MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT
PADA SISWA KELAS ……………………………
…………………………………………….
TAHUN
2001/2002
KARYA TULIS ILMIAH
OLEH
…………………………………
NIP: ……………………………………
DINAS PENDIDIKAN KOTA …………………….
…………………………………………………………
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk
melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan dapat diajukan
sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada
Golongan IVa ke IVb.
…………………………..
Kepala Sekolah
……………………………… Penulis
………………………… …………………………
NIP:
…………….. NIP: …………………
Mengetahui Mengetahui
Pustakawan ……………. Kepala Cab. Din.
Pendidikan
Kecamatan ……… Kecamatan ……
………………………… …………………………
NIP: ………………….
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua P G R I
……………………… ………………………
Pembina Utama Muda NPA: …………….
NIP: ……………………
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap
syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya,
penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul
“Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif
Model TGT Pada Siswa Kelas ……………………………….. Tahun Pelajaran 2001/2002”, penulisan
karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah
dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman
sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan
karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya
ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu
terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.
Yth. Kepala Dinas Pendidikan
………………..
2.
Yth. Ketua PD II PGRI …………………….
3.
Yth. Rekan-rekan Guru
…………………………………………..
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh
dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari
semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
……………2001. Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris
Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TGT Pada Siswa …………………………………… Tahun
Pelajaran 2001/2002
Kata Kunci: pembelajaran Bahasa
Inggris, kooperatif model TGT
Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok
tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak
waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok.
Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada
penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative
learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang
terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsru pokok (Johnson & Johnson,
1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual,
interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran
kooperatif model TGT berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris?
(b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan
materi pelajaran Bahasa Inggris dengan diterapkannya metode pembelajaran
kooperatif model TGT?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh
pembelajaran kooperatif model TGT terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. (b)
Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa
Inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model TGT
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari
empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi.
Sasaran penelitian ini adalah siswa ………………………….. Data yang diperoleh berupa
hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II
(75,00%), siklus III (89,29%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TGT dapat
berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………, serta model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Bahasa Inggris.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul .................................................................................................
Halaman Pengesahan ................................................................................................
Kata Pengantar ..........................................................................................................
Abstrak ......................................................................................................................
Daftar Isi ...................................................................................................................
BAB ..... I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah .............................................................
B.
Perumusan Masalah......................................................................
C.
Tujuan Penelitian .........................................................................
D.
Pentingnya Penelitian ..................................................................
E.
Definisi Operasional Variabel ............................................
F.
Asumsi……………………………………………………
G.
Batasan Masalah .........................................................................
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Hasil Belajar Bahasa Inggris .......................................................
B. Pengajaran Kooperatif ...............................................................
C. Model Team Games Tournament (TGT) .....................................
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A.
Bentuk Penelitian Tindakan ........................................................
B.
Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian ......................................
C.
Rancangan Penelitian .................................................................
D.
Instrumen Penelitian ...................................................................
E.
Metode Pengumpulan Data ........................................................
F.
Teknik Analisis Data ...................................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Analisi Item Butir Soal ..............................................................
B.
Analisis Data Penelitian
Persiklus ..............................................
C.
Pembahasan .......................................................................
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan .................................................................................
B.
Saran-saran ..................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ..............................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
BAHASA INGGRIS merupakan suatu bahan kajian yang memiliki
objek bahasan yang sangat luas dan dibangun melalui proses penalaran yang
dinamis, sehingga keterkaitan antar konsep dalam BAHASA INGGRIS bersifat penjelasan.
Dalam pembelajaran BAHASA INGGRIS agar mudah dimengerti oleh siswa, proses
penalaran deduktif untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki oleh siswa.
Tujuan pembelajaran BAHASA INGGRIS
adalah melatih cara berfikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif
dan konsisten.
Pembelajaran BAHASA INGGRIS tidak juga tidak lagi mengutamakan pada
penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada
pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta
didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas BAHASA INGGRIS dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan
ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo, 2000: 24).
Langkah-langkah tersebut memerlukan
partisipasi aktif dari siswa. Untuk itu perlu ada metode pembelajaran yang
melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Adapun metode yang
dimaksud adalah metode pembelajaan kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah
suatu pengajaran yang melibatkan siswa bekerja dalam kelompok-kelompok untuk
menetapkan tujuan bersama. Felder, (1994: 2).
Pembelajaran kooperatif lebih
menekankan interaksi antar siswa. Dari sini siswa akan melakukan komunikasi
aktif dengan sesama temannya. Dengan komunikasi tersebut diharapkan siswa dapat
menguasai materi pelajaran dengan mudah karena “siswa lebih mudah memahami
penjelasan dari kawannya dibanding penjelasan dari guru karena taraf
pengetahuan serta pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”. (Sulaiman dalam
Wahyuni 2001: 2).
Penelitian juga menunjukkan bahwa
pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang amat positif terhadap siswa yang
rendah hasil belajarnya. (Nur, 1996: 2).
Pete Tschumi dari Universitas
Arkansas Little Rock memperkenalkan suatu ilmu pengetahuan pengantar pelajaran
komputer selama tiga kali, yang pertama siswa bekerja secara individu, dan dua
kali secara kelompok. Dalam kelas pertama hanya 36% siswa yang mendapat nilai C
atau lebih baik, dan dalam kelas yang bekerja secara kooperatif ada 58% dan 65%
siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik (Felder, 1994:14).
Berdasarkan paparan tersebut diatas
maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode
Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan
Prestasi Belajar BAHASA INGGRIS Pada
Siswa Kelas ……………………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005.”
B. Rumusan Masalah
Merujuk pada uraian latar belakang di
atas, dapat dikaji ada beberapa permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut:
- Apakah pembelajaran kooperatif model TGT berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa Kelas ………………………………………………. tahun pelajaran 2001/2002?
- Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Bahasa Inggris dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa Kelas ………………………………………………… tahun pelajaran 2001/2002?
C. Tujuan Penelitian
Berdasar atas rumusan masalaah di
atas, maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah:
- Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model TGT terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa Kelas …………………………………….. tahun pelajaran 2001/2002.
- Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa Kelas ………………………………………………….
D. Pentingnya Penelitian
1.
Hasil dan temuan penelitian ini
dapat memberikan informasi tentang pembelajaran kooperatif model TGT dalam
pembelajaran Bahasa Inggris oleh guru Kelas …………………………..tu tahun pelajaran
2001/2002.
2.
Sekolah sebagai penentu
kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran
Bahasa Inggris.
- Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
- Siswa, dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
- Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru Bahasa Inggris dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar Bahasa Inggris.
- Sumbangan pemikiran bagi guru Bahasa Inggris dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar Bahasa Inggris.
E. Definisi Operasional
Variabel
Agar tidak terjadi salah persepsi
terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai
berikut:
- Metode pembelajaran kooperatif model TGT adalah:
Suatu pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja
dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama.
- Motivasi belajar adalah:
Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi
perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau
keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk
berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.
- Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau
dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.
F. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka
diperlukan pembatasan masalah meliputi:
- Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa Kelas ……………………………… tahun pelajaran 2001/2002.
- Penelitian ini dilakukan pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran 2001/2002.
- Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan………………………
0 comments on SMPBING-05 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT PADA SISWA KELAS … :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak