.

.

SMPMTK-05 MENINGKATKAN KETAHANAN PRIBADI SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SEDATI DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Share on :

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS


 
 







MENINGKATKAN KETAHANAN PRIBADI
SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SEDATI
DALAM BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

                                                                 oleh
                                           ACHMAD LUTFI
                                              NIP. 131900262

Kemitraan antara:
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang
dengan
Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan
                                                     

SMP NEGERI 2 SEDATI

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO
Nopember, 2006

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS


 
 







MENINGKATKAN KETAHANAN PRIBADI
SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SEDATI
DALAM BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

                                                                 oleh
                                           ACHMAD LUTFI
                                              NIP. 131900262

Kemitraan antara:
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang
dengan
Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan
                                                    

SMP NEGERI 2 SEDATI
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO
Nopember, 2006

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL LAPORAN PENELITIAN                                            i
HALAMAN PENGESAHAN                                                                               ii
ABSTRAK                                                                                                             iii
KATA PENGANTAR                                                                                          iv
DAFTAR ISI                                                                                                          v
DAFTAR TABEL                                                                                                 vi
DAFTAR GAMBAR                                                                                           vii
                                                                                                                                   
BAB I : PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah                                                                           1                   
1.2. Rumusan Masalah                                                                                     3
1.3. Hipotesis Tindakan                                                                                    3
1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian                                                               4
1.5. Definisi Operasional                                                                                   4

BAB II : KAJIAN PUSTAKA
2.1. Ketahanan Pribadi Siswa                                                                          6
2.2. Pembelajaran Kooperatif                                                                          7
2.3. Hasil Penelitian yang Relevan                                                                   9

BAB III : PELAKSANAAN PENELITIAN
3.1. Setting Penelitian dan latar belakang subyek Penelitian                      10
3.2. Rencana Tindakan                                                                                  10
3.3. Persiapan Tindakan                                                                                14
3.4. Pelaksanaan Tindakan                                                                            15
3.5. Observasi dan Evaluasi                                                                           16
3.6. Analisis data dan Refleksi                                                                       17

BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1. Hasil Penelitian Siklus I                                                                           19
4.2. Hasil Penelitian Siklus II                                                                          21
4.3. Hasil Penelitian Siklus III                                                                        23
4.4. Pembahasan                                                                                             25

BAB V : SIMPULAN DAN SARAN
5.1. Simpulan                                                                                                   28
5.2. Saran                                                                                                         28

DAFTAR RUJUKAN                                                                                          30

LAMPIRAN-LAMPIRAN

                                                                                                                                   


DAFTAR TABEL

Tabel 1           : Respon Siswa terhadap Pembelajaran Kooperatif dengan tipe STAD pada Siklus I            

Tabel 2           : Respon Siswa terhadap Pembelajaran Kooperatif dengan tipe STAD pada Siklus II

Tabel 3           : Respon Siswa terhadap Pembelajaran Kooperatif dengan tipe STAD pada Siklus III

Tabel 4           : Perkembangan Ketahanan Pribadi Siswa dari Siklus Pertama Sampai Dengan Ketiga



















DAFTAR GAMBAR































ABSTRAK


Lutfi, Achmad 2006, Meningkatkan Ketahanan Pribadi Siswa Kelas VII-A
                                  SMP Negeri 2 Sedati dalam Belajar Matematika melalui
                                 Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

Kata-kata Kunci : Ketahanan Pribadi, Belajar Matematika, Pembelajaran
                              Kooperatif Tipe STAD
              
               Dari hasil angket dan pengamatan siswa kelas VII-A terdapat banyak siswa yang ketahanan pribadinya dalam belajar matematika masih rendah. Melalui pembelajaran kooperatif diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Dari siklus ke siklus menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan belajar kelompok.
Setelah penelitian berlangsung selama tiga siklus dapat disimpulkan bahwa : 1) Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan ketahanan pribadi siswa SMP Negeri 2 Sedati dalam belajar matematika, 2) ketahanan pribadi siswa meningkat dengan indikator 63% siswa berani bertanya, 60% siswa berani berpendapat, 83% siswa berani memulai pekerjaan dan kebiasaan mencontoh kuis pekerjaan teman baru mencapai 57,5%.
Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi pendorong bagi guru-guru untuk mengikuti kegiatan ini dan mengajak guru yang lain untuk melaksanakan penelitian tindakan dengan tema yang lain dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru.






KATA PENGANTAR

Puji syukur sedalam-dalamnya kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga laporan penelitian ini dapat kami selesaikan pada waktuya. Penelitian yang berjudul „ Meningkatkan Ketahanan Pribadi Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Sedati dalam Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD “ ini diadakan dalam rangka kemitraan antara Lembaga Penelitian  Univeritas Negeri Malang dengan Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan  Tenaga Kependidikan untuk mengembangkan suatu penelitian tindakan kelas (PTK).
Pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      Bapak Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd, selaku Ketua Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
2.      Ibu Dra. Hj. Umi Dayati, M.Pd dan ibu Dra. Hartini Kartini, M.Pd selaku Pendamping I dan II dalam pelaksanaan PTK.
3.      Bapak MG. Hadi Sutjipto, SH, MM.  selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo.
4.      Bapak Drs. Hery Sumarsono, M.M, selaku Kepala Cabang Dinas Kecamatan Sedati.
5.      Ibu Nurtinaningsih, S.Pd Guru mata pelajaran Matematika Kelas VII-A SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo.
6.      Semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang dengan suka rela telah membantu kami dalam rangka menyelesaikan penelitian ini.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih belum sempurna. Oleh karena itu kami mohon tanggapan dari pembaca, baik berupa kritik maupun saran. Akhirnya kami berharap semoga tulisan ini bermanfaat.

Sidoarjo,     November 2006
Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Kurangnya ketahanan pribadi dalam belajar matematika dapat diduga akan berpengaruh besar terhadap gairah belajar matematika. Jika hal ini dibiarkan maka siswa akan semakin tidak menyenangi matematika bahkan pada taraf tertentu akan bersikap anti pati pada pelajaran matematika. Akibat dari itu semua semua tentu prestasi belajar matematika akan semakin rendah.
Matematika dianggap sangat penting bagi kehidupan manusia. Matematika memiliki keterkaitan dan menjadi pendukung berbagai bidang ilmu serta berbagai aspek kehidupan manusia. Tetapi di sisi lain, matematika juga dianggap sebagai mata pelajaran yang cukup sulit bagi siswa, bahkan cukup menakutkan bagi beberapa siswa di SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran berlangsung hampir 60% diantara para siswa memiliki ketahanan pribadi dalam belajar matematika masih rendah , data yang lain dapat dilihat dari hasil  wawancara beberapa siswa. Sedikitnya siswa yang mengajukan pertanyaan dan berani menjawab pertanyaan atau menanggapi pendapat temannya, kurang berani mengambil resiko (takut salah), kebiasaan mencontoh pekerjaan temannya dan kurang terlibat aktif dalam kelompok (cemas), merupakan indikasi lemahnya ketahanan pribadi (keuletan) siswa dalam belajar matematika.
Kondisi di kelas juga diperparah dengan pengelolaan guru dalam proses pembelajaran diantaranya masih kuatnya dominasi guru dalam proses pembelajaran, guru secara aktif menjelaskan materi, memberikan contoh dan latihan, sementara siswa bekerja secara prosedural dan memahami matematika tanpa penalaran, disamping itu guru dalam pembelajarannya masih indoktrinasi yaitu mendudukkan dirinya sebagai maha tahu, maha benar, dan dalam proses pembelajarannya guru belum mengembangkan kemampuan belajar siswa dalam berfikir kritis, logis dan kreatif.
Pada kurikulum 2004 tentang Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar disebutkan bahwa: belajar merupakan kegiatan aktif siswa dalam membangun makna atau pemahaman. Pada buku itu juga disebutkan pula prinsip-prinsip Kegiatan Belajar Mengajar diantaranya adalah Berpusat pada siswa, Belajar dengan Melakukan serta Mengembangkan Kemampuan Sosial. Dengan memperhatikan 3 prinsip Kegiatan Belajar Mengajar yang dikemukakan pada Kurikulum 2004 terlihat bahwa prinsip-prinsip tersebut mengacu pandangan Konstruktivis yaitu penciptaan kondisi yang memungkinkan siswa untuk mengkonstruksikan pengertian sendiri terhadap suatu konsep sehingga lebih menarik dan bermanfaat bagi siswa, bila dibandingkan dengan jika pengertian tersebut diperoleh secara langsung dari guru, sehingga pembelajaran sering disebut pembelajaran berpusat pada siswa. Salah satu bentuk pembelajaran yang berorientasi kepada pendekatan konstruktivis adalah model pembelajaran kooperatif.
Menurut Abdurrahman Asy’ari (2000), belajar hendaknya mampu memberikan bekal “life skills” yang memungkinkan siswa “survive” dalam kondisi yang bagaimanapun. Belajar jangan hanya dimaksudkan untuk mengasah otak, tetapi juga untuk mengasah “qolbu” suapaya tercipta rasa positif seperti lebih percaya diri, tabah, tenang, tidak mudah gelisah, mau menghargai orang lain, tidak mematikan semangat orang lain dan pantang menyerah.
Hal-hal diatas memberikan arah bahwa pembelajaran matematika hendaknya tidak boleh melepaskan diri dari proses kerjasama. Dengan bekerja sama, seorang anak yang lebih “dewasa” dalam suatu konsep bisa memberi bantuan kepada temannya untuk mencapai kemampuan idealnya. Dengan bekerja sama, peluang terbentuknya ketrampilan sosial, dan kematangan emosional juga lebih besar. Dan diharapkan dapat pula meningkatkan ketahanan pribadi siswa dalam belajar matematatika.

1. 2. Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini ada dua masalah yang perlu dicarikan solusinya yaitu :
1. Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan ketahanan pribadi siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Sedati dalam belajar matematika ?
2. Bagaimana proses pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan ketahanan pribadi siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Sedati dalam belajar matematika ?

1.      3. Hipotesis Tindakan
Pembelajran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan ketahanan pribadi siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Sedati dalam belajar matematika.


1.      4. Tujuan dan Manfaat
Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan ketahanan pribadi siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Sedati dalam belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Hasil penelitian ini diharapkan bermafaat bagi :
(1)         Bagi siswa, hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam meningkatkan ketahanan pribadinya dalam belajar matematika serta memupuk keberaniannya dalam bekerja mandiri.
(2)         Bagi guru, hasil penelitian dapat bermanfaat dalam inovasi pembelajaran (model pembelajaran kooperatif), dan peningkatan profesionalisme guru (melaksanakan refleksi dalam upaya perbaikan proses pembelajaran).
(3)         Bagi sekolah, dalam usaha meningkatkan kualitas hasil belajar matematika siswa melalui kolaborasi guru-guru dalam suatu penelitian tindakan kelas.
1. 5. Definisi Operasional
Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, dalam penafsiran hasil penelitian ini, maka perlu diberikan batasan tentang istilah yang terdapat dalam rumusan tujuan penelitian diatas sebagai berikut :
(1)         Ketahanan pribadi (keuletan) siswa adalah usaha siswa dalam menggali potensi diri. Yang dapat diterjemahkan sebagai tindakan yang dinamis dan berani mengambil resiko dengan indikator : 1) kecemasan siswa berkurang, 2) motivasi, 3) harga diri, dan 4) sikap positifnya meningkat.
(2)         Pembelajaran kooperatif adalah kegiatan belajar mengajar secara kelompok kecil yang merupakan tempat siswa belajar dan bekerjasama untuk sampai kepada pengalaman belajar yang optimal baik pengalaman individu maupun kelompok. Esensi pembelajaran kooperatif adalah tanggung jawab individu sekaligus kelompok, sehinga dalam diri siswa terbentuk sikap kebergantungan positif yang menjadikan kerja kelompok berjalan optimal (Santoso, 1998).
Pada penelitian ini pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah tipe STAD yang merupakan teknik belajar kelompok yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengetahuan atau tugas dengan siswa lain, mengajar serta diajar oleh sesama siswa. Hal ini merupakan bagian penting dalam belajar.


0 comments on SMPMTK-05 MENINGKATKAN KETAHANAN PRIBADI SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SEDATI DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search