.

.

SMPPAI-06 IMPLEMENTASI METODE THE STUDENT GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX E SMP NEGERI 01 BATU

Share on :
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

IMPLEMENTASI METODE THE STUDENT GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI KELAS  IX E SMP NEGERI 01 BATU
Dosen Pembimbing Lapangan:
Drs. H. Agus Maimun, M.Pd
Di Susun Untuk Memenuhi Tugas Ahir Praktek Kerja Lapangan Integratif
(PKLI)
Oleh:
M. Mahrus Sulton Hamid
(02110255)
1UIN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN ISLAM
MALANG
2005
LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Dengan Judul:
IMPLEMENTASI METODE THE STUDENT GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI KELAS  IX E SMP NEGERI 01 BATU


Di susun untuk memenuhi tugas ahir PKLI/PPL II
Universitas Islam Negeri Malang 2005

Laporan Penelitihan ini telah disetujui



Malang. September 2005


Oleh


Kepala SMP Negeri 01 Batu                          Dosen Pembimbing Lapangan                                                           


Drs. Syamsul Hidayat                                                 Drs. H. Agus Maimun, M.Pd
NIP: 130609199                                                         NIP: 150289468


















KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala puja dan puji bagi Allah yang senantiasa tetap mencurahkan Rahmat Taufiq, Inayah dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan sebagai tugas ujian ahir PKLI.
            Shalawat dan salam senantiasa tetap terhaturkan kepada junjungan kita nabi ahir zaman, berkat beliaulah kita bisa keluar dari jalan yang penuh kesesatan menuju jalan yang terang dan jalan yang ridhoi oleh Allah.
            Dengan terselesaikannya laporan ini taklupa saya menyampaikan banyak-banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
  1. Aba dan Ummi’ yang selalu mendoakan penulis serta memberi dorongan baik mori maupun spiritual, dan adikku yang terkasih Inunk dan Fitri.
  2. Bapak Prof. DR. Imam Suprayogo selaku Rektor UIN Malang.
  3. Bapak Drs. H. M. Djunaidi Ghoni selaku Dekan Fakultas Tarbiyah UIN  Malang.
  4. Bapak M. Padil M.Pdi selaku ketua Jurusan UIN Malang
  5. Bapak  Drs. H. Agus Maimun M. Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan
  6. Bapak  Drs. H. Syamsul Hidayat. selaku Kepala Sekolah  SMPN 01 Batu  yang telah menyediakan tempat bagi kami  untuk bisa melakukan kegiatan PKLI
  7. Drs. Musyafa’ selaku Guru Pamong yang selalu memberikan perhatiannya.
  8. Bapak Ibu Guru Staf  Karyawan  SMPN 01 yang telah membantu  kelancaran pelaksanaan PKLI
  9. Rekan-rekan Mahasiswa  peserta PKLI yang selalu memberikan motivasi kepada kami
Kami sadar bahwa dalam penyusunan laporan perangkat pembelajaran   ini masih banyak terdapat kekurangan- kekurangan, oleh karena  itu kritik dan  saran amat sangat kami harapkan  guna perbaikan terhadap pembuatan laporan selanjutnya.
Harapan penulis semoga perangkat pembelajaran ini bermanfaat  bagi penulis khususnya  dan juga bagi pembaca umumnya karena apabila bermanfaat   merupakan kebanggaan tersendiri  Amin Ya Robbal ‘Alamin




Batu, September 2005


Penulis

                                   





BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
            Mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah merupakan salah satu mata pelajaran yang didalamnya mencakup pelajaran memahami, menghayati dan juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi dalam kenyataan yang ada di lapangan  mata pelajaran pendidikan agama islam dewasa ini mutunya masih rendah karena belum mencapai tarjet yang diingingkan  secara memadai. Hal ini disebapkan karena kesulitan siswa dan juga memahami materi yang sukar diterima. Selain itu metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih terpaku pada buku-buku pelajaran.
            Pada hakekatnya guru sering menggunakan  satu metode dalam pengajaran, sehingga mengakibatkan proses belajar anak hanya bersifat harfiyah saja. Sedangkan untuk meningkatkan mutu pelajaran pendidikan agama silam banyakhal yang perlu dipertimbangkan diantaranya yaitu dalam hal penyampaian materi dari sumber pesan melalui metode tertentu merupakan kebijakan penerima pesan atau siswa. Sedangkan metode yang digunakan  di sekolah masih kurang dapat menciptakan suasana  yang kondusif, hal ini dapat menyebapkan siswa secara mentalis menganggap bahwa pendidikan  agama islam sebagai mata pelajaran  yang sukar dipahami sehingga siswa kurang bergairah dalam belajar.
            Untuk itu perlu ditepakan suatu cara alternative guna mempelajari pendidikan agama islam yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga mendorong siswa untuk mengembangkan potensi dan juga kreatifitas. Salah satu alternative yang bisa dikembangkan adalah dengan penerapan metode The student group
            Masalah belajar pada hakekatnya adalah proses kearah terbentuknya tingkah laku yang baru. Perbuatan belajar  dilakukan manusia sepanjang hidupnya  secara terus menerus dan dilakukan berulang-ulang, sehingga terbentuklah kebiasaan belajar, melalui belajar manusia berusaha mengaktualkan potensi dirinya dab juga lingkungan secara optimal.
            Belajar merupakan suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri sesorang, pembelajaran merupakan sebagaian dari proses belajar yang dapat ditujukan dalam berbagai bentuk, seperti perubahan pengetahuan, pemahaman sikap dan juga tingkah laku, ketrampilan, kecakapan, kebiasaan, serta merupakan aspek-aspek lain yang ada pada individu yang belajar tingkah laku sebagai prose dari hasil belajar yang dipengaruhi oleh banyak Faktor baik Faktor yang berada dalam individu (Faktor internal) maupun Faktor yang berada dalam luar individu (Faktor eksternal). Faktor internal adalah kemampuan yang dimiliki minat dan perhatiannya. Sedangkan Faktor eksternal dalam proses pendidikan dan juga pengajaran dapat dibedakan menjadi tiga lingkungan, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan juga lingkungan masyarakat, kesemuanya ini sangat mempengaruhi proses belajar siswa  dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
            Motivasi adalah salah satu Faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa dalam meningkatkan prestasi belajar.  Dalam kenyataan di lapangan guru belum apat memberikan  motovasi belajar siswa terhadap hasil belajar yang rendah. Padahal motivasi atau dorongan itu sangat di perlukan demi tercapainya  tujuan pendidikan seacara optimal. Akan tetapi secara harfiyah  motivasi atau dorongan berarti suatu yang menggerakkan seorang individu untuk melakukan tingkah laku atau tindakan.
            Dalam masalah belajar motivasi amatlah sangat penting karena adalah syarat mutlak untuk belajar. Disekolah seringkali terdapat  anak yang malas, tidak menyenangkan, suka bolos dan lain sebagainya. Dalam yang demikian berarti guru tidak berhasil memberikan motivasi  yang tepat untuk mendorong agar ia bekerja dengan segenap tenaga dan juga pikirannya. Dalam hubungan ini perlu diingat bahwa anak itu bodoh terhadap pelajaran ini. Sering kali terjadi seorang anak yang malas  terhadap suatu mata pelajaran  tertentu akan tetapi sangat giat terhadap mata pelajaran lain.
            Maka dari itu untuk mempelajari dan juga memahami dan juga memahami isi pelajaran  pendidikan agama islam melalui metode The Student Group  karena sangat mendukung sekali karena  siswa dapat memahami pengertian isi materi sedikir demi sedikit secara rutin yaitu melalui sebuah metode The Student Group  Dimana  guru dapat secara langsung mengunakan metode The Student Group    dalam proses belajar mengajar khususnya  tentang penguasaan dan juga pemahaman materi. Penggunaan metode The Student Group  sebagai bentuk instruksional pada mata pelajaran agama Islam diharapkan dapat memberi pengaruh yang positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu metode The Student Group  dapat digunakan dengan cara yang relative misalnya dalam proses belajar berlangsung, yaitu guru memberikan kesempatan belajar pada siswa  untuk mengajukan pertanyaan atau Tanya jawab yang kemudian dapat dijawab dan dapat langsung diberi nilai.
            Berdasarkan pemikiran diatas, maka pengembangan metode The Student Group  yang berfungsi untuk meningkatkan  penguasaan  dan juga pemahaman  materi berguna untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam pengajaran hasil pengembangan ini diharapkan bisa bermanfaat untuk menguji efektifitas penerapan metode The Student Group terhadap peningkatan kemampuan  pendidikan agama islam serta mengontrol pemahaman siswa  melalui metode tersebut. Maka penulis mencoba  untuk mengkaji dan juga meneliti pendidikan khususnya berkenaan dengan pemberian motivasi terhadap siswa, untuk itu penulis mengangkat judul: “IMPLEMENTASI METODE THE STUDENT GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI KELAS  IX E SMP NEGERI 01 BATU”

B. Rumusan Masalah.
Sehubungan dengan fenomena diatas, maka ada dua permasalahan  yang akan diajukan dalam penelitihan ini yaitu:
1.       Apakah  metode The Student Group dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX E. SMP Negeri 01 Batu.

C. Tujuan Penelitihan.
  1. Untuk mengetahui apakah metode The Student Group dapat meningkatkan motivasi belajar di kelas IX E. SMP Negeri 01 Batu.
  2. Untuk mengetahui cara kerja atau proses cara kerja metode The Student Group sebagai motivasi untuk meningkatkan proses belajar siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam.

D. Hipotesis Penelitian.
            Jika kita menggunakan metode The Student Group   maka motivasi belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 01 Batu dapat meningkatkan proses pembelajaran pendidikan agama Islam.

E. Manfaat Penelitian.
            Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 01 Batu Khususnya pada kegiatan pengajaran Agama Islam di kelas IX E SMP Negeri 01 Batu
            Adapun untuk mengetahui secara detail kegunaan-kegunaan tersebut adalah:
  1. Lembaga  atau Sekolah
Memberikan masukan pada sekolah yang berkaitan dengan penggunaan metode The Student Group  untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan sebuah pengajaran yang lebih baik sehingga merasa aman dalam proses belajar mengajar.
  1. Guru
Penggunaan metode The Student Group  ini  sangat dihapkan dapat bermanfaat bagi  para guru dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan keaktifan, kekreatifan bagi peserta didik dan juga pemahaman peserta didik sehingga terbentuk proses pembelajaran yang diinginkan atau tercapainya proses kegiatan belajar mengajar bagus.
  1. Siswa
Memberikan pengetahuan, semangat, dorongan serta solusi untuk belajar lebih giat atau lebih aktif lagi dalam setiap mempelajari materi yang disampaikan oleh guru sehingga siswa terfokus hanya pada pelajaran yang diajarkan oleh guru.
  1. Peneliti.
Menambah pengetahuan atau wawasan dalam penggunaam metode The Student Group sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai bahan, latihan dan pengembangan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.

0 comments on SMPPAI-06 IMPLEMENTASI METODE THE STUDENT GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX E SMP NEGERI 01 BATU :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search