.

.

SMPMTK-07 MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Share on :
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DAN STATISTIKA DI SMP NEGERI 4 DEPOK YOGYAKARTA KELAS IX C




SKRIPSI




Diajukan kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Negeri Yogyakarta

untuk memenuhi sebagian persyaratan guna memperoleh gelar

Sarjana Pendidikan Sains








Oleh:

ARIFAH NUR TRIYANI NIM. 023124027


FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2009




i








PERSETUJUAN






Skripsi yang berjudul Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games- Tournament (TGT) sebagai upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Peluang dan Statistika di SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta Kelas IX C ini telah disetujui oleh pembimbing untuk diujikan.





Yogyakarta, Juni 2009


Menyetujui




Pembimbing I




Sukirman, M. Pd.
NIP. 194808171969011001


Pembimbing II




Tuharto, M.Si
NIP.196411091990011001



























ii





PENGESAHAN






Skripsi yang berjudul MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DAN STATISTIKA DI SMP NEGERI 4 DEPOK YOGYAKARTA KELAS IX C ini telah dipertahankan di depan Dewan Penguji pada tanggal 9 Juni 2009 dan dinyatakan telah memenuhi syarat guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Sains.

DEWAN PENGUJI


Nama                               Jabatan                     Tanda Tangan      Tanggal

1. Sukirman, M. Pd.               Ketua Penguji                1…………       ………..



2. Tuharto, M. Si.                   Sekretaris Penguji         2…………       ………..



3. R. Rosnawati, M. Si.          Penguji Utama              3…………       ………..



4. Himmawati P. L, M. Si.     Penguji Pendamping     4…………       ………..



Yogyakarta,    Juni 2009

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Yogyakarta
Dekan,




Dr. Ariswan
NIP. 195909141988031003


iii









PERNYATAAN




Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi ini benar-benar karya saya sendiri. Sepanjang sepengetahuan saya tidak terdapat karya atau pendapat yang ditulis atau diterbitkan orang lain kecuali sebagai acuan atau kutipan dengan mengikuti tata penulisan karya ilmiah yang telah lazim.

Yogyakarta, 2 Juni 2009

Yang menyatakan,




Arifah Nur Triyani




































iv





MOTTO






Hari esok tidak akan mengubah hari yang lalu ataupun hari ini, akan tetapi hari ini akan mengubah hari esok jadi lakukanlah yang terbaik
yang bisa kamu lakukan hari ini



















































v





PERSEMBAHAN






Karya kecil ini kupersembahkan untuk:


Bapak, Ibu tercinta yang tak pernah putus mencurahkan kasih sayangnya. Karya kecil ini takkan mungkin bisa membalas jasa Bapak dan Ibu, tapi semoga bisa menjadi salah satu wujud bakti Nanda.

Kakak-kakakku tersayang Mbak Ning, Mas Didik, Mas Widi, Mbak Wulan dan keponakan-keponakanku (Mbak Zhella, Mbak Salma, Mas Zidan, Dek Iqbal).

Bapak Rismanto, Ibu Rini, Mas Angga dan Dek Ova. Terima kasih atas perhatian, motivasi dan dukungan selama ini.

Bapak Naim dan keluarga besar Tunas Melati (Anis, Mbak Syam, Mey, Er, Rani, Na, Nurul, Avril, dkk)

Sahabat-sahabat terbaik: Yani, Susi, Wulan, Mumun, Restu

Teman-teman P. Mat 02

































vi





KATA PENGANTAR



Segala puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikakesempatan,  bimbingan,  dan  petunjuk  serta  kekuatasehingga penulis dapat melakukan penelitian dan menyelesaikan penulisan skripsi dengan judul Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) sebagai upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Peluang dan Statistika di SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta Kelas IX C.

Penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan dan arahan dari  berbagai  pihak,  oleh  karena itu  penulis  ingin  mengucapkan  terima kasih kepada:

1.   Dr. Ariswan, selaku Dekan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

2.   Bapak  Sukirman,  M.   Pd.  dan  Bapak  Tuharto,  M.  Si.  selaku  Dosen Pembimbing yang telah begitu sabar membimbing dan banyak membantu peneliti dalam penulisan skripsi ini.
3. Seluruh dosen Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang telah memberikan ilmu selama kuliah.
4.   Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan penelitian.
5.   Bapak Slamet Riyadi S. Pd. selaku guru matematika SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta yang telah membimbing dan membantu dalam pelaksanaan penelitian.
6.   Seluruh siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta.



vii





7.   Seluruh pihak yang telah membantu peneliti baik langsung maupun tidak langsung dalam menyelesaikan skripsi ini.

Semoga  karya  ini  bermanfaat  bagi  penulis  khususnya  dan  para pembaca pada umumnya.

Yogyakarta,  17 Juni 2009
Penulis



Arifah Nur Triyani














































viii





DAFTAR ISI

Halaman Halaman Judul.................................................................................................. i Halaman Persetujuan........................................................................................ ii Halaman Pengesahan ....................................................................................... iii Halaman Pernyataan......................................................................................... iv Halaman Motto................................................................................................. v Halaman Persembahan ..................................................................................... vi Kata Pengantar ................................................................................................. vii Daftar Isi........................................................................................................... ix Daftar Gambar.................................................................................................. xii Daftar Tabel ..................................................................................................... xiii Daftar Diagram................................................................................................. xiv Daftar Lampiran ............................................................................................... xv Abstrak ............................................................................................................. xvii BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang ..................................................................................... 1

B.  Identifikasi Masalah ............................................................................. 4

C.  Batasan Masalah................................................................................... 5

D.  Rumusan Masalah ................................................................................ 5

E.  Tujuan Penelitian ................................................................................. 5

F.  Manfaat Penelitian ............................................................................... 6






ix





BAB II KAJIAN PUSTAKA

A.
Pembelajaran Matematika ....................................................................
7
B.
Strategi Pembelajaran Matematika ......................................................
11
C.
Keaktifan Siswa ...................................................................................
14
D.
Pembelajaran Kooperatif......................................................................
18
E.
TGT (Teams-Games-Tournament) .....................................................
23
F.
Penerapan TGT pada Pokok Bahasan Peluang dan Statistika .............
29
G.
Penelitian yang Relevan .......................................................................
38
H.
Kerangka Berfikir.................................................................................
39
I.
Hipotesis Tindakan...............................................................................
40


BAB III METODE PENELITIAN

A.
Jenis Penelitian.....................................................................................
41
B.
Subjek dan Objek Penelitian ................................................................
41
C.
Tempat dan Waktu Penelitian ..............................................................
42
D.
Setting Penelitian..................................................................................
42
E.
Desain Penelitian..................................................................................
42
F.
Instrumen Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data ..........................
46
G.
Teknik Analisis Data............................................................................
50
H.
Indikator Keberhasilan .........................................................................
52


BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.
Pra Penelitian Tindakan Kelas .............................................................
55
B.
Hasil Penelitian ....................................................................................
57

1.   Kegiatan Pada Siklus 1...................................................................
58

2.   Kegiatan Pada Siklus 2...................................................................
71
C.
Data   Pengamata Keaktifa Belaja Matematika   Siswa Hasil

Angket Siswa dan Hasil Wawancara ................................................... 82

D.  Pembahasan.......................................................................................... 85




x





E.  Keterbatasan Penelitian ........................................................................ 94



BAB V SIMPULAN DAN SARAN

A.  Simpulan ..............................................................................................
95
B.  Saran.....................................................................................................
96
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................
97

LAMPIRAN .....................................................................................................

100


















































xi





DAFTAR GAMBAR


Halaman




Gambar 1. Contoh Gambar Mata Uang .......................................................... 32

Gambar 2. Contoh Gambar Mata Uang dan Dadu ........................................... 33

Gambar 3. Model Spiral dari Kemmis dan Taggart ......................................... 48

Gambar 4.  Guru mempresentasikan materi dengan menggunakan Laptop
dan LCD ........................................................................................ 63

Gambar 5. Aktivitas siswa saling berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan ............................................................................... 65

Gambar 6. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi ................. 67

Gambar 7. Aktivitas siswa pada kegiatan turnamen ........................................ 71

Gambar 8. Siswa menggunakan peralatan dalam menyelesaikan
permasalahan matematika ............................................................. 82


































xii





DAFTAR TABEL

Halaman


Tabel 1. Perbedaan Belajar Aktif dan Pasif .................................................... 18

Tabel 2. Langkah-langkah Model Pembelajaran Koopeatif ............................ 22

Tabel 3. Perhitungan Poin Game dan Turnamen untuk Empat Pemain........... 31

Tabel 4. Contoh Kriteria Penentuan Penghargaan Kelompok ......................... 31

Tabel 5. Contoh Tabel Hasil Panen Apel Pak Amir ........................................ 39

Tabel 6. Kriteria Penentuan Penghargaan Kelompok ...................................... 47

Tabel 7. Penskoran Butir Angket Keaktifan Belajar Siswa ............................. 51

Tabel 8. Kualifikasi Persentase Skor Hasil Observasi Keaktifan Belajar
Siswa .................................................................................................. 54

Tabel 9. Kualifikasi Persentase Skor Hasil Angket Keaktifan Belajar
Siswa .................................................................................................. 54

Tabel 10. Jadwal Pelajaran Matematika Kelas IX C........................................ 60

Tabel 11. Waktu Pelaksanaan Penelitian ......................................................... 60

Tabel 12. Hasil Perolehan Rata-rata Poin Kelompok Siklus I ......................... 74

Tabel 13. Hasil Perolehan Rata-rata Poin Kelompok Siklus II........................ 87

Tabel 14. Data Hasil Observasi Keaktifan Belajar Siswa................................ 89

Tabel 15. Data Hasil Angket Keaktifan Belajar Siswa .................................... 90




















xiii



Diagram 1. Jenis-jenis Interaksi dalam Belajar Mengajar ............................... 18

Diagram 2. Alur Penempatan Peserta Turnamen ............................................. 30

Diagram 3. Contoh Diagram Batang Hasil Panen Apel Pak Amir .................. 39

Diagram 4. Contoh Diagram Garis Hasil Panen Apel Pak Amir ..................... 40

Diagram 5. Contoh Diagram Lingkaran Hasil Panen Apel Pak Amir ............. 40

Diagram  6. Hasil Perolehan Rata-rata Poin Kelompok .................................. 87















































xiv



Lampiran 1. Surat Ijin Penelitian .....................................................................
100

Lampiran 2.1. Rencana Penelitian ...................................................................

101

Lampiran 2.2. Rencana Pembelajaran 1...........................................................

102

Lampiran 2.3. Rencana Pembelajaran 2...........................................................

104

Lampiran 2.4. Rencana Pembelajaran 3...........................................................

106

Lampiran 2.5. Rencana Pembelajaran 4...........................................................

108

Lampiran 2.6. Rencana Pembelajaran 5...........................................................

110

Lampiran 2.7. Rencana Pembelajaran 6...........................................................

112

Lampiran 2.8. Rencana Pembelajaran 7...........................................................

114

Lampiran 2.9. Rencana Pembelajaran 8...........................................................

116

Lampiran 2.10. Lembar Kerja Siswa 1 ............................................................

118

Lampiran 2.11. Lembar Kerja Siswa 2 ............................................................

124

Lampiran 2.12. Lembar Kerja Siswa 3 ............................................................

129

Lampiran 2.13. Lembar Kerja Siswa 4 ............................................................

135

Lampiran 2.14. Lembar Kerja Siswa 5 ............................................................

145

Lampiran 2.15. Lembar Kerja Siswa 6 ............................................................

154

Lampiran 2.16.  Peraturan Turnamen ..............................................................

157

Lampiran 2.17.  Soal Latihan Turnamen Siklus I ............................................

159

Lampiran 2.18.  Soal Turnamen Siklus I .........................................................

162

Lampiran 2.19.  Soal Latihan Turnamen Siklus II...........................................

163

Lampiran 3.1. Pedoman Observasi ..................................................................

167

Lampiran 3.2. Lembar Observasi Keaktifan Belajar Matematika Siswa .........

168




xv



Lampiran 3.4. Lembar Angket Keaktifan Belajar Matematika Siswa .............
170

Lampiran 3.5. Pedoman Wawancara ..............................................................

172

Lampiran 4.1. Hasil Observasi Keaktifan Belajar Matematika Siswa.............

175

Lampiran 4.2. Hasil Angket Keaktifan Belajar Matematika Siswa .................

182

Lampiran 4.3. Hasil Wawancara ......................................................................

185

Lampiran 4.4. Catatan Lapangan ....................................................................

187

Lampiran 5.1. Daftar Kelompok ......................................................................

201

Lampiran 5.2. Daftar Nilai Turnamen Siklus I ................................................

202

Lampiran 5.3. Penentuan Grup Turnamen Siklus II ........................................

203

Lampiran 5.4. Daftar Nilai Turnamen Siklus II ...............................................

204

Lampiran 5.5. Hasil Perolehan Game .............................................................

205

Lampiran 5.6. Hasil Perolehan Turnamen dan Game ......................................

206

Lampiran 5.7. Daftar Acuan Skoring ...............................................................

207

Lampiran 6. Contoh Piagam Penghargaan.......................................................

210




























xvi





MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DAN STATISTIKA DI SMP NEGERI 4 DEPOK YOGYAKARTA KELAS IX C





Oleh:

Arifah Nur Triyani

023124027

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament   (TGT) dapat meningkatkan  keaktifan  belajar  matematika  siswa  kelas  IX  C  SMP  Negeri  4
Depok Yogyakarta pada pokok bahasan Statistika dan Peluang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta tahun ajaran
2006/2007 yang terdiri dari 40 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Siklus pertama membahas pokok bahasan Peluang dan siklus kedua tentang Statistika. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, angket respon siswa, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi keaktifan dan angket respon siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan aspek yang diamati.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games- Tournament (TGT) menunjukkan bahwa rata-rata seluruh aspek keaktifan belajar matematika siswa kelas  IX  C  SMP  Negeri  4  Depok  Yogyakarta pada  pokok bahasan Peluang dan Statistika mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi keaktifan belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I keaktifan siswa sebesar 61,17% untuk siklus II sebesar 71,11%. Selain itu hasil dari angket respon siswa terhadap pembelajaran juga meningkat yaitu sebesar 63% pada siklus I dan sebesar 70,11% pada siklus II.









xvii








BAB I

PENDAHULUAN




A.  Latar Belakang Masalah

Pembelajaran berlangsung sebagai suatu proses saling mempengaruhi antara guru dan siswa. Dalam hal ini, kegiatan yang terjadi adalah guru mengajar dan  siswa  belajar.  Menurut  E.  Mulyas(2002:  32),  pembelajaran  dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagian besar peserta didik terlibat secara aktif, baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran, di samping menunjukkan kegairahan belajar yang tinggi, semangat belajar yang besar, dan rasa percaya pada diri sendiri. Berdasarkan hal tersebut di atas,  upaya  guru  dalam  mengembangkan  keaktifan  belajar  siswa  sangatlah penting, sebab keaktifan belajar siswa menjadi penentu bagi keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan.
Menurut  Oemar Hamali(2005:  172),  belajar tidak    cukup  hanya dengan mendengar dan melihat tetapi harus dengan melakukan aktivitas yang lain diantaranya membaca, bertanya, menjawab, berpendapat, mengerjakan tugas, menggambar, mengkomunikasikan, presentasi, diskusi, menyimpulkan, dan memanfaatkan peralatan. Dalam pembelajaran, guru menyajikan permasalahan matematika dan mendorong siswa untuk mengidentifikasi permasalahan, mencari pemecahan,  menyimpulkan  hasilnya,  kemudian  mempresentasikannya.  Tugas guru sebagai fasilitator dan pembimbing adalah memberikan bantuan dan arahan. Ketika  siswa  menemukan  permasalahan  dalam  menyelesaikan  tugas,  selain








berinteraksi dengan guru, siswa juga dapat bertanya dan berdiskusi dengan siswa lain. Siswa dikatakan belajar dengan aktif jika mereka mendominasi  aktivitas pembelajaran. Siswa secara aktif mengunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang dipelajari. Aktivitas dalam suatu pembelajaran bukan hanya siswa yang aktif belajar tetapi di lain pihak, guru juga harus mengorganisasi suatu kondisi yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, salah satu usaha yang dapat  dilakukan  guru  adalah  merencanakan  dan  menggunakan  model pembelajaran yang dapat mengkondisikan siswa agar belajar secara aktif.
Menurut Anita Lie (2002: 8), salah satu model pembelajaran  yang dapat mengaktifkan siswa adalah pembelajaran kooperatif. Terdapat beberapa tipe dalam pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah tipe Teams-Games- Tournament  (TGT).  Pada  tipe  ini  terdapat  beberapa  tahap  yang  harus  dilalui selama proses pembelajaran. Tahap awal, siswa belajar dalam suatu kelompok dan diberikan suatu materi yang dirancang sebelumnya oleh guru.  Setelah itu siswa bersaing dalam turnamen untuk mendapatkan penghargaan kelompok. Selain itu terdapat kompetisi antar kelompok yang dikemas dalam suatu permainan agar pembelajaran tidak membosankan. Pembelajaran kooperatif tipe TGT juga membuat siswa aktif mencari penyelesaian masalah dan mengkomunikasikan pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain, sehingga masing-masing siswa lebih menguasai materi. Dalam pembelajaran tipe TGT, guru berkeliling untuk membimbing siswa saat belajar kelompok. Hal ini memungkinkan siswa untuk








berinteraksi  dengan  guru.  Dengan  mendekati  siswa,  diharapkan  tidak  ada ketakutan bagi siswa untuk bertanya atau berpendapat kepada guru.

Peneliti mengadakan observasi di kelas IX A, IX B dan IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta untuk memperoleh gambaran kondisi siswa pada saat prose belajar   matematika   berlangsung Di   kela IX   C pada   saa guru memberikan pertanyaan, siswa menjawab pertanyaan guru secara bersama-sama. Seorang siswa akan menjawab pertanyaan guru jika ditunjuk oleh guru untuk menjawab.  Jika diberi  kesempatan  untuk  bertanya,  siswa hanya berbisik-bisik dengan teman bahkan sebagian besar hanya diam. Siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan. Siswa mencatat semua materi yang disampaikan jika guru telah menginstruksikan untuk mencatat materi. Berdasar  wawancara peneliti  dengan  beberapa  siswa,  mereka tidak  menjawab pertanyaan karena tidak berani untuk mengatakan bahwa mereka belum paham dengan  materi  yang  disampaikan.  Selama  pembelajaran  berlangsung  sebagian besar siswa tidak menggunakan buku yang ada untuk membantu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Mereka hanya menggunakan catatan yang diberikan guru. Setelah selesai mengerjakan tugas, siswa tidak mempresentasikan hasilnya, tetapi hanya dibahas bersama oleh guru. Hal ini dikarenakan siswa tidak ada yang berani mempresentasikan hasil tugas mereka. Berdasar hasil observasi tersebut, siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar sehingga keaktifan belajar siswa perlu ditingkatkan.
Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode ceramah dan  tanya  jawab.  Berdasar  keterangan   yang  diberikan  guru,  guru  pernah








menerapkan pembelajaran kooperatif. Siswa dikelompokkan dan diberikan tugas untuk mengerjakan soal. Hasilnya siswa lebih aktif dalam kelas tetapi terdapat beberapa kendala, diantaranya guru mengalami kesulitan mengkondisikan siswa karena  siswa  ingin  selalu  diperhatikasementara  guru  harus  berkeliling pada semua kelompok satu persatu. Guru tidak merancang kegiatan pembelajaran kelompok sebelumnya sehingga guru mengalami kesulitan. Guru tidak mempresentasikan  materi  terlebih  dahulu  sehinggwaktu  banyak  digunakan untuk menjelaskan materi pada setiap kelompok. Guru juga tidak mengadakan evaluasi untuk mengetahui apakah siswa memahami materi yang dipelajari pada saat belajar kelompok. Evaluasi dilaksanakan pada mid semester saja. Hal ini menunjukkan guru belum melaksanakan pembelajaran kooperatif dengan baik.
Bertolak  dari  semua  hal  di  atas  peneliti  ingin  melakukan  suatu penelitian tindakan kelas guna meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok  bahasan Peluang dan Statistika di SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta kelas IX C melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT.



B.  Identifikasi Masalah

Dari latar belakang tersebut dapat diidentifikasi beberapa masalah antara lain:

1.   Siswa kurang memiliki keberanian bertanya atau berpendapat, siswa hanya menjawab jika ditanya oleh guru.
2.   Kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

3.   Siswa kurang memanfaatkan sumber belajar selain catatan yang diberikan oleh guru.








4.   Kurangnya respon siswa dalam menanggapi instruksi guru.

5.   Siswa kurang memiliki keberanian untuk mempresentasikan hasil tugas mereka.



C.  Pembatasan Masalah

Mengingat luasnya permasalahan yang diidentifikasi, penelitian ini dibatasi pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games- Tournament (TGT) guna meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan Peluang dan Statistika di SMP Negeri 4 Depok kelas IX C.



D.  Rumusan Masalah

Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament  (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta pada pokok bahasan Statistika dan Peluang?



E.  Tujuan Penelitian

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  apakah  penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament   (TGT) dapat meningkatkan  keaktifan  belajar  matematika  siswa  kelas  IX  C  SMP  Negeri  4
Depok Yogyakarta pada pokok bahasan Statistika dan Peluang.








F.  Manfaat Penelitian

Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas diharapkan:

1.   Bagi Guru

Penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran, menambah wawasan dan pengalaman melaksanakan pembelajaran dalam hal ini meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa dengan model Teams- Games-Tournament (TGT). Selain itu, guru diharapkan dapat mengasah kreativitas  guru  dengan  menyusun  sendiri  Lembar  Kerja  Siswa  (LKS) yang mempermudah guru mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
2.   Bagi Siswa

Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams- Games-Tournament   (TGT) diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
3.   Bagi Peneliti

Dapat memberikan inspirasi dan referensi untuk penelitian yang sejenis.


0 comments on SMPMTK-07 MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search