.

.

SDPJOK-04 PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PENJASKES UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK BERMAIN BOLA TANGAN PADA SISWA……….TAHUN PELAJARAN…………

Share on :
PENERAPAN METODE INKUIRI
PADA MATA PELAJARAN PENJASKES
UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK
BERMAIN BOLA TANGAN
PADA SISWA……….
TAHUN PELAJARAN…………





KARYA TULIS ILMIAH




OLEH

………………………………………….

NIP……………………..














DINAS PENDIDIKAN KOTA…………

……………………………………




LEMBAR PENGESAHAN


Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan sekolah………… dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan ……...

             Kepala Sekolah                                                        …………………….
                …………                                                              Penulis


       ………………………                                                   ……………….
       NIP:  ………………..                                                  NIP: ………..


             Mengetahui                                                                     Mengetahui
   Pustakawan …………….                                            Kepala Cab. Din. Pendidikan
        Kecamatan ………………                                                           Kecamatan ………


   …………………….                                                         ………………………..
                                                                                 NIP: …………….

               Mengetahui                                                                      Mengetahui
   Kepala Dinas Pendidikan                                                      Ketua PD II PGRI
      Kota …………….                                                                               Kota …………

 ………………………                                                ………………………….
 Pembina Utama Muda                                                             NPA: ………………..
NIP: ………………………..


KATA PENGANTAR


          Dengan mengucapkan Ahlahmudlillah kehadiran Allah SWT hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas penelitian karya ilmiah dengan judul “Penerapan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Teknik Bermain Bola Tangan Pada Siswa……….. Tahun Pelajaran…………”
Penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga bagi anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini  penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak . Untuk  itu terima kasih kami ucapkan dengan tulus dan sedalam dalamnya kepada :
1.  Yth Kepala Dinas Pendidikan Kota  …………….
2.  Yth Ketua PGRI Kota ………………………
3.  Yth Rekan-rekan Guru …………………
4.  Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
          Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat mambangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

                                                                                              Penulis





ABSTRAKSI

………….200X. Penerapan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Teknik Bermain Bola Tangan Pada Siswa……….. Tahun Pelajaran…………

Kata  kunci: pendidikan jasmani, bola tangan, metode inkuiri  

          Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional.
          Permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini  adalah (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani bagi siswa dengan diterapkannya metode inkuiri? (b) bagaimanakah pengaruh metode inkuiri terhadap motivasi belajar siswa?
          Tujuan dari penelitian ini  adalah (a) bagaimanakah peningkatan prestasi  belajar pendidikan jasmani pada siswa setelah diterapkannya metode inkuiri, (b) Mengetahui motivasi belajar pendidikan jasmani setelah diterapkannya metode inkuiri.
          Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan. Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas ……………………..dari data diperoleh berupa hasil tes   praktik , lembar observasi.
          Dari hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami  peningkatakan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (48,72%), siklus II (87,18%) untuk ranah psikomotro, siklus I (69,23%). Siklus II (94,87%) untuk ranah afktif
          Simpulan dari penelitian ini adalah metode inkuiri dapat berpengaruh positif  terhadap   motivasi belajar siswa……………………………………….. serta model pembejalaran dapat digunakan sebagai salah satu alternative penjas





DAFTAR ISI
Halaman Judul                        ......................................................................         
Halaman pengesahan              ......................................................................         
Kata Pengantar                       ......................................................................         
Abstraksi                                ......................................................................         
Daftar Isi                                ......................................................................         

BAB I   PENDAHULUAN
          A. Latar  Belakang Masalah...............................................................         
          B. Rumusan Masalah    ......................................................................         
          C. Tujuan Penelitian      ......................................................................         
          D. Manfaat penelitian   ......................................................................         
          F.  Asumsi                     ......................................................................         
         
BAB II  KAJIAN PUSTAKA
          A. Sejarah Bola Tangan                                                                                                             B         Prestasi Belajar Penjaskes         
          C. Teknik Dasar Tembakan Permainan Bola Tangan.........................
          D. Metode Inkuiri         ......................................................................
                                               
BAB III     METODOLOGI PENELITIAN
          A. Tempat, waktu dan subjek penelitian............................................         
          B. Rancangan Penelitian.....................................................................         
          C. Instrumen Penelitian                                                                                    
          D. Metode Pengumpulan Data  .........................................................         
          E. Teknik Analisis Data......................................................................         

BAB IV     HASIL  PENELITIAN DAN  PEMBAHASAN
          A. Analisis Data Penelitian Persiklus..................................................                                       B.     Pembahasan                      

BAB V  SIMPULAN DAN SARAN
          A. Kesimpulan              ......................................................................         
          B. Saran                        ......................................................................         

DAFTAR PUSTAKA            ......................................................................         












    



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar  Belakang Masalah
        Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Oleh karena itu, pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.
        Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat manusia Indonesia. Untuk mencapai itu pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman.
        Memasuki Abad ke-21 ini, keadaan SDM kita sangat tidak kompetitif. Menurut catatan Human Development Report Tahun 2003 versi UNDP, peringkat HDI (Human Development Index) atau kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia berada di urutan 112. Indonesia berada jauh di bawah Filipina (85), Thailand (74), Malaysia (58), Brunai Darussalam (31), Korea Selatan (30), Singapura (28). Organisasi Internasional yang lain juga menguatkan hal itu. International Education Achivement (IEA) melaporkan bahwa kemampuan membaca siswa SD di Indonesia berada pada urutan 38 dari 39 negara yang di survei. Sementara itu, Third Matematics and Society Study (TIMSS), lembaga yang mengukur pendidikan di dunia, melaporkan bahwa kemampuan matematika siswa SMP kita berada pada urutan ke-34 dari 38 negara, sedangkan kemampuan IPA berada di urutan ke-32 dari 38 negara. Jadi, keadaan pendidikan kita memang memprihatinkan. Untuk itu pembaharuan harus dilakukan.
        Permasalahan ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah mutu kesehatan yang rendah di masyarakat Indonesia. Kepedulian terhadap kesehatan ternyata masih sangat kurang. Hal ini harus di waspadai sebagai bentuk ancaman yang serius terhadap perkembangan anak didik sebagai penerus generasi bangsa.
        Anak usia sekolah adalah investasi bangsa, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Kualitas bangsa di masa depan ditentukan kualitas anak-anak saat ini. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan sejak dini, sistematis dan berkesinambungan.
        Tumbuh berkembangnya anak usia sekolah yang optimal tergantung  pemberian nutrisi dengan kualitas dan kuantiítas yang baik serta benar. Selain itu memperkenalkan anak pada olahraga sejak dini juga dapat membantu mempercepat perkembangan anak lebih sehat. Dalam masa tumbuh kembang tersebut pemberian nutrisi dan olahraga merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua dan guru disekolah. Kerjasama orang tua siswa dengan sekolah akan sangat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.
        Pelajaran jasmani merupakan materi pendidikan yang menyangkut ilmu kesehatan dan olah fisik di sekolah. Pelajaran ini bertujuan untuk membangun kesehatan mental dan fisik siswa. Pencapaian prestasi akademis di bangku sekolah tanpa ditunjang dengan mental dan fisik yang sempurna mustahil dapat dicapai.

      Permasalahan yang sering timbul di sekolah adalah kurangnya motivasi siswa untuk giat mengikuti pelajaran olahraga. Siswa enggan mengikuti latihan – latihan olahraga yang diselenggarakan oleh guru karena mereka menganggap latihan – latihan tersebut melelahkan. Mereka lebih senang tinggal di kelas dengan berbagai alasan daripada bermain di lapangan.                  Berdasarkan uraian diatas, peneliti ingin memilih judul penelitian, “ Penerapan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Teknik Bermain Bola Tangan Pada Siswa……….. Tahun Pelajaran…………”
B. Rumusan Masalah
               Berdasarkan latar belakang diatas maka dirumuskan suatu maslaah sebagai berikut:
     1.  Bagaimana peningkatan prestasi  belajar pendidikan jasmani  bagi siswa dengan diterapkannya metode inkuiri ?
     2.  Bagaimanakah pengaruh metode inkuiri terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani  pada siswa ?

C. Tujuan Penelitian
              Sesuai dengan permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk:
     1.  Mengetahui peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani  pada siswa setelah diterapkan metode inkuiri
     2.  Mengetahui pengaruh motivasi belajar pendidikan jasmani  berenang pada siswa setelah diterapkan metode inkuiri

D. Manfaat  Penelitian
              Penulis mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
     1.  Memberikan informasi tentang model pembelajaran yang sesuai dengan mata diklat Penjas.
     2.  Meningkatkan motivasi pada pelajar Penjas
     3.  Mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata diklat Penjas.

E. Asumsi
              Dalam  penelitian ini diasumsikan bahwa :
     1.  Siswa mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh dari awal sampai akhir pelajaran.
     2.  Siswa menerima semua penjelasan yang disampaikan guru dengan baik
     3.  Dalam mengerjakan soal tes tanpa dipengaruhi orang lain
    
F. Batasan Masalah
              Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi
     1.  Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas…………………………….
     2.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April semester ganjil tahun ajaran ………………….
     3.  Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan ………………….



0 comments on SDPJOK-04 PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PENJASKES UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK BERMAIN BOLA TANGAN PADA SISWA……….TAHUN PELAJARAN………… :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search