.

.

SLB-01 PENGGUNAAN MODIFIKASI PERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN MENGHITUNG DALAM OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA ANAK TUNANETRA KELAS IV DI SLBN GEDANGAN SIDOARJO

Share on :
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENGGUNAAN MODIFIKASI PERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN MENGHITUNG DALAM OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA ANAK TUNANETRA KELAS IV DI SLBN GEDANGAN SIDOARJO


logo_2



OLEH :
LILIS MARWIYANA




DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO
SLB NEGERI GEDANGAN
Jl. Raya Sedati Km 2 Gedangan
Sidoarjo Telp. (031) 8913370
Nopember 2006

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.
Judul penelitian
:
Penggunaan Modifikasi Permainan Dakon Untuk Meningkatkan Kecepatan Menghitung Dalam Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Anak Tunanetra Kelas IV Di SLBN Gedangan Sidoarjo
2.
Identitas Peneliti
a.       Nama Lengkap
b.      Jenis Kelamin
c.       Pangkat / Gol / NIP  
d.      Mata Ajaran Pokok
e.       Lokasi Penelitian
f.       Alamat kantor
:
:
:
:
:
:
:

Lilis Marwiyana
Perempuan
Pembina / IV a / 132099644
Guru Kelas
SLB Negeri Gedangan
Jl. Sedati KM 2 Gedangan Sidoarjo,
Telp. (031) 8913370 - 8918533
3.
Lama Penelitian
Dari
:
:
3 Bulan
bulan September 2006 sampai bulan Nopember 2006
4.
Biaya Yang Dibutuhkan 
:
Rp. 2.000.000,-
( Dua Juta Rupiah )






Mengetahui
SLB Negeri Gedangan
Kepala




ISMANINGJAH, S.Pd

NIP. 130936190



Sidoarjo,  Nopember 2006
Peneliti





LILIS  MARWIYANA

NIP. 132099644



Menyetujui
Ketua Lembaga Penelitian
Universitas Negeri Malang




Dr. IBRAHIM BAFADAL, M.Pd.
NIP. 131652225





KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Allah SWT berkat rahmat dan hidayahnya, sehingga seluruh proses penelitian sampai penulisan laporan ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu yang telah ditentukan.
Penelitian ini dapat terlaksana berkat dukungan dana kemitraan antara Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang dengan Ditjen peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, serta bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak yang telah membantu kelancaran penelitian ini. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
  1. Kemitraan antara lembaga penelitian Universitas Negeri Malang dengan Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan yang telah mewadai penelitian ini.
  2. Bapak Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd, selaku Ketua Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
  3. Ibu Dra. Umi Dayati, M.Pd dan ibu Dra. Harti Kartini, M.Pd, selaku pembimbing dalam pelaksanaan PTK hingga sampai selesai penyusunan hasil PTK.
  4. Bapak/ Ibu penyaji materi yang sangat membantu dalam memantapkan penulis untuk membuat laporan hasil penelitian.
  5. Ibu Ismaningjah, S.Pd selaku Kepala SLB Negeri Gedangan Sidoarjo tempat terlaksananya penelitian yang telah memberikan kesempatan dan arahan pada penulis dalam pelaksanaan penelitian.
  6. Bapak Miseri, S.Pd sebagai mitra penelitian yang bersedia berkolaborasi dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) hingga selesai.

Akhir kata semoga penelitian ini bermanfaat, dan sebagai masukan bagi guru dalam meningkatkan pembelajaran matematika di SLB.

Sidoarjo, Nopember 2006

Penulis





DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN SAMPUL LAPORAN PENELITIAN ..............................................  i
HALAMAN PENGESAHAN .................................................................................  ii
ABSTRAK ...............................................................................................................  iii
KATA PENGANTAR .............................................................................................  iv
DAFTAR ISI ............................................................................................................  v
DAFTAR TABEL ....................................................................................................  vii
DAFTAR LAMPIRAN ...........................................................................................  viii
BAB I    Pendahuluan ..............................................................................................  1
1.1  Latar Belakang Masalah .........................................................................  1
1.2  Rumusan Masalah ...................................................................................  3
1.3  Pemecahan Masalah ................................................................................  3
1.4  Tujuan Penelitian ....................................................................................  3
1.5  Manfaat ...................................................................................................  4
BAB II   Kajian Teori ...............................................................................................  6
A.    Pembelajaran Matematika .......................................................................  6
    1. Pembelajaran Matematika Memanfaatkan Alat/Media...................... 7
    2. Alat Peraga Permainan Dakon ..........................................................  9
    3. Pengertian Anak Tunanetra dan Permasalahannya ...........................  11
B.     Hipotesis .................................................................................................  15
BAB III Metode Penelitian ......................................................................................  16
A.    Rancangan Penelitian ..............................................................................  16
    1. Setting Penelitian ..............................................................................  16
    2. Variabel .............................................................................................  16
    3. Rencana Tindakan ............................................................................  16
B.     Pengumpulan Data ..................................................................................  18
C.     Indikator kinerja .....................................................................................  18


BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan ..............................................................  19
A.    Hasil Penelitian .......................................................................................  19
4.1    Siklus 1 ..........................................................................................  20
4.1.1        Persiapan Tindakan ...............................................................  20
4.1.2        Pelaksanaan Tindakan ...........................................................  23
4.1.2.1  Pertemuan I ...............................................................  23
4.1.2.2  Pertemuan II .............................................................  24
4.1.3        Observasi ..............................................................................  25
4.1.3.1  Observasi pada pertemuan 1 .....................................  25
4.1.3.2  Observasi pada pertemuan 2 .....................................  26
4.1.4        Analisis dan Refleksi ............................................................  27
4.1.4.1  Analisis dan Refleksi Pertemuan 1 ...........................  27
4.1.4.2  Analisis dan Refleksi Pertemuan 2 ...........................  27
4.2    Siklus 2 ..........................................................................................  31
4.2.1        Persiapan Tindakan ...............................................................  31
4.2.2        Pelaksanaan Tindakan ...........................................................  32
4.2.3        Observasi ..............................................................................  32
4.2.4        Analisis dan Refleksi ............................................................  33
B.     Pembahasan ............................................................................................  34
BAB V  Kesimpulan dan Saran ................................................................................  36
A.    Kesimpulan .............................................................................................  36
B.     Saran .......................................................................................................  36
DAFTAR RUJUKAN ..............................................................................................  38
LAMPIRAN .............................................................................................................  39






DAFTAR TABEL

Halaman
Tabel 1      Hasil Pelaksanaan Persiapan Tindakan ...................................................  21
Tabel 2      Data Hasil Penilaian Proses Tentang Kemampuan Mengerjakan
                  Soal Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif Dan
                  Negatif Tanpa Media Modifikasi Permainan Dakon Pada
                  Siswa Kelas IV Tunanetra Di SLBN Gedangan Sidoarjo ......................  28
Tabel 3      Data hasil ulangan matematika siswa Tunanetra kelas IV
                  Materi operasi penjumlahan bilangan bulat dengan
                  menggunakan garis bilangan ...................................................................  29
Tabel 4      Data Hasil Penilaian Proses Tentang Kemampuan Mengerjakan
                  Soal Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif Dan
                  Negatif Melalui Media Modifikasi Permainan Dakon Pada Siswa
                  Kelas IV Tunanetra Di SLBN Gedangan Sidoarjo pada siklus I ...........  30
Tabel 5      Data hasil ulangan matematika siswa Tunanetra kelas IV
                  Materi operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan
                  alat peraga modifikasi permainan dakon pada siklus I ...........................  31
Tabel 6      Data Hasil Observasi Siklus 2 Tentang Kemampuan Mengerjakan
                  Soal Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif Dan Negatif
                  Melalui  Media Modifikasi Permainan Dakon ........................................  34
Tabel 7      Data hasil ulangan matematika siswa Tunanetra kelas IV
                  Materi operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan
                  alat peraga modifikasi permainan dakon pada siklus 2 ...........................  34







DAFTAR LAMPIRAN

Halaman
Lampiran 1      Rencana Pembelajaran 1 ...................................................................  40
Lampiran 2      Rencana Pembelajaran 2 ...................................................................  43
Lampiran 3      Ulangan Harian 1 ..............................................................................  45
Lampiran 4      Ulangan Harian 2 ..............................................................................  47
Lampiran 5      Penyajian Program Pembelajaran ......................................................  49
Lampiran 6      Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran ..........................................  52
Lampiran 7      Foto-foto kegiatan ............................................................................  53



ABSTRAK


Lilis Marwiyana : Penggunaan modifikasi permainan dakon untuk meningkatkan kecepatan menghitung dalam operasi penjumlahan bilangan bulat pada anak Tunanetra kelas IV di SLBN Gedangan Sidoarjo


Kata Kunci : Modifikasi permainan dakon, penjumlahan bilangan bulat, anak tunanetra


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kecepatan menghitung serta meningkatkan hasil pembelajaran matematika tentang penjumlahan bilangan bulat pada anak tunanetra kelas IV di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaborasi. Jumlah siswa yang dijadikan subyek penelitian 4 siswa tunanetra.

Tulisan ini bertolak dari instropeksi yang penulis lakukan setelah pembelajaran siswa pada materi tentang bilangan bulat dengan indikator melakukan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan. Setelah para siswa belajar sesuai dengan alokasi waktu yang ada, ternyata hasil penilaiannya kurang memuaskan. Hal ini penulis ketahui setelah mengadakan analisis hasil ulangan. Penulis menduga bahwa penggunaan garis bilangan pada operasi penjumlahan bilangan bulat membuat siswa jenuh dan pembelajaran kurang menarik. Dari intropeksi diatas, maka penulis menciptakan alat  atau media yang diharapkan membuat siswa lebih mudah memahami materi, aktif, kreatif, afektif dan menyenangkan yaitu modifikasi permainan dakon dan cara penggunaannya untuk meningkatkan kecepatan menghitung dalam operasi penjumlahan bilangan bulat pada anak tunanetra kelas IV.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penelitian tindakan kelas dan modifikasi permainan dakon dapat meningkatkan kecepatan menghitung dalam operasi penjumlahan bilangan bulat, serta dapat meningkatkan hasil pembelajaran (Mencapai hasil belajar tuntas).





BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dan kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat kuat dan jelas. Tanpa konsep A tidak mungkin akan memahami konsep B.
Salah satu materi pokok mata pelajaran matematika kelas 4 pada Kurikulum 2004 yaitu operasi hitung bilangan bulat. Salah satu indikatornya yaitu melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan. Indikator tersebut sebelumnya tidak dipelajari di kelas 3. Jadi merupakan materi baru.
Sudah barang tentu sebagai materi baru maka guru harus berusaha agar para siswa benar-benar memahami konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan tersebut.
Alokasi waktu untuk operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan yaitu 1 kali pertemuan selama 3 jam pelajaran (@ 40 menit). Sedangkan untuk operasi hitung pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan juga 1 kali pertemuan selama 3 jam pelajaran (@ 40 menit).
Setelah para siswa belajar operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan sesuai alokasi waktu yang ada, ternyata hasil penilaiannya kurang memuaskan. Hal ini penulis ketahui setelah mengadakan analisis hasil ulangan. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa rata-rata nilai pengamatan yaitu 6,7 (kategori cukup) dan rata-rata nilai ulangan harian 5,1.
Dan hasil tersebut rnaka penulis harus mengulang atau melakukan perbaikan proses pembelajaran materi operasi hitung penjumlahan bilangan bulat tersebut. Sehingga penulis tidak melanjutkan indikator berikutnya yaitu operasi hitung pengurangan bilangan bulat
Instrospeksi yang penulis lakukan, penulis menduga bahwa penggunaan garis bilangan pada operasi penjumlahan bilangan bulat membuat siswa menjadi jenuh. Setiap kali menyelesaikan soal siswa harus membuat garis bilangan. Jika siswa diberi sepuluh nomor soal penjumlahan bilangan bulat, maka siswa harus membuat sepuluh garis bilangan. Hal ini membuat siswa bosan dan cepat lelah. Akhirnya menjadi kurang konsentrasi dalam belajar.
Dan introspeksi di atas, maka penulis perlu menciptakan alat atau metode lain yang membuat siswa lebih memahami materi, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjawab tantangan tersebut, penulis membuat sebuah alat peraga beserta cara penggunaannya untuk memahamj konsep operasi hitung penjumlahan bilangan bulat yaitu alat permainan dakon.
Harapan penulis, alat peraga permainan dakon tersebut dapat membantu dan mempermudah siswa dalam memahami konsep penjumlahan bilangan bulat dan menyelesaikan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat sekaligus menyenangkan siswa karena mengandung unsur permainan. Penulis memandang bahwa alat permainan tersebut menarik, penting, dan perlu dilakukan oleh guru karena dapat menarik minat siswa dalam belajar tentang operasi penjumlahan bilangan bulat.



B.     Rumusan Masalah
Berkaitan dengan permasalahan yang ingin dipecahkan. Maka dalam bagian ini diketengahkan rumusan masalah sebagai berikut :
“Bagaimanakah penggunaan modifikasi permainan dakon untuk  meningkatkan kecepatan menghitung dalam operasi penjumlahan bilangan bulat pada Anak Tunanetra kelas IV di SLBN Gedangan Sidoarjo?”

C.    Pemecahan Masalah
Keterbatasan anak tunanetra dalam mengerjakan penjumlahan bilangan bulat dalam mengoptimalkan penggunaan media dakon dalam kegiatan pembelajaran di kelas, dengan penggunaan permainan dakon dalam pembelajaran ini siswa akan tumbuh minat belajar matematika khususnya pada penjumlahan bilangan bulat sehingga meningkat hasil belajarnya.

D.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan kecepatan menghitung dalam operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menerapkan permainan dakon pada anak-anak tunanetra.



E.     Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini antara lain :
1.      Bagi siswa, untuk perbaikan dalam meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran matematika.
2.      Bagi guru, agar lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran mata pelajaran matematika.
3.      Bagi sekolah/ lembaga, untuk meningkatkan mutu kegiatan belajar di sekolah tersebut.


0 comments on SLB-01 PENGGUNAAN MODIFIKASI PERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN MENGHITUNG DALAM OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA ANAK TUNANETRA KELAS IV DI SLBN GEDANGAN SIDOARJO :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search