PENERAPAN
CARA BELAJAR AKTIF MODEL PENCOCOKAN KARTU INDEKS DALAM MEMBANTU PENGUASAAN
MATERI PELAJARAN SAINS PADA SISWA KELAS …………………….
…………………………………………………..
TAHUN
2003/2004
KARYA
ILMIAH
OLEH
………………………………..
NIP: ……………………………
DINAS PENDIDIKAN
……………………………….
……………………………………………………
HALAMAN PERSETUJUAN DAN
PENGESAHAN
Setelah membaca
dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang tidak
dipublikasikan tetapi didokumentasikan di perpustakaan ………..……………………………………………
hasil karya dari:
Nama : …………………….
NIP : ……………………
Unit Kerja : …………………………………………….
Judul : Penerapan Cara Belajar Aktif Model Pencocokan
Kartu Indeks dalam Membantu Penguasaaan Materi Pelajaran Sains Pada Siswa Kelas
……………………………………..Tahun Pelajaran 2003/2004.
Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan mendapatkan Penetapan
Angka Kredit Kenaikan Pangkat dalam jabatan fungsional guru.
Mengetahui
Ketua PD PGRI II
…………………………….
…………………….. …………………………….
………………………………. ………………………..
NPA: ……………… NIP:
………………….
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi penetapan
angka kredit kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional guru. Karya ilmiah ini
tidak dipublikasikan tetapi telah disetujui dan disahkan untuk didokumentasikan
di perpustakaan ……………………………………….
Pada Hari : ……………………
Tanggal : ……………………
Perpustakawan Kepala
…………………………..
……………………………
………………. ………………….
……………………. …………………
NIP:…………….. NIP: ……………….
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap
syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan
hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan
judul “Penerapan Cara Belajar Aktif Model Pencocokan Kartu Indeks dalam
Membantu Penguasaaan Materi Pelajaran Sains Pada Siswa Kelas ………………………………….
Tahun Pelajaran 2003/2004”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai
dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam
pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi
ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam
penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai
pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.
Yth. Kepala Dinas Pendidikan
………………………………..
2.
Yth. Ketua PD II PGRI
…………………………………..
3.
Yth. Rekan-rekan Guru
……………………………………………
4.
Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis
menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala
kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis
harapkan.
Penulis
ABSTRAK
………………. 2003. Penerapan
Cara Belajar Aktif Model Pencocokan Kartu Indeks dalam Membantu Penguasaaan
Materi Pelajaran Sains Pada Siswa ………………………………….. Pelajaran 2003/2004
Kata Kunci: belajar aktif,
pencocokan kartu indeks
Untuk bisa mempelajari sesuatu
dengan baik, kita perlu mendengar,melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya,
dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu
“mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri,
menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas
yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan.
Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap yaitu:
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian
ini adalh siswa kelas ………………….. ……………………………... Data yang diperoleh berupa hasil
tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa
prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III
yaitu, siklus I (62,50%), siklus II (75,00%), siklus III (87,50%).
Simpulan dari penelitian ini
adalah metode belajar aktif model pencocokan kartu indeks dapat berpengaruh
positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………., serta model pembelajaran
ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran sains.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul .................................................................................................
Halaman Pengesahan ................................................................................................
Kata Pengantar ..........................................................................................................
Abstrak ......................................................................................................................
Daftar Isi ...................................................................................................................
BAB ..... I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah .............................................................
B.
Rumusan Masalah .......................................................................
C.
Tujuan Penelitian .........................................................................
D.
Kegunaan Penelitian ..................................................................
E.
Penjelasan Istilah …………………………………………
F.
Batasan
Masalah………………………………………….
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Tinjauan Tentang Prestasi
Belajar ..............................................
B.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Prestasi Belajar ...................
C.
Hakikat IPA atau Sains ...............................................................
D.
Proses Belajar Mengajar IPA
atau Sains .....................................
E.
Prestasi Belajar IPA atau Sains
...................................................
F.
Gaya Belajar ................................................................................
G.
Sisi Sosial Proses Belajar .............................................................
H.
Cara Belajar Aktif Model
Pencocokan Kartu Indeks .................
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A.
Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian ......................................
B.
Rancangan Penelitian .................................................................
C.
Instrumen Penelitian .........................................................
D.
Metode Pengumpulan Data ........................................................
E.
Teknik Analisis Data .................................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Analisis Item Butir Soal .............................................................
B.
Analisi Data Penelitian
Persiklus ...............................................
C.
Pembahasan .................................................................................
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan .................................................................................
B.
Saran ...........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kesejahteraan bangsa tidak hanya
bergantung pada sumber daya alam dan modal yang berisifat fisik, tetapi
bersumber pada modal intelektual, sosial
dan kepercayaan (kredibilitas). Dengan demikian tuntutan untuk terus menerus
memutakhirkan pengetahuan sains menjadi suatu keharusan. Mutu lulusan tidak
cukup diukur dengan standar lokal saja sebab perubahan global telah sangat
besar mempengaruhi ekonomi suatu bangsa. Industri baru dikembangkan dengan berbasis kompetensi sains dan teknologi tingkat tinggi, dengan
demikian bangsa yang berahasil adalah bangsa yang memiliki standasr komptensi
sains dan teknologi yang tinggi.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan
di Indonesia tidak pernah berhenti. Berbagai terobosan baru
terus dilakukan oleh pemerintah melalui Depdiknas. Upaya itu antara lain dalam
pengelolaan sekolah, peningkatan sumber daya tenaga pendidikan,
pengembangan/penulisan materi ajar, serta pengembangan paradigma baru dengan
metodologi pengajaran.
Mengajar bukan semata persoalan
menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi
ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa
sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar
yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah
kegiatan belajar aktif.
Apa yang menjadikan belajar aktif?
Agar belajar menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka
harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan
apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat
dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka,
bergerak leluasa dan berfikir keras (moving
about dan thinking aloud)
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan
baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan
membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”,
yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya,
mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut
pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Salah satu metode untuk membangkitkan
apa yang siswa pelajari dalam satu semester proses belajar mengajar adalah
metode pembelajaran bagaimana menjadikan belajar tidak terlupakan. Metode ini
adalah untuk membantu siswa dalam mengingat materi pelajaran yang telah
diterima selama ini. Selain itu metode ini diterapkan pada akhir semester
proses belajar mengajar dengan tujuan untuk
membantu siswa agar siap mengahadapi ujian semester atau ujian akhir.
Dengan menyadari gejala-gejala atau
kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis penulis mengambil
judul “Penerapan Cara Belajar Aktif Model Pencocokan Kartu indeks Dalam
Membantu Penguasaan Materi Pelajaran Sains Pada Siswa Kelas …………………………….Tahun
Pelajaran 2003/2004.”
B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang
diatas maka penulis merumuskan permasalahnnya sebagi berikut:
- Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Sains dengan diterapkannya metode pembelajaran yang selama ini diterapakan pada siswa Kelas ………………………………………… tahun pelajaran 2003/2004?
- Bagaimanakah pengaruh cara belajar aktif model pencocokan kartu indeks dalam membantu siswa mengingatkan kembali materi pelajaran Sains pada siswa Kelas …………………………………….. tahun pelajaran 2003/2004?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas,
penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Sains setelah diterapkannya cara belajar aktif model pencocokan kartu indeks pada siswa Kelas ……………………………….. tahun pelajaran 2003/2004.
- Mengetahui pengaruhnya cara belajar aktif model mencocokan kartu indek dalam membangunkan ingatan siswa terhadap materi pelajaran Sains setelah diterapkan cara belajar aktif model pencocokan kartu indeks pada siswa Kelas ……………………………………………… tahun pelajaran 2003/2004.
D. Kegunaan Penelitian
Adapun maksud penulis mengadakan
penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
- Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar Sains
- Sumbangan pemikiran bagi guru Sains dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar Sains di ………………………………….. tahun pelajaran 2003/2004.
- Membantu siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah diterimanya selama ini.
- Membantu siswa kelas ………. agar siap untuk menghadapi ujian akhir.
E. Penjelasan Istilah
Agar
tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu
didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
- Metode
kooperatif adalah:
Suatu pengajaran
yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan
tujuan bersama
- Motivasi
belajar adalah:
Merupakan daya
penggerak psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan
belajar dan menambah keterampilan, pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah
minat belajar untuk tercapai suatu tujuan.
- Prestasi
belajar adalah:
Hasil belajar
yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa
mengikuti pelajaran ……………...
F. Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian
Karena
keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
- Penelitian
ini hanya dikenakan pada siswa kelas ……………………………….tahun pelajaran
2003/2004.
- Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun palajaran
2003/2004.
- Materi
yang disampaikan adalah pokok bahasan…………………..
0 comments on SMPIPA-15 PENERAPAN CARA BELAJAR AKTIF MODEL PENCOCOKAN KARTU INDEKS DALAM MEMBANTU PENGUASAAN MATERI PELAJARAN SAINS PADA SISWA KELAS …TAHUN 2003/2004 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak