.

.

SMPPAI-02 IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX SMP NEGERI 01 BATU

Share on :
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX SMP NEGERI 01 BATU

Dosen pembimbing lapangan:
Drs. Agus Maimun M.Pd
UIN
Oleh:
Sri Ekawati Suryaningsih
(02110012)


JURUSAN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG
2005


LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Dengan Judul
IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 01 BATU

Disusun untuk memenuhi tugas akhir PKLI/PPL II
Universitas Negeri Malang
2005


Laporan penelitian ini disetujui
Malang, September 2005
Mengetahui



Kepala SMP Negeri 01 Batu                                    Dosen Pembimbing Lapangan



Drs. H. Syamsul Hidayat                                          Drs. Agus Maimun M.Pd
NIP. 130609199                                                          NIP. 150289468


KATA PENGANTAR

Bisillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat dan karunia-Nya kepada kita sebagai pengemban amanat di muka bumi ini. Shalawat serta salam tak lupa kami curahkan kepada revolusioner Islam Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan yang terang benderang kepada kita semua sehingga kita dapat menikmati cahaya Islam sampai saat ini.
Penyusunan laporan Perangkat Pembelajaran ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas PPL II/PKLI, yang merupakan bagian dari Mata Kuliah pada Jurusan Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Dengan terselesaikannya laporan ini taklupa saya menyampaikan banyak-banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.        Ayah handa dan Ibu (Almarhum) yang selalu mendoakan penulis dan memberi dorongan baik moril maupun spiritual, serta orang-orang yang selalu menyayangiku khususnya Masku yang aku cintai yang selalu memberikan dukungan.
2.        Bapak Prof. DR. Imam Suprayogo selaku Rektor Universitas Islam Negeri Malang Malang.
3.        Bapak Drs. H. M. Djunaidi Ghoni selaku Dekan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang  Malang.
4.        Bapak M. Padil M.Pdi selaku ketua Jurusan Universitas Islam Negeri Malang Malang
5.        Bapak  Agus Maimun      Selaku Dosen Pembimbing Lapangan
6.        Bapak  Drs. Syamsul hidayat. selaku Kepala Sekolah  SMPN 01 Batu  yang telah menyediakan tempat bagi kami  untuk bisa melakukan kegiatan PKLI
7.        Bapak Drs. Musyafa’ selaku Guru Pamong.
8.        Bapak Ibu Guru Staf  Karyawan  SMPN 01 yang telah membantu  kelancaran pelaksanaan PKLI
9.        Teman-teman Mahasiswa-Mahasiswi  peserta PKLI yang selalu memberikan motivasi kepada kami
10.    Siswa-siswi SMP Negeri 01 Batu yang selalu memberikan semangat dan do’a kepada kami dan terimah kasi atas kasih sayang yang kalian berikan.
Penulis berharap semoga dari segenap pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan laporan ini mendapatkan imbalan dari Allah SWT dan dicatat sebagai amalan yang sholeh amin.
Dalam penyusunan laporan ini penulis sadar betul bahwa yang ada dalam laporan ini masih banyak kekurangan, baik tu dari sege penulisan, bahasa dan lain-lain. Oleh sebab itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan Perangkat Pembelajaran ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan pebaca pada umumnya.

BATU, ----- September, 2005
Penulis

Sri Ekawati Sn.
NIM.02110012
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
BAB I. PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Manfaat Penelitian
  5. Hipotesis Penelitian
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
  1. Pengertian Metode
  2. Pengertian Metode Ceramah
  3. Pelaksanaan Metode Ceramah
  4. Kelebihan Dan Kelemahan Metode Ceramah
  5. Evaluasi pembelajaran.
  6. Efektifitas penggunaan metode ceramah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap materi pendidikan agama.
BAB III. METODE PENELITIAN
  1. Setting Penelitian
  2. Rencana Tindakan
    1. Perencanaan tindakan
    2. Implementasi tindakan
    3. Observasi dan interpretasi
    4. Analisis dan refleksi
  3. Siklus penelitian
  4. Pengumpulan data
  5. Indicator kinerja
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  1. Hasil Penelitian
    1. Perencanaan
    2. Pelaksanaan
    3. Pengamatan
    4. Refleksi
  2. Pembahasan
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
  1. Kesimpulan
  2. Saran
DAFTAR PUSTAKA










BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Dalam dunia proses belajar mengajar, yang disingkat menjadi PBM kita kenal sebagai: " metode jauh lebih penting dari materi". Betapa pentingnya  metode dalam proses pendidikan dan pengajaran, dan sebuah proses belajar mengajar bisa dikatakan tidak berhasil bila dalam proses tersebut tidak menggunakan metode. Karena metode menempato posisi ke dua terpenting setelah tujuan dari sederetan komponen pembelajaran yaitu meliputi: tujuan, metode, materi dan evaluasi.
Seiring dengan hal itu, maka seorang guru perlu mengetahui metode-metode apa yang harus di gunakan didalam setiap kegiatan belajar mengajar. Karena seseorang guru apabila tepat dalam memilih metode yang akan ia gunakan untuk mengajar, maka tujuan belajar mengajar akan bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Seseorang guru juga dituntut untuk bisa menguasai hal-hal yang berkaitan dengan sebuah solusi atau jalan keluar untuk menciptakan kondisi yang efektif dan kondusif pada waktu proses mengajar berlangsung, baik yang berkaitan dengan metode, pendekatan emosional terhadap siswa, pengembangan bahan pembelajaran dan sebagainya.
Beberapa usaha dalam rangka menciptakan kondisi yang efektif dan kondusif, salah satunya adalah kecekatan dari seorang guru dalam memilih sebuah metode dan pendekatan emosional terhadap siswa. Untuk itu seorang guru bukan hanya dituntut untuk bisa menguasai bebarapa metode dan pendekatan emosional yang akan di tetapkan saja, tetapi guru juga harus bisa menguasai teknik pengelolaan kelas, terampil mengajar, pemanfaatan sumber belajar, menguasai emosional siswa, penguasaan kondisi kelas dan sebagainya.
Berbicara mengenai  teknik pengelolaan kelas dan penguasaan emosional siswa, biasanya sangat tergantung pada metode pengajaran guru di saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Jika guru kurang jeli dalam memilih metode mengajar, maka akan menimbulkan kondisi yang jenuh, membosankan, monoton, dan kurang direspon oleh siswa. Oleh karena itu, untuk menghindari keadaan seperti itu, aka harus diambil sebuah solusi dengan menerapkan sebuah metode yang sekiranya dapat mengantisipasi demi tercapainya tujuan belajar.
Sebenarnya dari beberapa metode mengajar tersebut, tidak ada satupun yang merupakan metode mengajar yang baik. Karena hal ini tergantung dari kondisi siswa itu sendiri. Oleh karena itu, guru harus bisa mengoptimalkan kadar keaktifan siswa disaat sebuah metode diterapkan. Dengan diaplikasikan sebuah metode yang mana menurut (Muhibin Syah M. Ed, 2001) baik metode ceramah maupun Tanya jawab dala proses belajar mengajar diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran.
Dengan melihat realita yang terjadi sekarang, dengan banyaknya siswa yang masih berperan pasif dala memahami materi. Aka penulis akan mengangkat judul dala pembuatan penelitian tindakan kelas ini: " implementasi metode ceramah dalam meningkatkan motivasi nelajar materi pendidikan agama islam di SMP Negeri 01 Batu".
B. Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang telah kami paparkan diatas, aka dapat kami ambil rumusan masalah yaitu:
1. Apakah metode ceramah dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IX D SMP Negeri 01 Batu terhadap mata pelajaran pendidikan agama islam?


C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan pada permasalahan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
1. untuk mengetahui apakah metode ceramah dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IX D SMP Negeri 01 Batu terhadap mata pelajaran pendidikan agama islam?
D. Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini diharapkan dapat beranfaat bagi:
1. Lembaga (Sekolah)
Memberikan masukan pada sekolah berkaitan dengan penggunaan metode ceramah ini untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan sebuah metode pengajaran yang lebih baik.
2. Guru
Penggunaan metode ceramah ini diharapkan bermanfaat bagi para guru dalam PBM meskipun metode ceramah ini sudah tidak asing lagi akan tetapi metode ceramah ini dapat mempermudah pemahaman para peserta didik dan mengaktifkan dalam proses Tanya jawab dalam menyampaikan materi pendidikan agama kelas IX D SMP Negeri 01 Batu.
3. Siswa
Memberikan pengetahuan, semangat, dorongan serta solusi untuk bisa belajar lebih giat/aktif lagi dalam mempelajari materi pendidikan agama islam.
4. Peneliti
Menambah pengetahuan dan wawasan dalam penggunaan metode ceramah ini, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai bahan, latihan dan pengembangan dalam proses belajar mengajar.

E. Hipotesis Penelitian
Jika metode ceramah digunakan, maka motivasi dan pemahaman dalam belajar materi pendidikan agama islam dapat ditingkatkan.

0 comments on SMPPAI-02 IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX SMP NEGERI 01 BATU :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search