.

.

SMPIPA-04 PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 7 MAKASSAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Share on :
PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 7 MAKASSAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI












SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan MIPA  Program Studi Biologi




Oleh :

NAMA              :   JUPRIADI

STAMBUK      :         





FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004


 
 

PERSETUJUAN  PEMBIMBING

Telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar.

Judul                 :    PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 7 MAKASSAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI.
Atas Nama        :    Hj. Muhsina
Stambuk            :    0127024
Program             :    Strata Satu (S1)
Jurusan              :    Biologi
Fakultas             :    Keguruan dan Ilmu Pendidikan

                                                                                                  Makassar,    April   2004


Pembimbing  I                                              Pembimbing  II



Drs. H.M. Said Arman                                Muh. Khalifah Mustami, M.Pd.


Mengetahui
Ketua Jurusan MIPA
FKIP UVRI Makassar



Drs. H.M. Said Arman



A.    KATA  PENGANTAR


Tiada kata yang terindah penulis haturkan kecuali puja dan puji syukur yang seikhlas-ikhlasnya kepada Allah swt. semata, karena dengan hidayah–Nya jualah penulis dapat menuntaskankan skripsi ini.
Penulis mengangkat judul skripsi yakni “Pengaruh Minat Belajar Siswa SLTP Negeri 7 Makassar terhadap Hasil Belajar Biologi”. Judul ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan oleh minat siswa SLTP Negeri 7 Makassar terhadap Hasil Belajar Biologi.
Penyelesaian skripsi ini tidak terlepas dari berbagai kendala yang dihadapi oleh penulis. Namun dengan niat yang baik dan demi mencapai cita-cita, semua rintangan dapat teratasi.
Selain itu skripsi ini dapat terselesaikan sebagaimana adanya, tidak terlepas dari berbagai dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, baik moril maupun materil. Untuk itu dengan kerendahan dan ketulusan hati penulis tak lupa mengucapkan terima kasih kepada :
1.   Rektor Universitas Veteran Republik Indonesia, para Pembantu Rektor yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menimba ilmu di Perguruan Tinggi ini.
2.   Dekan dan para Pembantu dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta seluruh jajaran dosen/ asisten dosen yang telah membina penulis melalui pemberian ilmu melalui perkuliahan.
3.   Bapak Drs. H.M. Said Arman dan Bapak Muh. Khalifah Mustami, M.Pd., masing-masing selaku Pembimbing I dan Pembimbing II yang telah memberi bimbingan dalam penyusunan hingga penyelesaian skripsi ini.
4.   Seluruh staf Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang turut mempermudah segala urusan administrasi penulis dalam rangka penyelesaian studi penulis.
Kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah turut memberikan bantuannya. Dan hanya kepada Allah jualah penulis serahkan semuanya, semoga menjadi amal ibadah yang mendapat ganjaran di sisi-Nya. Amin.

                                                                                 Makassar,    April   2004


A.     

                                                                                          Penulis

                                                                                               











B.     DAFTAR  ISI


HALAMAN JUDUL ................................................................................................... i
PERSETUJUAN  PEMBIMBING ............................................................................. ii
KATA PENGANTAR ............................................................................................... iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................... v
BAB      I.   PENDAHULUAN
                   A.   Latar Belakang Masalah..................................................................... 1                              
                   B.   Rumusan Masalah............................................................................... 4                  
                   C.   Tujuan Penelitian ............................................................................... 4                  
                   D.   Manfaat Penelitian ............................................................................. 5      
BAB    II.   KAJIAN  PUSTAKA
                   A.   Pengertian Minat Belajar ................................................................... 7      
                   B.   Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Belajar Biologi ............... 17                  
                   C.   Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Mengajar........................ 25
BAB   III.   METODE  PENELITIAN
                   A.   Jenis Penelitian ................................................................................. 29                  
                   B.   Variabel Penelitian ........................................................................... 29                  
                   C.   Ruang Lingkup Pembahasan dan Definisi Operasional.................... 29
                   D.   Populasi dan Sampel ........................................................................ 30
                   E.    Teknik Pengumpulan data ............................................................... 33
                   F.    Teknik Analisis Data ........................................................................ 35                  
BAB   IV.   HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
                   A.   Hasil Penelitian ................................................................................ 37                  
                   B.   Pembahasan Hasil Penelitian ........................................................... 49                                                         ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................                                                          ..............................................................................................................       
BAB    V.   P E N U T U P
                   A.   Kesimpulan ...................................................................................... 55
                   B.   Saran-saran ....................................................................................... 55
DAFTAR  PUSTAKA .............................................................................................. 57



































DAFTAR  TABEL

Tabel    1.   Sebaran Populasi Penelitian ............................................................          25

Tabel    2.   Jumlah Sampel Penelitian ...............................................................          26

Tabel    3.   Skor Minat Belajar Siswa terhadap Pelajaran IPA .........................          28

Tabel    4.   Tabulasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar IPA ....          31

Tabel    5.   Distribusi Frekuensi Skor Variabel Minat Belajar IPA ...................          32

Tabel    6.   Persentase Rata-rata Setiap Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa terhadap Pelajaran IPA .................................................................................................          33
























ABSTRAK

Muh. Saleh Yuppa        :    Pengaruh Praktikum Lapangan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SLTP Negeri 3            Pangkajene Kabupaten Pangkep.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum lapangan terhadap hasil belajar IPA siswa SLTP Negeri 3 Pangkajene Kabipaten Pangkep. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental, dimana terdapat dua kelompok sampel (eksperimen dan kontrol). Data dalam peneltian dikumpul dengan menggunakan instrumen berupa soal (test) hasil belajar yang dilakukan setelah pengajaran berlangsung (praktikum lapangan dengan konvensional). Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianamisi dengan statistik infresial uji t (t-test) untuk mengetahui variabel bebas terhadap variebel terikat. Hasil analis menunjukkan dengan db = 39, t hitung = 0,321, dan t tabel = 1,70 yang dikonsultasikan dengan syarat penerimaan dan penolakan hipotesis, ternyata hipotesis yang diajukan (H1) di tolak. Berarti praktikum lapangan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SLTP Negeri 3 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Penolakan H1 oleh penulis diduga karena faktor-faktor kurangnya penguasaan materi siswa sebelum praktikum, kelengkapan alat dan bahan, serta pengalaman praktikum yang sangat minim. Meski demikian jika data diprosentasekan menunjukkan hasil siswa yang memperoleh nilai 7 dengan praktikum lapangan sebesar 42,5 % dengan pengajaran konvensional (ceramah) sebesar 37,5 %, memperoleh nilai 8 dengan praktikum sebesar 30 % dengan pengajaran konvensional sebesar 5 %.


ABSTRAK

Hanilang : 2002 : Studi Tentang Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran Biologi Pada SLTP Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkep.
Skripsi ; STKIP-PI YASPI Makassar

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar Biologi siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada SLTP Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 2 sebanyak 2 kelas yang terambil secara acak. Data dalam penelitian ini dikumpul dengan menggunakan instrumen berupa angket. Data yang terkumpul selanjutnya di analisis dengan statistik deskriptif berupa persentase.
Hasilnya menunujukkan minat belajar biologi siswa berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata skor minat sebesar 115,48 dari 150 skor tertinggi yang mungkin dicapai. Terdapat 63,83 % siswa yang minat belajarnya sedang, 29,79 % tinggi, dan 4,26 % siswa yang minatnya rendah. Sedangkan faktor-faktor kurikulum, 72,34 % faktor dari diri siswa, 70,39 % faktor metode mengajar, dan faktor sarana dan prasarana sebesar 70,07 %.   

BAB  I
PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang Masalah

Pendekatan belajar, strategi belajar, kiat melaksanakan pendekatan serta metode belajar termasuk faktor-faktor yang turut menentukan tingkat efisiensi dan keberhasilan siswa. Seorang siswa memiliki kemampuan ranahcipta (kognitif) yang lebih tinggi dari teman-temannya ternyata hanya mampu mencapai hasil yang sama dengan apa yang dicapai oleh teman-temannya, bahkan bukan hal yang mustahil jika suatu saat siswa yang cerdas tersebut mengalami kemerosotan prestatsi ke yang lebih rendah dari pada prestasi yang dicapai oleh temannya yang berkapasitas rata-rata (Muhibbin Syah).
Jika dilihat dari aspek kualitas maupun kuantitas penyelengaraan pendidikan sampai saat ini masih merupakan suatu masalah yang paling menonjol dalam setiap usaha pembaharuan sistem pendidikan nasional. Kedua masalah tersebut sulit ditangani secara simultan sebab dalam upaya meningkatkan kualitas, masalah kuantitas terabaikan demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu tidak mengherankan bila masalah pendidikan tidak pernah tuntas dimanapun, termasuk di negara yang maju sekalipun.
Sungguhpun demikian pemerintah, dalam hal ini Depdiknas telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi segala masalah pendidikan. Upaya tersebut hampir mencakup semua komponen pendidikan. Misalnya pembaharuan kurikulum, pembaharuan proses belajar mengajar, peningkatan kualitas guru, pengadaan buku pelajaran, pengadaan dan penyempurnaan sarana dan prasarana belajar, penyempurnaan sistem penilaian, penataan organisasi dan manajemen pendidikan, dan berbagai usaha yang mengarah pada pencapaian hasil pengajaran/pendidikan secara maksimal.
Mengingat pendidikan selalu berkenan dengan upaya pembinaan manusia, maka keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada manusianya (Nana Sudjana, 1989). Unsur manusia yang paling menentukan keberhasilan pendidikan adalah guru dan pesrta didik. Dalam hal ini guru dituntut bagaimana ia menjadi tenaga pengajar dan pendidik yang profesional. Di lain pihak peserta didik harus sadar bahwa pendidikan sangat menentukan kemajuan peradaban manusia.
Mewujudkan proses kegiatan pendidikan dan pengajaran, maka unsur yang terpenting antara lain adalah; bagaimana guru dapat merangsang dan mengarahkan siswa dalam belajar, yang pada gilirannya dapat mendorong siswa dalam pencapaian hasil belajar secara optimal. Mengajar dapat merangsang dan membimbing dengan berbagai pendekatan, dimana setiap pendekatan dapat mengarah pada pencapai tuain belajar yang berbeda. Tetapi apapun subyeknya mengajar pada hakekatnya adalah menolong siswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan sikap serta ide dan apresiasi yang mengarah pada perubahan tingkah laku dan pertumbuhan siswa.
Berdasar dari uraian-uraian tersebut di atas, tampaknya masalah pendidikan yang banyak diragukan orang bisa diselesaikan dengan baik. Hal mana semua unsur yang berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar yang maksimal diperhatikan. Hanya saja kenyataan menunjukan, bahwa setiap kali evaluasi pengajaran dilakukan seringkali hasilnya tidak memuaskan, termasuk dalam pengajaran IPA-Biologi umumnya. Tentu saja banyak faktor yang berpengaruh, di antaranya adalah minat belajar siswa terhadap pelajaran yang dimaksud, pantas untuk dipertanyakan. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Abu Ahmadi dkk, (1998) bahwa bilamana tidak ada minat seseorang terhadap suatu pelajaran, akan timbul kesulitan dalam belajarnya.

 

B. Rumusan Masalah 

Untuk memudahkan penulis dalam pelaksanaan penelitian di lapangan serta dalam pengolahan hasil penelitian, maka dengan berdasar pada uraian latar belakang tersebut di atas, penulis menganggap penting untuk membuat rumusan masalah dan menentukan objek penelitian yang antara lain, yakni terhadap masalah:
1.       Bagaimana pengaruh minat belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?
2.       Faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?

 

C. Tujuan Penelitian

Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk :
1.   Mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?
2.   Mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?.

D. Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini, penulis mengharapkan mendapat manfaat yang sangat urgen dalam penerapannya di lapangan yang sesungguhnya, terutama pada SLTP Negeri 7. Beberapa manfaat yang diharapkan penulis dalam penelitian ini antara lain :
1.       Hasil yang dicapai dalam penelitian tersebut, diharapkan sebagai bahan masukan bagi insan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, bahwa penumbuhan minat belajar adalah prasyarat mutlak dalam pencapaian hasil belajar maksimal, termasuk di dalamnya prestasi atau belajar mata pelajaran Biologi
2.       Hasil penelitian tersebut juga diharapkan menjadi landasan atau pegangan bagi para guru, khususnya guru Biologi di SLTP    Negeri 7, bahwa pemilihan pendekatan/ metode dalam belajar Biologi perlu memperhatikan minat siswa, sebab dengan minat siswa yang kuat akan sangat mempengaruhi prestasi belajar mereka..
3.       Hasil penelitian tersebut diharapkan sebagai bahan informasi dasar tentang pengaruh minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Biologi, khususnya pada siswa SLTP Negeri 7, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru mata pelajaran Biologi khususnya dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang akan dilakukan, yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa, khususnya mata pelajaran Biologi.


0 comments on SMPIPA-04 PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 7 MAKASSAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search