MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
MELALUI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER
PADA SISWA KELAS ……………………..
…………………………………………………..
TAHUN 2005/2006
KARYA ILMIAH
OLEH
……………………………
NIP:
……………………………..
DINAS
PENDIDIKAN ………………………
………………………………………….
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah
disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan
Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IV a ke IV b.
Kepala Sekolah ………………………..
………………………. Penulis
……………………. ……………………….
NIP: …………………. NIP: ……………….
Mengetahui Mengetahui
Pustakawan ……………… Kepala Cab. Din.
Pendidikan
…………………… ………………….
………………….. …………………………
NIP: 130 501 909
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
………………….. ………………
…………………………. …………………
Pembina Utama Muda NPA: ……………
NIP: ………………………
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT,
hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas
penyusunan karya ilmiah dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalu
Metode Numbered Head Together Pada Siswa Kelas …………………………………. Tahun Pelajaran
2005/2006”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di
perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan
karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah
dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam
penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai
pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan
………………..
2. Yth. Ketua PD II PGRI
……………………….
3. Yth. Rekan-rekan Guru
…………………………………
4. Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa
penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran
yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
……………….. 2005. Meningkatkan
Prestasi Belajar IPA Melalu Metode Numbered Head Together Pada Siswa Kelas
…………………… Tahun Pelajaran 2005/2006
Kata
Kunci: belajar ipa, metode numbered head together
Untuk
bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan
pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa
perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri,
menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas
yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan.
Penelitian ini berdasarkan
permasalahan: (1) Bagaimanakah peningkatan prestasi
belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model NHT?
(2) Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran kooperatif model NHT terhadap motivasi belajar
siswa?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Ingin mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif
model NHT. (2) Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model NHT.
Penelitian
ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap
yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas ………………………. Data yang diperoleh berupa hasil
tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari
hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari
siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,38%), siklus II (76,92%), siklus
III (88,46%).
Simpulan
dari penelitian ini adalah metode numbered head together dapat berpengaruh
positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………….., serta model pembelajaran
ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul ................................................................................................. i
Halaman Pengesahan ............................................................................................... ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iii
Abstrak ................................................................................................................... iv
Daftar Isi ................................................................................................................. v
BAB
..... I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ............................................................. 1
B. Rumusan Masalah ..................................................................... 2
C. Tujuan Penelitian ...................................................................... 3
D. Manfaat Penelitian .................................................................... 3
E. Ruang Lingkup Penelitian .......................................................... 3
F. Penjelasan Istilah ....................................................................... 4
G. Batasan Masalah ........................................................................ 4
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Tinjauan Tentang Prestasi Belajar ............................................. 6
B.
. Hakikat IPA .............................................................................. 8
C.
. Pengajaran Kooperatif .............................................................. 9
D.. Metode Numbered Head Together........................................... 23
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat, Waktu dan Subyek
Penelitian ................................... 26
B. Rancangan Penelitian ............................................................. 26
C. Instrumen Penelitian ......................................................... 27
D. Metode Pengumpulan Data .................................................... 32
E. Teknik Analisis Data ............................................................... 32
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisis Item Butir Soal .......................................................... 34
B. Analisis Data Penelitian
Persiklus ........................................... 36
C. Pembahasan ............................................................................. 47
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................................. 49
B. Saran-saran .............................................................................. 49
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 51
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
System
pendidikan di Indonesia
ternyata telah mengalami banyak perubahan. Perubahan-perubahan itu terjadi
karena telah dilakukan berbagai usaha pembaharuan dalam pendidikan.
Perubahan-perubahan pendidikan, masyarakat perguruan tinggi atau masyarakan
pendidikan selalu berusaha dalam penemuan baru di bidang ilmu pendidikan dan
teknologi pendidian yang akan mebawa pengaruh sangat besar dalam bidang
pendidikan. Akibat pengaruh-pengaruh itu maka pendidikan semakin mengalami
kemajuan.
Sejalan
dengan kemajuan tersebut, maka dewasa ini pendidikan di sekolah-sekolah talah
menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan itu terjadi karena
terdorong adanya pembaharuan tersebut, sehingga di dalam pengajaranpun guru
selalu ingin menemukan metode dan peralatan baru yang dapat memberikan semangat
belajar bagi muri-murid. Bahkan secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa
pembaharuan itu merupakan pembaharuan dalam system pendidikan yang mencakup
seluruh komponen yang ada. Pembangunan di bidang pendidikan barulah ada artinya
apabila dalam pendidikan dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat
dan bangsa Indonesia
yang sedang membangun
Hal
ini sesuai dengan Tap MPR No. IV/MPR/1978 tentang GBHN, dalam hubungannya dengan
pendidikan disebutkan bahwa: “Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan
bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti , memperkuat kepribadian
dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia
pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung
jawab atas pembangunan bangsa”.
Dengan
demikian sudah jelas system ini menuntut atau memerlukan kondisional yang baru
pula baik sarana fisik atau sarana psikis. Di samping dibutuhkan guru-guru yang
memiliki kemampuan dan kecakapan yang lebih memadahi juga diperlukan cara-cara
bekerja dan sikap yang baru juga peralatan yang lebih lengkap.
Upaya
peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia tidak pernah berhenti.
Berbagai terobosan baru terus dilakukan oleh pemerintah melalui Depdiknas.
Upaya itu antara lain dalam pengelolaan sekolah, peningkatan sumber daya tenaga
pendidikan, pengembangan/penulisan materi ajar, serta pengembangan paradigma
baru dengan metodologi pengajaran.
Mengajar
bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari
perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan
mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan
membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang
langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif.
Apa
yang menjadikan belajar aktif? Agar belajar menjadi aktif siswa harus
mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji
gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar
aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan
sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud)
Untuk
bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan
pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa
perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri,
menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan
tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Dengan
menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian
ini penulis penulis mengambil judul “Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalu
Metode Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas …………………………..Tahun
Pelajaran 2005/2006.”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model NHT pada siswa Kelas ……………………………..tahun
pelajaran 2005/2006?
- Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran kooperatif model NHT terhadap motivasi
belajar siswa Kelas …………………………………. tahun pelajaran 2005/2006?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai
dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin
mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model NHT pada siswa Kelas …………………………………..tahun
pelajaran 2005/2006.
- Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model NHT pada siswa Kelas ………………………………… tahun
pelajaran 2005/2006.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini
dapat memberikan manfaat bagi:
- Sekolah,
sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa
khususnya pada mata pelajaran IPA.
- Guru,
sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat
memberikan manfaat bagi siswa.
- Siswa,
dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling
peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
E. Ruang Lingkup Penelitian
Populasi
dalam penelitian ini hanya terbatas pada siswa Kelas ……………………….. tahun
pelajaran 2005/2006.
F. Penjelasan Istilah
Agar
tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu
didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
- Metode
Numbered Head Together adalah:
Suatu pengajaran
yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan
tujuan bersama.
- Motivasi
belajar adalah:
Dorongan dan
kemauan belajar yang dinyatakan dalam nilai atau skor yang dijaring melalui
angket motivasi.
- Prestasi
belajar adalah:
Hasil belajar
yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa
mengikuti pelajaran.
G. Batasan Masalah
Karena
keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
- Penelitian
ini hanya dikenakan pada siswa Kelas ……………………………… tahun pelajaran
2005/2006.
- Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun ajaran
2005/2006.
- Materi
yang disampaikan adalah pokok bahasan………………….
0 comments on SMPIPA-17 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS …TAHUN 2005/2006 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak