LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)
IMPLEMENTASI METODE
CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX
SMP NEGERI 01 BATU
Dosen pembimbing
lapangan:
Drs. Agus Maimun M.Pd
Oleh:
Sri Ekawati Suryaningsih
(02110012)
JURUSAN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG
2005
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
Dengan Judul
IMPLEMENTASI METODE
CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP
NEGERI 01 BATU
Disusun untuk memenuhi tugas
akhir PKLI/PPL II
Universitas Negeri Malang
2005
Laporan penelitian ini
disetujui
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 01 Batu Dosen
Pembimbing Lapangan
Drs. H. Syamsul Hidayat Drs.
Agus Maimun M.Pd
NIP. 130609199
NIP. 150289468
KATA PENGANTAR
Bisillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Wr.
Wb.
Puji
syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat dan
karunia-Nya kepada kita sebagai pengemban amanat di muka bumi ini. Shalawat
serta salam tak lupa kami curahkan kepada revolusioner Islam Nabi Muhammad SAW
yang telah menunjukkan jalan yang terang benderang kepada kita semua sehingga
kita dapat menikmati cahaya Islam sampai saat ini.
Penyusunan
laporan Perangkat Pembelajaran ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas PPL
II/PKLI, yang merupakan bagian dari Mata Kuliah pada Jurusan Tarbiyah
Universitas Islam Negeri (UIN) Malang .
Dengan terselesaikannya laporan ini taklupa saya
menyampaikan banyak-banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.
Ayah handa dan Ibu (Almarhum)
yang selalu mendoakan penulis dan memberi dorongan baik moril maupun spiritual,
serta orang-orang yang selalu menyayangiku khususnya Masku yang aku cintai yang
selalu memberikan dukungan.
2.
Bapak Prof. DR. Imam Suprayogo
selaku Rektor Universitas Islam Negeri Malang Malang.
3.
Bapak Drs. H. M. Djunaidi Ghoni
selaku Dekan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang Malang .
4.
Bapak M. Padil M.Pdi selaku
ketua Jurusan Universitas Islam Negeri Malang Malang
5.
Bapak Agus Maimun Selaku
Dosen Pembimbing Lapangan
6.
Bapak Drs. Syamsul hidayat. selaku Kepala
Sekolah SMPN 01 Batu yang telah menyediakan tempat bagi kami untuk bisa melakukan kegiatan PKLI
7.
Bapak Drs. Musyafa’ selaku Guru
Pamong.
8.
Bapak Ibu Guru Staf Karyawan
SMPN 01 yang telah membantu
kelancaran pelaksanaan PKLI
9.
Teman-teman
Mahasiswa-Mahasiswi peserta PKLI yang
selalu memberikan motivasi kepada kami
10.
Siswa-siswi SMP Negeri 01 Batu
yang selalu memberikan semangat dan do’a kepada kami dan terimah kasi atas
kasih sayang yang kalian berikan.
Penulis
berharap semoga dari segenap pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung
dalam penyusunan laporan ini mendapatkan imbalan dari Allah SWT dan dicatat
sebagai amalan yang sholeh amin.
Dalam
penyusunan laporan ini penulis sadar betul bahwa yang ada dalam laporan ini
masih banyak kekurangan, baik tu dari sege penulisan, bahasa dan lain-lain.
Oleh sebab itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak demi
kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya
penulis berharap semoga laporan Perangkat Pembelajaran ini dapat memberikan
manfaat bagi penulis dan pebaca pada umumnya.
BATU,
----- September, 2005
Penulis
Sri Ekawati Sn.
NIM.02110012
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
BAB I.
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Masalah
- Rumusan Masalah
- Tujuan Penelitian
- Manfaat Penelitian
- Hipotesis Penelitian
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
- Pengertian Metode
- Pengertian Metode
Ceramah
- Pelaksanaan Metode
Ceramah
- Kelebihan Dan
Kelemahan Metode Ceramah
- Evaluasi
pembelajaran.
- Efektifitas
penggunaan metode ceramah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
terhadap materi pendidikan agama.
BAB III. METODE PENELITIAN
- Setting Penelitian
- Rencana Tindakan
- Perencanaan
tindakan
- Implementasi
tindakan
- Observasi dan
interpretasi
- Analisis dan
refleksi
- Siklus penelitian
- Pengumpulan data
- Indicator kinerja
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
- Hasil Penelitian
- Perencanaan
- Pelaksanaan
- Pengamatan
- Refleksi
- Pembahasan
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
- Kesimpulan
- Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Dalam dunia proses belajar mengajar, yang disingkat menjadi PBM kita
kenal sebagai: " metode jauh lebih penting dari materi". Betapa
pentingnya metode dalam proses
pendidikan dan pengajaran, dan sebuah proses belajar mengajar bisa dikatakan
tidak berhasil bila dalam proses tersebut tidak menggunakan metode. Karena
metode menempato posisi ke dua terpenting setelah tujuan dari sederetan
komponen pembelajaran yaitu meliputi: tujuan, metode, materi dan evaluasi.
Seiring dengan hal itu, maka seorang guru perlu mengetahui
metode-metode apa yang harus di gunakan didalam setiap kegiatan belajar
mengajar. Karena seseorang guru apabila tepat dalam memilih metode yang akan ia
gunakan untuk mengajar, maka tujuan belajar mengajar akan bisa tercapai sesuai
dengan yang diharapkan. Seseorang guru juga dituntut untuk bisa menguasai
hal-hal yang berkaitan dengan sebuah solusi atau jalan keluar untuk menciptakan
kondisi yang efektif dan kondusif pada waktu proses mengajar berlangsung, baik
yang berkaitan dengan metode, pendekatan emosional terhadap siswa, pengembangan
bahan pembelajaran dan sebagainya.
Beberapa usaha dalam rangka menciptakan kondisi yang efektif dan
kondusif, salah satunya adalah kecekatan dari seorang guru dalam memilih sebuah
metode dan pendekatan emosional terhadap siswa. Untuk itu seorang guru bukan
hanya dituntut untuk bisa menguasai bebarapa metode dan pendekatan emosional
yang akan di tetapkan saja, tetapi guru juga harus bisa menguasai teknik
pengelolaan kelas, terampil mengajar, pemanfaatan sumber belajar, menguasai
emosional siswa, penguasaan kondisi kelas dan sebagainya.
Berbicara mengenai teknik
pengelolaan kelas dan penguasaan emosional siswa, biasanya sangat tergantung
pada metode pengajaran guru di saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Jika
guru kurang jeli dalam memilih metode mengajar, maka akan menimbulkan kondisi
yang jenuh, membosankan, monoton, dan kurang direspon oleh siswa. Oleh karena
itu, untuk menghindari keadaan seperti itu, aka harus diambil sebuah solusi
dengan menerapkan sebuah metode yang sekiranya dapat mengantisipasi demi
tercapainya tujuan belajar.
Sebenarnya dari beberapa metode mengajar tersebut, tidak ada satupun
yang merupakan metode mengajar yang baik. Karena hal ini tergantung dari
kondisi siswa itu sendiri. Oleh karena itu, guru harus bisa mengoptimalkan
kadar keaktifan siswa disaat sebuah metode diterapkan. Dengan diaplikasikan
sebuah metode yang mana menurut (Muhibin Syah M. Ed, 2001) baik metode ceramah
maupun Tanya jawab dala proses belajar mengajar diharapkan dapat meningkatkan
mutu pembelajaran.
Dengan melihat realita yang terjadi sekarang, dengan banyaknya siswa
yang masih berperan pasif dala memahami materi. Aka penulis akan mengangkat
judul dala pembuatan penelitian tindakan kelas ini: " implementasi metode
ceramah dalam meningkatkan motivasi nelajar materi pendidikan agama islam di SMP
Negeri 01 Batu".
B.
Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang telah kami paparkan diatas, aka
dapat kami ambil rumusan masalah yaitu:
1. Apakah metode ceramah dapat
meningkatkan pemahaman siswa kelas IX D SMP Negeri 01 Batu terhadap mata
pelajaran pendidikan agama islam?
C.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan pada permasalahan di atas, maka tujuan dari penelitian
ini adalah:
1. untuk mengetahui apakah metode ceramah
dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IX D SMP Negeri 01 Batu terhadap mata
pelajaran pendidikan agama islam?
D.
Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini diharapkan dapat beranfaat bagi:
1.
Lembaga (Sekolah)
Memberikan masukan pada sekolah berkaitan dengan penggunaan metode
ceramah ini untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan sebuah metode
pengajaran yang lebih baik.
2. Guru
Penggunaan metode ceramah ini diharapkan bermanfaat bagi para guru
dalam PBM meskipun metode ceramah ini sudah tidak asing lagi akan tetapi metode
ceramah ini dapat mempermudah pemahaman para peserta didik dan mengaktifkan
dalam proses Tanya jawab dalam menyampaikan materi pendidikan agama kelas IX D
SMP Negeri 01 Batu.
3. Siswa
Memberikan pengetahuan, semangat, dorongan serta solusi untuk bisa
belajar lebih giat/aktif lagi dalam mempelajari materi pendidikan agama islam.
4.
Peneliti
Menambah pengetahuan dan wawasan dalam penggunaan metode ceramah
ini, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai bahan, latihan dan pengembangan
dalam proses belajar mengajar.
E. Hipotesis Penelitian
Jika metode ceramah digunakan, maka motivasi dan pemahaman dalam
belajar materi pendidikan agama islam dapat ditingkatkan.
0 comments on SMPPAI-02 IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX SMP NEGERI 01 BATU :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak