PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TAPPS SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS ………………….
………………………………..
TAHUN 2001/2002
KARYA
TULIS ILMIAH
OLEH
……………………………
NIP:
……………………
DINAS
PENDIDIKAN ………………
……………………………………………
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah
disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan
Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IVa ke IVb.
Kepala Sekolah ……………….
……………………… Penulis
………………………. ………………………………..
NIP: ………………… NIP: …………………..
Mengetahui Mengetahui
Pustakawan ……………… Kepala Cab. Din.
Pendidikan
Kecamatan …………….
Kecamatan ……………
…………………………… ……………………………
NIP: …………..
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
………………… ………………………….
………………………. ………………………………
Pembina Utama Muda NPA: ………………….
NIP: ………………….
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT,
hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas
penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Metode Kooperatif Model TAPPS
Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas
…………………………………….. Tahun Pelajaran 2001/2002”, penulisan karya ilmiah ini kami
susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai
sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak
didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat
bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan
sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan
…………………..
2. Yth. Ketua PD II PGRI
………………………………………
3. Yth. Rekan-rekan Guru
…………………………………..
4. Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari
bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan
saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
……………..ardi,
2001. Penerapan
Metode Kooperatif Model TAPPS Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar
Matematika Pada Siswa Kelas …………………………..Tahun Pelajaran 2001/2002
Kata
Kunci: matematika, metode kooperatif, tapps
Pembelajaran Matematika tidak
lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih
mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu
aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas
matematika dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang
lain. (Hartoyo, 2000: 24).
Penelitian ini berdasarkan
permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan
diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TAPPS? (b) Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran kooperatif model TAPPS terhadap motivasi belajar
siswa?
Sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa
setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TAPPS. (b) Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model TAPPS.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas
……………………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi
kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I
(68,00%), siklus II (76,00%), siklus III (88,00%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode
kooperatif model TAPPS dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar
Siswa ……………………………………, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif pembelajaran matematika.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul .................................................................................................
Lembar Pengesahan ...................................................................................................
Kata Pengantar ..........................................................................................................
Abstrak ......................................................................................................................
Daftar Isi ...................................................................................................................
BAB ..... I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ..............................................................
B. Rumusan Masalah ........................................................................
C. Tujuan Penelitian ........................................................................
D. Manfaat Penelitian ......................................................................
E. Definisi Operasional Variabel
.....................................................
F. Batasan Masalah...........................................................................
BAB
II KERANGKA TEORI
A. Definisi Pembelajaran ....................................................... .........
B. Pembelajaran Kooperatif ...........................................................
C. Keterampilan-ketarampilan
Kooperatif ......................................
D. Metode Pembelajaran
Kooperatif Model TAPPS
(Thinking
Aloud Pair Problem Solving) ......................................
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian .......................................
B. Rancangan Penelitian .................................................................
C. Instrumen Penelitian .........................................................
D. Metode Pengumpulan Data .........................................................
E. Teknik Analisis Data .................................................................
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisis Item Butir Soal ..............................................................
B. Analisi Data Penelitian
Persiklus ................................................
C. Pembahasan .................................................................................
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ......................................................................................
B. Saran ............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Guru
memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas
pengajaran yang dilaksanakannya. Oleh sebab itu, guru harus memikirkan dan
membuat perencanaan secara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi
siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya.
Hal
ini menuntut perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas, penggunaan
metode mengajar, strategi belajar-mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru
dalam mengelola proses belajar-mengajar, bertindak selaku administrator yang
berusaha menciptakan kondisi belajar yang efektif sehingga memungkinkan proses
belajar-mengajar, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, dan meningkatkan
kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran yang menguasai tujuan-tujuan
pendidikan yang harus mereka capai.
Untuk
memenuhi hal tersebut di atas guru dituntut mampu mengelola proses
belajar-mengajar yang memberikan
rangsangan kepada siswa sehingga ia mau belajar karena siswalah subjek utama
dalam belajar. Dalam mencinptakan kondisi belajar-mengajar yang efektif harus ada partisipasi aktif dari
siswa, apalagi dalam pembelajar matematika.
Matematika
berfungsi untuk mengembangkan kemampuan bernalar melalui kegiatan penyelidikan,
eksplorasi, dan eksperimen, sebagai alat pemecahan masalah melalui pola pikir
dan model matematika serta sebagai alat komunikasi melalui symbol, table,
grafik, diagram dalam menjelaskan gagasan.
Pembelajaran
Matematika tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi,
tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi.
Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan
atau tugas matematika dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide
kepada orang lain. (Hartoyo, 2000: 24).
Langkah-langkah
tersebut memerlukan partisipasi aktif dari siswa. Untuk itu perlu ada metode
pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Adapun
metode yang dimaksud adalah metode pembelajaan kooperatif. Pembelajaran
kooperatif adalah suatu pengajaran yang melibatkan siswa bekerja dalam
kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama. Felder, (1994: 2).
Pembelajaran
kooperatif lebih menekankan interaksi antar siswa. Dari sini siswa akan
melakukan komunikasi aktif dengan sesama temannya. Dengan komunikasi tersebut
diharapkan siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan mudah karena “siswa
lebih mudah memahami penjelasan dari kawannya dibanding penjelasan dari guru
karena taraf pengetahuan serta pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”.
(Sulaiman dalam Wahyuni 2001: 2).
Penelitian
juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang amat
positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya. (Nur, 1996: 2).
Pete
Tschumi dari Universitas Arkansas Little Rock memperkenalkan suatu ilmu
pengetahuan pengantar pelajaran komputer selama tiga kali, yang pertama siswa
bekerja secara individu, dan dua kali secara kelompok. Dalam kelas pertama
hanya 36% siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik, dan dalam kelas yang
bekerja secara kooperatif ada 58% dan 65% siswa yang mendapat nilai C atau
lebih baik (Felder, 1994:14).
Berdasarkan
paparan tersebut diatas maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan
judul “Penerapan Metode Kooperatif Model TAPPS Sebagai Upaya Meningkatkan
Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas ………………….Tahun Pelajaran
2001/2002”.
B. Rumusan Masalah
Dari
latar belakang permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah
sebagai berikut:
- Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model TAPPS pada siswa kelas ……………………….Tahun
Pelajaran 2001/2002?
- Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran kooperatif model TAPPS terhadap motivasi
belajar siswa kelas ……………………………….?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai
dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin
mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model TAPPS pada siswa kelas ………………………….. Tahun
Pelajaran 2001/2002.
- Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model TAPPS pada siswa kelas ………………………………Tahun
Pelajaran 2001/2002.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan manfaat bagi:
- Memberikan
informasi tentang model pembelajaran yang sesuai dengan pelajaran
matematika.
- Meningkatkan
motivasi siswa pada pelajaran matematika.
- Mengmbangan
model pembelajaran yang sesuai dengan bidang pelajaran matematika.
E. Definisi Operasional Variabel
Agar
tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu
didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
- Metode
pembelajaran kooperatif :
Suatu pendekatan
pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok untuk
menetapkan tujuan bersama..
- Motivasi
belajar adalah:
Merupakan daya
penggerak psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan
belajar dan menambah keterampilan, pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah
minat belajar untuk tercapai suatu tujuan.
- Prestasi
belajar adalah:
Hasil belajar
yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa
mengikuti pelajaran matematika.
F. Batasan Masalah
Karena
keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
- Penelitian
ini hanya dikenakan pada siswa kelas …………………………….Tahun Pelajaran
2001/2002.
- Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran
2001/2002.
- Materi
yang disampaikan adalah pokok bahasan ………………..
0 comments on SMPMTK-02 PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TAPPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS … TAHUN 2001/2002 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak