PENGGUNAAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS
UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
PADA SISWA KELAS …………………….
…………………………………..
TAHUN 2001/2002
KARYA ILMIAH
OLEH
………………………
NIP:
………………………..
DINAS
PENDIDIKAN …………………..
…………………………….
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah
disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan
Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IV a ke IV b.
Kepala Sekolah ………………………………
………………. Penulis
………………… …………………..
NIP: …………… NIP: ……………
Mengetahui Mengetahui
Pustakawan ………… Kepala Cab. Din.
Pendidikan
……………….. ………………
………………………….. ………………….
NIP: …………..
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
……………… ………
……………………… ……………………….
Pembina Utama Muda NPA: ……………
NIP: ……………….
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT,
hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas
penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penggunaan
Media Charta, Model Dan LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Pada Siswa
Kelas ……………………………………. Tahun 2001/2002”, penulisan karya ilmiah ini kami
susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai
sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak
didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam
penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai
pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan
…………………..
2. Yth. Ketua PD II PGRI
……………………..
3. Yth. Rekan-rekan Guru
………………………………….
4. Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa
penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran
yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
…………… Penggunaan
Media Charta, Model Dan LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Pada Siswa
………………………………. Tahun 2001/2002
Kata kunci: ilmu pengetahuan
alam, media charta, model dan lks
Media pelajaran
jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka
pemilihan media yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan
harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran.
Pada penilaian ini pokok bahasan yang akan diajarkan adalah ………. sehingga media
yang dianggap cocok untuk membantu siswa memahami konsep itu adalah media
charta, model dan LKS.
Permasalahan yang
ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: “Apakah pemanfaatan
media charta, model dan LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep IPA bagi
siswa kelas ………………………………………….?”
Tujuan penelitian
yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam
dengan menggunakan media charta, model dan LKS di …………………………………..
Penelitian
ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap
yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa Kelas …………………………... Data yang diperoleh berupa
hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari
hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan
dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (76,00%),
siklus III (88,00%).
Simpulan
dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media charta, model
dan LKS dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa
………………………………………………, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah
satu alternative pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul ................................................................................................. i
Halaman Pengesahan ............................................................................................... ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iii
Abstrak ................................................................................................................... iv
Daftar Isi ................................................................................................................. v
BAB
..... I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ............................................................ 1
B. Rumusan Masalah ...................................................................... 3
C. Tujuan Penelitian ...................................................................... 3
D. Manfaat Penelitian .................................................................... 3
E. Batasan Masalah ........................................................................ 4
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Media........................................................................ 6
B. Pengertian Medai Pendidikan .................................................... 7
C. Landasan Teori Penggunaan
Media Pendidikan ...................... 10
D. Media Model ............................................................................ 14
E. Media Charta (Gambar) ........................................................... 14
F. Media LKS .............................................................................. 15
G. Pendekatan Konsep dan
Pendekatan Keterampilan dalam
Proses Belajar Mengajar IPA.................................................... 16
H. Hakikat
IPA ........................................................................... 18
I. Proses
Belajar Mengajar IPA ................................................... 19
J. Prestasi
Belajar IPA ................................................................. 21
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian ................................... 16
B. Rancangan Penelitian ............................................................. 16
C. Instrumen Penelitian ......................................................... 17
D. Metode Pengumpulan Data ..................................................... 21
E. Teknik Analisis Data ............................................................. 22
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisis Item Butir Soal .......................................................... 24
B. Analisi Data Penelitian
Persiklus ............................................ 26
C. Pembahasan ............................................................................. 33
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................................. 36
B. Saran ........................................................................................ 36
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 38
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dewasa ini bidang pembelajaran secara umum
sedikit banyaknya terpengaruh oleh adanya perkembangan dan penemuan-penemuan
dalam bidang keterampilan, ilmu, dan teknologi. Pengaruh perkembangan tersebut
tampak jelas dalam upaya-upaya pembaharuan system pendidikan dan pembelajaran.
Upaya pembaharuan itu menyentuh bukan hanya saran fisik seperti pengembangan
kualitas tenaga-tenaga kependidikan yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan
keterampilan memanfaatkan fasilitas yang tersedia, cara kerja yang inovatif,
serta sikap yang positif terhadap tugas-tugas kependidikan yang diembannya.
Salah satu bagian integral dari upaya pembaharuan itu adalah media
pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran menjadi suatu bidang yang
seyogianya dikuasai oleh setiap guru professional.
Tumbuhnya kesadaran terhadap pentingnya
pengembangan media pembelajaran di masa yang akan datang harus dapat
direalisasikan dalam praktek. Banyak usaha yang dapat dikerjakan. Di samping
memahami penggunaannya, para guru pun patut berupaya untuk mengembangkan
keterampilan, “membuat sendiri” media yang menarik, murah dan efisien, dengan
tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai dengan tuntutan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Seperti disebutkan dalam Tap MPR RI No.
II/MPR/1995 tentang Garis Besar Haluan Negara bahwa, “Pendidikan nasional
bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yaitu
manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti
luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil,
disiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab dan produktif, sehat
jasmani dan rohani (BP-7 Pusat 1994: 158).
Sedangkan
menurut Undang-undang Nomor 2 tahuan 1989 tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan
kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa
terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan
keterampilan, sehat jasmani dan rohani kepribadian yang mantap dan mandiri
serta bertanggung jawab kemasyarakatan bangsa (Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan, 1998: 3). Tujuan pendidikan nasional ini sangat luas dan bersifat
umum sehingga perlu dijabarkan dalam Tujuan Institusional yang disesuaikan
dengan jenis dan tingkatan sekolah yang kemudian dijabarkan lagi menjadi tujuan
kurikuler yang merupakan tujuan kurikulum sekolah yang diperinci menurut bidang
studi/mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran (Purwanto, 1988:2). Tujuan
instruksional dijabarkan menjadi Tujuan Pembelajaran Umum dan kemudian
dijabarkan lagi menjadi Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK).
Bertitik tolak pada tujuan pendidikan tersebut
dapat disimpulkan bahwa dengan tercapainya tujuan pendidikan nasional berarti
pula terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan
nasional itu bukan merupakan tanggung jawab salah satu pihak saja, melainkan
harus ada kerja sama dari berbagai pihak. Pihak-pihak yang sangat erat
hubungannya dengan pendidikan adalah keluarga, masyarakat, pemerintah, dalam
rangka mencapai tujuan pendidikan telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun
oleh lembaga pendidikan swasta. Usaha pembaharuan pendidikan tersebut misalnya,
pembaharuan kulikulum, metode-metode mengajar, media mengajar. Dengan adanya
usaha tersebut maka dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia .
Dalam
mencapai Tujuan Pembelajaran Khusus pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar,
masih banyak mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari masih rendahnya nilai
mata pelajaran IPA dibandingkan dengan nilai beberapa mata pelajaran lainnya,
mata pelajaran IPA peringkat nilainya menempati urutan bawah dari mata
pelajaran yang diebtanaskan, bertitik tolak dari hal tersebut di atas perlu
pemikiran-pemikiran dan tindakan-tindakan yang harus dilalukan agar siswa dalam
mempelajari konsep-konsep IPA tidak mengalami kesulitan, sehingga tujuan
pembelajaran khusus yang dibuat oleh guru mata pelajaran IPA dapat tercapai
dengan baik dan hasilnya dapat memuaskan semua pihak. Oleh sebab itu penggunaan
media pembelajaran dirasa sangat penting untuk membantu siswa dalam memahami
konsep-konsep IPA.
Media
pelajaran jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan,
maka pemilihan media yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan
diajarkan harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi
pelajaran. Pada penilaian ini pokok bahasan yang akan diajarkan adalah …………
sehingga media yang dianggap cocok untuk membantu siswa memahami konsep itu
adalah media charta, model dan LKS. Pemilihan media charta dan model diharapkan
dapat membantu memberikan gambaran tentang struktur alat pencernaan manusia
yang tentunya sulit untuk dilihat secara langsung pada benda aslinya. Sedangkan
penggunaan media LKS diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses
belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitasnya tidak
hanya didominasi oleh guru, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik,
emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep sistem percernaan
manusia yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa. Berdasarkan uraian
dari latar belakang tersebut di atas maka dalam penelitian in memilih judul
“Penggunaan Media Charta, Model Dan LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA
Pada Siswa Kelas ……………………………. Tahun Pelajaran 2001/2002”.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang masalah dapat dirumuskan sebagai berikut: “Apakah
pemanfaatan media berupa charta, model, dan LKS dapat meningkatkan pemahaman
konsep-konsep IPA bagi siswa kelas ………………………….. Tahun Pelajaran 2001/2002”.
C.
Tujuan Penelitian
Tujuan
penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan pemahaman
konsep-konsep IPA dengan menggunakan media charta, model dan LKS di
…………………………………………………..
D.
Manfaat Penelitian
Penelitian
ini diharapkan bermanfaat:
- Bagi
siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan media
charta, model dan LKS.
- Bagi
guru dapat memberikan tambahan pengayaan cara mengajar dengan bantuan
media charta sehingga tujuan pembelajaran dapat tercaapi dengan baik.
- Bagi
lembaga dapat dijadikan sebagai bahan masukan informasi tentang salah satu
alternative cara pembelajaran IPA pada siswa dengan pemanfaatan media
pengajaran dalam mencapai tujuan intruksional.
E.
Batasan Masalah
- Konsep
IPA yang digunakan dalam penelitian ini adalah……………
- Media
yang digunakan dalam penelitian ini charta, model, dan LKS.
- Penelitian
ini dilakukan pada siswa kelas …………………………………………….
0 comments on SMPIPA-16 PENGGUNAAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS …TAHUN 2001/2002 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak