KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STAD DAN JIGSAW II TERHADAP HASIL BELAJAR
MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA
PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS II SEMESTER 1
SMP N 10 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2004/2005
SKRIPSI
Untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Universitas
Negeri Semarang
Oleh:
Nama
NIM
Program Studi
Jurusan
: Fullu Azka
: 4101401005
: Pendidikan Matematika
: Matematika
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2005
ii
|
ABSTRAK
FULLU AZKA, 2005. “KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW II TERHADAP HASIL BELAJAR
MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA
KELAS II SEMESTER 1 SMP N 10 SEMARANG TAHUN PELAJARAN
2004/2005.”
Matematika yang bersifat deduktif aksiomatik dan berangkat
dari hal-hal yang
abstrak, cenderung sulit diterima dan dipahami oleh siswa
sehingga mengakibatkan
daya tarik siswa terhadap pelajaran matematika cukup
rendah. Oleh karena itu penyajian
materi perlu mendapat perhatian guru, dan hendaknya dalam
pembelajaran di sekolah
guru memilih dan menggunakan strategi pendekatan, metode
dan teknik yang banyak
melibatkan siswa aktif dalam belajar, baik mental, fisik,
maupun sosial. Salah satu
alternatif pembelajaran yang dapat digunakan diantaranya
adalah pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif. Ada beberapa
tipe dalam model
pembelajaran kooperatif diantaranya tipe STAD dan tipe
JIGSAW II. Dari hal tersebut
muncul permasalahan manakah yang lebih efektif antara
pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD,
pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II,
ataukah pembelajaran
konvensional pada siswa kelas II semester 1 SMPN 10
Semarang tahun pelajaran 2004/
2005 pada pokok bahasan teorema Pythagoras.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah
perbedaan hasil
belajar matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras antara
siswa yang dikenai
model pembelajaran kooperatif tipe STAD, tipe JIGSAW II,
dan siswa yang dikenai
pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMP N
10 Semarang Tahun
Pelajaran 2004/ 2005, dengan jumlah siswa 230 orang. Sampel
penelitian ini diambil
dengan teknik
random sampling sejumlah 115 siswa yang
terbagi dalam dua kelas
eksperimen yaitu kelas II-D yang dikenai pembelajaran
dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II dan kelas II-E yang
dikenai pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD,
dan satu kelas
kontrol yaitu kelas II-F yang dikenai pembelajaran
konvensional. Kemudian ditentukan
pula satu kelas Ujicoba yaitu kelas II-C. Variabel bebas
dalam penelitian ini adalah
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe JIGSAW II,
model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan konvensional.
Sedangkan variabel
terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar
matematika siswa yang dikenai model
pembelajaran kooperatif tipe STAD, tipe JIGSAW II dan siswa
yang dikenai
pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini analisis
data yang digunakan terdiri
dari uji pendahuluan dan uji tahap akhir. Uji pendahuluan
meliputi uji homogenitas dan
uji normalitas, sedangkan uji tahap akhir meliputi analisis
varians dan uji Rank
Berganda Duncan.
Data awal dalam penelitian ini diperoleh dari nilai ulangan
harian siswa pada
pokok bahasan kuadrat dan akar kuadrat. Dari data tersebut
diperoleh bahwa sampel
berasal dari populasi yang normal dan homogen. Setelah dua
kelas eksperimen dan satu
kelas kontrol diberi perlakuan yang berbeda, ketiga kelas
tersebut diberikan tes hasil
belajar pokok bahasan teorema Pythagoras. Dari tes hasil
belajar tersebut diperoleh nilai
rata-rata kelas II-D=5,007; nilai rata-rata kelas
II-E=5,2053; dan nilai rata-rata kelas II-
F= 4,338. Dari Analisis Varians diperoleh Fhitung=5,28973 dan Ftabel=3,08 berarti
iii
Fhitung>Ftabel. Jadi Ho
ditolak, dengan kata lain ada perbedaan yang signifikan hasil
belajar matematika pokok bahasan teorema Pythagoras siswa
kelas II SMPN 10
Semarang Tahun Pelajaran 2004/ 2005 antara siswa yang
dikenai model pembelajaran
kooperatif tipe JIGSAW II, tipe STAD, dan siswa yang
dikenai pembelajaran
konvensional. Dari uji rank Berganda Duncan diperoleh hasil
belajar siswa yang dikenai
model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II lebih baik
daripada hasil belajar siswa
yang dikenai pembelajaran konvensional dan hasil belajar
siswa yang dikenai model
pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada hasil
belajar siswa yang dikenai
pembelajaran konvensional, sedangkan siswa yang dikenai
model pembelajaran
kooperatif tipe JIGSAW II maupun tipe STAD mempunyai hasil
belajar yang tidak
berbeda secara signifikan.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa siswa
yang diberi
pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe JIGSAW II
maupun tipe STAD mempunyai hasil belajar yang lebih baik
daripada hasil belajar
siswa yang dikenai pembelajaran konvensional. Untuk itu
perlu diadakan suatu
pengenalan model pembelajaran kooperatif lebih lanjut agar
model pembelajaran
kooperatif dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada pokok bahasan
yang lain.
iv
HALAMAN PENGESAHAN
Skripsi
dengan
judul
KEEFEKTIVAN
MODEL
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW II TERHADAP
HASIL BELAJAR
MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS
PADA
SISWA KELAS II SEMESTER 1 SMP N 10 SEMARANG
TAHUN PELAJARAN
2004/2005 telah dipertahankan di hadapan Sidang Panitia Ujian Skripsi Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri
Semarang pada :
Hari
:
Tanggal
:
Agustus 2005
Panitia Ujian
Ketua
Drs. Kasmadi Imam S, M.Sc
NIP 130781011
Pembimbing Utama
Drs. Mashuri, M. Si
NIP 131993875
Sekretaris
Drs. Supriyono, M. Si
NIP 130815345
Ketua Penguji
Dra. Kusni, M.Si
NIP 130515748
Anggota Penguji I
Pembimbing Pendamping
Drs. Mashuri, M. Si
NIP 131993875
Drs. Wardono, M. Si
NIP 131568905
v
Anggota Penguji II
Drs. Wardono, M. Si
NIP 131568905
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
Sesungguhnya kenikmatan terbesar yang harus dipelihara
adalah kebaikan ketika ia
memenuhi jiwa dan menghiasi keadaan.
Hanya berbekal jiwa yang tenang dan hati yang ridha,
kebahagiaan dapat diraih.
Berdoa dan berusaha adalah kunci keberhasilan dan
kesuksesan.
Berucaplah syukur atas semua yang menimpamu meskipun itu
menyakitkan, karena
sesungguhnya Allah menyayangi Hamba-NYA yang sabar (Al
Hadits).
PERSEMBAHAN
Skripsi ini penulis peruntukkan kepada:
Ibu dan Bapakku Tercinta, yang memberikan
kasih sayang dan doa restunya ;
Adik-adikku Fuad, Fuzi, dan Iin yang manis
dan tersayang;
Kak Agus Sarwo Edi S yang mendukung dan
mendoakanku selalu;
Sohib-sohibku, Pendidikan Matematika 2001
Bangsaku dan pemerhati dunia pendidikan
serta pecinta Matematika.
vi
KATA PENGANTAR
Segala puji hanya milik Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan
karunia-Nya sehingga penyusun diberikan izin dan kemudahan
dalam menyelesaikan
skripsi dengan judul “Keefektivan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD Dan
JIGSAW II Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan
Teorema Pythagoras
Pada Siswa Kelas II Semester 1 SMP N 10 Semarang Tahun
Pelajaran 2004/ 2005”,
guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan.
Penyusun mengucapkan terima kasih atas bantuan dan
dukungannya kepada:
1. Dr. H. Ari Tri Soegito, SH, MM, Rektor Universitas
Negeri Semarang;
2. Drs. Kasmadi Imam S, M.S, Dekan FMIPA Universitas Negeri
Semarang;
3. Drs. Supriyono, M.Si, Ketua Jurusan Matematika FMIPA
Universitas Negeri
Semarang;
4. Drs. Mashuri, M.Si, dan Drs. Wardono, M.Si, selaku Dosen
Pembimbing yang telah
meluangkan waktu dan memberikan petunjuk kepada penulis
selama penyusunan
skripsi ini;
5. Dra. Kusni, M.Si selaku dosen penguji atas segala saran
dalam penyempurnaan
skripsi;
6. Sumardi Sri Purwono, S.Pd, selaku kepala SMP N 10
Semarang yang telah
memberikan ijin dan bantuan selama pelaksanaan penelitian;
7. Sumiharto, S.Pd, guru matematika kelas II-C, II-D, dan
II-E yang telah memberikan
banyak bantuan selama pelaksanaan penelitian;
8. Ibu dan Bapakku tercinta yang memberikan kasih sayang
dan doa restunya;
9. Adik-adikku tersayang yang selalu menghiburku;
10. Kak Agus Sarwo Edi S yang selalu memberi dukungan dan
doa untukku;
vii
11. Sobatku Woro, Wulan, Yayuk, Minie, dan sobatku yang
lain Pendidikan
Matematika S1 ’01;
12. Serta semua pihak yang telah membantu penyelesaian
skripsi ini yang tidak dapat
disebutkan satu per satu.
Hanya ucapan terima kasih dan doa, semoga apa yang telah
diberikan tercatat
sebagai amal baik dan mendapatkan balasan dari Allah SWT.
Amin.
Semoga skripsi ini dapat memberi manfaat dan konstribusi
nyata dalam
kemajuan dunia pendidikan.
Semarang, 20 Agustus 2005
Penyusun
viii
DAFTAR ISI
ABSTRAK
...........................................................................................................
LEMBAR PENGESAHAN....................................................................................
MOTTO DAN
PERSEMBAHAN..........................................................................
KATA PENGANTAR
...........................................................................................
DAFTAR ISI
.........................................................................................................
DAFTAR
TABEL..................................................................................................
DAFTAR
LAMPIRAN..........................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
.....................................................................................
ii
iv
v
vi
viii
xi
xii
1
A.
B.
C.
Alasan Pemilihan Judul
..........................................................................
Permasalahan..........................................................................................
Penegasan Istilah ....................................................................................
1
3
4
1
2
3
4
5
6
7
8
Keefektivan
......................................................................................
Pembelajaran
....................................................................................
Pembelajaran
Kooperatif...................................................................
Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD................................................
Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW II
........................................
Hasil Belajar Matematika
.................................................................
Pembelajaran
Konvensional..............................................................
Teorema Pythagoras
.........................................................................
4
4
5
5
5
6
6
6
D.
Tujuan Dan
Manfaat...............................................................................
7
1
2
Tujuan
..............................................................................................
Manfaat
............................................................................................
7
8
E.
Sistematika Penulisan Skripsi
.................................................................
9
BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS................................................
10
A.
B.
C.
Matematika Sekolah
...............................................................................
Pembelajaran Kooperatif
........................................................................
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
....................................................
ix
10
12
14
D.
E.
F.
Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW
II..............................................
Pembelajaran Konvensional....................................................................
Teori Belajar Dan Hasil Belajar
Matematika...........................................
17
20
21
1
2
3
4
5
Teori Ausubel
...................................................................................
Teori
Skinner....................................................................................
Teori
Gagne......................................................................................
Teori Gestalt.....................................................................................
Teorema Van
Hiele...........................................................................
21
21
22
22
23
G.
Teorema Pythagoras
...............................................................................
25
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Kuadrat dan Akar Kuadrat Suatu
Bilangan........................................
Luas Daerah Persegi Dan Segitiga Siku-Siku
....................................
Teorema Pythagoras .........................................................................
Pembuktian Teorema Pythagoras
......................................................
Menggunakan Teorema Pythagoras Untuk Menghitung Panjang
Salah
Satu Sisi Segitiga Siku-Siku Jika Sisi-Sisi Lainnya
Diketahui ...........
Menghitung Perbandingan Sisi-Sisi Segitiga Siku-Siku Khusus
(Salah Satu Sudutnya 300, 450, Dan 600) ...........................................
Menggunakan Teorema Pythagoras Pada Bangun Datar Dan
Bangun Ruang ..................................................................................
Kebalikan Teorema Pythagoras Dan Tripel
Pythagoras.....................
Menentukan Jenis Segitiga Jika Diketahui Panjang Sisi-Sisinya........
25
26
27
28
29
29
32
34
37
10 Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan teorema
pythagoras ...
38
H.
I.
Kerangka Berpikir
.................................................................................
Hipotesis Penelitian
...............................................................................
39
41
BAB III METODE PENELITIAN
......................................................................
42
A.
Metode Penentuan Obyek
Penelitian.......................................................
42
1
2
Populasi............................................................................................
Sampel..............................................................................................
42
42
B.
Variabel Penelitian
................................................................................
1. Variabel Bebas
.................................................................................
2. Variabel terikat
.................................................................................
x
43
43
43
C.
D.
E.
F.
G.
Prosedur pengumpulan Data
...................................................................
Alat Pengumpulan
Data..........................................................................
Teknik Pengumpulan
Data......................................................................
Analisis
Instrumen..................................................................................
1. Analisis Instrumen
Penelitian............................................................
2. Analisis Uji Coba..............................................................................
Metode Analisis Data
............................................................................
43
46
46
46
48
50
53
1
2
Pengujuan Pendahuluan ..................................................................
Uji Tahap
Akhir..............................................................................
53
54
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN......................................
58
A.
Hasil Penelitian ......................................................................................
58
1.
.................................................................................................... Data
Hasil Belajar Siswa
.................................................................
58
2.
.................................................................................................... Hasil
Uji Normalitas Nilai Tes Awal
Siswa......................................
59
3.
.................................................................................................... Hasil
Uji Homogenitas Siswa
...........................................................
59
4.
.................................................................................................... Hasil
Uji Hipotesis Data Hasil Belajar
Siswa....................................
59
B.
Pembahasan............................................................................................
62
BAB V PENUTUP ...............................................................................................
67
A.
B.
Kesimpulan
............................................................................................
Saran
......................................................................................................
67
68
DAFTAR PUSTAKA
............................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN.....................................................................................
xi
69
71
DAFTAR TABEL
Tabel 1
Tabel 2
Tabel 3
Tabel 4
: Data hasil Belajar Siswa
...................................................................
: Hasil Uji homogenitas Populasi
........................................................
: Hasil Uji Hipotesis Data Hasil Balajar Siswa
....................................
: Hasil Analisis lanjutan Dengan Uji Rank Berganda Duncan
.............
xii
58
59
60
60
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN 1
LAMPIRAN 2
LAMPIRAN 3
LAMPIRAN 4
LAMPIRAN 5
LAMPIRAN 6
LAMPIRAN 7
LAMPIRAN 8
LAMPIRAN 9
: Rencana Pembelajaran Jigsaw II
...............................................
: Rencana Pembelajaran STAD ...................................................
: Rencana Pembelajaran
Konvensional........................................
: Kegiatan Pembelajaran Kooperatitif Tipe JIGSAW II
...............
: Kegiatan Pembelajaran Kooperatitif Tipe
STAD.......................
: Modul Jigsaw II
........................................................................
: Lembar Kerja
Siswa..................................................................
: Kunci jawaban LKS
..................................................................
: Kuis JIGSAW II
.......................................................................
71
83
95
107
109
111
127
143
153
LAMPIRAN 10 : Kuis STAD
...............................................................................
LAMPIRAN 11 : Tugas Rumah............................................................................
LAMPIRAN 12 : Instrumen Tes
Awal..................................................................
LAMPIRAN 13 : Kunci Jawaban Tes
Awal..........................................................
LAMPIRAN 14 : Kisi-kisi Tes Uji
Coba...............................................................
LAMPIRAN 15 : Instrumen Tes Uji Coba
............................................................
LAMPIRAN 16 : Kunci Jawaban Tes Uji Coba ....................................................
LAMPIRAN 17 : Daftar Siswa Kelas Uji
Coba.....................................................
LAMPIRAN 18 : Daftar Nilai Uji Coba Instrumen Penelitian
...............................
LAMPIRAN 19 : Analisis Hasil Uji Coba
............................................................
LAMPIRAN 20 : Contoh Hasil Perhitungan Analsis Instrumen
............................
LAMPIRAN 21 : Hasil Analisis Tes Uji Coba
......................................................
LAMPIRAN 22 : Kisi-kisi Tes Haisl Belajar
........................................................
LAMPIRAN 23 : Tes Hasil
Belajar.......................................................................
LAMPIRAN 24 : Kunci Tes Hasil Belajar ............................................................
LAMPIRAN 25 : Daftar Siswa Kelas JIGSAW II
.................................................
xiii
156
158
160
164
165
170
180
181
182
183
185
189
190
195
203
204
LAMPIRAN 26 : Daftar Siswa Kelas
STAD.........................................................
LAMPIRAN 27 : Daftar Siswa Kelas Konvensional
.............................................
LAMPIRAN 28 : Daftar Kelompok JIGSAW
II....................................................
LAMPIRAN 29 : Daftar Kelompok STAD
...........................................................
LAMPIRAN 30 : Data Nilai Tes
awal...................................................................
LAMPIRAN 31 : Uji Normalitas Tes
Awal...........................................................
LAMPIRAN 32 : Uji Homogenitas
Populasi.........................................................
LAMPIRAN 33 : Data Nilai Tes Hasil belajar
......................................................
LAMPIRAN 34 : Daftar Analisis Varian
..............................................................
LAMPIRAN 35 : Analisis Lanjutan Dengan Uji Rank Berganda
Duncan..............
LAMPIRAN 36 : Surat Penetapan Pembimbing
LAMPIRAN 37 : Surat Permohonan Ijin Penelitian
LAMPIRAN 38 : Surat Ijin Penelitian
LAMPIRAN 39 : Surat Keterangan Pelaksanaan Penelitian
LAMPIRAN 40 : Tabel Nilai-Nilai r Product Moment
LAMPIRAN 41 : Tabel Distribusi Normal
LAMPIRAN 42 : Tabel Distribusi χ2
LAMPIRAN 43 : Tabel Distribusi F
LAMPIRAN 44 : Tabel Uji Rank Berganda Duncan
xiv
205
206
207
208
209
210
213
214
215
216
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Alasan Pemilihan Judul
Proses belajar mengajar merupakan rangkaian kegiatan
komunikasi antara
siswa dengan guru. Proses belajar mengajar dikatakan
efektif apabila terjadi
transfer belajar yaitu materi pelajaran yang disajikan guru
dapat diserap ke dalam
struktur kognitif siswa. Siswa dapat mengetahui materi
tersebut tidak hanya
terbatas pada tahap ingatan saja tanpa pengertian
(rote learning) tetapi bahan
pelajaran dapat diserap secara bermakna (meaning learning). Agar terjadi transfer
belajar yang efektif, maka kondisi fisik dan psikis dari
setiap individu siswa harus
sesuai dengan materi yang dipelajarinya.
Dalam proses belajar mengajar
matematika selalu melibatkan siswa secara aktif untuk
mengembangkan
kemampuannya dalam berpikir rasional, kritis, dan kreatif.
Matematika yang bersifat deduktif aksiomatik dan berangkat
dari hal-hal
yang abstrak, cenderung sulit diterima dan dipahami oleh
siswa. Konsep
matematika tersusun secara hierarkis, yang berarti bahwa
dalam mempelajari
matematika konsep sebelumnya yang menjadi prasyarat
harus benar-benar
dikuasai agar dapat memahami konsep selanjutnya. Oleh
karena itu penyajian
materi perlu mendapat perhatian guru.
xv
Dalam
pembelajaran
di
sekolah
guru
hendaklah
memilih
dan
menggunakan strategi pendekatan, metode dan teknik yang
banyak melibatkan
siswa aktif dalam belajar, baik mental, fisik, maupun
sosial.
Menurut petunjuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di
sekolah,
penerapan strategi yang dipilih dalam pembelajaran
matematika harus bertumpu
pada dua hal yaitu optimalisasi interaksi semua unsur
pembelajaran, dan
optimalisasi keterlibatan seluruh indra siswa.
Menurut Monks, Knoers dan Siti Rahayu dalam Dimyati (1999:
25) dari
segi perkembangan anak telah memiliki tujuan sendiri pada
usia masih muda
(pubertas) dan dewasa muda. Pada usia tersebut siswa telah
sadar dan memiliki
rasa tanggung jawab. Siswa SMP berada pada usia pubertas.
Dari segi
pembelajaran, maka sadar diri dan rasa tanggung jawab
tersebut perlu ditanamkan.
Dengan kata lain siswa SMP secara perlahan perlu dididik
agar memiliki rasa
tanggung jawab dalam belajar dan membuat program belajar
dengan tujuan
belajar sendiri. Siswa perlu dididik untuk menjalankan
program dan mencapai
tujuan belajar sendiri
Belajar dengan pengajaran kelompok kecil membuat siswa
belajar lebih
kreatif dan mengembangkan sifat kepemimpinan pada siswa
serta dapat
memenuhi kebutuhan siswa secara optimal. Linda Lundgren
dalam Muslimin
Ibrohim (2000: 17) menyatakan ”Hasil penelitian menunjukkan
bahwa
pembelajaran kooperatif memiliki dampak positif untuk siswa
yang rendah hasil
belajarnya.”
Hal ini disebabkan pembelajaran kooperatif memanfaatkan
kecenderungan
siswa untuk berinteraksi. Terdapat beberapa macam (tipe)
pembelajaran
kooperatif, diantaranya tipe STAD dan JIGSAW II. Untuk
mengetahui efektifitas
kedua tipe pembelajaran kooperatif tersebut pada siswa SMP
diperlukan adanya
penelitian.
Di SMP N 10 Semarang model pembelajaran yang digunakan pada
mata
pelajaran matematika masih menggunakan pembelajaran
konvensional. Menurut
xvi
pengamatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan
kuadrat dan akar
kuadrat masih belum memuaskan, untuk itu perlu diadakan
penelitian khususnya
pembelajaran matematika pada pokok bahasan teorema
Pythagoras agar hasil
belajarnya meningkat.
Untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih baik, maka
dilakukan
penelitian
yang
berjudul
KEEFEKTIVAN
MODEL
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW II TERHADAP HASIL BELAJAR
MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA
SISWA KELAS II SEMESTER 1 SMP N 10 SEMARANG TAHUN
PELAJARAN 2004/2005.
B.
Permasalahan
Masalah yang akan diteliti pada penelitian ini adalah:
1. apakah ada perbedaan hasil belajar matematika pokok
bahasan teorema
Pythagoras antara siswa yang dikenai model pembelajaran
kooperatif tipe
STAD, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe
JIGSAW II,
dan siswa yang dikenai pembelajaran konvensional;
2. jika ada perbedaan hasil belajar matematika pokok
bahasan teorema
Pythagoras antara siswa yang dikenai model pembelajaran
kooperatif tipe
STAD, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe
JIGSAW II,
dan siswa yang dikenai pembelajaran konvensional, maka:
a. apakah hasil belajar matematika siswa yang dikenai model
pembelajaran
kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang dikenai
pembelajaran konvensional pada pokok bahasan teorema
Pythagoras siswa
SMP kelas II;
xvii
b. apakah hasil belajar matematika siswa yang dikenai model
pembelajaran
kooperatif
tipe JIGSAW II lebih baik daripada siswa yang dikenai
pembelajaran konvensional pada pokok bahasan teorema
Pythagoras siswa
SMP kelas II;
c. manakah yang lebih baik hasil belajar matematika antara
siswa yang
dikenai model pembelajaran
kooperatif tipe
STAD dan
model
pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II pada pokok bahasan
teorema
Pythagoras siswa SMP kelas II .
C.
Penegasan Istilah
1. Keefektivan
Efektif adalah ada pengaruhnya atau dapat membawa hasil.
Keefektivan adalah keberhasilan tentang suatu usaha atau
tindakan. (Kamus
Besar bahasa Indonesia,1993:219)
Keefektivan yang dimaksudkan pada judul di atas bahwa dalam
penelitian ini
hasil belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan
JIGSAW II lebih
baik dari pada hasil belajar kelas dengan pembelajaran
konvensional.
2. Pembelajaran, yakni suatu kegiatan yang dilakukan oleh
guru sedemikian rupa,
sehingga tingkah laku siswa berubah ke arah yang lebih
baik.
Sedangkan
menurut aliran
kognitif,
pembelajaran adalah cara
guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir agar
mengenal dan
memahami
apa
yang
dapat
dipelajari
apa
yang
sedang
terjadi.
(Darsono, 2000: 24)
Pembelajaran konvensional adalah pembelajaran dengan metode
ekspositori
dimana guru lebih banyak berperan.
3. Pembelajaran Kooperatif
xviii
Pembelajaran kooperatif adalah suatu strategi belajar
dimana siswa belajar
dalam kelompok kecil dengan tingkat kemampuan yang berbeda.
Dalam menyelesaikan tugas kelompok setiap anggota saling
bekerja sama dan
membatu untuk memahami suatu bahan pembelajaran. Selama
kerja kelompok,
tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan materi
dan saling
membantu teman sekelompok mencapai ketuntasan.(Slavin dalam
Hermin
Budiningrati, 1998;11)
4. Pembelajaran Kooperaif Tipe STAD
Student Team Achievement Division (STAD) merupakan tipe pembelajaran
yang paling sederhana sebuah model yang bagus untuk memulai
bagi seorang
guru yang baru untuk menggunakan pendekatan kooperatif.
5. Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW II
Pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II merupakan model
pembelajaran
dimana siswa belajar berkelompok / tim yang beranggotakan 4
atau 5 orang
siswa yang heterogen kemampuannya. Dalam pembelajaran ini
siswa
digolongkan dalam dua kelompok yaitu kelompok asal dan
kelompok ahli.
Masing masing anggota kelompok asal bertemu dalam kelompok
ahli untuk
membahas materi yang ditugaskan pada masing-masing anggota
kelompok
dimana guru sebelumnya tidak menjelaskan tentang materi
tersebut. Setelah
pembahasan dalam kelompok ahli selesai kemudian tiap siswa
kembali ke
kelompok semula (asal) dan menjelaskan pada teman
sekelompoknya untuk
mencapai ketuntasan materi.
6. Hasil Belajar Matematika
Hasil belajar matematika adalah hasil belajar yang
diperoleh dari perubahan
tingkah laku berkat pengalaman dan latihan yang berupa
penguasaan
pengetahuan dan keterampilan dalam pelajaran matematika.
xix
(Darsono, 2000: 27)
7. Pembelajaran Konvensional
Menurut percivel F dan Ellington H ( terjemahan
Sudjarwo,1998:19)
pendekatan yang berorientasi pada guru adalah pendidikan
yang konvensional
dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran dikendalikan
oleh guru.
Berdasarkan kutipan tersebut dapat disimpulkan bahwa guru
memegang
peranan utama dalam menentukan isi dan proses belajar,
termasuk dalam
menilai
kemajuan
belajar
siswa.
Pada
penelitian
ini,
pembelajaran
konvensional adalah pembelajaran dengan menggunakan metode
ekspositori.
8. Teorema Pythagoras
Teorema Pythagoras adalah bagian dari materi geometri SLTP
yang banyak
menuntut siswa untuk dapat menemukan prinsip dan
menggunakan teorema itu
dalam menyelesaikan soal-soal bangun datar, bangun ruang,
atau masalah
dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini teorema
Pythagoras
merupakan salah satu pokok bahasan yang terdapat dalam mata
pelajaran
matematika bagi SLTP kelas II semester I.
D.
Tujuan Dan Manfaat
1. Tujuan
a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
perbedaan hasil belajar
matematika pokok bahasan teorema Pythagoras antara siswa
yang dikenai
model pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa yang dikenai
model
pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II, dan siswa yang
dikenai
pembelajaran konvensional.
xx
b. Jika ada perbedaan hasil belajar matematika pokok
bahasan teorema
Pythagoras antara siswa yang dikenai model pembelajaran
kooperatif tipe
STAD, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe
JIGSAW
II, dan siswa yang dikenai pembelajaran konvensional, maka:
1. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil
belajar
matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif
tipe
STAD
lebih
baik
daripada
siswa
yang
dikenai
pembelajaran
konvensional pada pokok bahasan teorema pythagoras siswa
SMP kelas
II;
2. penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil
belajar matematika
siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe
JIGSAW II lebih
baik daripada siswa yang dikenai pembelajaran konvensional
pada pokok
bahasan teorema pythagoras siswa SMP kelas II;
3. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang
lebih baik hasil
belajar matematika antara siswa yang dikenai model
pembelajaran
kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe
JIGSAW
II pada pokok bahasan teorema Pythagoras siswa SMP kelas
II.
2. Manfaat
Hasil dari kegiatan penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat untuk,
a. memberikan alternatif model pembelajaran pokok bahasan
teorema
Pythagoras;
b. menumbuhkan semangat kerjasama, karena dalam model
pembelajaran
kooperatif keberhasilan individu merupakan tanggung jawab
kelompok;
xxi
c. meningkatkan motivasi dan daya tarik siswa terhadap mata
pelajaran
matematika;
d. memberi bekal mahasiswa calon guru matematika siap
melaksanakan tugas
di lapangan sesuai kebutuhan lapangan (stakeholder).
E. Sistematika Penulisan Skripsi
Secara garis besar sistematika skripsi ini terbagi menjadi
tiga bagian, yaitu:
bagian awal skripsi, bagian isi skripsi, dan bagian akhir
skripsi.
Bagian awal skripsi ini berisi halaman judul, abstrak,
lembar pengesahan,
motto dan persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar
tabel dan daftar lampiran.
Bagian isi skripsi terdiri dari 5 bab, yaitu:
Bab I : Pendahuluan, berisi: Alasan Pemilihan Judul,
Permasalahan, Penegasan
Istilah, Tujuan, Manfaat Penelitian, serta Sistematika
Penulisan Skripsi.
Bab II: Landasan Teori, berisi: Matematika Sekolah, Model
Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD dan JIGSAW II, Pembelajaran
Konvensional,
Teori Belajar dan Hasil
Belajar Matematika, Teorema Pythagoras,
Kerangka Berpikir, Hipotesis Penelitian.
xxii
Bab III: Metode Penelitian, berisi: Metode Penentuan Obyek
Penelitian, Variabel
Penelitian, Prosedur Pengumpulan Data, Alat Pengumpul Data,
Teknik
Pengumpulan Data, Analisis Instrumen, Metode Analisis Data.
Bab IV: Hasil Penelitian dan Pembahasan, berisi :
Hasil-Hasil Penelitian dan
Pembahasan.
Bab V : Penutup, berisi: Simpulan dan Saran.
Bagian akhir skripsi berisi daftar pustaka dan
lampiran-lampiran.
0 comments on SMPMTK-06 KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW II TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS II SEMESTER 1 SMP N 10 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2004/2005 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak