MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES- TOURNAMENT
(TGT) SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN
BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG
DAN STATISTIKA DI SMP NEGERI 4 DEPOK
YOGYAKARTA KELAS IX C
SKRIPSI
Diajukan
kepada Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Yogyakarta
untuk
memenuhi
sebagian
persyaratan guna memperoleh gelar
Sarjana Pendidikan Sains
Oleh:
ARIFAH
NUR TRIYANI NIM. 023124027
FAKULTAS MATEMATIKA DAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI
YOGYAKARTA
2009
i
PERSETUJUAN
Skripsi yang
berjudul “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-
Tournament (TGT) sebagai upaya
Meningkatkan Keaktifan Belajar
Matematika
Siswa pada Pokok Bahasan Peluang
dan
Statistika di SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta Kelas IX
C”
ini telah disetujui
oleh pembimbing untuk diujikan.
Yogyakarta, Juni
2009
Menyetujui
Pembimbing
I
Sukirman, M. Pd.
NIP. 194808171969011001
Pembimbing
II
Tuharto, M.Si
NIP.196411091990011001
ii
PENGESAHAN
Skripsi yang
berjudul “MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT)
SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN
BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK
BAHASAN PELUANG
DAN STATISTIKA DI SMP NEGERI 4 DEPOK YOGYAKARTA KELAS IX C” ini telah dipertahankan di
depan Dewan Penguji pada tanggal 9 Juni
2009 dan dinyatakan telah memenuhi syarat guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Sains.
DEWAN PENGUJI
Nama Jabatan Tanda Tangan Tanggal
1. Sukirman,
M. Pd. Ketua Penguji 1………… ………..
2. Tuharto,
M. Si. Sekretaris
Penguji 2………… ………..
3. R.
Rosnawati, M. Si. Penguji
Utama 3………… ………..
4. Himmawati P. L,
M. Si. Penguji
Pendamping 4………… ………..
Yogyakarta, Juni 2009
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Yogyakarta
Dekan,
Dr. Ariswan
NIP. 195909141988031003
iii
PERNYATAAN
Dengan ini saya menyatakan
bahwa skripsi ini
benar-benar karya saya sendiri.
Sepanjang sepengetahuan
saya tidak
terdapat
karya atau
pendapat yang ditulis
atau
diterbitkan orang lain
kecuali sebagai
acuan atau kutipan
dengan
mengikuti
tata penulisan karya ilmiah yang telah lazim.
Yogyakarta, 2 Juni 2009
Yang menyatakan,
Arifah Nur Triyani
iv
MOTTO
Hari esok
tidak
akan mengubah hari yang lalu ataupun hari ini, akan tetapi hari ini akan mengubah
hari
esok jadi lakukanlah
yang terbaik
yang bisa
kamu lakukan hari ini
v
PERSEMBAHAN
Karya kecil
ini kupersembahkan
untuk:
Bapak, Ibu tercinta yang
tak pernah putus mencurahkan
kasih
sayangnya. Karya
kecil ini takkan mungkin bisa membalas
jasa Bapak dan Ibu,
tapi semoga bisa menjadi salah satu
wujud bakti Nanda.
Kakak-kakakku
tersayang Mbak Ning,
Mas
Didik, Mas Widi, Mbak Wulan dan
keponakan-keponakanku (Mbak Zhella, Mbak
Salma,
Mas
Zidan, Dek Iqbal).
Bapak Rismanto, Ibu
Rini,
Mas Angga dan Dek
Ova.
Terima kasih
atas
perhatian,
motivasi dan dukungan
selama ini.
Bapak Naim dan
keluarga besar Tunas
Melati
(Anis,
Mbak Syam, Mey, Er, Rani,
Na, Nurul, Avril, dkk)
Sahabat-sahabat
terbaik: Yani,
Susi,
Wulan,
Mumun, Restu
Teman-teman
P. Mat
‘02
vi
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang
telah memberikan kesempatan, bimbingan, dan
petunjuk serta
kekuatan sehingga penulis dapat melakukan penelitian
dan
menyelesaikan
penulisan skripsi dengan judul
“Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) sebagai upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa pada Pokok
Bahasan Peluang dan Statistika di SMP Negeri
4 Depok
Yogyakarta Kelas IX C”.
Penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan dan arahan
dari
berbagai pihak, oleh karena itu penulis ingin mengucapkan
terima kasih
kepada:
1. Dr.
Ariswan, selaku
Dekan FMIPA Universitas Negeri
Yogyakarta.
2. Bapak Sukirman,
M. Pd.
dan Bapak Tuharto,
M.
Si. selaku Dosen Pembimbing
yang telah begitu sabar membimbing dan banyak membantu peneliti dalam penulisan skripsi ini.
3. Seluruh dosen
Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang
telah
memberikan ilmu selama kuliah.
4. Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta yang telah memberikan
kesempatan
untuk melakukan penelitian.
5. Bapak Slamet Riyadi S. Pd. selaku guru matematika SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta yang telah membimbing
dan
membantu dalam pelaksanaan penelitian.
6. Seluruh siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta.
vii
7. Seluruh pihak yang telah membantu peneliti baik langsung maupun tidak
langsung dalam menyelesaikan
skripsi ini.
Semoga karya ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya.
Yogyakarta, 17 Juni
2009
Penulis
Arifah Nur Triyani
viii
DAFTAR ISI
Halaman Halaman
Judul.................................................................................................. i Halaman
Persetujuan........................................................................................ ii Halaman
Pengesahan ....................................................................................... iii Halaman
Pernyataan......................................................................................... iv Halaman
Motto................................................................................................. v Halaman
Persembahan ..................................................................................... vi Kata Pengantar ................................................................................................. vii Daftar Isi........................................................................................................... ix Daftar Gambar.................................................................................................. xii
Daftar Tabel ..................................................................................................... xiii Daftar Diagram................................................................................................. xiv
Daftar Lampiran ............................................................................................... xv
Abstrak ............................................................................................................. xvii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ..................................................................................... 1
B. Identifikasi Masalah ............................................................................. 4
C. Batasan Masalah................................................................................... 5
D. Rumusan Masalah ................................................................................ 5
E. Tujuan Penelitian ................................................................................. 5
F. Manfaat Penelitian ............................................................................... 6
ix
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.
|
Pembelajaran Matematika
....................................................................
|
7
|
B.
|
Strategi Pembelajaran Matematika
......................................................
|
11
|
C.
|
Keaktifan Siswa ...................................................................................
|
14
|
D.
|
Pembelajaran Kooperatif......................................................................
|
18
|
E.
|
TGT (Teams-Games-Tournament) .....................................................
|
23
|
F.
|
Penerapan TGT pada Pokok Bahasan
Peluang dan
Statistika .............
|
29
|
G.
|
Penelitian yang Relevan .......................................................................
|
38
|
H.
|
Kerangka Berfikir.................................................................................
|
39
|
I.
|
Hipotesis Tindakan...............................................................................
|
40
|
BAB III METODE PENELITIAN
A.
|
Jenis
Penelitian.....................................................................................
|
41
|
B.
|
Subjek dan
Objek Penelitian ................................................................
|
41
|
C.
|
Tempat dan Waktu Penelitian ..............................................................
|
42
|
D.
|
Setting Penelitian..................................................................................
|
42
|
E.
|
Desain Penelitian..................................................................................
|
42
|
F.
|
Instrumen Penelitian dan Teknik
Pengumpulan
Data ..........................
|
46
|
G.
|
Teknik Analisis Data............................................................................
|
50
|
H.
|
Indikator Keberhasilan .........................................................................
|
52
|
BAB IV HASIL PENELITIAN
DAN PEMBAHASAN
A.
|
Pra Penelitian
Tindakan Kelas .............................................................
|
55
|
B.
|
Hasil Penelitian ....................................................................................
|
57
|
1. Kegiatan Pada Siklus
1...................................................................
|
58
|
|
2. Kegiatan Pada Siklus
2...................................................................
|
71
|
|
C.
|
Data Pengamatan
Keaktifan
Belajar Matematika Siswa,
Hasil
|
Angket Siswa dan
Hasil Wawancara ................................................... 82
D. Pembahasan.......................................................................................... 85
x
E. Keterbatasan
Penelitian ........................................................................ 94
BAB V SIMPULAN DAN
SARAN
A. Simpulan ..............................................................................................
|
95
|
B. Saran.....................................................................................................
|
96
|
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................
|
97
|
LAMPIRAN .....................................................................................................
|
100
|
xi
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 1. Contoh
Gambar Mata Uang .......................................................... 32
Gambar 2. Contoh
Gambar Mata Uang dan Dadu ........................................... 33
Gambar 3. Model
Spiral dari
Kemmis dan Taggart ......................................... 48
Gambar 4.
Guru mempresentasikan
materi dengan menggunakan Laptop
dan LCD ........................................................................................ 63
Gambar 5. Aktivitas siswa saling berdiskusi dalam kelompok
untuk menyelesaikan ............................................................................... 65
Gambar 6. Perwakilan
kelompok mempresentasikan
hasil
diskusi ................. 67
Gambar 7. Aktivitas siswa pada kegiatan turnamen ........................................ 71
Gambar 8. Siswa menggunakan peralatan
dalam menyelesaikan
permasalahan matematika ............................................................. 82
xii
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1. Perbedaan Belajar Aktif dan
Pasif .................................................... 18
Tabel 2. Langkah-langkah
Model Pembelajaran Koopeatif ............................ 22
Tabel 3. Perhitungan Poin
Game dan Turnamen untuk
Empat Pemain........... 31
Tabel 4. Contoh Kriteria Penentuan Penghargaan Kelompok ......................... 31
Tabel 5. Contoh Tabel Hasil
Panen Apel
Pak
Amir ........................................ 39
Tabel 6. Kriteria Penentuan Penghargaan
Kelompok ...................................... 47
Tabel 7. Penskoran Butir Angket Keaktifan
Belajar Siswa ............................. 51
Tabel 8. Kualifikasi Persentase Skor Hasil Observasi Keaktifan Belajar
Siswa .................................................................................................. 54
Tabel 9. Kualifikasi Persentase Skor Hasil Angket Keaktifan Belajar
Siswa .................................................................................................. 54
Tabel 10. Jadwal Pelajaran Matematika Kelas IX C........................................ 60
Tabel 11. Waktu
Pelaksanaan Penelitian ......................................................... 60
Tabel 12. Hasil
Perolehan Rata-rata Poin
Kelompok Siklus I ......................... 74
Tabel 13. Hasil
Perolehan Rata-rata Poin
Kelompok Siklus II........................ 87
Tabel 14. Data Hasil
Observasi Keaktifan Belajar Siswa................................ 89
Tabel 15. Data Hasil Angket
Keaktifan Belajar Siswa .................................... 90
xiii
Diagram 1. Jenis-jenis Interaksi dalam Belajar Mengajar ............................... 18
Diagram 2. Alur Penempatan Peserta Turnamen ............................................. 30
Diagram 3. Contoh Diagram Batang Hasil Panen Apel
Pak
Amir .................. 39
Diagram 4. Contoh Diagram Garis
Hasil
Panen Apel
Pak
Amir ..................... 40
Diagram 5. Contoh Diagram Lingkaran Hasil
Panen Apel
Pak
Amir ............. 40
Diagram
6. Hasil Perolehan
Rata-rata Poin Kelompok .................................. 87
xiv
Lampiran
1. Surat Ijin Penelitian .....................................................................
|
100
|
Lampiran
2.1. Rencana Penelitian ...................................................................
|
101
|
Lampiran
2.2. Rencana Pembelajaran 1...........................................................
|
102
|
Lampiran
2.3. Rencana Pembelajaran 2...........................................................
|
104
|
Lampiran
2.4. Rencana Pembelajaran 3...........................................................
|
106
|
Lampiran
2.5. Rencana Pembelajaran 4...........................................................
|
108
|
Lampiran
2.6. Rencana Pembelajaran 5...........................................................
|
110
|
Lampiran
2.7. Rencana Pembelajaran 6...........................................................
|
112
|
Lampiran
2.8. Rencana Pembelajaran 7...........................................................
|
114
|
Lampiran
2.9. Rencana Pembelajaran 8...........................................................
|
116
|
Lampiran
2.10. Lembar Kerja
Siswa 1 ............................................................
|
118
|
Lampiran
2.11. Lembar Kerja
Siswa 2 ............................................................
|
124
|
Lampiran
2.12. Lembar Kerja
Siswa 3 ............................................................
|
129
|
Lampiran
2.13. Lembar Kerja
Siswa 4 ............................................................
|
135
|
Lampiran
2.14. Lembar Kerja
Siswa 5 ............................................................
|
145
|
Lampiran
2.15. Lembar Kerja
Siswa 6 ............................................................
|
154
|
Lampiran
2.16. Peraturan Turnamen ..............................................................
|
157
|
Lampiran
2.17. Soal Latihan Turnamen
Siklus I ............................................
|
159
|
Lampiran
2.18. Soal Turnamen Siklus I .........................................................
|
162
|
Lampiran
2.19. Soal Latihan Turnamen
Siklus II...........................................
|
163
|
Lampiran
3.1. Pedoman Observasi ..................................................................
|
167
|
Lampiran
3.2. Lembar Observasi Keaktifan Belajar Matematika
Siswa .........
|
168
|
xv
Lampiran
3.4. Lembar Angket Keaktifan Belajar Matematika
Siswa .............
|
170
|
Lampiran
3.5. Pedoman Wawancara ..............................................................
|
172
|
Lampiran
4.1. Hasil Observasi Keaktifan Belajar Matematika Siswa.............
|
175
|
Lampiran
4.2. Hasil Angket Keaktifan Belajar Matematika
Siswa .................
|
182
|
Lampiran
4.3. Hasil Wawancara ......................................................................
|
185
|
Lampiran
4.4. Catatan Lapangan ....................................................................
|
187
|
Lampiran
5.1. Daftar Kelompok ......................................................................
|
201
|
Lampiran
5.2. Daftar Nilai Turnamen
Siklus I ................................................
|
202
|
Lampiran
5.3. Penentuan Grup Turnamen Siklus II ........................................
|
203
|
Lampiran
5.4. Daftar Nilai Turnamen
Siklus II ...............................................
|
204
|
Lampiran
5.5. Hasil Perolehan
Game .............................................................
|
205
|
Lampiran
5.6. Hasil Perolehan
Turnamen dan
Game ......................................
|
206
|
Lampiran
5.7. Daftar Acuan
Skoring ...............................................................
|
207
|
Lampiran
6. Contoh Piagam Penghargaan.......................................................
|
210
|
xvi
MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES- TOURNAMENT
(TGT) SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN
BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG
DAN STATISTIKA DI SMP NEGERI 4 DEPOK
YOGYAKARTA KELAS IX C
Oleh:
Arifah
Nur
Triyani
023124027
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian
ini adalah
untuk mengetahui apakah penerapan
model pembelajaran kooperatif
tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan
keaktifan
belajar matematika
siswa
kelas
IX C SMP
Negeri
4
Depok Yogyakarta pada pokok
bahasan Statistika dan
Peluang.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
subjek
penelitian adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta tahun ajaran
2006/2007 yang
terdiri dari 40 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Siklus pertama membahas pokok bahasan Peluang
dan
siklus kedua tentang
Statistika. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran matematika
berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, angket respon
siswa, catatan lapangan, wawancara,
dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi keaktifan dan
angket respon siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan aspek yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika
siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-
Tournament (TGT) menunjukkan bahwa rata-rata seluruh aspek keaktifan belajar
matematika siswa kelas
IX C
SMP
Negeri 4 Depok
Yogyakarta pada
pokok
bahasan Peluang
dan
Statistika mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase
lembar observasi keaktifan
belajar siswa
untuk tiap siklus, yaitu pada
siklus I keaktifan siswa sebesar 61,17%
untuk siklus II sebesar 71,11%. Selain itu hasil dari angket respon siswa terhadap
pembelajaran juga meningkat yaitu sebesar 63% pada siklus I dan sebesar 70,11% pada siklus II.
xvii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran berlangsung
sebagai suatu proses saling
mempengaruhi antara guru dan siswa. Dalam hal ini, kegiatan yang
terjadi adalah guru mengajar dan
siswa
belajar. Menurut
E.
Mulyasa (2002: 32),
pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruhnya
atau setidak-tidaknya sebagian besar
peserta didik terlibat secara aktif, baik fisik, mental maupun sosial dalam
proses pembelajaran, di samping menunjukkan kegairahan belajar yang
tinggi, semangat belajar yang besar, dan rasa percaya pada diri sendiri. Berdasarkan hal tersebut di atas, upaya guru dalam
mengembangkan
keaktifan belajar siswa sangatlah
penting, sebab keaktifan belajar siswa
menjadi penentu bagi keberhasilan
pembelajaran yang dilaksanakan.
Menurut
Oemar Hamalik (2005:
172), belajar tidak
cukup hanya
dengan mendengar
dan melihat tetapi harus dengan melakukan aktivitas yang lain diantaranya membaca, bertanya, menjawab,
berpendapat, mengerjakan tugas, menggambar,
mengkomunikasikan, presentasi, diskusi, menyimpulkan,
dan memanfaatkan peralatan.
Dalam
pembelajaran, guru
menyajikan
permasalahan
matematika dan mendorong
siswa untuk mengidentifikasi permasalahan, mencari pemecahan,
menyimpulkan hasilnya, kemudian mempresentasikannya.
Tugas guru sebagai fasilitator dan pembimbing
adalah memberikan bantuan dan arahan.
Ketika siswa menemukan
permasalahan
dalam
menyelesaikan
tugas, selain
berinteraksi dengan guru, siswa juga
dapat bertanya dan berdiskusi dengan siswa lain. Siswa dikatakan belajar dengan aktif jika mereka mendominasi aktivitas pembelajaran. Siswa
secara aktif
mengunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi, memecahkan
persoalan,
atau mengaplikasikan
apa yang
dipelajari. Aktivitas dalam suatu pembelajaran bukan hanya siswa yang aktif
belajar tetapi di lain pihak, guru juga
harus mengorganisasi suatu kondisi yang dapat mengaktifkan siswa
dalam belajar. Oleh karena itu,
salah satu usaha yang dapat dilakukan guru adalah merencanakan dan menggunakan
model pembelajaran yang dapat mengkondisikan
siswa agar belajar secara aktif.
Menurut Anita Lie (2002: 8), salah satu model pembelajaran
yang dapat mengaktifkan siswa
adalah pembelajaran kooperatif. Terdapat beberapa
tipe dalam pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah tipe
Teams-Games- Tournament (TGT). Pada
tipe
ini
terdapat beberapa tahap
yang harus dilalui
selama proses
pembelajaran.
Tahap awal, siswa belajar dalam suatu kelompok dan
diberikan suatu materi yang dirancang
sebelumnya oleh guru. Setelah itu siswa bersaing
dalam turnamen untuk mendapatkan penghargaan kelompok.
Selain itu terdapat kompetisi antar kelompok
yang dikemas dalam suatu permainan agar
pembelajaran tidak membosankan. Pembelajaran kooperatif tipe TGT juga
membuat siswa aktif mencari penyelesaian masalah dan mengkomunikasikan
pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain, sehingga masing-masing
siswa lebih menguasai materi. Dalam pembelajaran tipe TGT, guru berkeliling untuk membimbing siswa saat belajar kelompok.
Hal ini memungkinkan siswa untuk
berinteraksi
dengan guru.
Dengan
mendekati
siswa,
diharapkan
tidak ada
ketakutan bagi siswa untuk
bertanya atau
berpendapat
kepada guru.
Peneliti mengadakan observasi di kelas IX A, IX B dan IX C SMP
Negeri 4 Depok Yogyakarta untuk memperoleh gambaran kondisi siswa pada saat proses belajar
matematika berlangsung. Di kelas IX
C, pada saat guru
memberikan pertanyaan, siswa
menjawab pertanyaan guru secara bersama-sama.
Seorang
siswa akan menjawab pertanyaan guru jika ditunjuk oleh guru untuk
menjawab. Jika diberi kesempatan
untuk bertanya,
siswa hanya berbisik-bisik dengan teman bahkan sebagian besar hanya diam. Siswa
tidak mempunyai keberanian untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan. Siswa mencatat semua materi yang disampaikan jika guru telah menginstruksikan untuk mencatat materi. Berdasar
wawancara peneliti
dengan beberapa
siswa, mereka tidak menjawab
pertanyaan karena tidak berani untuk mengatakan bahwa mereka
belum paham dengan materi yang disampaikan.
Selama pembelajaran berlangsung sebagian
besar
siswa
tidak menggunakan buku yang ada untuk membantu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Mereka hanya menggunakan catatan yang
diberikan guru. Setelah selesai mengerjakan tugas, siswa tidak mempresentasikan hasilnya, tetapi hanya dibahas bersama oleh guru. Hal ini dikarenakan siswa
tidak ada yang berani mempresentasikan hasil tugas mereka. Berdasar hasil observasi tersebut, siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar sehingga keaktifan
belajar siswa perlu
ditingkatkan.
Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode ceramah dan
tanya jawab. Berdasar
keterangan yang
diberikan
guru,
guru
pernah
menerapkan pembelajaran kooperatif. Siswa dikelompokkan dan diberikan tugas untuk
mengerjakan soal. Hasilnya siswa lebih aktif
dalam kelas tetapi terdapat
beberapa kendala, diantaranya guru mengalami kesulitan mengkondisikan siswa karena
siswa ingin
selalu diperhatikan sementara
guru
harus berkeliling pada semua
kelompok satu persatu. Guru tidak merancang kegiatan pembelajaran
kelompok sebelumnya sehingga guru
mengalami
kesulitan. Guru tidak
mempresentasikan materi
terlebih
dahulu sehingga waktu
banyak
digunakan untuk
menjelaskan materi pada setiap kelompok. Guru juga tidak mengadakan
evaluasi untuk mengetahui apakah siswa memahami materi yang
dipelajari pada saat belajar kelompok.
Evaluasi dilaksanakan pada
mid semester saja. Hal ini
menunjukkan guru
belum
melaksanakan pembelajaran kooperatif dengan baik.
Bertolak dari
semua
hal di atas peneliti ingin
melakukan suatu
penelitian tindakan kelas guna meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa
pada pokok bahasan Peluang dan Statistika di SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta
kelas IX
C melalui pembelajaran
kooperatif
tipe TGT.
B.
Identifikasi Masalah
Dari latar belakang tersebut dapat diidentifikasi beberapa masalah antara lain:
1. Siswa kurang
memiliki keberanian bertanya atau berpendapat, siswa hanya menjawab
jika ditanya oleh
guru.
2. Kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan
pembelajaran.
3. Siswa kurang memanfaatkan sumber belajar selain catatan yang diberikan oleh
guru.
4. Kurangnya respon
siswa dalam menanggapi
instruksi guru.
5. Siswa kurang memiliki keberanian untuk mempresentasikan hasil tugas mereka.
C. Pembatasan Masalah
Mengingat luasnya permasalahan yang diidentifikasi, penelitian ini dibatasi pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-
Tournament (TGT) guna meningkatkan keaktifan belajar matematika
siswa pada pokok bahasan
Peluang dan Statistika di SMP Negeri
4 Depok kelas IX C.
D. Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka permasalahan dalam
penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:
Apakah penerapan model
pembelajaran kooperatif
tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta pada
pokok bahasan Statistika dan Peluang?
E. Tujuan Penelitian
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan
model pembelajaran kooperatif
tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan
keaktifan belajar
matematika siswa kelas IX
C
SMP Negeri 4
Depok Yogyakarta pada pokok
bahasan Statistika dan
Peluang.
F. Manfaat Penelitian
Setelah
dilakukan penelitian tindakan kelas diharapkan:
1. Bagi
Guru
Penelitian
diharapkan dapat memberikan gambaran,
menambah wawasan dan pengalaman
melaksanakan pembelajaran dalam hal ini meningkatkan keaktifan belajar
matematika
siswa
dengan model Teams-
Games-Tournament (TGT). Selain
itu, guru diharapkan
dapat mengasah kreativitas guru dengan
menyusun sendiri
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
yang mempermudah guru mencapai tujuan pembelajaran yang
telah ditetapkan.
2. Bagi
Siswa
Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams- Games-Tournament (TGT) diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
3. Bagi
Peneliti
Dapat memberikan inspirasi dan referensi untuk penelitian yang sejenis.
0 comments on SMPMTK-07 MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak