PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TGT SEBAGAI ALTERNATIF
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS ……………………
…………………………………….
TAHUN 2004/2005
KARYA
TULIS ILMIAH
OLEH
…………………….
NIP:
……………………..
DINAS
PENDIDIKAN …………………..
………………………………………………………….
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah
disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan
Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IVa ke IVb.
Kepala Sekolah ………………………..
……………………… Penulis
………………………… ……………………….
NIP: …………………. NIP: ……………
Mengetahui Mengetahui
Pustakawan ……………… Kepala Cab. Din.
Pendidikan
……………………
………………….
……………………. …………………
NIP: …………..
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
……………… …………….
……………………… ………………
Pembina Utama Muda NPA: …………………….
NIP: ………………………….
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT,
hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas
penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Metode Kooperatif Model TGT
(Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar
Matematika Pada Siswa Kelas …………………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005”,
penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di
perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan
karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah
dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat
bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan
sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan
…………………
2. Yth. Ketua PD II PGRI
……………………..
3. Yth. Rekan-rekan Guru
…………………………………..
4. Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari
bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan
saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
……………………….., 2004.
Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai
Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas …………………
Tahun Pelajaran 2004/2005
Kata
Kunci: pembelajaran matematika, metode kooperatif model TGT
Matematika merupakan suatu
bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran
deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari
kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam
matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Dalam pembelajaran matematika agar
mudah dimengerti oleh siswa, proses penalaran deduktif untuk menguatkan
pemahaman yang sudah dimiliki oleh siswa. Tujuan pembelajaran matematika adalah
melatih cara berfikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten.
Penelitian ini berdasarkan
permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan
diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT? (b) Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran kooperatif model TGT terhadap motivasi belajar
siswa?
Sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa
setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT. (b) Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model TGT.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas
……………………………………... Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar
observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%),
siklus III (88,89%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode
kooperatif model TGT dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa
……………. …… serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif pembelajaran matematika.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul .................................................................................................
Lembar Pengesahan ...................................................................................................
Kata Pengantar ..........................................................................................................
Abstrak ......................................................................................................................
Daftar Isi ...................................................................................................................
BAB ..... I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ..............................................................
B. Rumusan Masalah ........................................................................
C. Tujuan Penelitian ........................................................................
D. Manfaat Penelitian ......................................................................
E. Definisi Operasional Variabel
.....................................................
F. Asumsi Penelitian ........................................................................
G. Batasan Masalah...........................................................................
BAB
II KAJIAN PUSTAKA
A. Definisi Pembelajaran .................................................................
B. Pembelajaran Kooperatif ................................................. .........
C. Keterampilan-Keterampilan
Kooperatif .....................................
D. Metode Pembelajaran
Kooperatif Model TGT ...........................
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian .......................................
B. Rancangan Penelitian .................................................................
C. Instrumen Penelitian .........................................................
D. Metode Pengumpulan Data .........................................................
E. Teknik Analisis Data .................................................................
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisis Item Butir Soal ..............................................................
B. Analisi Data Penelitian
Persiklus ................................................
C. Pembahasan .................................................................................
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ......................................................................................
B. Saran ............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ..............................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika
merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui
proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai
akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan
antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.
Dalam
pembelajaran matematika agar mudah dimengerti oleh siswa, proses penalaran
deduktif untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki oleh siswa. Tujuan
pembelajaran matematika adalah melatih cara berfikir secara sistematis, logis,
kritis, kreatif dan konsisten.
Pembelajaran
matematika tidak juga tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui
pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan
pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan
melalui latihan-latihan atau tugas matematika dengan bekerja kelompok kecil dan
menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo, 2000: 24).
Langkah-langkah
tersebut memerlukan partisipasi aktif dari siswa. Untuk itu perlu ada metode
pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Adapun
metode yang dimaksud adalah metode pembelajaan kooperatif. Pembelajaran
kooperatif adalah suatu pengajaran yang melibatkan siswa bekerja dalam
kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama. Felder, (1994: 2).
Pembelajaran
kooperatif lebih menekankan interaksi antar siswa. Dari sini siswa akan
melakukan komunikasi aktif dengan sesama temannya. Dengan komunikasi tersebut
diharapkan siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan mudah karena “siswa
lebih mudah memahami penjelasan dari kawannya dibanding penjelasan dari guru
karena taraf pengetahuan serta pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”.
(Sulaiman dalam Wahyuni 2001: 2).
Penelitian
juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang amat
positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya. (Nur, 1996: 2).
Pete
Tschumi dari Universitas Arkansas Little Rock memperkenalkan suatu ilmu
pengetahuan pengantar pelajaran komputer selama tiga kali, yang pertama siswa
bekerja secara individu, dan dua kali secara kelompok. Dalam kelas pertama
hanya 36% siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik, dan dalam kelas yang
bekerja secara kooperatif ada 58% dan 65% siswa yang mendapat nilai C atau
lebih baik (Felder, 1994:14).
Berdasarkan
paparan tersebut diatas maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan
judul “Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai
Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas
……………………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas …………………………………… Tahun
Pelajaran 2004/2005?
- Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran kooperatif model TGT terhadap motivasi
belajar siswa kelas ………………………………………….. Tahun Pelajaran 2004/2005?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai
dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin
mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas …………………………………..atu
Tahun Pelajaran 2004/2005.
- Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas ………………………………… Tahun
Pelajaran 2004/2005.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini
dapat memberikan manfaat bagi:
- Sekolah
sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa
khususnya pada mata pelajaran matematika.
- Guru,
sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat
memberikan manfaat bagi siswa.
- Siswa,
dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling
peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
- Meningkatkan
belajar siswa pada pelajaran matematika.
- Mengembangkan
model pembelajaran yang sesuai.
E.
Definisi Operasional Variabel
Agar
tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu
didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
- Metode
pembelajaran kooperatif :
Pembelajaran
kooperatif adalah suatu pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam
kelompok-kelompok untuk menentapkan tujuan bersama. (Felder, 1994: 2).
- Motivasi
belajar adalah;
Merupakan daya
penggerak psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan
belajar dan menambah keterampilan, pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah
minat belajar untuk tercapai suatu tujuan.
- Prestasi
belajar adalah;
Hasil belajar
yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa
mengikuti pelajaran matematika.
F. Asumsi
Dalam
penelitian ini diasumsikan;
- Siswa
mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh dari awal sampai akhir
pelajaran.
- Siswa
menerima semua pelajaran yang disampaikan guru dengan baik.
- Dalam
mengerjakan soal tes tanpa dipengaruhi oleh siswa lain.
G. Batasan Masalah
Karena
keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi;
- Penelitian
ini hanya dikenakan pada siswa kelas …………………………………………Tahun Pelajaran
2004/2005.
- Penelitian
ini dilakukan pada bulan Sepetember semester ganjil tahun pelajaran
2004/2005.
- Materi
yang disampaikan adalah pokok bahasan………………
0 comments on SMPMTK-03 PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TGT SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS … TAHUN 2004/2005 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak