MENINGKATKAN
PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR
IPA
DENGAN MENERAPKAN PENGAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS ………………………
………………………………………………
TAHUN
2004/2005
KARYA
ILMIAH
OLEH
…………………………………
NIP: ……………………………
DINAS PENDIDIKAN
……………………………………
……………………………………………………………
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk
melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan dapat diajukan
sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatan Guru pada
Golongan ……..
Kepala Sekolah ……………………………
……………………………….. Penulis
……………………………… …………………………
NIP: ………………….. NIP: …………….
Mengetahui Mengetahui
Kepala UPTD Perpustakaan Umum Kepala Cabang Dinas Pendidikan
……………… ………………………
…………………………. …………………………
NIP: ………………… NIP:
……………
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
……………………… ……………………….
……………………………. ………………………
Pembina TK I NPA:
…………………..
NIP: ……………
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap
syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan
hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan
judul “Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Dengan Menerapkan
Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa
Kelas …………………………….. Tahun Pelajaran ……”, penulisan karya ilmiah ini kami susun
untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai
perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik
pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini
penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih
ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.
Yth. Kepala Dinas Pendidikan
……………………….
2.
Yth. Ketua PD II PGRI
………………………………
3.
Yth. Rekan-rekan Guru
……………………………….
4.
Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari
sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua
pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
…………………, 2004. Meningkatkan Prestasi dan
Motivasi Belajar IPA Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa
Kelas ……………………………. Tahun Pelajaran ……
Kata Kunci: pembelajaran ipa,
pengajaran berbasis inkuiri
Untuk bisa mempelajari sesuatu
dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya,
dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu
“mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri,
menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas
yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan.
Permasalahan yang ingin dikaji
dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pengajaran berbasis
inkuiri? (b) Bagaimanakah pengaruh model pengajaran berbasis inkuiri terhadap
motivasi belajar siswa?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui
seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah diterapkannya
pengajaran berbasis inkuiri. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar
siswa setelah diterapkan pengajaran berbasis inkuiri.
Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran
terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi,
dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ……………………. Data yang
diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa
prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III
yaitu, siklus I (62,50%), siklus II (75,00%), siklus III (87,50%).
Simpulan dari penelitian ini
adalah metode pengajaran berbasis inkuiri dapat berpengaruh positif terhadap
motivasi belajar Siswa ………………………………, serta model pembelajaran ini dapat
digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul ................................................................................................. i
Lembar Pengesahan ................................................................................................ ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iii
Abstrak ................................................................................................................... iv
Daftar Isi ................................................................................................................. v
BAB ..... I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah ........................................................... 1
B.
Rumusan Masalah ..................................................................... 3
C.
Tujuan Penelitian ....................................................................... 3
D.
Kegunaan Penelitian ................................................................ 4
E.
Definisi Operasional Variabel ................................................... 4
F.
Batasan Masalah ....................................................................... 5
BAB II
KERANGKA TEORI
A.
Tinjauan Tentang Prestasi
Belajar ............................................. 6
B.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Presasi Belajar ................... 8
C.
Hakikat IPA .............................................................................. 9
D.
Pengajaran Berbasis
Inkuiri .................................................... 10
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A.
Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian .................................. 22
B.
Rancangan Penelitian ............................................................. 22
C.
Instrumen Penelitian ......................................................... 23
D.
Metode Pengumpulan Data .................................................... 27
E.
Teknik Analisis Data ............................................................. 27
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Analisis Item Butir Soal ......................................................... 30
B.
Analisi Data Penelitian
Persiklus ........................................... 32
C.
Pembahasan ............................................................................. 40
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan ............................................................................. 42
B.
Saran ....................................................................................... 42
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 44
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Salah satu permasalahan yang dihadapi
oleh bangsa Indonesia
adalah rendahnya mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah.
Berbagai usaha telah dilakukan untuk menigkatkan mutu pendidikan nasional,
antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru,
penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana
dan prasarana pendidikanlain, dan peningkatan mutu manajemen sekolah, namun
demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang
memadai.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan
di Indonesia
tidak pernah berhenti. Berbagai terobosan baru terus dilakukan oleh pemerintah
melalui Depdiknas. Upaya itu antara lain dalam pengelolaan sekolah, peningkatan
sumber daya tenaga pendidikan, pengembangan/penulisan materi ajar, serta
pengembangan paradigma baru dengan metodologi pengajaran.
Mengajar bukan semata persoalan
menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi
ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa
sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar
yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah
kegiatan pengajaran berbasis inkuiri.
Apa yang menjadikan pengajaran
menjadi aktif? Agar belajar menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali
tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan
menerapkan apa yang mereka pelajari. Pengajaran berbasis inkuiri harus gesit,
menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan
tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking
aloud)
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan
baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan
membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”,
yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya,
mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut
pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Berdasarkan uraian tersebut di atas
penulis mencoba menerapkan salah satu metode pembelajaran, yaitu metode
pembelajaran berbasis inkuiri untuk mengungkapkan apakah dengan model berbasis
inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi sains. Dalam metode
pembelajaran berbasis inkuiri siswa lebih aktif dalam memecahkan untuk
menemukan sedang guru berperan sebagai pembimbing atau memberikan petunjuk cara
memecahkan masalah itu.
Dengan menyadari gejala-gejala atau
kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis penulis mengambil
judul “Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Dengan Menerapkan
Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas ……………………………………..Tahun Pelajaran
2004/2005.”
B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang
diatas maka penulis merumuskan permasalahnnya sebagi berikut:
1.
Bagaimanakah peningkatan
prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pengajaran berbasis inkuiri pada
siswa Kelas ……………………………. tahun pelajaran 2004/2005?
2.
Bagaimanakah pengaruh model
pengajaran berbasis inkuiri terhadap motivasi belajar siswa Kelas
………………………………………………… tahun pelajaran 2004/2005?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas,
penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah diterapkannya pengajaran berbasis inkuiri pada siswa Kelas ……………………………………………………….. tahun pelajaran 2004/2005.
- Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pengajaran berbasis inkuiri dalam membangunkan ingatan siswa terhadap materi pelajaran IPA setelah diterapkan pengajaran berbasis inkuiri pada siswa Kelas ………………………………………………………. tahun pelajaran 2004/2005.
D. Kegunaan Penelitian
Adapun maksud penulis mengadakan
penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
- Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar IPA
- Sumbangan pemikiran bagi guru dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar IPA di ……………………………. tahun pelajaran 2004/2005.
- Meningkatkan motivasi belajar IPA.
- Mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi IPA.
E. Definisi Operasional
Variabel
Agar tidak terjadi salah persepsi
terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai
berikut:
- Metode pembelajaran berbasis inkuiri adalah:
Suatu pendekatan pengajaran yang melibatkan siswa
didorong untuk memiliki pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan
mereka menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri.
- Motivasi belajar adalah:
Merupakan daya penggerak psikis dari dalam diri
seseorang untuk dapat melakukan kegiatan belajar dan menambah keterampilan,
pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah minat belajar untuk tercapai suatu
tujuan.
- Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau
dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.
F. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka
diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
- Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas ………………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.
- Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September tahun pelajaran 2004/2005.
- Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan …………………..
0 comments on SMPIPA-14 MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN PENGAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS …TAHUN 2004/2005 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak