.

.

SDMTK-18 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD DAN ALAT BANTU MBDW PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008

Share on :
LAPORAN


 
 


EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD DAN ALAT BANTU MBDW PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008



(Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam rangka mengikuti lomba Forum Ilmiah Guru di LPMP Jateng)













Oleh

Nama                     : Tugimin, S.Pd.
NIP                         : 131991060
Sekolah                  : SD 1 Pulosaren











CABANG DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN KEPIL
KABUPATEN WONOSOBO
2008

i
 

HALAMAN PENGESAHAN


 
 


EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD DAN ALAT BANTU MBDW PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008








Oleh

Nama                     : Tugimin, S.Pd.
NIP                         : 131991060
Sekolah                  : SD 1 Pulosaren


Penelitian ini telah disetujui dan disahkan oleh Kepala SD 1 Pulosaren



Disahkan di : SD 1 Pulosaren
Tanggal       : 27 Agustus 2008


Kepala SD 1 Pulosaren




Wahyono, A.Ma.Pd.
NIP 130737152


ii
 
 












SURAT PERNYATAAN




Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:





Nama
NIP
Tempat/Tanggal Lahir
Pekerjaan
Judul Penelitian
: Tugimin, S.Pd.
: 131991060
: Sragen, 31 Juli 1967
: Guru SD 1 Pulosaren
: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD DAN ALAT BANTU MBDW PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008




Menyatakan bahwa karya ilmiah ini adalah hasil pekerjaan saya sendiri. Sepanjang pengetahuan saya, karya ilmiah ini tidak berisi materi yang dipublikasikan atau ditulis oleh orang lain atau telah digunakan oleh orang lain untuk penyelesaian studi atau diikut sertakan dalam lomba karya ilmiah.
Apabila ternyata terbukti pernyataan ini tidak benar maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya.


Pulosaren, 27 Agustus 2008
Yang menyatakan,



Tugimin, S.Pd
NIP 131991060

 
 









ABSTRAK
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD DAN ALAT BANTU MBDW PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008

Oleh: Tugimin, S.Pd.
NIP 131991060
Penelitian ini dilandasi kenyataan bahwa kemampuan pemahaman konsep bangun datar, peserta didik kelas V SD Pulosaren masih rendah. Peserta didik merasa kurang menarik terhadap materi yang disajikan guru. Masalahnya adalah (1) apakah pembelajaran dengan metode STAD dengan alat bantu MBDW menyenangkan? (2) Bagaimanakah efektivitas pembelajaran dengan metode STAD dengan alat bantu MBDW pada materi bangun datar? Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan metode STAD dengan alat bantu MBDW menyenangkan, dan mendeskripsikan efektivitas metode STAD dengan alat bantu MBDW dalam pembelajaran bangun datar.
Permasalahannya terpecahkan dengan teori pembelajaran motede STAD dan konsep bangun datar. Metode penelitian dengan deskreptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan tes.
Hasil yang diperoleh dari pembelajaran dengan metode STAD dengan alat bantu MBDW menyenangkan. Ketuntasan belajar dapat dicapai 100%. Suasana kelas hidup. Kompetisi antarkelompok belajar terjadi sangat tinggi. Pengelolaan kelas mudah. Guru dapat memfokuskan diri dalam membantu peserta didik yang belum mampu. Dengan demikian pembelajaran dengan metode STAD dan peraga MBDW  materi pelajaran bangun datar efektif dan menyenangkan.





 
BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Secara garis besar, materi pelajaran Matematika di kelas V sekolah dasar dapat digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu bilangan, geomitri dan pengukuran. Materi bilangan, peserta didik dituntut mampu melakukan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Sedangkan materi pembelajaran geometri dan pengukuran, peserta didik dituntut mampu menghitung jarak, waktu, berat, luas volum, dan sifat-sifat bangun datar.
Prestasi belajar peserta didik kelas V SD 1 Pulosaren dalam mengikuti pembelajaran Matematika rendah. Banyak materi pembelajaran yang belum dapat dicapai secara tuntas. Konsep materi pelajaran bangun datar belum dikuasai secara mendalam. Peserta didik merasa berkesulitan dalam menghitung luas dan menentukan sifat-sifat bangun datar.

1
 
Di samping itu, guru kurang bervariasi dalam menyampaikan materi pelajaran tentang bangun datar. Sering terjadi anggapan oleh guru bahwa materi yang diajarkan sangat mudah sehingga penyajian materi pelajaran bangun datar cukup hanya dengan cerita. Peserta didik hanya sebagai pendengar. Peserta didik pasif, kurang tertarik terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Materi pembelajaran disampaikan secara abstrak.
Banyak upaya untuk mengatasi kendala yang ada. Salah satu usaha untuk mengatasi berbagai kesulitan pembelajaran dengan materi pelajaran bangun datar di kelas V adalah model pembelajaran STAD dengan menggunakan alat bantu MBDW (Model Bangun Datar Warna-warni). Model-model bangun datar tersebut merupakan upaya konkritisasi dari bentuk abstrak bangun datar. Dengan alat bantu model bangun datar tersebut, peserta didik dapat menyerap materi pelajaran dari guru sesuai dengan perkembangan daya nalarnya.

  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah dalam penelitian dapat dirumuskan, sebagai berikut.
  1. Apakah pembelajaran dengan metode STAD dan alat bantu MBDW menyenangkan?
  2. Apakah pembelajaran dengan metode STAD dan alat bantu MBDW efektif?

  1. Tujuan
Penelitian tentang pembelajaran bangun datar dengan alat bantu model bangun datar ini bertujuan, sebagai berikut.
  1. Mendeskripsikan proses pembelajaran bahwa dengan metode STAD dan alat bantu MBDW menyenangkan.
  2. Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan metode STAD dan alat bantu MBDW.

  1. Manfaat
Manfaat dari hasil penelitian ini, sebagai berikut.
  1. Bagi guru
  1. Sebagai bahan perbaikan pembelajaran yang dikelolanya, sehingga proses dan hasil dari pembelajaran mengalami peningkatan.
  2. Sebagai wahana dalam peningkatan profesionalitas guru karena mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya.
  3. Sebagai wahana penumbuhan rasa percaya diri bagi guru.
  1. Bagi peserta didik
  1. Peserta didik meningkatkan prestasi belajarnya.
  2. Peserta didik dapat mengikuti pembelajaran yang menarik.
  1. Bagi sekolah
  1. Memiliki guru yang profesional dalam mengelola pembelajaran di depan kelas.
  2. Sekolah dapat berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

0 comments on SDMTK-18 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD DAN ALAT BANTU MBDW PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD 1 PULOSAREN, KEPIL, WONOSOBO TAHUN 2008 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search