BAB
I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Mata pelajaran matematika di sekolah
dasar merupakan salah satu program pembelajaran yang bertujuan untuk
mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan
yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara
logis, rasional, kritis, cermat, jujur, dan efektif.
Selain membina perubahan dan harapan
kehidupan pada anak, juga mempersiapkan siswa agar menggunakan matematika dan
pola pikir matematika dalam kehidupan seari hari, dan dalam mempelajari
berbagai ilmu pengetahuan.
Pentingnya pembelajaran matematika
disekolah dasar juga dituangkan dalam GBPP matematika SD, bahwa pengajaran
matematika di SD dapat menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung
(Menggunakan Bilangan) sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari.
Keberhasilan pembelajaran matematika
ditentukan oleh bagaimana guru merencanakan, melaksanakan dan menilai dan
tujuan yang telah ditetapkan.
Metematika berfungsi untuk mengembangkan
kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan menggunakan rumus matematika
sederhana yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi mengenal
segi tiga, segi empat, dan lingkaran.
Salah satu tujuan pembelajaran
matematika di SD adalah melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan,
misalnya melalui kegiatan-kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen,
menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsisten dan mengembangkan aktifitas
kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan
pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan,
mencoba-coba serta kemampuan memecahkan masalah. Menurut Jean Peaget dan
teman-temannya menunjukkan bahwa anak tidak bertindak dan berfikir sama seperti
orang dewasa lebih-lebih dalam pembelajaran matematika di SD, suatu yang
abstrak dapat saja dipandang sedrhana menurut kita yang sudah formal, namun
dapat saja menjadi sesuatu yang sulit dimengerti oleh anak yang belum formal.
- RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang di atas maka dapat dibuat rumusan masalah yaitu Apakah metode
bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika Kelas
1 semester II SDN Tarik 01 Kecamatan
Tarik - Kabupaten Sidoarjo ?
- TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan
Rumusan Masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika
Kelas 1 semester II SDN Tarik 01 Kecamatan
Tarik - Kabupaten Sidoarjo?
- MANFAAT PENELITIAN
a.
Bagi Kepala
Sekolah : Sebagai sarana pembinaan kepada guru guru bidang eksakta
untuk mempertimbangkan penggunaan berbagai metode.
b.
Bagi guru bidang
studi eksakta : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar
bidang studi eksakta.
c.
Bagi teman sejawat :
Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian tindakan kelas dengan metode yang berbeda sehingga
memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan
kelas.
0 comments on SDMTK-11 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SDN TARIK 01 KELAS 1 SEMESTER II MELALUI METODE BERVARIASI :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak