.

.

SMPIPA-16 PENGGUNAAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS …TAHUN 2001/2002

Share on :
PENGGUNAAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS
UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
PADA SISWA KELAS …………………….
…………………………………..
TAHUN 2001/2002



KARYA ILMIAH


OLEH
………………………
NIP: ………………………..






DINAS PENDIDIKAN …………………..
…………………………….
LEMBAR PENGESAHAN


Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IV a ke IV b.

             Kepala Sekolah                                                        ………………………………
……………….                                                                     Penulis


  …………………                                            …………………..
       NIP:  ……………                                                                      NIP: ……………


             Mengetahui                                                                      Mengetahui
   Pustakawan …………                                                 Kepala Cab. Din. Pendidikan
        ………………..                                                                ………………


   …………………………..                                                ………………….
                                                                                       NIP: …………..

               Mengetahui                                                                       Mengetahui
   Kepala Dinas Pendidikan                                                       Ketua PD II PGRI
               ………………                                                                               ………

 ………………………                                                ……………………….
      Pembina Utama Muda                                                         NPA: ……………
        NIP: ……………….
KATA PENGANTAR


            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penggunaan Media Charta, Model Dan LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Pada Siswa Kelas ……………………………………. Tahun 2001/2002”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
            Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan …………………..
2.      Yth. Ketua PD II PGRI ……………………..
3.      Yth. Rekan-rekan Guru ………………………………….
4.      Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                                
                                                                                                   Penulis
ABSTRAK

…………… Penggunaan Media Charta, Model Dan LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Pada Siswa ………………………………. Tahun 2001/2002


Kata kunci: ilmu pengetahuan alam, media charta, model dan lks

Media pelajaran jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan media yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran. Pada penilaian ini pokok bahasan yang akan diajarkan adalah ………. sehingga media yang dianggap cocok untuk membantu siswa memahami konsep itu adalah media charta, model dan LKS.  
Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: “Apakah pemanfaatan media charta, model dan LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep IPA bagi siswa kelas ………………………………………….?”
Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan media charta, model dan LKS di …………………………………..
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas …………………………... Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (76,00%), siklus III (88,00%).
Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media charta, model dan LKS dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa ………………………………………………, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.




DAFTAR ISI


Halaman
Halaman Judul .................................................................................................          i       
Halaman Pengesahan ............................................................................................... ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iii
Abstrak ................................................................................................................... iv
Daftar Isi ................................................................................................................. v
BAB ..... I       PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang  Masalah ............................................................ 1
B.     Rumusan Masalah ...................................................................... 3
C.     Tujuan Penelitian ...................................................................... 3
D.    Manfaat Penelitian  .................................................................... 3
E.     Batasan Masalah ........................................................................ 4
BAB      II       KAJIAN PUSTAKA
A.     Pengertian Media........................................................................ 6
B.     Pengertian Medai Pendidikan .................................................... 7
C.     Landasan Teori Penggunaan Media Pendidikan ...................... 10
D.    Media Model ............................................................................ 14
E.     Media Charta (Gambar) ........................................................... 14
F.      Media LKS .............................................................................. 15
G.    Pendekatan Konsep dan Pendekatan Keterampilan dalam
Proses Belajar Mengajar IPA.................................................... 16
                        H. Hakikat IPA  ........................................................................... 18
                        I.    Proses Belajar Mengajar IPA ................................................... 19
                        J.    Prestasi Belajar IPA ................................................................. 21                            
BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN
A.     Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ................................... 16
B.     Rancangan Penelitian  ............................................................. 16
C.     Instrumen Penelitian  .........................................................       17
D.    Metode Pengumpulan Data ..................................................... 21
E.     Teknik Analisis Data   ............................................................. 22
BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.     Analisis Item Butir Soal  .......................................................... 24
B.     Analisi Data Penelitian Persiklus  ............................................ 26
C.     Pembahasan ............................................................................. 33
BAB     V      PENUTUP
A.     Kesimpulan ............................................................................. 36
B.     Saran ........................................................................................ 36
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 38


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Dewasa ini bidang pembelajaran secara umum sedikit banyaknya terpengaruh oleh adanya perkembangan dan penemuan-penemuan dalam bidang keterampilan, ilmu, dan teknologi. Pengaruh perkembangan tersebut tampak jelas dalam upaya-upaya pembaharuan system pendidikan dan pembelajaran. Upaya pembaharuan itu menyentuh bukan hanya saran fisik seperti pengembangan kualitas tenaga-tenaga kependidikan yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan memanfaatkan fasilitas yang tersedia, cara kerja yang inovatif, serta sikap yang positif terhadap tugas-tugas kependidikan yang diembannya. Salah satu bagian integral dari upaya pembaharuan itu adalah media pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran menjadi suatu bidang yang seyogianya dikuasai oleh setiap guru professional.
Tumbuhnya kesadaran terhadap pentingnya pengembangan media pembelajaran di masa yang akan datang harus dapat direalisasikan dalam praktek. Banyak usaha yang dapat dikerjakan. Di samping memahami penggunaannya, para guru pun patut berupaya untuk mengembangkan keterampilan, “membuat sendiri” media yang menarik, murah dan efisien, dengan tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Seperti disebutkan dalam Tap MPR RI No. II/MPR/1995 tentang Garis Besar Haluan Negara bahwa, “Pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab dan produktif, sehat jasmani dan rohani (BP-7 Pusat 1994: 158).
Sedangkan menurut Undang-undang Nomor 2 tahuan 1989 tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab kemasyarakatan bangsa (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998: 3). Tujuan pendidikan nasional ini sangat luas dan bersifat umum sehingga perlu dijabarkan dalam Tujuan Institusional yang disesuaikan dengan jenis dan tingkatan sekolah yang kemudian dijabarkan lagi menjadi tujuan kurikuler yang merupakan tujuan kurikulum sekolah yang diperinci menurut bidang studi/mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran (Purwanto, 1988:2). Tujuan instruksional dijabarkan menjadi Tujuan Pembelajaran Umum dan kemudian dijabarkan lagi menjadi Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK).
Bertitik tolak pada tujuan pendidikan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan tercapainya tujuan pendidikan nasional berarti pula terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan nasional itu bukan merupakan tanggung jawab salah satu pihak saja, melainkan harus ada kerja sama dari berbagai pihak. Pihak-pihak yang sangat erat hubungannya dengan pendidikan adalah keluarga, masyarakat, pemerintah, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh lembaga pendidikan swasta. Usaha pembaharuan pendidikan tersebut misalnya, pembaharuan kulikulum, metode-metode mengajar, media mengajar. Dengan adanya usaha tersebut maka dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Dalam mencapai Tujuan Pembelajaran Khusus pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar, masih banyak mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari masih rendahnya nilai mata pelajaran IPA dibandingkan dengan nilai beberapa mata pelajaran lainnya, mata pelajaran IPA peringkat nilainya menempati urutan bawah dari mata pelajaran yang diebtanaskan, bertitik tolak dari hal tersebut di atas perlu pemikiran-pemikiran dan tindakan-tindakan yang harus dilalukan agar siswa dalam mempelajari konsep-konsep IPA tidak mengalami kesulitan, sehingga tujuan pembelajaran khusus yang dibuat oleh guru mata pelajaran IPA dapat tercapai dengan baik dan hasilnya dapat memuaskan semua pihak. Oleh sebab itu penggunaan media pembelajaran dirasa sangat penting untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep IPA.
Media pelajaran jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan media yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran. Pada penilaian ini pokok bahasan yang akan diajarkan adalah ………… sehingga media yang dianggap cocok untuk membantu siswa memahami konsep itu adalah media charta, model dan LKS. Pemilihan media charta dan model diharapkan dapat membantu memberikan gambaran tentang struktur alat pencernaan manusia yang tentunya sulit untuk dilihat secara langsung pada benda aslinya. Sedangkan penggunaan media LKS diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitasnya tidak hanya didominasi oleh guru, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep sistem percernaan manusia yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa. Berdasarkan uraian dari latar belakang tersebut di atas maka dalam penelitian in memilih judul “Penggunaan Media Charta, Model Dan LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas ……………………………. Tahun Pelajaran 2001/2002”.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah dapat dirumuskan sebagai berikut: “Apakah pemanfaatan media berupa charta, model, dan LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep IPA bagi siswa kelas ………………………….. Tahun Pelajaran 2001/2002”.

C.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep-konsep IPA dengan menggunakan media charta, model dan LKS di …………………………………………………..

D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan bermanfaat:
  1. Bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan media charta, model dan LKS.
  2. Bagi guru dapat memberikan tambahan pengayaan cara mengajar dengan bantuan media charta sehingga tujuan pembelajaran dapat tercaapi dengan baik.
  3. Bagi lembaga dapat dijadikan sebagai bahan masukan informasi tentang salah satu alternative cara pembelajaran IPA pada siswa dengan pemanfaatan media pengajaran dalam mencapai tujuan intruksional.
E.     Batasan Masalah
  1. Konsep IPA yang digunakan dalam penelitian ini adalah……………
  2. Media yang digunakan dalam penelitian ini charta, model, dan LKS.
  3. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas …………………………………………….

0 comments on SMPIPA-16 PENGGUNAAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS …TAHUN 2001/2002 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search