.

.

SMPIPA-07 UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS ... PADA SISWA KELAS … NEGERI … TAHUN 2003/2004

Share on :
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN
KONSEP-KONSEP BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS ……….. PADA SISWA
KELAS ………… NEGERI …………..
……………….
TAHUN 2003/2004




KARYA ILMIAH





OLEH
………………………………….
NIP : ……………….






DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN …………………..
………………. NEGERI ………………….

HALAMAN PENGESAHAN

KARYA ILMIAH
BERJUDUL:


UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS ……….. PADA SISWA KELAS ………… NEGERI …………..
………………. TAHUN 2003/2004



OLEH
………………………………….
NIP : ……………….



TELAH DISETUJUI

Kepala Dinas Pendidikan                                           Ketua PGRI
Kabupaten ……………….                                         Kabupaten ……………….



……………………………….                                   ……………………………….
NIP.                                                                            NIP.

KATA PENGANTAR


            Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya ilmiah ini dapat terselesaikan pada waktunya.
            Karya ilmiah yang berjudul “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Biologi dengan Menggunakan Media Charta, Model dan LKS …… Pada Siswa Kelas ….. Tahun 2003/2004” ini, disusun untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi guru dari IV-b ke IV-c.
            Dalam penyusunan dan penyelesaian karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:
  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ….
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kabupaten ……
  3. Yth. Rekan-rekan Guru ….. Negeri ……
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai
Peneliti menyadari bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan demi penelitian yang akan datang.


…….., Oktober 2003


Peneliti


ABSTRAK

……. 2003. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Biologi Dengan Menggunakan Media Charta, Model dan LKS ….. Pada Siswa Kelas II-2 ….. Tahun 2003/2004.

Kata kunci: biologi, media charta, model, LKS

            Media pelajaran jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan media yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran. Pada penilaian ini pokok bahasan jaringan tumbuhan sehingga media yang dianggap cocok untuk membantu siswa memahami konsep itu adalah media charta, model dan LKS. Pemilihan media charta dan model diharapkan dapat membantu memberikan gambaran tentang struktur jaringan tumbuhan yang tentunya sulit untuk dilihat secara langsung pada benda aslinya. Sedangkan penggunaan media LKS diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dapat proses belajar mengajar itu aktivitasnya tidak hanya didominasi oleh guru, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep jaringan tumbuhan yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa.
            Penelitian ini berdasarkan permasalahan “Apakah pemanfaatan media berupa charta, model, dan LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep biologi bagi siswa kelas …. Di …. Sedangkan tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep-konsep biologi dengan menggunakan media charta, model dan LKS di …
            Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
            Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (71,11%), siklus II (80,00%), siklus III (88,64%).
            Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media charta, model serta LKS dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi.


DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul ................................................................................................................
Halaman Pengesahan ......................................................................................................
Kata Pengantar ...............................................................................................................
Abstrak ...........................................................................................................................
Daftar Isi ........................................................................................................................
BAB  I         PENDAHULUAN ....................................................................................
A.    Latar Belakang Masalah ......................................................................
B.     Rumusan Masalah ................................................................................
C.     Tujuan Penelitian .................................................................................
D.    Manfaat Penelitian ...............................................................................
E.     Definisi Operasional Variabel ..............................................................
F.      Batasan Masalah ...................................................................
BAB  II        TINJAUAN PUSTAKA ............................................................
A.    Hakekat Ilmu Pengetahuan Alam .........................................
B.     Proses Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam ................
C.     Konsep Ilmu Pengetahuan Alam ..........................................
D.    Pengertian Media Pembelajaran ...........................................
E.     Media Model ........................................................................
F.      Media Charta (Gambar) ........................................................
G.    Media LKS ...........................................................................
H.    Pendekatan Konsep dan Pendekatan Keterampilan dalam
Proses Belajar Biologi ...........................................................
I.       Motivasi Belajar  ...................................................................
J.       Prestasi Belajar .....................................................................
BAB  III      METODOLOGI PENELITIAN ................................................
A.    Tempat, Waktu dan Subyek Penelitian ................................
B.     Rancangan Penelitian ...........................................................
C.     Instrumen Penelitian .............................................................
D.    Metode Pengumpulan Data ..................................................
E.     Teknik Analisis Data ............................................................
BAB  IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .......................
A.    Analisis Item Butir Soal .......................................................
B.     Analisis Data Penelitian Persiklus ........................................
C.     Pembahasan ..........................................................................
BAB  V        SIMPULAN DAN SARAN ......................................................
A.    Simpulan ...............................................................................
B.     Saran-saran ...........................................................................
DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................


BAB  I
PENDAHULUAN

A.         Latar Belakang Masalah

                     Tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan kualitas manusia Indonesia, manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani, juga harus mampu menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta terhadap tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial. Sejalan dengan itu pendidikan nasional akan mampu mewujudkan manusia-manusia pembangunan dan membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas pembangunan bangsa (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998:3).
                     Tujuan pendidikan nasional ini sangat luas dan bersifat umum sehingga perlu dijabarkan dalam Tujuan Institusional yang disesuaikan dengan jenis dan tingkatan sekolah yang kemudian dijabarkan lagi menjadi tujuan kurikuler yang merupakan tujuan kurikulum sekolah yang diperinci menurut bidang studi/mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran (Purwanto, 1988:2). Tujuan instruksional dijabarkan menjadi Tujuan Pembelajaran Umum dan kemudian dijabarkan lagi menjadi Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK).
                   Dalam mencapai Tujuan Pembelajaran Khusus pada mata pelajaran Biologi di Sekolah Lanjutan, khususnya di …… masih banyak mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari masih rendahnya nilai mata pelajaran Biologi, bertitik tolak dari hal tersebut di atas perlu pemikiran-pemikiran dan tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar siswa dalam mempelajari konsep-konsep biologi tidak mengalami kesulitan, sehingga tujuan pembelajaran khusus yang dibuat oleh guru mata pelajaran biologi dapat tercapai dengan baik dan hasilnya dapat memuaskan semua pihak  Oleh sebab itu penggunaan media pembelajaran dirasa sangat penting  untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep biologi.
                     Media pelajaran jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan media yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran. Pada penilaian ini pokok bahasan jaringan  tumbuhan sehingga media yang dianggap cocok untuk membantu siswa memahami konsep itu adalah media charta, model dan LKS. Pemilihan media charta dan model diharapkan dapat membantu memberikan gambaran tentang struktur jaringan tumbuhan yang tentunya sulit untuk dilihat secara langsung pada benda aslinya. Sedangkan penggunaan media LKS diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitasnya tidak hanya didominasi oleh guru, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep jaringan tumbuhan yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa.
                     Dari latar belakang di atas maka penulis dalam penelitian ini mengambil judul “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Biologi Dengan Menggunakan Media Charta, Model dan LKS Pada Siswa Kelas ….. Tahun Pelajaran 2003/2004”.

B.         Rumusan Masalah

                     Berdasarkan uraian latar belakang masalah dapat dirumuskan sebagai berikut: “Apakah pemanfaatan media berupa charta, model, dan LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep biologi bagi siswa kelas ….

C.         Tujuan Penelitian

                     Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep-konsep biologi dengan menggunakan media charta, model dan LKS …

D.        Manfaat Penelitian

                     Penelitian ini diharapkan bermanfaat:
1.      Bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep biologi dengan menggunakan media charta, model dan LKS.
2.      Bagi guru dapat memberikan tambahan pengayaan cara mengajar dengan bantuan media charta sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
3.      Bagi lembaga dapat dijadikan sebagai bahan masukan informasi tentang salah satu alternatif cara pembelajaran biologi pada siswa dengan pemanfaatan media pengajaran dalam mencapai tujuan instruksional.

E.         Definisi Operasional Variabel

                   Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
1.      Media pendidikan adalah:
Alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah”. Hamalik (1994:11)
2.      Motivasi belajar adalah:
Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.
3.      Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.

E.         Batasan Masalah

1.      Media yang digunakan dalam penelitian ini charta, model, dan LKS
2.      Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas …. tahun pelajaran 2003/2004
3.      Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran 2003/2004
4.      Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan jaringan tumbuhan

0 comments on SMPIPA-07 UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS ... PADA SISWA KELAS … NEGERI … TAHUN 2003/2004 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search