UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN
KONSEP-KONSEP
BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA
CHARTA, MODEL DAN LKS ……….. PADA SISWA
KELAS
………… NEGERI …………..
……………….
TAHUN
2003/2004
KARYA ILMIAH
OLEH
………………………………….
NIP : ……………….
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN …………………..
………………. NEGERI ………………….
HALAMAN PENGESAHAN
KARYA ILMIAH
BERJUDUL:
UPAYA MENINGKATKAN
PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS
……….. PADA SISWA KELAS ………… NEGERI …………..
………………. TAHUN 2003/2004
OLEH
………………………………….
NIP : ……………….
TELAH DISETUJUI
Kepala Dinas Pendidikan Ketua
PGRI
Kabupaten ………………. Kabupaten
……………….
………………………………. ……………………………….
NIP. NIP.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya ilmiah ini dapat
terselesaikan pada waktunya.
Karya ilmiah yang
berjudul “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Biologi dengan Menggunakan
Media Charta, Model dan LKS …… Pada Siswa Kelas ….. Tahun 2003/2004” ini,
disusun untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi guru dari IV-b ke
IV-c.
Dalam penyusunan
dan penyelesaian karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak.
Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak
terhingga kepada:
- Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ….
- Yth. Ketua PD II PGRI Kabupaten ……
- Yth. Rekan-rekan Guru ….. Negeri ……
- Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai
Peneliti menyadari bahwa hasil
penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang
bersifat membangun sangat peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini
dan demi penelitian yang akan datang.
…….., Oktober 2003
Peneliti
ABSTRAK
……. 2003. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Biologi
Dengan Menggunakan Media Charta, Model dan LKS ….. Pada Siswa Kelas II-2 …..
Tahun 2003/2004.
Kata kunci: biologi, media charta, model, LKS
Media pelajaran
jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka
pemilihan media yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan
harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran.
Pada penilaian ini pokok bahasan jaringan tumbuhan sehingga media yang dianggap
cocok untuk membantu siswa memahami konsep itu adalah media charta, model dan
LKS. Pemilihan media charta dan model diharapkan dapat membantu memberikan
gambaran tentang struktur jaringan tumbuhan yang tentunya sulit untuk dilihat
secara langsung pada benda aslinya. Sedangkan penggunaan media LKS diharapkan
dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dapat
proses belajar mengajar itu aktivitasnya tidak hanya didominasi oleh guru,
dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual
yang pada gilirannya diharapkan konsep jaringan tumbuhan yang diajarkan oleh
guru dapat dipahami oleh siswa.
Penelitian ini
berdasarkan permasalahan “Apakah pemanfaatan media berupa charta, model, dan
LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep biologi bagi siswa kelas …. Di
…. Sedangkan tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan
pemahaman konsep-konsep biologi dengan menggunakan media charta, model dan LKS
di …
Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas …..
Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan
belajar mengajar.
Dari hasil analis
didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I
sampai siklus III yaitu, siklus I (71,11%), siklus II (80,00%), siklus III
(88,64%).
Simpulan dari
penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media charta, model serta
LKS dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa serta model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran
Biologi.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul ................................................................................................................
Halaman Pengesahan ......................................................................................................
Kata Pengantar ...............................................................................................................
Abstrak ...........................................................................................................................
Daftar Isi ........................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN ....................................................................................
A.
Latar Belakang Masalah ......................................................................
B.
Rumusan Masalah ................................................................................
C.
Tujuan Penelitian .................................................................................
D.
Manfaat Penelitian ...............................................................................
E.
Definisi Operasional Variabel ..............................................................
F.
Batasan Masalah ...................................................................
BAB II TINJAUAN PUSTAKA ............................................................
A.
Hakekat Ilmu Pengetahuan Alam .........................................
B.
Proses Belajar Mengajar Ilmu
Pengetahuan Alam ................
C.
Konsep Ilmu Pengetahuan Alam ..........................................
D.
Pengertian Media Pembelajaran ...........................................
E.
Media Model ........................................................................
F.
Media Charta (Gambar) ........................................................
G.
Media LKS ...........................................................................
H.
Pendekatan Konsep dan
Pendekatan Keterampilan dalam
Proses
Belajar Biologi ...........................................................
I.
Motivasi Belajar ...................................................................
J.
Prestasi Belajar .....................................................................
BAB III METODOLOGI PENELITIAN ................................................
A.
Tempat, Waktu dan Subyek
Penelitian ................................
B.
Rancangan Penelitian ...........................................................
C.
Instrumen Penelitian .............................................................
D.
Metode Pengumpulan Data ..................................................
E.
Teknik Analisis Data ............................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .......................
A.
Analisis Item Butir Soal .......................................................
B.
Analisis Data Penelitian
Persiklus ........................................
C.
Pembahasan ..........................................................................
BAB V SIMPULAN DAN SARAN ......................................................
A.
Simpulan ...............................................................................
B.
Saran-saran ...........................................................................
DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan kualitas manusia
Indonesia, manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha
Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras,
tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani
dan rohani, juga harus mampu menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta terhadap
tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial.
Sejalan dengan itu pendidikan nasional akan mampu mewujudkan manusia-manusia
pembangunan dan membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas
pembangunan bangsa (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998:3).
Tujuan
pendidikan nasional ini sangat luas dan bersifat umum sehingga perlu dijabarkan
dalam Tujuan Institusional yang disesuaikan dengan jenis dan tingkatan sekolah
yang kemudian dijabarkan lagi menjadi tujuan kurikuler yang merupakan tujuan
kurikulum sekolah yang diperinci menurut bidang studi/mata pelajaran atau
kelompok mata pelajaran (Purwanto, 1988:2). Tujuan instruksional dijabarkan
menjadi Tujuan Pembelajaran Umum dan kemudian dijabarkan lagi menjadi Tujuan
Pembelajaran Khusus (TPK).
Dalam
mencapai Tujuan Pembelajaran Khusus pada mata pelajaran Biologi di Sekolah
Lanjutan, khususnya di …… masih banyak mengalami kesulitan. Hal ini terlihat
dari masih rendahnya nilai mata pelajaran Biologi, bertitik tolak dari hal
tersebut di atas perlu pemikiran-pemikiran dan tindakan-tindakan yang harus
dilakukan agar siswa dalam mempelajari konsep-konsep biologi tidak mengalami
kesulitan, sehingga tujuan pembelajaran khusus yang dibuat oleh guru mata
pelajaran biologi dapat tercapai dengan baik dan hasilnya dapat memuaskan semua
pihak Oleh sebab itu penggunaan media
pembelajaran dirasa sangat penting untuk
membantu siswa dalam memahami konsep-konsep biologi.
Media pelajaran jenisnya
beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan
media yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan harus
betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran. Pada
penilaian ini pokok bahasan jaringan
tumbuhan sehingga media yang dianggap cocok untuk membantu siswa
memahami konsep itu adalah media charta, model dan LKS. Pemilihan media charta
dan model diharapkan dapat membantu memberikan gambaran tentang struktur
jaringan tumbuhan yang tentunya sulit untuk dilihat secara langsung pada benda
aslinya. Sedangkan penggunaan media LKS diharapkan dapat meningkatkan aktivitas
siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu
aktivitasnya tidak hanya didominasi oleh guru, dengan demikian siswa akan
terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya
diharapkan konsep jaringan tumbuhan yang diajarkan oleh guru dapat dipahami
oleh siswa.
Dari latar belakang di atas
maka penulis dalam penelitian ini mengambil judul “Upaya Meningkatkan Pemahaman
Konsep-konsep Biologi Dengan Menggunakan Media Charta, Model dan LKS Pada Siswa
Kelas ….. Tahun Pelajaran 2003/2004”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah dapat dirumuskan sebagai
berikut: “Apakah pemanfaatan media berupa charta, model, dan LKS dapat
meningkatkan pemahaman konsep-konsep biologi bagi siswa kelas ….
C. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan
pemahaman konsep-konsep biologi dengan menggunakan media charta, model dan LKS
…
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan bermanfaat:
1.
Bagi siswa untuk meningkatkan
pemahaman konsep biologi dengan menggunakan media charta, model dan LKS.
2.
Bagi guru dapat memberikan tambahan
pengayaan cara mengajar dengan bantuan media charta sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
3.
Bagi lembaga dapat dijadikan
sebagai bahan masukan informasi tentang salah satu alternatif cara pembelajaran
biologi pada siswa dengan pemanfaatan media pengajaran dalam mencapai tujuan
instruksional.
E. Definisi Operasional Variabel
Agar tidak terjadi salah
persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal
sebagai berikut:
1.
Media pendidikan adalah:
Alat, metode, dan teknik
yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi
antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah”.
Hamalik (1994:11)
2.
Motivasi belajar adalah:
Suatu proses untuk
menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi
kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu
yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan
tertentu.
3.
Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang
dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti
pelajaran.
E. Batasan Masalah
1.
Media yang digunakan dalam
penelitian ini charta, model, dan LKS
2.
Penelitian ini hanya dikenakan
pada siswa kelas …. tahun pelajaran 2003/2004
3.
Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran 2003/2004
4.
Materi yang disampaikan adalah
pokok bahasan jaringan tumbuhan
0 comments on SMPIPA-07 UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA, MODEL DAN LKS ... PADA SISWA KELAS … NEGERI … TAHUN 2003/2004 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak