran
Lampiran 1.1 Aspek yang
dinilai pada siklus I dan II .............................. 58
Lampiran 1.2 Lembar Penilaian
Kinerja Ranah Psikomotor Siklus I ........ 59
Lampiran 1.3 Lembar Penilaian
Kinerja Ranah Afektif Siklus I................ 61
Lampiran 1.4 Lembar
Penilaian Kinarja Ranah Psikomotorik
Siklus II ... 62
Lampiran 1.5 Lembar Penilaian
Kinerja Ranah Afektif Siklus II ............. 64
Lampiran II.1 Lembar
Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Metode demonstrasi 65
Lampiran II.2 Lembar
Pengamatan Aktivitas Siswa dan Guru
Dalam
KBM ...................................................................... 66
Lampiran III Angket Motivasi
Terhadap Model Pembelajaran Metode
|
Demonstrasi ...................................................................... 68
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Sepakbola adalah salah satu jenis olah raga yang sangat digemari orang seluruh
dunia. Olah raga ini sangat universal. Selain digemari orang laki-laki olah raga ini juga digemari
para perempuan tidak hanya tua muda bahkan anak-anak Sejak tahun 1990 an olah
raga ini mulai digunakan untuk para
wanita meskipun sebelumnya olah raga ini hanya diperuntukkan bagi kaum pria.
Olah raga ini
melibatkan 11 orang dalam satu teamnya. Untuk menjadi pemenang dalam suatu
pertandingan harus melawan satu team lainnya. Lapangan . para pemain sepak bola
memperebutkan sebua bola untuk dimasukkan ke dalam gawang yang dijaga seorang penjaga gawang (goal keeper)
Olah raga ini
menjadi sangat menarik karena selain hanya memperebutkan sebuah bola dilapangan
dengan menggunakan kaki tetaspi juga terlihat gaya-gaya permainannya dalam
memperebutkan bola untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Oleh
karena olah raga ini melibatkan banyak orang tentunya
kerjasama team yang baik sangat dibutuhkan selain teknik bermain yang baik.
Hanya para
atlet sepak bola manea Negara yang
sukses membina karier di bidang olah
raga ini. Tentunya diperlukan usaha dan
latihan yang keras untuk menjadi atlet sepak bola yang handal dan professional
“goallll……!”
teriakan ini sungguh identik dengan sepakbola siapapun yang berteriak “ goal”
dapat dipastikan akan mengangkat tangan, berdiri, wajah mendongak, mulut
terbuka lebar, mata berbinar-binar, hati berbunga-bunga dan diakhiri dengan
tengok kanan, tengok kiri sambil mengulurkan tangan dan suara gemuruh . hal ini
sungguh kontradiksi dengan sebagian orang yang ada di tempat yang sama yang
tidak bisa berteriak” goal..” Mereka duduk diam, kaget, gelisah, kecewa, dengan
tangan di depat mulut, sambil menggit jari dengan muka yang pucat. Sebagian
lain berteriak langkat, mengutuki, menyumpahi, protes keras, pemandangan
seperti ini selalu ada di dalam permaianan sepak bola, baik di kampong, halaman
rumah, sekolah , lapangan kecil atau di stadion yang megah.
Olah raa ini juga
dilakukan anak kecil, anak-anak, remaja , pemuda , orang dewasa, priba bahkan
wanita. Sepakbola sungguh popular di mata masyarakat, dari pelosik desa hingga kota besar di seluruh
dunia.
Sepak bola merupakan olah raga yang simple, sederhana
dan murah. Bahkan hamper tidak memerlukan biaya. Namun bila pertandingan yuang
professional, olah raga ini biayanya bisa terbesar dari aneka cabang olah raga
lainnya. Untuk mengelola dan menghidupi
sebuah klub sepak bola bisa memakan biaya milyaran rupiah. Di satu pihak sepak
bola dikatakan hamper tidak memerlukan biaya, karena alat dan sarana yang dibutuhkan hanya satu benda bulat dan tanah
lapang. Benda bulat yang disebut bola itu bisa
bola yang mahal, (bola karet), bola plastic, jeruk bali (keprok) atau
jerami, kertas, serabut kelapa, yang pengelola
harus mengadakan studi banding, harus tanggap akan anak asuhnya, mau
belajar dari pengalaman pahit, sekkaligus berusaha membuktikan pengelolaan yang lebih professional.
Bila dikaji
bersama pola permainan sepak bola. Itu sederhana, pola permainan hanya
menyerang (Attacktion), mempertahankan (defention) dan menyusun posisi strategi
ini, keahlian dan keterampilan masing-masing pemain tampak jelas, kemauan
membawa bola , menggiring bola, merebut
bola, mempertahankan bola, mengecoh lawan, sangat diperlukan oleh individu
pemain untuk diterapkan dalam kerja sama antara pemain.
Tiap pemain
harus punya kemampuan DK4, maksudnya
daya tahan tubuh, kekuatan, kelenturasn, kecepatan dan kelincahan. Ke 5
faktor ini harus dimiliki para pemain
untuk mengembangkan ke posisi puncak. Dari kelima faktor tersebut yang menarik
untuk dikaji bersama adalah faktor kecepatan dan kelincahan. Kecepatan dan
kelincahan ini dapat dibentuk dari dalam diri (pembawaan) atau dari luar diri
(karena mampu mengkombinasikan dari segala teknik yang dimiliki)
Mempunyai
kecepatan dan kelincahan yang lebih, bagi setiap pemain merupakan mudah dan
sukses untuik mencetak gol, dan mempertahankan kemasukan bola. Dengan kemampuan
kecepatan dan kelincahan akan memudahkan pemain tersebut dalam rangka membawa
bola (menggiring bola) ke hadapan gawang lawan.
Seorang pemain
yang mempunyai kelincahan dan kecepatan yang bagus, bola yang digiring bagaikan
lekat di kaki dan tentu mudah melewati halangan lawan dan tidak mudah
dikelabuhi lawan.
Berdasarkan
uraian-uraian diatas , cabang olah raga bola sepak bola menarik untuk dikaji
bersama sehingga perkembangan sepak bola Indonesia semakin diminati
masyarakat sekaligus mampu duduk sejajar dengen club-club di negeri luar.
Sedangkan masalah yang khusus menarik untuk dibahas bersama dengan judul “Upaya Meningkatkan Kelincahan dan Kecepatan Dalam
Bermain Sepak Bola Pada Siswa
Kelas……………………………………………tahun pelajaran ………………….
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka
dirumuskan suatu maslaah sebagai berikut:
1. bagaimana peningkatan prestasi
penguasaan dasar-dasar sepak bola bagi siswa dengan diterapkannya metode
demonstrasi?
2. Bagaimanakah pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar
dasar-dasar sepakbola pada siswa………………………………………..
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan
permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk:
1. Mengetahui peningkatan prestasi belajar dasar-dasar bermain sepak
bola pada siswa setelah diterapkan metode demonstrasi.
2. Mengetahui pengaruh motivasi belajar dasar-dasar bermain sepak bola pada siswa setelah diterapkan metode
demonstrasi.
D. Manfaat Penelitian
Penulis
mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
1. Memberikan informasi tentang model pembelajaran yang sesuai dengan
mata diklat Penjas.
2. Meningkatkan motivasi pada pelajar Penjas
3. Mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata diklat
Penjas.
E. Definisi Operasional Variabel
Agar tidak terjadi salah
persepsi terhadap judul penelitian ini , maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai
berikut:
1. Metode Demonstrasi adalah:
Suatu pembelajaran
yang mendatangkan guru atau pelatih yang memiliki keahlian tertentu untuk
memperagakan dihadapan siswa, kemudian
siswa diberi kesempatan untuk melakukan latihan ketrampilan seperti yang
telah diperagakan oleh guru atau pelatih.
2. Motivasi belajar adalah
Dorongan dan keamanan
belajar yang dinyatakan dalam nilai atau
skor yang dijaring melalui angkat
motivasi.
3. Prestasi belajar adalah
Hasil belajar yang
dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti
pelajaran.
F. Asumsi
Dalam penelitian ini diasumsikan bahwa :
1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas ……………………………
2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September semester genap tahun
ajaran ……………….
3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan permaiann sepak bola.
0 comments on SMPPJOK-03 UPAYA PENINGKATAN KELINCAHAN DAN KECEPATAN DALAM BERMAIN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS … TAHUN PELAJARAN….. :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak