.

.

SMPPKN-04 PENERAPAN MODEL GABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA-SISWI KELAS ……………… ……………………………………………… TAHUN ………………………

PENERAPAN MODEL GABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK
DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL UNTUK
MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA-SISWI KELAS ………………
………………………………………………
TAHUN ………………………





KARYA TULIS ILMIAH



OLEH:
………………………………………..
NIP:…………………………………



DINAS PENDIDIKAN ………………………………..
……………………………………………..

HALAMAN PENGESAHAN
KARYA ILMIAH



BERJUDUL:
PENERAPAN MODEL GABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK
DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL UNTUK
MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA-SISWI KELAS ………………
………………………………………………
TAHUN ………………………



OLEH:
…………………………………………..



TELAH DISETUJUI

     Pengelola Perpustakaan                                                       Ketua PGRI
      ……………………….                                                        …………….


      ………………………                                                        ……………..
      NIP:………………….                                                      NPA:………..

ii
 

KATA PENGANTAR



        Dengan mengucap syukur alhamdullolah Kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik Dalam meningkatkan life skill untuk Meningkatkan proses dan hasil belajar pkn pada siswa-siswi kelas …………………………….tahun……………”
penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk memenuhi persyaratan kenaikan  golongan profesi guru dari IVa ke IVb.
            Dalam penyusunan karya ilmiah  ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih kami ucapkan dengan tuilus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.  Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota…………………………………………….
2.  Yth Ketua PGRI Kota…………………………………………………………..
3.  Yth Rekan-rekan Guru …………………………………………………………
            Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmah ini jauh dari sempurna untuk itu  segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.




………………………………………



Penulis 

iii
 

ABSTRAK



……………..,2006. “Penerapan model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik Dalam meningkatkan life skill untuk Meningkatkan proses dan hasil belajar pkn pada siswa-siswi kelas …………………………….tahun……………”

Kata Kunci : ppkn Model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik

            Dalam proses pembelajaran yang menyangkut matri, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan ( inovasi). Dengan adanya inovasi tersebut diatas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup ( life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitar.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
            Penelitian ini berdasarkan permasalahn (a) Bagaimanakah peningkatan  prestasi belajar PKn dengan diterapkannya model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik pada siswa kelas………………… tahun pelajaran……………..( b) Bagaimanakah pengaruh Model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik terhadap motivasi belajar PKn pada siswa kelas…………………. Tahun pelajaran………….
            Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya  model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkan model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik.                    
            Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)  sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap  yaitu : rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas  ………………………………………. Tahun pelajaran…………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
            Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (73,17%), siklus II (82,93%), siklus III (95,12%)
            Simpulan dari  penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa………………………………………………… serta model pembelajarasn  ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PPKn

iv
 

DAFTAR ISI
Halaman Judul     .........................................................................................            
Halaman pengesahan ...................................................................................            
Kata Pengantar    .........................................................................................            
Abstraksi             .........................................................................................            
Daftar Isi             .........................................................................................            
Daftar Lampiran .........................................................................................            

BAB I        PENDAHULUAN
          A. Latar  Belakang Masalah...............................................................            
          B. Rumusan Masalah..........................................................................            
          C. Tujuan Penelitian...........................................................................            
          D. Manfaat Penelitian.........................................................................            
          E. Penjelasan Istilah...........................................................................            
          F.  Batasan Masalah............................................................................            

BAB II       KAJIAN PUSTAKA
          A. Definisi Pembelajaran....................................................................            
          B  Gaya Belajar .................................................................................            
          C. Sisi Social Proses Belajar...............................................................            
          D. Motivasi Belajar.............................................................................            
          E. Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Pada  Siswa .......................            
          F. Pengajaran Autentik……………………………………………....           
         
         
BAB III     METODOLOGI PENELITIAN
          A. Tempat, waktu dan subjek penelitian............................................            
          B. Rancangan Penelitian.....................................................................            
          C. Alat Pengumpulan Data.................................................................            
          D. Analisis Data..................................................................................            


v
 

BAB IV          HASIL  PENELITIAN DAN  PEMBAHASAN
                   A. Analisis Data Penelitian Persiklus........................................            
                   B. Pembahasan                                                                                      

BAB V           SIMPULAN DAN SARAN
                   A. Simpulan                                                                                          
                   B. Saran                                                                                                

DAFTAR PUSTAKA                                                                                             

vi
 

DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran
Lampiran 1      Rencana Pembelajaran 1 ......................................................              
Lampiran 2      Rencana Pembelajaran 2 ......................................................            
Lampiran 3      Rencana Ppembelajaran 3 ....................................................            
Lampiran 4      Hasil tes Formatif Siklus I....................................................            
Lampiran 5      Hasil tes Formatif Siklus II..................................................
Lampiran 6      Hasil tes Formatif Siklus III.................................................            
Lampiran 7      Data pengamatana Minat, Perhatian dan Partisipasi Siswa
                        Putaran I...............................................................................            
Lampiran 8      Data pengamatana Minat, Perhatian dan Partisipasi Siswa
                        Putaran II.............................................................................              
Lampiran 9      Data pengamatana Minat, Perhatian dan Partisipasi Siswa
                        Putaran III............................................................................            


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar  Belakang  Masalah
              Di era globalisasi yang sedang berlangsung dewasa ini. Indonesia menghadapi berbagai tantangan. Tantangan tersebut antara lain persaingan ketat dalam pandangan internasional sebagai konsekuensi pasar bebas di kawasan ASEAN dan Asia Pasifik. Hal tersebut telah menimbulkan berbagai masalah kehidupan, termasuk matinya produk-produk perdangan  local bahkan pabrik-pabrik tekstl dalam negeri , karena tidak mampu bersaing dengan produk luar. Contohnya kalau jalan-jalan ke swalayan, dapat kita saksikan berapa proses produk dalam negari yang dipasarkan, bahkan mencari jeruk Garut atau Apel malang saja  sudah susah.
              Menghadapi tantangan dan permasalahn tersebut, pendidikan harus berorientasi sesuai dengan kondisi dan tuntutan itu, agar output pendidikan dapat mengikuti perkembnagan yang terjadi. Dalam kondisi ini manajemen birokratik sentralistik yang telah menghasilkan pola penyelenggaraan pendidikan yang regam dalam berbagai kondisi local yang berbeda untuk berbagai lapisan masyarakat yang berbeda, tidak bisa dipertahankan lagi. Dikatakan demikian karena muatan dan proses pembelajaran di sekolah selama ini menjadi miskin variasi, berbasis pada standar nasional yang kaku dan diimplementasikan di sekolah atas dasar petunjuk-petunjuk yang cenderung serba detail. Di samping itu  peserta didik dievaluasi atas dasar akumulasi pengetahuan yang telah diperolehnya sehingga orang tua tidak mempunyai variasi  pilihan atas jasa pelayanan pendidikan bagi anak-anaknya sumber-sumber pembelajaran di “ dunia” nyata dan unggulan daerah tidak dimanfaatkan bagi kepentingan pendidikan di sekolah dan lulusan hanya mampu  menghafal tanpa memahami.
              Tantangan masa depan yang berbeda indikatornya telah  nampak akhir-akhir ini menuntut manusia yang mandiri, sehingga peserta didik harus dibekali dengan kecakapan hidup ( life skill) melalui muatan, proses pembelajaran dan aktivitas lain di sekolah. Kecakapan hidup di sini tidak semata-mata terkait dengan motif ekonomi secara sempit, seperti keterampilan untuk bekerja , tetapi menyangkut aspek social budaya seperti cakap, berdemokrasi, ulet dan memilih budaya belajar sepanjang hayat. Dengan demikian pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup pada hakekatnya adalah pendidikan untuk membentuk watak dan etos.
              Perkembangan global saat ini juga menuntut dunia pendidikan untuk selalu mengubah konsep berfikirnya. Konsep lama mungkin sudah tidak sesuai  dengan perkembangan saat ini, lebih-lebih untuk yang akan datang. Untuk itulah, perubahan selalu dilakukan sesuai dengan  perkembangan jaman.
              Belajar adalah proses penambahana pengetahuan. Konsep ini muncul pada pengertian paling awal. Namun pandangan ini ternyata masih berlaku bagi sebagian orang di negeri ini. Dengan pijakan konsep ini belajar seolah-olah hanya penjejalan ilmu pengetahuan kepada siswa.
              Pandangan ini tidak perlu salah karena pada kenyataannya bahwa belajar itu menambah pengetahuan kepada anak didik. Namun demikian konsep ni masih sangat persial, terlalu sempit dan menjadikan siswa sebagai individu-individu yang pasih dan repasif. Siswa layaknya sebuah benda kosong yang perlu diisi sampai penuh tanpa melihat potensi yang sebenarnya sudah ada pada siswa.
              Pendidikan formal saat ini ditandai adanya perubahan yang berkali-kali dalam beberapa  tahun terakhir ini ditandai dengan adanya suatu perubahan (inovasi). Perubahan pada hakekatnya adalah sesuatu hal yang wajar karena perubahan itu adalah sesuatu yang bersifat kodrati dan manusiawi. Hanya ada dua alternative pilihan  yaitu  menghadapi tantangan yang ada di dalamnya atau mencoba menghindarinya. Jika perubahan direspon positif akan menjadi peluang dan jika perubahan direspon negative akan menjadi arus  kuat yang menghempaskan adan mengalahkan kita.
              Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan (inovasi)I.  Dengan  adanya inovasi tersebut di atas di tuntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif.    Terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpikak pada lingkungan sekitarnya.
              Berangkat dari latar belakang permasalahan tersebut di atas maka dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis mengambil judul “ Penerapan Model Pengajaran  model  Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik Dalam Meningkatkan life Skill  untuk meningkatkan                                                     proses dan hasil belajar PKn Pada Siswa –Siswi Kelas …………………tahun pelajaran………………………..

B. Rumusan Masalah
              Bertitik tolak dari latar belakang diats maka penulis merumuskan permasalahannya sebagai berikut:
     1.  Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya model  Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik pada siswa kelas ……………………Tahun Pelajaran ……………………
     2.  Bagaimanakah pengaruh model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik terhadap motivasi belajar PKn pada siswa kelas ………………………….tahun pelajaran…………

C. Tujuan Penelitian
           Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk :
    1.  Ingin mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar kewarganegaraan setelah diterapkan model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik pada siswa Kelas ……………………………..tahun pelajaran …………………..
    2.  Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn  setelah diterapkannya model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik pada siswa kelas……………… ………………………tahun pelajaran……………………………………….

D.  Manfaat Penelitian
                  Adapun maksud penulis mengadakan penelitian  ini diharapkan dapat berguna bagi:
         1.  Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru PKn dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar PKn
         2.  Sumbangan pemikiran bagi guru PKn dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar PKn
         3.  Proses belajar mengajar PKn tidak lagi monoton
         4.  ditemukannya strategi pembelajaran yang tepat,tidak konvensional tetapi variatif
         5.  Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas mandiri maupun kelompok  meningkat
         6.  Kualitas pembelajaran PKn meningkat
         7.  Prestasi belajar untuk PKn meningkat

E. Penjelasan Istilah
             Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
    1.  Metode Ceramah adalah:
Metode ceramah adalah cara penyampain bahan pelajaran dengan komunikasi lisan.
    2.  Motivasi belajar adalah
             Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapi tujuan tertentu.
                  3   Prestasi belajar adalah
            Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.

F. Batasan Masalah
              Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
    1.  Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas ………………………………………………..tahun pelajaran………….
    2.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Sepetember semester ganjil tahun pelajaran…………………………………
    3.  Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan…………………..

SMPPJOK-02 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OLAHRAGALOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “KARDUS” MELALUI MODEL RESPIROKAL PADA SISWA KELAS VII² SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 5 SABANG TP 2012/2013

UPAYA   MENINGKATKAN  HASIL  BELAJAR   OLAHRAGALOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA “KARDUS” MELALUI MODEL RESPIROKAL
PADA SISWA KELAS VII² SEMESTER GANJIL
SMP NEGERI 5 SABANG TP 2012/2013







OLEH:
TIM MGMP
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP/MTs NEGERI DAN SWASTA KOTA SABANG





DINAS PENDIDIKAN KOTA SABANG
SMP NEGERI 5 KOTA SABANG
WORKSHOP PENGEMBANGAN KARIR PTK DIKDAS
TAHUN 2012





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Mengajar merupakan proses dua dimensi, yaitu sebagai proses penyampaian materi pelajaran dan sebagai proses pengaturan lingkungan yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Menurut                             The Ling Gie (1982:6) bahwa belajar adalah segenap rangkaian kegiatan dan aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan pengetahuan dan kemahiran yang sedikit permanen. Pelaksanaan suatu keberhasilan belajar mengajar sudah harus dipikirkan faktor-faktor apa saja yang mampu menghantar materi atau pokok bahasan seperti sarana, media, alat peraga, sehingga penyampaian pesan pembelajaran itu lebih efektif, efisien, dan menyenangkan.
Sarana adalah sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah dan sebagainya. Selaras dengan itu pembelajaran pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (Penjaskes) SMP, dimana siswa dituntut harus mampu menguasai 3 Aspek domain yaitu Aspek Psikomotorik, Aspek Kognitif dan Aspek Afektif. Untuk mencapai ketiga Aspek ini guru sudah seharusnya mencari dan menetukan model, teknik, media pendukung, karena salah satu keputusan yang paling penting dalam merancang pembelajaran ialah dengan menggunakan media yang sesuai dalam rangka penyampaian pesan-pesan pembelajaran Dick dan Carey (Dalam Lamudji, 2005).
Menciptakan Proses Pembelajaran praktik tidaklah mudah mencapai ketuntasan mengingat waktu yang tersedia sangatlah terbatas sehingga Penelititan Tindakan Kelas ini sangatlah  tepat untuk mencari upaya penyelesaian permasalahan siswa.
Dengan adanya Model Pembelajaran, Media yang bervariasi diharapkan dapat lebih membangkitkan aktivitas Praktik dan kompetensi yang diharapkan. Seperti Pembelajaran Atletik merupakan salah satu materi penjaskes disekolah SMP. Pendidikan Penjaskes dirancang melalui aktivitas jasmani yang di desain untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat, aktif dan sportif, salah satunya Nomor Olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok. Olahraga lompat jauh Gaya Jongkok pada kurikulum KTSP SMP terdapat pada Standar kompetensi pertama yaitu mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Adapun indikatornya siswa dituntut untuk mampu melakukan Teknik Dasar melompat tanpa awalan.
Berdasarkan data Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pengamatan dilapangan, siswa SMP Negeri 5 Sabang hasil belajar olahraga lompat jauh belum menncapai KKM disisi lain keaktifan siswa dalam menerima pembelajaran terlihat kaku dan kurang menyenangkan. Dasar inilah Peneliti mencoba melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan judul ” Upaya meningkatkan hasil belajar Olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok menggunakan media ”Kardus” melalui model Resiprokal/timbal balik pada siswa Kelas VII² Semester Ganjil SMP Negeri 5 Sabang Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Sebagai mana kita ketahui bersama, untuk melakukan olahraga Praktik tidak mudah seperti dibayangkan, karena tanpa ada proses sistematis ini malah akan membahayakan bagi siswa (cidera). Pelajaran olahraga merupakan Pelajaran yang sangat di senangi oleh siswa, tetapi berbeda halnya dengan cabang olahraga Lompat Jauh  Gaya Jongkok justru siswa sangat sulit untuk melakukan, alasan yang sering terdengar dominan melakukan gerakan yang diawali dengan lari dan  lompatan yang menguras tenaga serta sangat melelahkan. Oleh karena itu Peneliti (Tim) mencoba memodifikasi Cabang olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok ini kedalam bentuk bermain  menggunakan Media “Kardus”, dengan tujuan mengembangkan teknik dasar yaitu Pembedaharaan gerak dasar. Gerak dasar anak apabila sesering mungkin dilakukan maka dia akan semakin berkembang dan lambat laun gerak inilah yang nantinya akan mampu menciptakan gerak yang diharapkan. Dengan gerakan yang sederhana, tidak terlalu terstruktur dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan serta karakteristik anak (Drs. Soepartono : 2004 : 11).  


Media Kardus merupakan Media yang sangat mudah untuk di jumpai ditengah-tengah masyarakat terlebih media bekas Pembungkus makanan ini sering sekali masyarakat membuangnya.  Kelebihan media ini jika saat digunakan bila terkena atau tersentuh dengan fisik siswa tidak akan  mendatangkan resiko.

B.     Identifikasi Masalah
            Pelajaran Penjaskes adalah Pelajaran yang sangat di senangi oleh siswa tetapi berbeda halnya dengan cabang Olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok siswa sangat sulit dan tidak mau melakukannya dengan alasan sangat melelahkan dan menguraskan tenaga. Oleh sebab itu, dicarilah teknik atau model serta media yang mampu memodifikasi pelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok ini ke dalam bentuk permainan. Karena dengan pola bermain siswa lebih menyenangkan, dan disukai.

C.    Batasan Masalah
         Fokus masalah PTK ini adalah meningkatkan hasil belajar praktik Olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok melalui penggunaan Media “Kardus” pada siswa kelas VII² Semester Ganjil SMP Negeri 5 Sabang Tahun Pelajaran 2012/2013 di Kota Sabang.

A.    Rumusan Masalah
         Berdasarkan latar belakang masalah, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Apakah melalui penggunaan Media  ” Kardus ” dapat meningkatkan hasil belajar olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok.
2.      Apakah siswa melakukan olahraga lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan media ”kardus” dan model pembelajaran Resiprokal/ timbal balik mampu membuat daya tarik siswa sehingga menyenangkan.
3.      Apakah hasil belajar siswa secara keseluruhan mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

B.     Tujuan Penelitian
         Untuk meningkatkan hasil belajar olahraga lompat jauh gaya jongkok melalui penggunaan media ”kardus” dan Model Pembelajaran Resiprokal/timbale balik.

C.    Manfaat Penelitian
1.      Bagi Guru, Memberikan masukan dan meningkatkan kegiatan belajar mengajar materi olahraga Lompat Jauh gaya jongkok melalui Media ”Kardus” yang termodifikasi serta mampu menciptakan hasil belajar praktik yang maksimal.
2.      Bagi Siswa, Dapat menguasai lebih mudah melakukan teknik dasar olahraga lompat jauh gaya jongkok dengan pola bermain model Resiprokal/timbal balik menggunakan media “Kardus”.
3.      Bagi sekolah, sebagai bahan masukan dalam mengelola Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) lebih kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

SMPPAI-05 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS …. ….. …..

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN
MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH 
PADA SISWA KELAS ….
…..
…..




KARYA TULIS ILMIAH






OLEH
…….
NIP: ….






PEMERINTAHAN ….
DINAS PENDIDIKAN
….
….
2005


LEMBAR PENGESAHAN


1.   Judul                           :  Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran kontekstual berbasis masalah   Pada Siswa Kelas ….
2.   Identitas Peneliti         : 
      Nama                           :  …
      NIP                             :  …
      Gol/Ruang                   :  …
      Jabatan                        :  …
      Unit Kerja                   :  …
3.   Lokasi Penelitian         :  …
4.   Lama Penelitian          :  ..
5.   Biaya Penelitian          :  …

Petugas Pustaka


……..
NIP : ….
Peneliti


….
NIP: ….



Mengetahui
Kepala …
….


…..
NIP: ….


Karya Tulis Ilmiah hasil penelitian tindakan kelas yang berjudul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran kontekstual berbasis masalah   Pada Siswa Kelas … ini telah disetujui dan disahkan untuk diajukan sebagai bahan penilaian kenaikan pangkat.





Ketua PGRI
Kabupaten …


……
NPA. ….



Karya Tulis Ilmiah hasil penelitian tindakan kelas yang berjudul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran kontekstual berbasis masalah   Pada Siswa Kelas … ini telah disetujui dan disahkan untuk diajukan sebagai bahan penilaian kenaikan pangkat.





Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten …


……
NPA. ….


KATA PENGANTAR

            Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya ilmiah ini dapat terselesaikan pada waktunya.
            Karya ilmiah yang berjudul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran kontekstual berbasis masalah   Pada Siswa Kelas … ini, disusun untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi guru dari IV/a ke IV/b.
            Dalam penyusunan dan penyelesaian karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:
  1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten …
  2. Yth. Ketua PGRI Kabupaten …
  3. Yth. Rekan-rekan Guru …
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai
Peneliti menyadari bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan demi penelitian yang akan datang.

…, Mei 2005

Peneliti


ABSTRAK

…………………., 2005. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran kontekstual berbasis masalah   Pada Siswa Kelas ……………………………….u Tahun Pelajaran 2005/2006
Kata Kunci: PAI, metode belajar aktif model pengajaran terarah
Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” sendiri apa yang dipelajarinya, bukan ‘mengetahui’-nya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi ‘mengingat’ jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangkan panjang.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PAI dengan diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah? (b) Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif model pengajaran terarah terhadap motivasi belajar?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PAI setelah diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah.(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PAI setelah diterapkan metode belajar aktif model pengajaran terarah.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalh siswa kelas …………………………….. Batu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar aktif model pengajaran terarah dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………….., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PAI.


DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul ..........................................................................................................

Lembar Pengesahan ..................................................................................................
Kata Pengantar .........................................................................................................
Abstrak .....................................................................................................................
Daftar Isi ...................................................................................................................
Daftar Lampiran .......................................................................................................
BAB  I      PENDAHULUAN .................................................................................
A.    Latar Belakang Masalah ...................................................................
B.     Rumusan Masalah .............................................................................
C.     Tujuan Penelitian ..............................................................................
D.    Kegunaan Penelitian .........................................................................
E.     Definisi Operasional Variabel ..................................................
F.      Batasan Masalah ......................................................................
BAB  II     KAJIAN PUSTAKA ....................................................................
A.    Memperkenalkan Belajar Aktif  ……………………………..           
B.     Bagaimanakah Otak Bekerja  ...................................................
C.     Gaya Belajar..............................................................................
D.    Sisi Sosial Proses Belajar ………………………………...
E.     Sepuluh Strategi Untuk Membentuk Kelompok Kecil
F.      Pengajaran Terarah
BAB  III   METODOLOGI PENELITIAN ...................................................
A.    Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ..................................
B.     Rancangan Penelitian ..............................................................
C.     Alat Pengumpul Data ..............................................................
D.    Analisis Data ...........................................................................
BAB  IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ..........................
A.    Hubungan Pembelajaran Model Kontekstual berbasis masalah    Dengan  Ketuntasan Belajar        
B.     Pembahasan .............................................................................
BAB  V     SIMPULAN DAN SARAN .........................................................
A.    Simpulan ..................................................................................
B.     Saran ........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................


DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                     Halaman
Lampiran 1 Nilai Formatif Pada Siklus I ..................................................................
Lampiran 1 Nilai Formatif Pada Siklus II .......................................................
Lampiran 1 Nilai Formatif Pada Siklus III ...............................................................


BAB  I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
                  Dalam kegiatan belajar mengajar tidak semua anak didik mampu berkonsentrasi dalam waktu yang relatif lama. Daya serap anak didik terhadap bahan yang diberikan juga bermacam-macam, ada yang cepat, ada yang sedang, dan ada yang lambat. Faktor intelegensi mempengaruhi daya serap anak didik terhadap bahan pelajaran yang diberikan oleh guru. Cepat lambatnya penerimaan anak didik terhadap bahan pelajaran yang diberikan menghendaki pemberian waktu yang bervariasi, sehingga penguasaan penuh dapat tercapai.
Terhadap perbedaan daya serap anak didik sebagaimana tersebut di atas, memerlukan strategi pengajaran yang tepat. Metodelah salah satu jawabannya. Untuk sekelompok anak didik boleh jadi mereka mudah menyerap bahan pelajaran bila guru menggunakan metode tanya jawab, tetapi untuk sekelompok anak didik yang lain mereka lebih mudah menyerap bahan pelajaran bila guru menggunakan metode demonstrasi atau eksperimen.
Karena itu dalam kegiatan belajar mengajar, menurut Roestiyah, N.K. (1989: 1), guru harus memiliki strategi agar anak didik dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau biasanya disebut metode mengajar. Dengan demikian, metode mengajar adalah stategi pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” sendiri apa yang dipelajarinya, bukan ‘mengetahui’-nya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi ‘mengingat’ jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangkan panjang. Dan, itulah yang terjadi di kelas-kelas sekolah kita! Pendekatan kontekkstual (contextual teaching learning/CTL) adalah suatu pendekatan pengajaran yang dari karakteristiknya memenuhi harapan itu. Sekrang ini pengajaran kontekstual menjadi tumpuan harapan para ahli pendidikan dan pengajaran dalam upaya ‘menghidupkan’kelas secara maksimal. Kelas yang ‘hidup’ diharapkan dapat mengimbangi perubahan yang terjadi di luar sekolah yang sedemikian cepat.
Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif.
Apa yang menjadikan belajar aktif? Agar belajar menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud)
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evalasi.
Sementara itu teknologi pembelajaran adalah salah satu dari aspek tersebut yang cenderung diabaikan oleh beberapa pelaku pendidikan, terutama bagi mereka yang menganggap bahwa sumber daya manusia pendidikan, sarana dan prasarana pendidikanlah yang terpenting. Padahal kalau dikaji lebih lanjut, setiap pembelajaran pada semua tingkat pendidikan baik formal maupun non formal apalagi tingkat Sekolah Dasar, haruslah berpusat pada kebutuhan perkembangan anak sebagai calon individu yang unik, sebagai makhluk sosial, dan sebagai calon manusia Indonesia.
Hal tersebut dapat dicapai apabila dalam aktivitas belajar mengajar, guru senantiasa memanfaatkan teknologi pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran struktural dalam penyampaian materi dan mudah diserap peserta didik atau siswa berbeda.
Khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam , agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik, maka proses pembelajaran kontektual, guru akan memulai membuka pelajaran dengan menyampaikan kata kunci, tujuan yang ingin dicapai, baru memaparkan isi dan diakhiri dengan memberikan soal-soal kepada siswa.
Dengan menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Pemahaman Pelajaran PAI Pada Siswa Kelas ……………………………………..Tahun Pelajaran 2005/2006.”

B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahnnya sebagi berikut:
  1. Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PAI dengan diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah pada siswa Kelas …………………………..Tahun Pelajaran 2005/2006?
  2. Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif model pengajaran terarah terhadap motivasi belajar PAI pada siswa Kelas ………………………………………… Tahun Pelajaran 2005/2006?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Mengetahui peningkatan prestasi belajar PAI setelah diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah pada siswa Kelas ………………………………………….. Tahun Pelajaran 2005/2006.
  2. Mengetahui pengaruh motivasi belajar PAI setelah diterapkan metode belajar aktif model pengajaran terarah pada siswa Kelas ………………………………………Tahun Pelajaran 2005/2006.

D. Manfaat Penelitan
Adapun maksud penulis mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
  1. Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar PAI.
  2. Sumbangan pemikiran bagi guru PAI dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar PAI.
E. Definisi Operasional Variabel
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Metode belajar aktif model pengajaran terarah adalah:
Suatu bentuk pembelajaran yang mengharuskan guru mengajukan satu atau beberapa pertanyaan untuk melacak pengetahuan siwa atau mengapatkan hipotesis atau simpulan mereka.
  1. Motivasi belajar adalah:
Merupakan daya penggerak psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan belajar dan menambah keterampilan, pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah minat belajar untuk tercapai suatu tujuan.
  1. Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.
F.   Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
  1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas ………………………………… Tahun Pelajaran 2005/2006.
  2. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan September tahun pelajaran 2005/2006.
  3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan………………………

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search