PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR
SHARE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS
…………………………………………….
TAHUN 2002/2003
KARYA
TULIS ILMIAH
OLEH
………………………..
NIP:
…………………………..
DINAS
PENDIDIKAN ……………………
………………………………….
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah
disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan
Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IV a ke IV b.
Kepala Sekolah …………………………
………………………. Penulis
………………………………..
…………………………..
NIP: ……………… NIP: …………….
Mengetahui Mengetahui
Pustakawan ………………. Kepala Cab. Din.
Pendidikan
……………….. …………………….
………………………….. ……………………………
NIP: …………………..
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
……………………………… ………………………………
Pembina Utama Muda NPA: …………………
NIP: ……………………
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT,
hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas
penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif
Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kualitas dan Prestasi Belajar
Matematika Siswa Kelas …………………… …………………. ……….. Tahun Pelajaran 2002/2003”,
penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di
perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan
karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah
dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat
bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan
sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan
……………………
2. Yth. Ketua PD II PGRI
………………….
3. Yth. Rekan-rekan Guru
………………………………
4. Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari
bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan
saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
……………………,
2002. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif
Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kualitas dan Prestasi Belajar
Matematika Siswa Kelas ……………………Tahun Pelajaran 2002/2003
Kata
Kunci: matematika, metode kooperatif think pair share
Manusia memiliki derajat
potensi, latar belakang historis, serta harapan masa depan yang berbeda-beda.
Karena adanya perbedaan, manusia dapat silih asah (saling mencerdaskan).
Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang silih asah,
sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar tetapi juga
sesama siswa.
Permasalahan yang ingin
dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi
belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think
Pair Share? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model
Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa?
Sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa
setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share
pada siswa Kelas ……………………………………. tahun pelajaran 2002/2003. (b) Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model Think Pair Share.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa
…………………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan
belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I
(66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif
model Thing Pair Share dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar
Siswa …………………………, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif pembelajaran matematika.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul .................................................................................................
Lembar Pengesahan ...................................................................................................
Kata Pengantar ..........................................................................................................
Abstrak ......................................................................................................................
Daftar Isi ...................................................................................................................
BAB ..... I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah...............................................................
B. Rumusan Masalah ........................................................................
C. Tujuan Penelitian ........................................................................
D. Manfaat Penelitian ......................................................................
E. Definisi Operasional Variabel
.....................................................
F. Batasan Masalah ..........................................................................
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Definisi Pembelajaran .................................................................
B. . Pembelajaran Kooperatif
............................................................
C. . Keterampilan-keterampilan Kooperatif ......................................
D. Metode Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share..........
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat, Waktu dan Subyek
Penelitian .......................................
B. Rancangan Penelitian .................................................................
C. Instrumen Penelitian .........................................................
D. Metode Pengumpulan Data ........................................................
E. Teknik Analisis Data ...................................................................
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisis Item Butir Soal ..............................................................
B. Analisis Data Penelitian
Persiklus ...............................................
C. Pembahasan .................................................................................
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan .................................................................................
B. Saran ............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Manusia
memiliki derajat potensi, latar belakang historis, serta harapan masa depan
yang berbeda-beda. Karena adanya perbedaan, manusia dapat silih asah (saling
mencerdaskan). Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang
silih asah, sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar
tetapi juga sesama siswa.
Manusia
adalah makhluk hidup individual, berbeda satu sama lain. Karena sifatnya yang
individual, maka manusia yang satu membutuhkan manusia lainnya sehingga sebagai
konsekuensi logisnya manusia harus menjadi makhluk sosial, makhluk yang
berinteraksi dengan sesamanya. Karena satu sama lain saling membutuhkan maka
harus ada interaksi yang silih asih (saling menyayangi atau saling mencintai).
Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang secara sadar dan sengaja
menciptakan interaksi yang saling mengasihi antar sesama siswa.
Pembelajaran
Matematika tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian
informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan
informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui
latihan-latihan atau tugas matematika dengan bekerja kelompok kecil dan
menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo, 2000: 24).
Langkah-langkah
tersebut memerlukan partisipasi aktif dari siswa. Untuk itu perlu ada metode
pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Adapun
metode yang dimaksud adalah metode pembelajaan kooperatif. Pembelajaran kooperatif
adalah suatu pengajaran yang melibatkan siswa bekerja dalam kelompok-kelompok
untuk menetapkan tujuan bersama. Felder, (1994: 2).
Pembelajaran
kooperatif lebih menekankan interaksi antar siswa. Dari sini siswa akan
melakukan komunikasi aktif dengan sesama temannya. Dengan komunikasi tersebut
diharapkan siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan mudah karena “siswa
lebih mudah memahami penjelasan dari kawannya dibanding penjelasan dari guru
karena taraf pengetahuan serta pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”.
(Sulaiman dalam Wahyuni 2001: 2).
Penelitian
juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang amat
positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya. (Nur, 1996: 2).
Pete
Tschumi dari Universitas Arkansas Little Rock memperkenalkan suatu ilmu
pengetahuan pengantar pelajaran komputer selama tiga kali, yang pertama siswa
bekerja secara individu, dan dua kali secara kelompok. Dalam kelas pertama
hanya 36% siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik, dan dalam kelas yang
bekerja secara kooperatif ada 58% dan 65% siswa yang mendapat nilai C atau
lebih baik (Felder, 1994:14).
Berdasarkan
paparan tersebut diatas maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan
judul “Penerapan Metode Kooperatif Model Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan
Kualitas dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa …………………………………………………Tahun
Pelajaran 2002/2003.”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model Think Pair Share pada siswa Kelas
……………………………………………… tahun pelajaran 2002/2003?
- Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share terhadap
motivasi belajar siswa Kelas ………………………………. tahun pelajaran 2002/2003?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai
dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin
mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model Think Pair Share pada siswa Kelas
………………………………………….. tahun pelajaran 2002/2003.
- Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model Think Pair Share pada siswa Kelas
………………………………………… tahun pelajaran 2002/2003.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini
dapat memberikan manfaat bagi:
- Sekolah
sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa
khususnya pada mata pelajaran matematika.
- Guru,
sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat
memberikan manfaat bagi siswa.
- Siswa,
dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling
peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
E. Definisi Operasional Variabel
Agar
tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu
didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
- Metode
pembelajaran kooperatif :
Suatu pengajaran
yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan
tujuan bersama.
- Motivasi
belajar adalah:
Suatu proses
untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk
memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri
individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai
tujuan tertentu.
- Prestasi
belajar adalah:
Hasil belajar
yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa
mengikuti pelajaran.
F. Batasan Masalah
Karena
keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah meliputi:
- Penelitian
ini hanya dikenakan pada siswa Kelas ……………………………………….tahun pelajaran
2002/2003.
- Penelitian
ini dilakukan pada bulan Nopember semester ganjil tahun pelajaran
2002/2003.
- Materi
yang disampaikan adalah pokok bahasan ……………….
0 comments on SMPMTK-04 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS ... TAHUN 2002/2003 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak