STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN BERBASIS PROYEK/TUGAS
DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI
PADA SISWA KELAS …………
NEGERI …………..
……………….
TAHUN 2003/2004
KARYA ILMIAH
OLEH
………………………………….
NIP : ……………….
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN …………………..
………………. NEGERI ………………….
HALAMAN PENGESAHAN
KARYA ILMIAH
BERJUDUL:
STRATEGI PEMBELAJARAN
KONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN BERBASIS PROYEK/TUGAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR BIOLOGI
PADA SISWA KELAS ………… NEGERI …………..
………………. TAHUN 2003/2004
OLEH
………………………………….
NIP : ……………….
TELAH DISETUJUI
Kepala Dinas Pendidikan Ketua
PGRI
Kabupaten ………………. Kabupaten
……………….
………………………………. ……………………………….
NIP. NIP.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya ilmiah ini dapat
terselesaikan pada waktunya.
Karya ilmiah yang
berjudul “Strategi Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis
Proyek/Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas ….. Tahun 2003/2004” ini,
disusun untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi guru dari IV-b ke
IV-c.
Dalam penyusunan
dan penyelesaian karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak.
Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak
terhingga kepada:
- Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ….
- Yth. Ketua PD II PGRI Kabupaten ……
- Yth. Rekan-rekan Guru ….. Negeri ……
- Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai
Peneliti menyadari bahwa hasil
penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang
bersifat membangun sangat peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini
dan demi penelitian yang akan datang.
…….., Oktober 2003
Peneliti
ABSTRAK
…., 2005. Strategi Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis
Proyek/Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas …… Tahun Pelajaran 2005/2006
Kata
Kunci: Biologi , metode belajar aktif model tugas/proyek
Permasalahan yang ingin
dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi
belajar Biologi dengan diterapkannya
metode belajar aktif model pengajaran terarah? (b) Bagaimanakah pengaruh metode
belajar aktif model tugas/proyek terhadap motivasi belajar?
Tujuan dari penelitian ini
adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Biologi setelah diterapkannya metode belajar aktif
model pengajaran terarah.(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar
Biologi setelah diterapkan metode
belajar aktif model pengajaran terarah.
Penelitian
ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap
yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalh siswa kelas ……………………………... Data yang diperoleh berupa
hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari
hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari
siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus
III (88,89%).
Simpulan
dari penelitian ini adalah metode belajar aktif model tugas/proyek dapat
berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………….., serta model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran
Biologi .
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul ................................................................................................................
Halaman Pengesahan ....................................................................................... ..............
Kata Pengantar ...............................................................................................................
Abstrak ...........................................................................................................................
Daftar Isi ........................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN ....................................................................................
A.
Latar Belakang Masalah ......................................................................
B.
Rumusan Masalah ................................................................................
C.
Tujuan Penelitian .................................................................................
D.
Manfaat Penelitian ...............................................................................
E.
Penjelasan Istilah .................................................................................
F.
Batasan Masalah ...................................................................
BAB II TINJAUAN PUSTAKA ............................................................
A.
Tinjauan Tentang Prestrasi
Belajar........................................
B.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Prestasi Belajar............
C.
Hakikat IPA atau Sains.........................................................
D.
Proses Belajar Mengajar Biologi............................................
E.
Prestasi Belajar Biologi..........................................................
F.
Gaya Belajar..........................................................................
G.
Sisi Sosial Proses Belajar.......................................................
H.
Pengajaran Berbasis
Proyek/Tugas........................................
BAB III METODOLOGI PENELITIAN ................................................
A.
Tempat, Waktu dan Subyek
Penelitian ................................
B.
Rancangan Penelitian ...........................................................
C.
Instrumen Penelitian .............................................................
D.
Metode Pengumpulan Data ..................................................
E.
Teknik Analisis Data ............................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .......................
A.
Analisis Item Butir Soal .......................................................
B.
Analisis Data Penelitian
Persiklus ........................................
C.
Pembahasan ..........................................................................
BAB V SIMPULAN DAN SARAN ......................................................
A.
Simpulan ...............................................................................
B.
Saran-saran ...........................................................................
DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kemajuan suatu bangsa hanya dapat
dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu
pendidikan itu diharapkan dapat menaikan
harkat dan martabat bangsa Indonesia .
Untuk mencapai itu, pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan
di Indonesia tidak pernah berhenti. Berbagai terobosan
baru terus dilakukan oleh pemerintah melalui Depdiknas. Upaya itu antara lain
dalam pengelolaan sekolah, peningkatan sumber daya tenaga pendidikan,
pengembangan/penulisan materi ajar, erta pengembangan paradigma baru dengan
metodologi pengajaran.
Mengajar bukan semata persoalan
menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi
ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa
sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar
yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah
kegiatan pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas.
Apa yang menjadikan belajar aktif?
Agar belajar menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka
harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan
apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan
penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak
leluasa dan berfikir keras (moving about
dan thinking aloud)
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan
baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan
membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”,
yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya,
mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut
pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Salah satu metode untuk membangkitkan
apa yang siswa pelajari dalam satu semester proses belajar mengajar adalah
metode pembelajaran bagaimana menjadikan belajar tidak terlupakan. Metode ini
adalah untuk membantu siswa dalam mengingat materi pelajaran yang telah
diterima selama ini. Selain itu metode ini diterapkan pada akhir semester
proses belajar mengajar dengan tujuan
untuk membantu siswa agar siap mengahadapi ujian semester atau ujian akhir.
Dengan menyadari gejala-gejala atau
kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis penulis mengambil
judul “Strategi Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Proyek/Tugas
Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas …………………………………………..
B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang
diatas maka penulis merumuskan permasalahnnya sebagi berikut:
1.
Seberapa tinggi peningkatan
prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual model
pengajaran berbasis proyek/tugas pada
siswa Kelas ……………………………….?
2.
Bagaimanakah pengaruh
pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas dalam
meningkatkan motivasi belajar sains pada siswa Kelas ……………………………………..?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas,
penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin mengetahui seberapa jauh peningkatan prestasi belajar Sains setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas pada siswa Kelas …………………………………………..
- Ingin mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar terhadap materi pelajaran Sains setelah diterapkan pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis proyek/tugas pada siswa Kelas ………………………………..
D. Kegunaan Penelitian
Adapun maksud penulis mengadakan
penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
- Memberikan informasi tentang model pembelajaran yang sesuai dengan proses belajar-mengajar Sains.
- Meningkatkan pestasi prestasi dan motivasi pada pelajaran Sains
- Mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi Sains.
E. Penjelasan Istilah
Agar
tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu
didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
- Metode
kooperatif adalah:
Suatu pengajaran
yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan
tujuan bersama
- Motivasi
belajar adalah:
Merupakan daya
penggerak psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan
belajar dan menambah keterampilan, pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah
minat belajar untuk tercapai suatu tujuan.
- Prestasi
belajar adalah:
Hasil belajar
yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa
mengikuti pelajaran ………..
F. Batasan Masalah
Karena
keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
- Penelitian
ini hanya dikenakan pada siswa kelas ……………………………….tahun pelajaran
2003/2004.
- Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun palajaran 2003/2004.
- Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan…………………..
0 comments on SMPIPA-06 STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PENGAJARAN BERBASIS PROYEK/TUGAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS … NEGERI … TAHUN 2003/2004 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak