.

.

SDUMUM-01 MENINGKATKAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI SANKSI BERJENJANG PADA SISWA KELAS III SD NO I SANUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Share on :
MENINGKATKAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA
MELALUI SANKSI BERJENJANG PADA SISWA KELAS III
SD NO I SANUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
 













LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
TENTANG SIKAP DISIPLIN DAN
TANGGUNG JAWAB SISWA
DI SEKOLAH
 













Oleh
I KTUT TRIANA
NIP.19660101 200604 0128



 












SEKOLAH DASAR NO I SANUR DESA SANUR KAUH
KECAMATAN DENPASAR SELATAN
KOTA DENPASAR
TAHUN 2009




KATA PENGANTAR
          Puji syukur penulis panjatakan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas  berkat-Nyalah akhirnya penulis dapat menyelesaikan sebuah karya tulis yang berbentuk  PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ).    
          Penulis menyadari sepenuhnya bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna, masih banyak kekurangan  baik dalam  tata cara   penulisannya , pengkajian datanya  serta  bahasa yang saya pergunakan. Namun penulis merasa bangga karena baru pertama kali dapat menyelesaikan karya tulis berbentuk PTK. yang kebetulan diselenggarakan oleh P4TKTKPLB.      Semoga karya tulis yang perdana ini menjadi bahan pelajaran bagi Penulis untuk menulis karya tulis  karya tulis ilmiah lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas menulis karya ilmiah lainnya..
          Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada teman teman yang telah membantu menyelesaikan karya tulis ini.. Khusus kepada pembibing karya tulis online Bapak Musa Sukardi  saya menyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingannya sehingga karya tulis ilmiah ini dapat saya selesaikan tepat pada waktunya yang telah penulis rencanakan.
           Pada akhir kata ijinkan saya  minta maaf bila ada hal hal yang kurang  berkenan  yang tidak  sengaja dan tidak sadar   mungkin pernah saya ucapkan atau tulis. Atas perhatinnya penulis ucapkan banyak terima kasih                                                         
                                                                 Denpasar, 22 September 2009
                                                                                 Penulis     

                                                             I KTUT TRIANA



MENINGKATKAN  DISIPLIN  DAN  TANGGUNG  JAWAB  SISWA
MELALUI SANKSI BERJENJANG PADA SISWA KELAS III
SD NO I SANUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ABSTRAKSI
I KTUT TRIANA

           Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang ideal sesuai dengan undang undang  sistem pendidikan nasional pasal 3, maka  salah satu faktornya yang harus diperhatikan adalah bila   siswa selalu bersikap  disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi disekolah.
           Kenyataan terjadi pada saat ini dilapangan,  anak selalu kurang disiplin dan kurang memiliki rasa tanggung jawab    di sekolah,  tidak membuat pekerjaan rumah, mencoret coret bangku, tidak biasa mengantre, pada saat upacara bendera tidak tertib, tidak berpakian dengan rapi, sering datang terlambat, menyerahkan tugas tidak tepat waktu, di dalam kelas selalu mengganggu teman, sering berkelahi, kurang hormat pada guru. Hal hal ini
merupakan dasar dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa. Kalau kebiasan ini tidak menemukan pemecahan masalahnya maka tujuan penedidikan nasional akan sulit  terwujud. 
           Berbagai faktor yang mempengaruhi anak kurang menunjukkan sikap tersebut, diantaranya lemahnya perhatian orang tua kepada putra putrinya  dikarenakan orang tua selalu sibuk dengan urusan ekonomi, orang tua yang otoriter, keluarga yang home broken, pengaruh pergaulan dilingkungan sekitar anak ,  adanya perkembangan media yang elektronik, kurang demokratisnya pendekatan dari orang tua maupun guru yang ada di sekolah.
          Tujuan utama dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui tingkat disiplin dan rasa tanggung jawab siswa kelas III SD I Sanur tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini dianggap penting oleh peneliti karena faktor tersebut akan berpengaruh terhadap tercapainya tujuna pendidikan  di sekolah ( tujuan institusional ), Dengan demikian maka yang menjadi obyek dan subyek penelitian adalah siswa kelas III SD I Sanur tahun pelajaran 2009/2010.
           Langkah penelitian ini adalah mulai dari perencanaan, observasi sebelum pelaksanaan, penelitian, observasi pada saat  pelaksanaan penelitian dari siklus I sampai dengan siklus II dan dilakukan pengolahan data secara diskriptif komperatif  serta  diadakan refleksi dari masing masing siklus..
           Berdasarkan hasil pengamatan diketahui, bahwa sebelum diterapkan sanksi berjenjang pada siswa kelas III SD I Sanur,  tingkat disiplin  siswa sangat rendah dibawah nilai rata-rata standar yaitu  5,2. Begitu pula nilai rata rata rasa tanggung jawab siswa  dengan rata rata katagori D yaitu dengan nilai 4,9. Dan kalau digabungkan  antara nilai sikap disiplin dan rasa tanggung jawab maka nilainya rata rata 5,1 ( D )
           Pada siklus I ini diketahui bahwa pada katagori tingkat disiplin siswa nilainya masih rendah yaitu nilai cukup ( C ). Sedangkan pada katagori rasa tanggung jawab siswa mencapai nilai cukup ( C ) yaitu rata rata nilainya 6,7. namun pada  poin mengerjakan tugas rumah dengan nilai  ( D ) yaitu 5,4,
           Dengan adanya kekurangan kekurangan yang ditemukan pada siklus I  ini, maka peneliti mencari solusi pemecahan dengan meningkatkan sanksi sanksi  terhadap siswa yang melanggar ataupun dengan cara cara lain namun siswa tidak merasa terpaksa melakukan atau  melaksanakan tugas ( tindakan ) secara tulus dan ikhlas. Cara cara tersebut adalah dengan memberikan pembinaan kepada siswa, agar mereka secara sadar dan ikhlas melakukan kegiatan yang bersikap disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab penuh terhadap tugas tugas hariannya.
        Dengan perbaikan tersebut maka pada siklus II hasilnya diketahui bahwa tingkat disiplin siswa kelas III SD I Sanur tahun pelajaran 2009/2010 di sekolah, mencapai nilai rata rata 8,6 ( dalam katagori sangat baik ). Sedangkan pada tingkat tanggung jawab siswa mencapai nilai 8,5 ( sangat baik ). Namun yang menjadi catatan pada penelitian ini adalah bahwa, pada katagori mengerjakan tugas rumah yang hanya  mampu mencapai nilai pada katagori cukup ( C ) yaitu dengan nilai  rata rata 6,7
          Terjadinya peningkatan tingkat disiplin dan tanggung jawab siswa dari siklus I sampai siklus ke II karena dilakukan perbaikan pada teknik dalam meberikan sanksi berjenjang secara  bervariasi, pembinaan dengan kontinu serta motivasi kepada siswa itu sendiri.



DAFTAR ISI


Halaman

HALAMAN JUDUL.......................................................  1
KAT PENGANTAR..............................................  .........2
ABSTRAKSI.....................................................  ..........3
DAFTAR ISI.....................................................  ..........4
 BAB I   PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah........................................ 8
  2. Identifikasi Masalah..............................................9
  3. Batasan Masalah.................................................10
  4. Pengertian Tentang Istilah....................................11
  5. Rumusan Maslah................................................ 12
  6. Tujuan Penelitian................................................13
  7. Manfaat Penelitian...............................................13
BAB II  :LANDASAN TEORI DAN RUMUSAN MASALAH
  1. Landasan Teori
    1. Konsep Penerapan Sikap Disiplin
Dalam Pendidikan..........................................15
    1. Penerapan Disiplin Melalui Pembiasaan........... .17
    2. Pendidikan Melalui Tanggung Jawab.................18
    3. Interaksi Pendidikan.......................................19
    4. Faktor faktor Yang Mempengaruhi
sikap Kurang Disiplin......................................21
    1. Sanksi Sebagai Alat Pendidikan.......................22
    2. Hal hal yang perlu diperhatikan guru dalam
   menerapkan   sikap disiplin dan tanggung
jawab kepada siswa........................................23
B.Kerangka Berpikir.................................................25
C.Hipotesa Tindakan............................................... 25
BAB III  :METODE PENELITIAN
  1. Seting Penelitian.................................................27
    1. Waktu Penelitian...........................................27
    2. Tempat Penelitian.........................................27
  2. Subyek Penelitian................................................28
  3. Sumber Data.......................................................28
  4. Metode Dan Instrumen Penelitian...........................28
    1. Teknik Pengumpulan Data..............................28
    2. Alat Pengumpulan Data..................................29
  5. Validasi Instrumen...............................................29
    1. Validasi Teoritik............................................29
    2. Validasi Empirik............................................29
  6. Analisis Data..................................................... 30
  7. Indikator Kinerja................................................. 30
  8. Prosodur Penelitian............................................. 31
a.  Tahap perencanaan......................................... 31
b.  Observasi sebelum pelaksanaan penelitian...........32
c.  Tahap pelaksaan penelitian................................32
d.  Tahap observasi pada saat penerapan
sanksi berjenjang............................................ 33
e.  Tahap evaluasi dari hasil pelaksaan penelitian..... 33
f.  Tahap Refleksi.................................................34
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  1. Deskripsi Kondisi Awal......................................... 35
  2. Deskripsi Hasil Siklus I.......................................  36
    1. Perencanaan Tindakan...................................36
    2. Pelaksanaan Tindakan.................................  37
    3. Hasil Pengamatan ........................................39
    4. Repleksi Siklus I.......................................... 39
  3. Deskripsi Hasil Siklus II....................................... 41
  4. Pembahasan Tiap Siklus Dan Antar Siklus................43
  5. Kesimpulan Dari Hasil Penelitian............................45
BAB V  :PENUTUP
  1. Kesimpulan.........................................................48
  2. Saran.................................................................48

Daftar Pustaka
Lampiran lampiran

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
           Dalam pasal 3 undang undang sistem pendiikan nasional disebutkan, ”Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu ,cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung   jawab” (  Undang Undang Sisdiknas, Asa Mandiri 2006; 53 )
           Dengan demikian apa yang diharapkan dalam tujuan pendidikan tersebut selain kreatif, mandiri cakap dan berilmu dan sehat yang paling mendasar adalah memiliki akhlak mulia, bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa dan bertanggung jawab. Harapan ideal tersebut dapat dicapai bila salah satu faktornya yang harus diperhatikan adalah bila   siswa selalu bersikap  disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab di sekolah dengan nilai rata rata baik (7,0 -8,4) dan sangat baik ( 8,5 – 10 ).
           Kenyataan terjadi pada saat ini dilapangan,  anak selalu kurang disiplin dan kurang memiliki rasa tanggung jawab    di sekolah,  tidak membuat pekerjaan rumah, mencoret coret bangku, tidak biasa antre, pada saat upacara bendera tidak tertib, tidak berpakian dengan rapi, sering datang terlambat, menyerahkan tugas tidak tepat waktu, di dalam kelas selalu mengganggu teman, sering berkelahi, kurang hormat pada guru. Hal hal ini merupakan dasar dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa. Kalau kebiasan ini tidak menemukan pemecahan masalahnya maka tujuan pendidikan nasional akan sulit  terwujud. 
           Berbagai faktor yang mempengaruhi anak kurang menunjukkan sikap tersebut, diantaranya lemahnya perhatian orang tua kepada anaknya  dikarenakan orang tua selalu sibuk dengan urusan ekonomi, orang tua yang otoriter, keluarga yang home broken, pengaruh pergaulan dilingkungan sekitar anak ,  adanya perkembangan media  elektronik, kurang demokratisnya pendekatan dari orang tua maupun guru yang ada disekolah.
           Dengan memberikan sanksi berjenjang di sekolah pada siswa diharapkan dapat merubah sikap dari kurang disiplin dan kurang bertanggung jawab menjadi anak yang berdisiplin dan bertanggung jawab.
B.  Identifikasi Masalah
           Yang dimaksud dengan identifikasi  adalah  tanda diri, bukti diri, penentu atau penetapan , indentitas seseorang, benda dan sebagainya, proses psikologi yang terjadi pada diri seseorang karena secara tidak sadar  membayangkan dirinya seperti orang lain yang dikaguminya, lalu dia meniru tingkah laku orang yang dikaguminya ( kamus lingkap Bahasa Indonesia, Sofiah Ramdhani; 2002, hal 248 ).
            Jadi yang dimaksud dengan identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah penetapan atau menentukan masalah yang berkaitan dengan meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa. Adapun identifikasi masalah yang peneliti dapatkan adalah sebagai berikut.
1. Bahwa pendidikan itu adalah suatu proses perkembangan pribadi seseorang yang banyak dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari  luar seseorang . Faktor luar salah satunya adalah pengaruh lingkungan terhadap diri siswa seperti alat pendidikan, metoda pendidikan, media pendidikan, sarana dan prasarana. Alat pendidkan salah satu diantaranya sanksi yang berjenjang. Hal ini tentu akan memberikan dampak terhadap pola tingkah laku dan kebiasaan siswa di sekolah dan selanjutnya akan dibawa dalam kehidupan selanjutnya.
2. Dalam proses pendidikan yang berlangsung secara formal di sekolah guru sebagai pendidik, motivator, fasilitator akan sangat memberikan dampak terhadap perilaku dan kebiasan murid itu sendiri. Sebagai pendidik guru disekolah akan menjadi toladan bagi anak didik. Sikap dan perilakunya biasanya akan ditiru oleh anak didik.
3.  Sekolah dasar  yang merupakan jenjang pendidikan dasar seharusnya  menegakkan tata tertib sekolah seperti pada sekolah sekolah formal pada tingkat lebih tinggi. Dengan penegakaan peraturan yang berlaku disekolah tentu akan menjadi kebiasaan bagi siswa itu sendiri untuk belajar bertanggung jawab dan berdisiplin. Sekolah yang tidak menegakkan tata tertib, siswanya akan acuh tak acuh, karena apapun yang  mereka  ( siswa ) lakukan tidak akan pernah merasa ada resiko, beban  yang akan dikenakan akibat bertingkah laku yang kurang baik atau bertingkah laku yang salah.
4. Di dalam lingkungan sekolah siswa perlu mendapat pengawasan sehari hari dalam bertingkah laku dan bertindak. Pola tingkah laku itu hendaknya diarahkan kepada etika dan tata krama , sehingga menjadi kebiasaan yang  mereka sehari hari. Jadi semua komponen dan pelaksana yang di sekolah harus pula berpola dan berbuat  sesuai dengan etika dan tata krama yang berlaku.
C.  Batasan Masalah
           Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini terbatas pada :
Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa melalui sanksi berjenjang pada  kelas III SD No. I Sanur tahun pelajaran 2009/2010.
D.  Pengertian tentang istilah.
           Dalam penelitian ini yang berjudul ” Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Sanksi Berjenjang Pada Siswa Kelas III  SD No I Sanur pada Tahun Pelajaran 2009/2010”  Sesuai dengan judul penelitian ini, maka peneliti perlu memberikan pengertian istilah yang dipergunakan dalam variabel judul tersebut, yaitu:
a. Meningkatkan. Kata meningkatkan berasal dari kata tingkat yang artinya ” tangga, jenjang, tingkatan, jabatan kemajuan, derajat, berangsur-angsur naik, bertambah sedikit sedikit, naik  setingkat demi setingkat, bertamnbah tinggi” ( Sofiyah Ramdhani E.S,2002; 597 ). Jadi sesuai dengan pendapat tersebut maka yang dimaksud meningkat dalam penelitian ini adalah membuat perilaku dan sikap siswa berangsur angsur naik atau lebih baik dari sebelumnya. Meningkatkan disini juga berarti membuat atau membentuk watak dan perilaku siswa menjadi lebih baik.
b. Disiplin dan Tanggung Jawab
Sesuai dengan Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Oleh Sofiyah Ramdhani E.S  halaman 158  bahwa kata disiplin sepadan dengan tata tertib. Peneliti sependapat dengan pendapat ini bahwa disiplin tersebut berkaitan dengan hal-hal yang seharusnya ditaati yaitu berupa peraturan dan tata tertib. Karena disiplin ini erat kaitannya dengan pola tingkah laku seseorang untuk mentaatinya. Jadi apabila seseorang kurang berdisiplin dapat diartikan bahawa seseorang tersebut kurang bertingkah laku  tertib sesuai dengan norma-norma atau peraturan yang berlaku. Jadi dengan demikina pengertian disiplin dalam penelitian ini adalah sikap dan pola tingkah laku siswa untuk mentaati norma norma, peraturan tata tertib yang berlaku disekolah.
Tanggung Jawab. Tanggung jawab adalah ” keadaan wajib menanggung segala sesuatu kalau ada sesuatu hal, boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan dsb. Menanggung segala akibatnya” ( Sofiyah Ramdhani E.S, tahun 2002 halaman 555 ). Berdasarkan pendapat Ramdhani tersebut diatas maka  tanggung jawab dalam penelitian ini dapat diartikan bahwa memberikan beban dan rasa memiliki dan terhadap tugas-tugas yang telah diberikan dan apabila tidak melaksanakannya ada resiko yang harus diterimanya.
c. Sanksi Berjenjang.
Kata sanksi berjenjang di bagi menjadi dua  yaitu sanksi dan berjenjang. Sanksi adalah hukuman , tindakan paksaan atas pelanggaran ( Sofiyah Ramdhani , 2002;  493 ) sedangkan Berjenjang adalah berasal dari kata jenjang atau janjang  yang artinya tangga atau tingkat. Jadi berjenjang adalah bertingkat tingkat. Dengan demikian sanksi berjenjang dapat diartikan hukuman, ganjaran yang bertingkat. Dalam penelitian ini sanksi yang diberikan mulai yang paling ringan sampai  pemanggilan orang tua siswa. Sanksi sanksi yang diberikan secara bertingkat yang diterapkan dalam batas sewajarnya atau mendidik agar pola dan tingkah laku siswa mau berubah kehal-hal yang lebih baik  dan tidak sampai memberikan sanksi fisik yang menyebabkan siswa menderita secara fisik.

E. Rumusan Masalah
           Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas maka dapat dirumuskan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas ini sebagai berikut:
1.      Apakah dengan melalui sanksi berjenjang dapat meningkatkan   disiplin  siswa,  pada siswa Kelas III SD No I Sanur tahun pelajaran 2009/2010 ?
2.      Apakah melalui sanksi berjenjang dapat meningkatkan rasa     tanggung    jawab  siswa, pada siswa kelas      III  SD No 1 Sanur  tahun  pelajaran      2009/2010 ?
3.      Bagimana perilaku  siswa kelas  III SD No 1 Sanur tahun pelajaran   2009/2010 setelah sanksi       berjenjang  diterapkan ?

F. Tujuan Penelitian
           Sesuai dengan dengan latar belakang, identifikasi masalah dan rumusan masalah tersebut di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.      Mengetahui dan mendiskripsikan  melalui  sanksi        berjenjang dapat      meningkatkan disiplin siswa kelas III SD No 1 Sanur     tahun pelajaran      2009/2010
2.      Mengetahui dan mendeskripsikan melalui sanksi        berjenjang dapat  meningkatkan tanggung jawab siswa, pada siswa kelas    III  SD No  I     Sanur tahun pelajaran    2009/2010
3.      Mengetahui dan mendeskripsikan perilaku siwa setelah penerapan sanksi     berjenjang  pada siswa kelas III SD No I Sanur       tahun         pelajaran    2009/2010
G. Manfaat Hasil Penelitian
           Setelah selesai penelitian ini dilakukan maka hasilnya dapat diharapkan bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis sabagai berikut.
1.Manfaat secara teoritis.
Manfaat secara teoritik bahwa hasil penelitian yang peneliti lakukan ini merupakan dasar bagi peneliti peneliti selanjutnnya demi kesempuraan dan tercapainya hasil penelitian yang lebih berkualitas, akurat dan bermanfaat
2. Bagi siswa .
Membiasakan diri bersikap disiplin dan rasa tanggung jawab dalam  semua tugas dan kegiatan sehari hari, sehingga dikemudian hari menjadi anak yang   percaya diri, berdisiplin, memiliki budi pekerti yang luhur dan rasa tanggung jawab yang  tinggi terhadap tugas tugas yang dihadapinya.
3. Bagi Guru.
Sebagai dasar bagi guru bahwa dengan menerapkan disiplin dan tanggung jawab kepada siswa tentu akan dapat meningkatkan prestasi siswa di sekolah dan sebagai acuan bawa disiplin dan tanggung jawab tersebut perlu diberikan secara  kontinu dan tetap diawasi dalam kesehariannya di sekolah. Disamping itu  dapat mengatasi anak anak yang kurang berdisiplin dan kuarang memiliki rasa  tanggung jawab di sekolah, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. 
4  Bagi Sekolah.
Dengan tumbuhnya sikap disiplin dan rasa tanggung jawab siswa maka proses   pendidikan  dan pembelajaran akan dapat berlangsung dengan lancar dan pada  akhirnya diharapkan akan tercapainya tujuan instutusional  dengan baik.
Dapat membuat kebijakan dan peraturan tata tertib sekolah maupun tata tertib kelas sehingga proses  pendidikan dan pembelajaran di sekolah berlangsung dengan lancar.



0 comments on SDUMUM-01 MENINGKATKAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI SANKSI BERJENJANG PADA SISWA KELAS III SD NO I SANUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search