.

.

SMPIPA-06 STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN BERBASIS PROYEK/TUGAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS … NEGERI … TAHUN 2003/2004

Share on :
STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN BERBASIS PROYEK/TUGAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI
PADA SISWA KELAS ………… NEGERI …………..
……………….
TAHUN 2003/2004




KARYA ILMIAH





OLEH
………………………………….
NIP : ……………….






DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN …………………..
………………. NEGERI ………………….

HALAMAN PENGESAHAN

KARYA ILMIAH
BERJUDUL:


STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN BERBASIS PROYEK/TUGAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI
 PADA SISWA KELAS ………… NEGERI …………..
………………. TAHUN 2003/2004



OLEH
………………………………….
NIP : ……………….



TELAH DISETUJUI

Kepala Dinas Pendidikan                                           Ketua PGRI
Kabupaten ……………….                                         Kabupaten ……………….



……………………………….                                   ……………………………….
NIP.                                                                            NIP.

KATA PENGANTAR


            Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya ilmiah ini dapat terselesaikan pada waktunya.
            Karya ilmiah yang berjudul “Strategi Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Proyek/Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi  Pada Siswa Kelas ….. Tahun 2003/2004” ini, disusun untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi guru dari IV-b ke IV-c.
            Dalam penyusunan dan penyelesaian karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:
  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ….
  2. Yth. Ketua PD II PGRI Kabupaten ……
  3. Yth. Rekan-rekan Guru ….. Negeri ……
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai
Peneliti menyadari bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan demi penelitian yang akan datang.


…….., Oktober 2003


Peneliti


ABSTRAK

…., 2005. Strategi Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Proyek/Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi  Pada Siswa Kelas …… Tahun Pelajaran 2005/2006

Kata Kunci: Biologi , metode belajar aktif model tugas/proyek

Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” sendiri apa yang dipelajarinya, bukan ‘mengetahui’-nya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi ‘mengingat’ jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangkan panjang.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Biologi  dengan diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah? (b) Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif model tugas/proyek terhadap motivasi belajar?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Biologi  setelah diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah.(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Biologi  setelah diterapkan metode belajar aktif model pengajaran terarah.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalh siswa kelas ……………………………... Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar aktif model tugas/proyek dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………….., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Biologi .
















DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul ................................................................................................................
Halaman Pengesahan ....................................................................................... ..............
Kata Pengantar ...............................................................................................................
Abstrak ...........................................................................................................................
Daftar Isi ........................................................................................................................
BAB  I         PENDAHULUAN ....................................................................................
A.    Latar Belakang Masalah ......................................................................
B.     Rumusan Masalah ................................................................................
C.     Tujuan Penelitian .................................................................................
D.    Manfaat Penelitian ...............................................................................
E.     Penjelasan Istilah .................................................................................
F.      Batasan Masalah ...................................................................
BAB  II        TINJAUAN PUSTAKA ............................................................
A.    Tinjauan Tentang Prestrasi Belajar........................................
B.     Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar............
C.     Hakikat IPA atau Sains.........................................................
D.    Proses Belajar Mengajar Biologi............................................
E.     Prestasi Belajar Biologi..........................................................
F.      Gaya Belajar..........................................................................
G.    Sisi Sosial Proses Belajar.......................................................
H.    Pengajaran Berbasis Proyek/Tugas........................................
BAB  III      METODOLOGI PENELITIAN ................................................
A.    Tempat, Waktu dan Subyek Penelitian ................................
B.     Rancangan Penelitian ...........................................................
C.     Instrumen Penelitian .............................................................
D.    Metode Pengumpulan Data ..................................................
E.     Teknik Analisis Data ............................................................
BAB  IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .......................
A.    Analisis Item Butir Soal .......................................................
B.     Analisis Data Penelitian Persiklus ........................................
C.     Pembahasan ..........................................................................
BAB  V        SIMPULAN DAN SARAN ......................................................
A.    Simpulan ...............................................................................
B.     Saran-saran ...........................................................................
DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan itu  diharapkan dapat menaikan harkat dan martabat bangsa Indonesia. Untuk mencapai itu, pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia  tidak pernah berhenti. Berbagai terobosan baru terus dilakukan oleh pemerintah melalui Depdiknas. Upaya itu antara lain dalam pengelolaan sekolah, peningkatan sumber daya tenaga pendidikan, pengembangan/penulisan materi ajar, erta pengembangan paradigma baru dengan metodologi pengajaran.
Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas.
Apa yang menjadikan belajar aktif? Agar belajar menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif  harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud)
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Salah satu metode untuk membangkitkan apa yang siswa pelajari dalam satu semester proses belajar mengajar adalah metode pembelajaran bagaimana menjadikan belajar tidak terlupakan. Metode ini adalah untuk membantu siswa dalam mengingat materi pelajaran yang telah diterima selama ini. Selain itu metode ini diterapkan pada akhir semester proses belajar mengajar dengan  tujuan untuk membantu siswa agar siap mengahadapi ujian semester atau ujian akhir.
Dengan menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis penulis mengambil judul “Strategi Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Proyek/Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas …………………………………………..



B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahnnya sebagi berikut:
1.      Seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas pada siswa Kelas ……………………………….?
2.      Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas dalam meningkatkan motivasi belajar sains pada siswa Kelas ……………………………………..?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Ingin mengetahui seberapa jauh peningkatan prestasi belajar Sains setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas pada siswa Kelas …………………………………………..
  2. Ingin mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar terhadap materi pelajaran Sains setelah diterapkan pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas pada siswa Kelas ………………………………..


D. Kegunaan Penelitian
Adapun maksud penulis mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
  1. Memberikan informasi tentang model pembelajaran yang sesuai dengan proses belajar-mengajar Sains.
  2. Meningkatkan pestasi prestasi dan motivasi pada pelajaran Sains
  3. Mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi Sains.

E. Penjelasan Istilah
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Metode kooperatif adalah:
Suatu pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama
  1. Motivasi belajar adalah:
Merupakan daya penggerak psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan belajar dan menambah keterampilan, pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah minat belajar untuk tercapai suatu tujuan.
  1. Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran ………..

F.   Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
  1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas ……………………………….tahun pelajaran 2003/2004.
  2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun palajaran 2003/2004.
  3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan…………………..

0 comments on SMPIPA-06 STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN BERBASIS PROYEK/TUGAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS … NEGERI … TAHUN 2003/2004 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search