.

.

TK-02 PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA TK DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK. NEGERI PEMBINA KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO)

Share on :
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 










PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA
PERMULAAN SISWA TK DALAM PEMBELAJARAN
KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI
PENERAPAN MEDIA GAMBAR
(PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK. NEGERI PEMBINA KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO)


Oleh :
MUHAMMAD SUYID, S.Pd.
NIP. 131 761 130



Kemitraan antara :
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang
dengan
Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan




TK.  NEGERI  PEMBINA  KECAMATAN  SEDATI
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO
Nopember 2006




LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 










PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA
PERMULAAN SISWA TK DALAM PEMBELAJARAN
KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI
PENERAPAN MEDIA GAMBAR
(PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK. NEGERI PEMBINA KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO)


Oleh :
MUHAMMAD SUYID, S.Pd.
NIP. 131 761 130



Kemitraan Antara :
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang
Dengan
Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan





TK. NEGERI PEMBINA KECAMATAN SEDATI
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO
NOPEMBER 2006





HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

1.      Judul Penelitian

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa TK dalam Pembelajaran Kemampuan Berbahasa melalui Penerapan Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas di TK. Negeri Pembina Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo)
2.      Identitas Peneliti
a.       Nama Lengkap dan Gelar
b.      Jenis Kelamin
c.       Pangkat, Golongan, NIP
d.      Asal Sekolah
e.       Alamat Kantor

f.       Alamat Rumah

MUHAMMAD SUYID S.Pd
Laki – Laki
Pembina. IV / a / 131 761 130
TK Negeri Pembina Sedati
Jl. Soponyono No. 11 Cemandi
 Kecamatan Sedadi Kabupaten Sidoarjo
Perum TAS Blok CI No. 20 Kedungbendo
Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo
Telp. (031) 862754
3.      Lama Penelitian

2 bulan dari bulan September sampai dengan bulan November 2006
4.      Biaya yang diperlukan
a.       Sumber dari Lemlit UM
b.      ………………

Rp. 2.000.000,-  (Dua Juta Rupiah)


Sidoarjo, 17 November 2006
Mengetahui
Kepala Cabang Dinas Pendidikan
Kecamatan Sedati



Drs. Herry Sumarsono, MM
NIP. 510 088 336

Peneliti




Muhammad Suyid, S.Pd
NIP. 131 761 130

Menyetui,
Ketua Lemit UM




Dr. Ibrahim Bafadal, M. Pd
NIP. 131 652 225



ABSTRAK


Muhammad Suyid, 2006, Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa TK dalam Pembelajaran Kemampuan Berbahasa melalui Penerapan Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas di TK. Negeri Pembina Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo)

Kata Kunci : Pembelajaran Kemampuan Berbahasa, Media Gambar.

Pembelajaran kemampuan berbahasa di TK semestinya ditekankan pada suasana pembelajaran yang lebih memungkinkan siswa terlibat secara aktif dan menyenangkan, sementara itu yang terjadi di TK tidak jarang aktivitas pembelajaran masih mengadopsi pola-pola lama pembelajaran di sekolah-sekolah dasar. Siswa cenderung pasif. Untuk itu perlu adanya perubahan ke arah pembelajaran yang memberikan kesempatan atau peluang kepada siswa untuk lebih aktif, berminat dan menyenangkan. Cara tersebut di tempuh dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
Penelitian ini bertujuan menggambarkan pembelajaran membaca permulaan dengan media gambar secara klasikal maupun secara kelompok dan dalam proses terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa. Untuk mencapai tujuan itu dilakukan penelitian tindakan kelas, peneliti dibantu guru kelompok B dan 23 siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Sedati. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode kualitatif, pengamatan / observasi dan dibantu alat perekam berupa kamera dan handycam. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan. Siklus pertama di titik beratkan pada peningkatan partisipasi dan kemampuan membaca dalam permainan mencocokkan kartu kata dengan gambar dan siklus kedua pada peningkatan membaca. Setiap siklus terdiri atas tahapan : persiapan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan media gambar secara klasikal siswa yang pemalu cenderung pasif sehingga ketika guru memberi tugas siswa untuk mencocok kartu kata dengan gambar siswa tidak mau dan perhatian sebagian siswa kurang terfokus dalam pembelajaran ini dan kemampuan membacanya masih didominasi oleh siswa-siswa yang aktif. Dengan pembelajaran kemampuan membaca dengan media gambar secara kelompok siswa diajak untuk melakuakn permainan mencocokkan kartu kata dengan gambar dengan teman sendiri dan guru bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Kreativitas siswa, rasa malu siswa dapat diatasi dan kemampuan membaca siswa meningkat serta suasana pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.


KATA PENGANTAR


Syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, penulis panjatkan, karena berkat rahmat dan karunia-Nya semata, seluruh proses penelitian hingga penulisan laporan ini dapat terselesaikan.
Penelitian ini dapat terlaksana berkat dukungan dana dari Lemlit Universitas Negeri Malang (UM) dan atas kerjasama serta bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tiada terhingga kepada:
1.      Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Jakarta
2.      Bapak Dr. H. Ibrahim Bafadal, M. Pd. selaku Ketua Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang
3.      Bapak MG. Hadi Sutjipto, SH, MM selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo
4.      Bapak Drs. Herri Sumarsono, MM selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo
5.      Ibu Dra. Umi Dayati. M. Pd selaku Pendamping dan Pembimbing PTK untuk Kabupaten Sidoarjo
6.      Ibu Dra. Harti Kartini. M. Pd selaku Pendamping dan Pembimbing PTK untuk Kabupaten Sidoarjo
7.      Teman-teman dan semua pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu, yang dengan sukarela telah membantu peneliti dalam menyelesaikan penelitian ini.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih belum sempurna. Oleh karena itu kami mohon tanggapan dari pembaca, baik berupa kritik maupun saran. Akhirnya peneliti berharap semoga tulisan ini bermanfaat.



Sidoarjo,       Nopember 2006


Peneliti











DAFTAR ISI


Halaman
HALAMAN SAMPUL LAPORAN PENELITIAN ............................................. i
HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................... ii
ABSTRAK ............................................................................................................ iii
KATA PENGANTAR .......................................................................................... iv
DAFTAR ISI ......................................................................................................... vi
DAFTAR LAMPIRAN ....................................................................................... viii
DAFTAR GAMBAR ............................................................................................ ix
BAB I      PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah ................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah ............................................................................. 3
C.     Tujuan Penelitian .............................................................................. 4
D.    Lingkup Penelitian ............................................................................ 4
E.     Definisi Operasional ......................................................................... 5
F.      Manfaat Penelitian ............................................................................ 5

BAB II    TINJAUAN PUSTAKA
A.    Perkembangan Kemampuan Berbahasa ............................................ 7
B.     Pembelajaran Kemampuan Membaca Permulaan di TK ................. 10
C.     Media Gambar ................................................................................ 13

BAB III   METODE PENELITIAN / PELAKSANAAN PENELITIAN
A.    Pendekatan dan Jenis Penelitian ..................................................... 14
B.     Model Penelitian ............................................................................. 14
C.     Rancangan Penelitian ..................................................................... 15
D.    Data dan Sumber Data ................................................................... 18
E.     Teknik Analisis Data ...................................................................... 18
F.      Lokasi penelitian ............................................................................. 19

BAB IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Siklus I ............................................................................................ 20
B.     Siklus II .......................................................................................... 23
C.     Pembahasan .................................................................................... 24

BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan ..................................................................................... 25
B.     Saran – Saran .................................................................................. 25

DAFTAR RUJUKAN .......................................................................................... 27
LAMPIRAN – LAMPIRAN






DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran                                                                                                                                                                                                                 Halaman
1. Persiapan Tindakan I.......................................................................................... 42
2. Persiapam Tindakan II ...................................................................................... 43
3. Contoh Media Gambar dan Kartu Kata dalam Pembelajaran Kemampuan
    Membaca Permulaan ......................................................................................... 44






DAFTAR GAMBAR


Lampiran                                                                                                                                                                                                                 Halaman
1. Aktivitas Siswa pada Pelaksanaan Tindakan Siklus I Secara Klasikal ............. 28
2. Aktivitas Siswa pada Pelaksanaan Tindakan Siklus II Secara Klasikal ............ 32
3. Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Media
    Gambar dan Kartu Kata .................................................................................... 36




BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Pendidikan Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan pra sekolah yang terdapat di jalur pendidikan sekolah (PP No. 27 Tahun 1990). Sebagai lembaga pendidikan pra-sekolah, tugas utama Taman Kanak-Kanak adalah mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap perilaku, keterampilan dan intelektual agar dapat melakukan adaptasi dengan kegiatan belajar yang sesungguhnya di Sekolah Dasar.
Pandangan ini mengisyaratkan bahwa Taman Kanak-Kanak merupakan lembaga pendidikan pra-sekolah atau pra-akademik. Dengan demikian Taman Kanak-Kanak tidak mengemban tanggung jawab utama dalam membina kemampuan akademik anak seperti kemampuan membaca dan menulis. Substansi pembinaan kemampuan akademik atau skolastik ini harus menjadi tanggung jawab utama lembaga pendidikan Sekolah Dasar.

1
 
Alur pemikiran tersebut tidak selalu sejalan dan terimplementasikan dalam praktik kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar di Indonesia. Pergeseran tanggung jawab pengembangan kemempuan skolastik dari Sekolah Dasar ke Taman Kanak-Kanak terjadi di mana-mana, baik secara terang-terangan maupun terselubung. Banyak Sekolah Dasar seringkali mengajukan persyaratan atau tes “membaca dan menulis”. Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar seperti ini sering pula di anggap sebagai lembaga pendidikan “berkualitas dan bonafide”.
Peristiwa praktik pendidikan seperti itu mendorong lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak maupun orang tua berlomba mengajarkan kemampuan akademik membaca dan menulis dengan mengadapsi pola-pola pembelajaran di Sekolah Dasar. Akibatnya, tidak jarang Taman Kanak-Kanak tidak lagi menerapkan prinsip-prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain, sehingga Taman Kanak-Kanak tidak lagi taman yang indah, tempat bermain dan berteman banyak, tetapi beralih menjadi “Sekolah” Taman Kanak-Kanak dalam makna menyekolahkan secara dini pada anak-anak. Tanda-tandanya terlihat pada pentargetan kemampuan akademik membaca dan menulis agar bisa memasukkan anaknya ke Sekolah Dasar favorit.
Mengajarkan membaca dan menulis di Taman Kanak-Kanak dapat dilaksanakan selama batas-batas aturan pengembangan pra-sekolah serta mendasarkan diri pada prinsip dasar hakiki dari pendidikan Taman Kanak-Kanak sebagai sebuah taman bermain, sosialisasi, dan pengembangan berbagai kemampuan pra-skolastik yang lebih substansi yaitu bidang pengembangan kemampuan dasar yang meliputi kemampuan berbahasa atau membaca kognitif, fisik-motorik dan seni.
Mencermati kondisi kegiatan pembelajaran membaca dan menulis di Taman Kanak-Kanak yang berlangsung sebagaimana digambarkan di atas, perlu dilakukan penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan tertentu yang direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi. Dengan serangkaian tindakan itu diharapkan dapat mengubah suasana pembelajaran ke arah pembelajaran yang lebih memungkinkan siswa terlibat secara aktif dan menyenangkan. Hal itu dapat dicapai dengan melalui pembelajaran menggunakan media gambar. Media gambar adalah penyajian visual 2 dimensi yang dibuat berdasarkan unsur dan prinsip rancangan gambar, yang berisi unsur kehidupan sehari-hari tentang manusia benda-benda, binatang, peristiwa, tempat dan sebagainya (Taufik Rachmat, 1994).
Gambar banyak digunakan guru sebagai media dalam proses belajar mengajar, sebab mudah diperoleh tidak mahal dan efektif, serta menambah gairah dalam motivasi belajar siswa.

B.     Rumusan Masalah

Agar penelitian tindakan ini dapat lebih terarah, maka secara operational permasalahan penelitian ini difokuskan pada media gambar dan guru dalam pelaksananaan proses belajar mengajar, membaca di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Secara rinci permasalahan penelitian ini dirumuskan dalam pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai berikut:
1.       Bagaimanakah gambaran pembelajaran membaca dengan media gambar di Taman Kanak-Kanak secara klasikal ?
2.       Bagaimanakah gambaran pembelajaran membaca di Taman Kanak-Kanak dengan media gambar secara kelompok ?
3.       Apakah terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam membaca setelah mereka mengikuti pembelajaran membaca dan menulis dengan menggunakan media gambar?

C.    Tujuan Penelitian
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menemukan terjadinya peningkatan kemampuan membaca dan menulis dengan menggunakan media gambar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk :
1.      Menggambarkan pembelajaran membaca di Taman Kanak-Kanak dengan media gambar secara klasikal.
2.      Menggambarkan pembelajaran membaca di Taman Kanak-Kanak dengan media gambar secara kelompok.
3.      Menemukan terjadinya peningkatan kemampuan siswa dalam membaca setelah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar.

D.    Lingkup Penelitian
Lingkup penelitian yang menjadi batasan materi dalam penelitian adalah kemampuan berbahasa dengan media gambar di Taman Kanak-Kanak Kelompok B. penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.

E.     Definisi Operasional
Untuk mendapatkan kesamaan arti pada penelitian ini dipertukarkan pendefinisian istilah :
1.      Kemampuan berbahasa yang diajarkan di Taman Kanak-Kanak kelompok B pada penelitian ini sesuai dengan materi yang terdapat pada kurikulum Taman Kanak-Kanak 2004 yaitu kemampuan membaca permulaan (pra membaca), sedangkan pelaksanaannya menggunakan pendekatan temaik dan pembelajaran yang berorientasi pada prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain.
2.      Yang dimaksud siswa mampu membaca permulaan (pra membaca) adalah siswa dapat menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya atau media gambarnya.

F.     Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi :
1.      Siswa Taman Kanak-Kanak, agar mereka terbiasa dalam suasana kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak yang menyenangkan dan tidak menakutkan.
2.      Bagi guru Taman Kanak-Kanak, dengan penerapan media gambar, guru memperoleh pengalaman baru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kemampuan berbahasa di Taman Kanak-Kanak yang berpusat pada anak.
3.      Bagi peneliti, dapat membantu guru dalam mengatasi masalah dalam pembelajaran kemampuan berbahasa di Taman Kanak-Kanak.



0 comments on TK-02 PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA TK DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK. NEGERI PEMBINA KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO) :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search