PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI
7 MAKASSAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
SKRIPSI
Diajukan Untuk Memenuhi Sebahagian
Syarat-syarat Ujian
Skripsi Guna Memperoleh Gelar Sarjana
Pendidikan
Jurusan MIPA Program Studi Biologi
Oleh :
NAMA : JUPRIADI
STAMBUK :
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
VETERAN REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2004
|
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Telah
diperiksa dan disetujui oleh pembimbing untuk diajukan kepada Panitia Ujian
Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Republik
Indonesia Makassar.
Judul : PENGARUH
MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 7 MAKASSAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI.
Atas Nama : Hj. Muhsina
Stambuk : 0127024
Program : Strata Satu (S1)
Jurusan : Biologi
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Makassar, April
2004
Pembimbing I Pembimbing II
Drs.
H.M. Said Arman Muh.
Khalifah Mustami, M.Pd.
Mengetahui
Ketua
Jurusan MIPA
FKIP UVRI Makassar
Drs. H.M. Said Arman
A. KATA PENGANTAR
Tiada kata yang terindah penulis haturkan kecuali puja dan puji
syukur yang seikhlas-ikhlasnya kepada Allah swt. semata, karena dengan
hidayah–Nya jualah penulis dapat menuntaskankan skripsi ini.
Penulis mengangkat judul skripsi yakni “Pengaruh
Minat Belajar Siswa SLTP Negeri 7 Makassar terhadap Hasil Belajar Biologi”.
Judul ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan
oleh minat siswa SLTP Negeri 7 Makassar terhadap Hasil Belajar Biologi.
Penyelesaian skripsi ini tidak terlepas dari berbagai
kendala yang dihadapi oleh penulis. Namun dengan niat yang baik dan demi
mencapai cita-cita, semua rintangan dapat teratasi.
Selain itu skripsi ini dapat terselesaikan
sebagaimana adanya, tidak terlepas dari berbagai dukungan dan bantuan dari
berbagai pihak, baik moril maupun materil. Untuk itu dengan kerendahan dan
ketulusan hati penulis tak lupa mengucapkan terima kasih kepada :
1. Rektor Universitas Veteran Republik Indonesia, para Pembantu
Rektor yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menimba ilmu di
Perguruan Tinggi ini.
2. Dekan dan para Pembantu dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan serta seluruh jajaran dosen/ asisten dosen yang telah membina
penulis melalui pemberian ilmu melalui perkuliahan.
3. Bapak Drs. H.M. Said Arman dan Bapak Muh. Khalifah Mustami, M.Pd.,
masing-masing selaku Pembimbing I dan Pembimbing II yang telah memberi
bimbingan dalam penyusunan hingga penyelesaian skripsi ini.
4. Seluruh staf Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang turut
mempermudah segala urusan administrasi penulis dalam rangka penyelesaian studi
penulis.
Kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan
satu persatu yang telah turut memberikan bantuannya. Dan hanya kepada Allah
jualah penulis serahkan semuanya, semoga menjadi amal ibadah yang mendapat
ganjaran di sisi-Nya. Amin.
Makassar, April
2004
A.
Penulis
B. DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ................................................................................................... i
PERSETUJUAN PEMBIMBING ............................................................................. ii
KATA PENGANTAR ............................................................................................... iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................... v
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah..................................................................... 1
B. Rumusan Masalah............................................................................... 4
C. Tujuan Penelitian ............................................................................... 4
D. Manfaat Penelitian ............................................................................. 5
BAB II. KAJIAN
PUSTAKA
A. Pengertian Minat Belajar ................................................................... 7
B. Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Belajar Biologi ............... 17
C. Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Mengajar............. ......... 25
BAB III. METODE
PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ................................................................................. 29
B. Variabel Penelitian ........................................................................... 29
C. Ruang Lingkup Pembahasan dan Definisi
Operasional.................... 29
D. Populasi dan Sampel ........................................................................ 30
E. Teknik Pengumpulan data ............................................................... 33
F. Teknik Analisis Data ........................................................................ 35
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian ................................................................................ 37
B. Pembahasan Hasil Penelitian ........................................................... 49 .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
BAB V. P E N U T U P
A. Kesimpulan ...................................................................................... 55
B. Saran-saran ....................................................................................... 55
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 57
DAFTAR
TABEL
Tabel 1. Sebaran Populasi Penelitian ............................................................ 25
Tabel 2. Jumlah Sampel Penelitian ............................................................... 26
Tabel 3. Skor Minat Belajar Siswa terhadap Pelajaran
IPA ......................... 28
Tabel 4. Tabulasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Minat Belajar IPA .... 31
Tabel 5. Distribusi Frekuensi Skor Variabel Minat
Belajar IPA ................... 32
Tabel 6. Persentase Rata-rata Setiap Faktor yang
Mempengaruhi Minat Belajar Siswa terhadap Pelajaran IPA ................................................................................................. 33
ABSTRAK
Muh. Saleh Yuppa : Pengaruh Praktikum Lapangan Terhadap Hasil
Belajar IPA Siswa SLTP Negeri 3
Pangkajene Kabupaten Pangkep.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum
lapangan terhadap hasil belajar IPA siswa SLTP Negeri 3 Pangkajene Kabipaten
Pangkep. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental, dimana
terdapat dua kelompok sampel (eksperimen dan kontrol). Data dalam peneltian
dikumpul dengan menggunakan instrumen berupa soal (test) hasil belajar yang
dilakukan setelah pengajaran berlangsung (praktikum lapangan dengan konvensional).
Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianamisi dengan statistik infresial
uji t (t-test) untuk mengetahui variabel bebas terhadap variebel terikat. Hasil
analis menunjukkan dengan db = 39, t hitung = 0,321, dan t tabel = 1,70 yang
dikonsultasikan dengan syarat penerimaan dan penolakan hipotesis, ternyata
hipotesis yang diajukan (H1) di tolak. Berarti praktikum lapangan
tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SLTP
Negeri 3 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Penolakan H1 oleh penulis
diduga karena faktor-faktor kurangnya penguasaan materi siswa sebelum
praktikum, kelengkapan alat dan bahan, serta pengalaman praktikum yang sangat
minim. Meski demikian jika data diprosentasekan menunjukkan hasil siswa yang
memperoleh nilai 7 dengan praktikum lapangan sebesar 42,5 % dengan pengajaran
konvensional (ceramah) sebesar 37,5 %, memperoleh nilai 8 dengan praktikum
sebesar 30 % dengan pengajaran konvensional sebesar 5 %.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendekatan belajar, strategi belajar, kiat
melaksanakan pendekatan serta metode belajar termasuk faktor-faktor yang turut
menentukan tingkat efisiensi dan keberhasilan siswa. Seorang siswa memiliki
kemampuan ranahcipta (kognitif) yang lebih tinggi dari teman-temannya ternyata
hanya mampu mencapai hasil yang sama dengan apa yang dicapai oleh
teman-temannya, bahkan bukan hal yang mustahil jika suatu saat siswa yang
cerdas tersebut mengalami kemerosotan prestatsi ke yang lebih rendah dari pada
prestasi yang dicapai oleh temannya yang berkapasitas rata-rata (Muhibbin
Syah).
Jika dilihat dari aspek kualitas maupun kuantitas
penyelengaraan pendidikan sampai saat ini masih merupakan suatu masalah yang
paling menonjol dalam setiap usaha pembaharuan sistem pendidikan nasional.
Kedua masalah tersebut sulit ditangani secara simultan sebab dalam upaya
meningkatkan kualitas, masalah kuantitas terabaikan demikian pula sebaliknya.
Oleh karena itu tidak mengherankan bila masalah pendidikan tidak pernah tuntas
dimanapun, termasuk di negara yang maju sekalipun.
Sungguhpun demikian
pemerintah, dalam hal ini Depdiknas telah melakukan berbagai upaya dalam
mengatasi segala masalah pendidikan. Upaya tersebut hampir mencakup semua
komponen pendidikan. Misalnya pembaharuan kurikulum, pembaharuan proses belajar
mengajar, peningkatan kualitas guru, pengadaan buku pelajaran, pengadaan dan
penyempurnaan sarana dan prasarana belajar, penyempurnaan sistem penilaian,
penataan organisasi dan manajemen pendidikan, dan berbagai usaha yang mengarah
pada pencapaian hasil pengajaran/pendidikan secara maksimal.
Mengingat pendidikan
selalu berkenan dengan upaya pembinaan manusia, maka keberhasilan pendidikan
sangat bergantung pada manusianya (Nana Sudjana, 1989). Unsur manusia yang
paling menentukan keberhasilan pendidikan adalah guru dan pesrta didik. Dalam
hal ini guru dituntut bagaimana ia menjadi tenaga pengajar dan pendidik yang
profesional. Di lain pihak peserta didik harus sadar bahwa pendidikan sangat
menentukan kemajuan peradaban manusia.
Mewujudkan proses
kegiatan pendidikan dan pengajaran, maka unsur yang terpenting antara lain
adalah; bagaimana guru dapat merangsang dan mengarahkan siswa dalam belajar,
yang pada gilirannya dapat mendorong siswa dalam pencapaian hasil belajar
secara optimal. Mengajar dapat merangsang dan membimbing dengan berbagai
pendekatan, dimana setiap pendekatan dapat mengarah pada pencapai tuain belajar
yang berbeda. Tetapi apapun subyeknya mengajar pada hakekatnya adalah menolong
siswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan sikap serta ide dan apresiasi
yang mengarah pada perubahan tingkah laku dan pertumbuhan siswa.
Berdasar dari
uraian-uraian tersebut di atas, tampaknya masalah pendidikan yang banyak
diragukan orang bisa diselesaikan dengan baik. Hal mana semua unsur yang
berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar yang maksimal diperhatikan. Hanya
saja kenyataan menunjukan, bahwa setiap kali evaluasi pengajaran dilakukan
seringkali hasilnya tidak memuaskan, termasuk dalam pengajaran IPA-Biologi
umumnya. Tentu saja banyak faktor yang berpengaruh, di antaranya adalah minat
belajar siswa terhadap pelajaran yang dimaksud, pantas untuk dipertanyakan. Hal
tersebut sesuai dengan pendapat Abu Ahmadi dkk, (1998) bahwa bilamana tidak
ada minat seseorang terhadap suatu pelajaran, akan timbul kesulitan dalam
belajarnya.
B. Rumusan Masalah
Untuk memudahkan penulis dalam pelaksanaan penelitian
di lapangan serta dalam pengolahan hasil penelitian, maka dengan berdasar pada
uraian latar belakang tersebut di atas, penulis menganggap penting untuk
membuat rumusan masalah dan menentukan objek penelitian yang antara lain, yakni
terhadap masalah:
1.
Bagaimana pengaruh minat
belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?
2.
Faktor-faktor apa yang
mempengaruhi minat belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?
C. Tujuan Penelitian
Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar
siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?
2. Mengetahui faktor-faktor apa yang
mempengaruhi minat belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi
?.
D. Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini, penulis mengharapkan mendapat
manfaat yang sangat urgen dalam penerapannya di lapangan yang sesungguhnya,
terutama pada SLTP Negeri 7. Beberapa manfaat yang diharapkan penulis dalam
penelitian ini antara lain :
1.
Hasil yang dicapai dalam
penelitian tersebut, diharapkan sebagai bahan masukan bagi insan yang
berkecimpung dalam dunia pendidikan, bahwa penumbuhan minat belajar adalah
prasyarat mutlak dalam pencapaian hasil belajar maksimal, termasuk di dalamnya
prestasi atau belajar mata pelajaran Biologi
2.
Hasil penelitian tersebut juga
diharapkan menjadi landasan atau pegangan bagi para guru, khususnya guru
Biologi di SLTP Negeri 7, bahwa
pemilihan pendekatan/ metode dalam belajar Biologi perlu memperhatikan minat
siswa, sebab dengan minat siswa yang kuat akan sangat mempengaruhi prestasi
belajar mereka..
3.
Hasil penelitian tersebut
diharapkan sebagai bahan informasi dasar tentang pengaruh minat belajar siswa
terhadap mata pelajaran Biologi, khususnya pada siswa SLTP Negeri 7, sehingga
dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru mata pelajaran Biologi khususnya
dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang akan dilakukan, yang
pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa, khususnya mata pelajaran
Biologi.
0 comments on SMPIPA-02 PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 7 MAKASSAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak