PENERAPAN
STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN
DALAM
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI BIOLOGI KELAS VII
SMPN III BAYAN
TAHUN
PELAJARAN 2007/2008
SUPRIANI
04
211 304
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN
ALAM
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MATARAM AGUSTUS
2008
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Berdasarkan undang-undang No.20
tahun 2003 bab II pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional bahwa pendidikan
adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara
Repubik Indonesia Tahun 1945 yang berdasarkan pada nilai-nilai agama,
kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntunan perubahan zaman.
Sistem pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlaq
mulia, berilmu, cakap, kretif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab (Depdiknas, 2006).
Proses belajar mengajar guru, tidak
harus terpaku dengan menggunakan satu metode atau strategi pembelajaran saja, seorang
guru mampu menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang bervariasi agar
dalam kegiatan belajar mengajar tidak membosankan bagi siswa dan sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai yaitu tercapainya peningkatan motivasi dan prestasi
belajar (Slameto, 2003).
Sehubungan dengan hal tersebut di
atas, maka seorang guru khususnya guru mata pelajaran biologi SMP Negeri III
Bayan dituntut untuk memilih dan
menggunakan berbagai metode atau
strategi pembelajaran yang tepat,
membantu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Seperti menggunakan
sistem pembelajaran bermain peran atau Role Playing. Metode atau
strategi bermain peran ini lebih menekankan berdasarkan pengalaman, dalam hal
ini siswa memainkan watak, perasaan dan gagasan-gagasan lain. Pembelajaran
bermain peran (Role Playing) ini juga bermamfaat terjadinya interaksi
antara siswa di kelas sehingga siswa akan lebih mudah untuk mendiskusikan dan
mengidentifikasi suatu masalah yang dialami. Hamalik (2006) menyatakan bahwa
bermain peran memiliki keuntungan, diantaranya siswa dapat bertindak dan
mengekspresikan perasaan dan pendapat tanpa sanksi, bermain peran memungkinkan
memperkenalkan siswa untuk
mengidentifikasi situasi-situasi dunia nyata dan gagasan-gagasan yang lainnya.
Demikian penerapan pembelajaran
bermain peran ini dapat membantu siswa dalam mengemukakan pendapat, ide ataupun
gagasan sebagai salah satu wujud dari siswa yang memiliki kreativitas, sehingga
hal ini baik secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak positif
terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa, pada umumnya dan
khususnya pada mata pelajaran biologi.
Berdasarkan observasi bahwa
pembelajaran biologi yang selama ini digunakan dengan metode ceramah, tanya
jawab dan penugasan. Sehingga motivasi dan pretsai belajar siswa masih rendah,
karena siswa dikelas hanya mendengarkan, mencatat, dan siswa hanya melakukan
kegiatn sesuai perintah guru siswa juga kurang siap dalam mengikuti pelajaran
pada setiap pertemuan karena sebagian besar siswa tidak mempelajri materi yang
akan dibahas sebelum proses belajar mengajar. Sehingga siswa kurang aktif dalam
menemukan sendiri, kesulitan juga dialami oleh guru dalam memilih strategi
pembelajaran yang tepat agar siswa dapat belajar secara aktif. Hal ini
disebabkan karena guru lebih banyak menerapkan metode ceramah, sehingga
penyampaian materi dan soal lebih didominasi oleh guru, disamping itu buku pedoman
yanng dimiliki olehsiswa cenderung menggunakan satu pedoman yang diproleh dari
sekolah saja. Hal ini menyebabkan kurangnya motivasi dan prestasi belajar siswa
dengan memperhatikan nilai rata-rata hasil ujian semester 1 pada mata pelajarn
biologi di SMPN III Bayan masih rendah yaitu 50,00 dengan persentase ketuntasan
belajar 27,5%. Untuk itu penelitian ini akan menerapkan strategi pembelajaran
bermain peran untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan prestasi
belajar siswa yang lebih optimal terutama kelas VII karena kelas VII dianggap
sebagai kelas yang baru. Sehingga perlu
adanya penanganan yang lebih baik yang
pada akhirnya nanti akan timbul motivasi untuk meningkatkan prestasi
belajar. Untuk itu peneliti merasa tertarik untuk mengangkat judul tentang
penerapan strategi pembelajaran bermain peran dalam meningkatkan motivasi dan
prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri III Bayan Tahun Pelajaran 2007/2008.
1.2.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang kurangnya
motivasi dan prestasi belajar siswa sehingga mengakibatkan rendah nilai yang
diperoleh siswa karena strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran masih
kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan
pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar
biologi siswa kelas VII SMP Negeri III Bayan Tahun Pelajaran 2007/2008.
1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui “Peningkatan motivasi dan prestasi belajar biologi melalui
penerapan pembelajaran bermain peran pada siswa kelas VII SMP Negeri III Bayan
Tahun Pelajaran 2007/2008.
1.4. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian yang diharapkan
dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.4.1. Manfaat teoritis
1.4.1.1 Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan yang erat kaitannya dengan
penggunaan strategi pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan motivasi dan
prestasi belajar biologi pada siswa kelas VII SMP Negeri III Bayan Tahun
Pelajaran 2007/2008.
1.4.1.2 Memberikan pengetahuan baru
bagi peneliti dan lembaga pendidikan yang terkait guna dijadikan salah satu
acuan atau referensi yang akan datang.
1.4.2. Manfaat praktis
Dari hasil penelitian ini diharapkan
dapat memberikan masukan atau pedoman kepada guru biologi untuk menerapkan
strategi pembelajaran bermain peran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi
belajar.
1.5. Definisi Operasional
1.5.1.
Bermain Peran
Bermain peran adalah penerapan
pmebelajaran pengajaran berdasarkan pengalaman (Hamalik, 2006). Lisnawati (1997), menyatakan bahwa bermain peran adalah metode
mengajar dengan mendemonstasikan cara bertingkah laku hubungan sosial
sehari-hari. Jadi pembelajaran bermain peran adalah suatu strategi atau metode
pembelajaran siswa dapat memainkan peran dalam hal ini terkait dengan
pembelajaran biologi
1.5.2.
Motivasi
Motivasi adalah salah satu pendorong
yang merubah energi dalam diri seseorang
kebentuk suatu aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut
Mc. Donald dalam Sardiman (1990) bahwa motivasi adalah perubahan energi dalam
diri seseorang yang ditandai dengan feeling dan didahului dengan adanya
tujuan. Perubahan energi dalam diri seseorang itu terbentuk suatu aktivitas
nyata berupa kegiatan fisik. Seseorang mempunyai motivasi yang kuat untuk
mencapainya dengan segala upaya yang dapat dilakukan untuk mencapainya. Jadi
motivasi adalah salah satu pendorong yang merubah energi dalam diri seseorang
kedalam bentuk suatu aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu (Djamarah,
1994).
1.5.3.
Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah hasil yang
diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu
sebagai hasil dari aktivitas belajar (Djamarah, 1994), Nurkencana (1990)
menyatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang ingin dicapai individu
setelah mengalami proses pendidikan atau setelah diajarkan suatu pengetahuan
tertentu, lebih lanjut Nurkencana menyatakan bahwa hasil tersebut dapat merubah
sikap, kebiasaan dan keterampilan. Jadi prestasi belajar yang dimaksud dalam
penelitian ini adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-
kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu
sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri III
Bayan Tahun Pelajaran 2007/2008.
1.6. Lingkup Penelitian
1.6.1.
Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian adalah SMP Negeri III Bayan Kabupaten
Lombok Barat.
1.6.2.
Subjek Penelitian
Siswa kelas VII SMP Negeri III Bayan Tahun Pelajaran
2007/2008.
1.6.3.
Objek Penelitian
Penggunaan pembelajaran
bermain peran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi
pada siswa kelas VII SMP Negeri III Bayan Tahun Pelajaran 2007/2008.
0 comments on SMPIPA-05 PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI BIOLOGI KELAS VII SMPN III BAYAN TAHUN PELAJARAN 2007/2008 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak