UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OLAHRAGALOMPAT JAUH GAYA JONGKOK
DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA “KARDUS” MELALUI
MODEL RESPIROKAL
PADA SISWA KELAS VII²
SEMESTER GANJIL
SMP NEGERI 5 SABANG TP
2012/2013
OLEH:
TIM MGMP
PENDIDIKAN JASMANI,
OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP/MTs NEGERI DAN SWASTA KOTA SABANG
DINAS PENDIDIKAN KOTA SABANG
SMP NEGERI 5 KOTA SABANG
WORKSHOP PENGEMBANGAN
KARIR PTK DIKDAS
TAHUN 2012
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Mengajar merupakan proses dua dimensi,
yaitu sebagai proses penyampaian materi pelajaran dan sebagai proses pengaturan
lingkungan yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
Menurut The
Ling Gie (1982:6) bahwa belajar adalah segenap rangkaian kegiatan dan aktivitas
yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan
pengetahuan dan kemahiran yang sedikit permanen. Pelaksanaan suatu keberhasilan
belajar mengajar sudah harus dipikirkan faktor-faktor apa saja yang mampu
menghantar materi atau pokok bahasan seperti sarana, media, alat peraga,
sehingga penyampaian pesan pembelajaran itu lebih efektif, efisien, dan
menyenangkan.
Sarana adalah sesuatu yang mendukung
secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, media pembelajaran,
alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah dan sebagainya. Selaras dengan itu
pembelajaran pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (Penjaskes)
SMP, dimana siswa dituntut harus mampu menguasai 3 Aspek domain yaitu Aspek Psikomotorik,
Aspek Kognitif dan Aspek Afektif. Untuk mencapai ketiga Aspek ini guru sudah
seharusnya mencari dan menetukan model, teknik, media pendukung, karena salah
satu keputusan yang paling penting dalam merancang pembelajaran ialah dengan
menggunakan media yang sesuai dalam rangka penyampaian pesan-pesan pembelajaran
Dick dan Carey (Dalam Lamudji, 2005).
Menciptakan Proses Pembelajaran praktik
tidaklah mudah mencapai ketuntasan mengingat waktu yang tersedia sangatlah
terbatas sehingga Penelititan Tindakan Kelas ini sangatlah tepat
untuk mencari upaya penyelesaian permasalahan siswa.
Dengan adanya Model Pembelajaran, Media
yang bervariasi diharapkan dapat lebih membangkitkan aktivitas Praktik dan
kompetensi yang diharapkan. Seperti Pembelajaran Atletik merupakan
salah satu materi penjaskes disekolah SMP. Pendidikan Penjaskes
dirancang melalui aktivitas jasmani yang di desain untuk meningkatkan kebugaran
jasmani siswa, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku
hidup sehat, aktif dan sportif, salah satunya Nomor Olahraga Lompat Jauh Gaya
Jongkok. Olahraga lompat jauh Gaya Jongkok pada kurikulum KTSP SMP terdapat
pada Standar kompetensi pertama yaitu mempraktikkan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Adapun indikatornya siswa dituntut untuk mampu
melakukan Teknik Dasar melompat tanpa awalan.
Berdasarkan data
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pengamatan dilapangan, siswa SMP Negeri 5
Sabang hasil belajar olahraga lompat jauh belum menncapai KKM disisi lain
keaktifan siswa dalam menerima pembelajaran terlihat kaku dan kurang
menyenangkan. Dasar inilah Peneliti mencoba melakukan penelitian tindakan kelas
(PTK), dengan judul ” Upaya meningkatkan hasil belajar Olahraga Lompat Jauh
Gaya Jongkok menggunakan media ”Kardus” melalui model Resiprokal/timbal balik
pada siswa Kelas VII² Semester Ganjil SMP Negeri 5 Sabang Tahun Pelajaran
2012/2013”.
Sebagai mana kita
ketahui bersama, untuk melakukan olahraga Praktik tidak mudah seperti
dibayangkan, karena tanpa ada proses sistematis ini malah akan membahayakan
bagi siswa (cidera). Pelajaran olahraga merupakan Pelajaran yang sangat di
senangi oleh siswa, tetapi berbeda halnya dengan cabang olahraga Lompat
Jauh Gaya Jongkok justru siswa sangat sulit untuk melakukan, alasan
yang sering terdengar dominan melakukan gerakan yang diawali dengan lari
dan lompatan yang menguras tenaga serta sangat melelahkan. Oleh
karena itu Peneliti (Tim) mencoba memodifikasi Cabang olahraga Lompat Jauh Gaya
Jongkok ini kedalam bentuk bermain menggunakan Media “Kardus”,
dengan tujuan mengembangkan teknik dasar yaitu Pembedaharaan gerak dasar. Gerak
dasar anak apabila sesering mungkin dilakukan maka dia akan semakin berkembang
dan lambat laun gerak inilah yang nantinya akan mampu menciptakan gerak yang
diharapkan. Dengan gerakan yang sederhana, tidak terlalu terstruktur dan
disesuaikan dengan tingkat kemampuan serta karakteristik anak (Drs. Soepartono
: 2004 : 11).
Media Kardus merupakan
Media yang sangat mudah untuk di jumpai ditengah-tengah masyarakat terlebih
media bekas Pembungkus makanan ini sering sekali masyarakat
membuangnya. Kelebihan media ini jika saat digunakan bila terkena
atau tersentuh dengan fisik siswa tidak akan mendatangkan resiko.
B. Identifikasi Masalah
Pelajaran
Penjaskes adalah Pelajaran yang sangat di senangi oleh siswa tetapi berbeda
halnya dengan cabang Olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok siswa sangat sulit
dan tidak mau melakukannya dengan alasan sangat melelahkan dan menguraskan
tenaga. Oleh sebab itu, dicarilah teknik atau model serta media yang mampu
memodifikasi pelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok ini ke dalam bentuk permainan.
Karena dengan pola bermain siswa lebih menyenangkan, dan disukai.
C. Batasan Masalah
Fokus masalah PTK ini
adalah meningkatkan hasil belajar praktik Olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok
melalui penggunaan Media “Kardus” pada siswa kelas VII² Semester Ganjil SMP
Negeri 5 Sabang Tahun Pelajaran 2012/2013 di Kota Sabang.
A. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1. Apakah melalui penggunaan Media ” Kardus ”
dapat meningkatkan hasil belajar olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok.
2. Apakah siswa melakukan olahraga lompat jauh gaya
jongkok dengan menggunakan media ”kardus” dan model pembelajaran Resiprokal/
timbal balik mampu membuat daya tarik siswa sehingga menyenangkan.
3. Apakah hasil belajar siswa secara keseluruhan mampu
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
B. Tujuan Penelitian
Untuk meningkatkan
hasil belajar olahraga lompat jauh gaya jongkok melalui penggunaan media
”kardus” dan Model Pembelajaran Resiprokal/timbale balik.
C. Manfaat Penelitian
1. Bagi Guru, Memberikan
masukan dan meningkatkan kegiatan belajar mengajar materi olahraga Lompat Jauh
gaya jongkok melalui Media ”Kardus” yang termodifikasi serta mampu menciptakan
hasil belajar praktik yang maksimal.
2. Bagi Siswa, Dapat
menguasai lebih mudah melakukan teknik dasar olahraga lompat jauh gaya jongkok
dengan pola bermain model Resiprokal/timbal balik menggunakan media “Kardus”.
3. Bagi sekolah, sebagai
bahan masukan dalam mengelola Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) lebih kreatif,
inovatif, dan menyenangkan.
0 comments on SMPPJOK-02 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OLAHRAGALOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “KARDUS” MELALUI MODEL RESPIROKAL PADA SISWA KELAS VII² SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 5 SABANG TP 2012/2013 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak