.

.

SMPIPA-17 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS …TAHUN 2005/2006

Share on :
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
MELALUI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER
PADA SISWA KELAS ……………………..
…………………………………………………..
TAHUN 2005/2006



KARYA ILMIAH


OLEH
……………………………
NIP: ……………………………..




DINAS PENDIDIKAN ………………………
………………………………………….
LEMBAR PENGESAHAN


Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IV a ke IV b.

             Kepala Sekolah                                                        ………………………..
       ……………………….                                                              Penulis


  …………………….                                       ……………………….
       NIP:  ………………….                                                 NIP: ……………….


             Mengetahui                                                                      Mengetahui
   Pustakawan ………………                                         Kepala Cab. Din. Pendidikan
        ……………………                                                                      ………………….


   …………………..                                                …………………………
                                                                                       NIP: 130 501 909

               Mengetahui                                                                       Mengetahui
   Kepala Dinas Pendidikan                                                       Ketua PD II PGRI
               …………………..                                                             ………………

………………………….                                            …………………
      Pembina Utama Muda                                                         NPA: ……………
        NIP: ………………………
KATA PENGANTAR


            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalu Metode Numbered Head Together Pada Siswa Kelas …………………………………. Tahun Pelajaran 2005/2006”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
            Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan ………………..
2.      Yth. Ketua PD II PGRI ……………………….
3.      Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………
4.      Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                                
                                                                                                   Penulis








ABSTRAK

……………….. 2005. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalu Metode Numbered Head Together Pada Siswa Kelas …………………… Tahun Pelajaran 2005/2006

Kata Kunci: belajar ipa, metode numbered head together

Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model NHT? (2) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model NHT terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model NHT. (2) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model NHT.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ………………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,38%), siklus II (76,92%), siklus III (88,46%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode numbered head together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………….., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.




DAFTAR ISI


Halaman
Halaman Judul .................................................................................................          i       
Halaman Pengesahan ............................................................................................... ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iii
Abstrak ................................................................................................................... iv
Daftar Isi ................................................................................................................. v
BAB ..... I       PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah ............................................................. 1
B.     Rumusan Masalah  ..................................................................... 2
C.     Tujuan Penelitian ...................................................................... 3
D.    Manfaat Penelitian  .................................................................... 3
E.     Ruang Lingkup Penelitian .......................................................... 3
F.      Penjelasan Istilah ....................................................................... 4
G.    Batasan Masalah ........................................................................ 4
BAB      II       KAJIAN PUSTAKA
A. Tinjauan Tentang Prestasi Belajar ............................................. 6                             
B. . Hakikat IPA .............................................................................. 8
C. . Pengajaran Kooperatif  .............................................................. 9
D.. Metode Numbered Head Together........................................... 23
BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN
A.     Tempat, Waktu dan Subyek Penelitian  ................................... 26
B.     Rancangan Penelitian  ............................................................. 26
C.     Instrumen Penelitian  .........................................................       27
D.    Metode Pengumpulan Data  .................................................... 32
E.     Teknik Analisis Data ............................................................... 32
BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.     Analisis Item Butir Soal  .......................................................... 34
B.     Analisis Data Penelitian Persiklus ........................................... 36
C.     Pembahasan ............................................................................. 47
BAB     V      PENUTUP
A.     Kesimpulan ............................................................................. 49
B.     Saran-saran .............................................................................. 49
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 51


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
System pendidikan di Indonesia ternyata telah mengalami banyak perubahan. Perubahan-perubahan itu terjadi karena telah dilakukan berbagai usaha pembaharuan dalam pendidikan. Perubahan-perubahan pendidikan, masyarakat perguruan tinggi atau masyarakan pendidikan selalu berusaha dalam penemuan baru di bidang ilmu pendidikan dan teknologi pendidian yang akan mebawa pengaruh sangat besar dalam bidang pendidikan. Akibat pengaruh-pengaruh itu maka pendidikan semakin mengalami kemajuan.
Sejalan dengan kemajuan tersebut, maka dewasa ini pendidikan di sekolah-sekolah talah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan itu terjadi karena terdorong adanya pembaharuan tersebut, sehingga di dalam pengajaranpun guru selalu ingin menemukan metode dan peralatan baru yang dapat memberikan semangat belajar bagi muri-murid. Bahkan secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa pembaharuan itu merupakan pembaharuan dalam system pendidikan yang mencakup seluruh komponen yang ada. Pembangunan di bidang pendidikan barulah ada artinya apabila dalam pendidikan dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bangsa Indonesia yang sedang membangun
Hal ini sesuai dengan Tap MPR No. IV/MPR/1978 tentang GBHN, dalam hubungannya dengan pendidikan disebutkan bahwa: “Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti , memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa”.
Dengan demikian sudah jelas system ini menuntut atau memerlukan kondisional yang baru pula baik sarana fisik atau sarana psikis. Di samping dibutuhkan guru-guru yang memiliki kemampuan dan kecakapan yang lebih memadahi juga diperlukan cara-cara bekerja dan sikap yang baru juga peralatan yang lebih lengkap.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia tidak pernah berhenti. Berbagai terobosan baru terus dilakukan oleh pemerintah melalui Depdiknas. Upaya itu antara lain dalam pengelolaan sekolah, peningkatan sumber daya tenaga pendidikan, pengembangan/penulisan materi ajar, serta pengembangan paradigma baru dengan metodologi pengajaran.
Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif.
Apa yang menjadikan belajar aktif? Agar belajar menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud)
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Dengan menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis penulis mengambil judul “Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalu Metode Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas …………………………..Tahun Pelajaran 2005/2006.”

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
  1. Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model NHT pada siswa Kelas ……………………………..tahun pelajaran 2005/2006?
  2. Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model NHT terhadap motivasi belajar siswa Kelas …………………………………. tahun pelajaran 2005/2006?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model NHT pada siswa Kelas …………………………………..tahun pelajaran 2005/2006.
  2. Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model NHT pada siswa Kelas ………………………………… tahun pelajaran 2005/2006.

D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi:
  1. Sekolah, sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA.
  2. Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
  3. Siswa, dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.

E.   Ruang Lingkup Penelitian
Populasi dalam penelitian ini hanya terbatas pada siswa Kelas ……………………….. tahun pelajaran 2005/2006.

F.   Penjelasan Istilah 
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Metode Numbered Head Together adalah:
Suatu pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama.
  1. Motivasi belajar adalah:
Dorongan dan kemauan belajar yang dinyatakan dalam nilai atau skor yang dijaring melalui angket motivasi.
  1. Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.
G. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
  1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa Kelas ……………………………… tahun pelajaran 2005/2006.
  2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun ajaran 2005/2006.
  3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan………………….

0 comments on SMPIPA-17 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS …TAHUN 2005/2006 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search