.

.

SDMTK-11 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SDN TARIK 01 KELAS 1 SEMESTER II MELALUI METODE BERVARIASI

Share on :
BAB I
PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG
Mata pelajaran matematika di sekolah dasar merupakan salah satu program pembelajaran yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, dan efektif.
Selain membina perubahan dan harapan kehidupan pada anak, juga mempersiapkan siswa agar menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan seari hari, dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.
Pentingnya pembelajaran matematika disekolah dasar juga dituangkan dalam GBPP matematika SD, bahwa pengajaran matematika di SD dapat menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung (Menggunakan Bilangan) sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari.
Keberhasilan pembelajaran matematika ditentukan oleh bagaimana guru merencanakan, melaksanakan dan menilai dan tujuan yang telah ditetapkan.
Metematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan meng­hitung, mengukur, menurunkan menggunakan rumus matematika sederhana yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi mengenal segi tiga, segi empat, dan lingkaran.
Salah satu tujuan pembelajaran matematika di SD adalah melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan-kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsisten dan mengembangkan aktifitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, mencoba-coba serta kemampuan memecahkan masalah. Menurut Jean Peaget dan teman-temannya menunjukkan bahwa anak tidak bertindak dan berfikir sama seperti orang dewasa lebih-lebih dalam pembelajaran matematika di SD, suatu yang abstrak dapat saja dipandang sedrhana menurut kita yang sudah formal, namun dapat saja menjadi sesuatu yang sulit dimengerti oleh anak yang belum formal.

  1. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dibuat rumusan masalah yaitu Apakah metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika Kelas 1 semester II  SDN Tarik 01 Kecamatan Tarik - Kabupaten Sidoarjo ?

  1. TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan Rumusan Masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika Kelas 1 semester II  SDN Tarik 01 Kecamatan Tarik - Kabupaten Sidoarjo?

  1. MANFAAT PENELITIAN
a.         Bagi Kepala Sekolah :  Sebagai sarana  pembinaan kepada guru guru bidang eksakta untuk mempertimbangkan penggunaan berbagai metode.
b.         Bagi guru  bidang studi eksakta : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar bidang studi eksakta.
c.         Bagi teman sejawat :  Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian tindakan kelas  dengan metode yang berbeda sehingga memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan kelas.

                                 

0 comments on SDMTK-11 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SDN TARIK 01 KELAS 1 SEMESTER II MELALUI METODE BERVARIASI :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search