LAPORAN PENELITIAN
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA
DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI JERUKLEGI WETAN
01 KABUPATEN CILACAP
TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008
Disusun untuk mengikuti lomba Karya
Tulis Ilmiah
tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun
2008
OLEH
SUDARMONO, S.Pd.
NIP. 131729050
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN
CILACAP
2008
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
Bidang Kajian : Penelitian Tindakan Kelas
1.
Judul Penelitian : Upaya
Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran
Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri
Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2007 / 2008.
- Peneliti :
a. Nama Lengkap : Sudarmono, S.Pd.
b. Jenis Kelamin : Laki- laki
c. Pangkat/Gol. dan NIP : Pembina IV/ A, 131729050
d. Mata Pelajaran : Matematika
e. Sekolah : SD Negeri Jeruklegi Wetan 01
- Lama Penelitian : 3 Bulan
Dari :
bulan Februari 2008 sampai dengan
bulan April 2008
|
||||
|
||||
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT saya
panjatkan yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya sehingga
dapat menyelesaikan penelitian tindakan kelas ini dengan baik.
Penelitian ini disusun sebagai bahan rujukan untuk
meningkatkan kegiatan pembelajaran matematika yang lebih efektif.
Dengan terselesaikannya penelitian tindakan kelas ini,
tak lupa menyampaikan terima kasih kepada :
- Kepala SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Cilacap yang telah
memberikan dorongan dan memberikan berbagai fasilitas sehingga kegiatan
penelitian ini dapat diselesaikan dengan baik.
- Semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam
penyusunan penelitian ini.
Namun
demikian saya menyadari bahwa dalam penyusunan penelitian ini masih banyak
terdapat berbagai kekurangan, untuk itu sudilah kiranya para pembaca memberikan kritik dan saran yang
bersifat membangun demi perbaikan pada masa yang akan datang. Harapan penulis
semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan semoga Allah
senantiasa memberikan pertolongan kepada kita, amin.
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL i
LEMBAR PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
DAFTAR TABEL DAN DIAGRAM vi
DAFTAR LAMPIRAN vii
ABSTRAKSI viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang...................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah ................................................................................. 2
C.
Tujuan Penulisan ................................................................................ 2
D.
Manfaat Penelitian
............................................................................... 3
BAB II KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN
HIPOTESIS
A.
Landasan Teori
...................................................................................... 4
B.
Kerangka Berpikir
................................................................................. 7
B.
Hipotesis Tindakan
................................................................................ 7
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Setting Penelitian
.................................................................................. 8
B.
Subjek Penelitian
................................................................................. 8
C.
Sumber Data
....................................................................................... 8
D.
Teknik dan Alat Pengumpulan
Data ................................................... 8
E.
Analisis Data
....................................................................................... 9
F.
Prosedur Penelitian
............................................................................... 9
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Kondisi Awal
........................................................................ 13
B.
Deskripsi Hasil Siklus I
........................................................................ 13
C.
Deskripsi Hasil Siklus II
....................................................................... 15
D.
Pembahasan Tiap Siklus dan
Antar Siklus ........................................... 17
E.
Hasil Penelitian
.................................................................................... 19
BAB V PENUTUP
A.
Simpulan
................................................................................................ 20
B. Saran
....................................................................................................... 20
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN - LAMPIRAN
DAFTAR TABEL DAN
DIAGRAM
Halaman
Tabel 4.1 Nilai Rata – rata Siswa Sebelum Tindakan
........................................... 13
Tabel 4.2 Nilai Rata – rata Siswa Sebelum Tindakan
dan Sesudah Tindakan 1 ... 14
Tabel 4.3 Nilai Rata – rata Siswa Sebelum Tindakan
dan Sesudah Tindakan 2 ... 16
Diagram 4.4 Hasil Belajar
Matematika Siswa ......................................................... 17
Tabel 4.5 Hasil Pengamatan Keaktifan Siswa
....................................................... 18
Diagram 4.6 Hasil Pengamatan
Keaktifan Siswa Antar Siklus................................ 18
DAFTAR
LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1 Model Kartu
Soal .......................................................................... 22
Lampiran 2 Lembar Observasi PBM
................................................................ 23
Lampiran 3 Nilai Matematika Sebelum dan Sesudah
Tindakan 1 ................... 24
Lampiran 4 Nilai Matematika Sebelum dan Sesudah
Tindakan 2 ................... 25
Lampiran 5 Foto – foto Kegiatan
..................................................................... 26
Lampiran 6 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
............................................. 28
ABSTRAKSI
Sudarmono, S.Pd. : Upaya Meningkatkan
Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui
Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten
Cilacap Tahun Pelajaran 2007 / 2008.
Penelitian tindakan kelas bertujuan
secara deskriptif untuk mengetahui pengaruh metode bermain kartu soal terhadap
peningkatan kemampuan mengerjakan soal cerita pada pelajaran matematika kelas
VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten Cilacap tahun 2007 / 2008.
Hipotesis pada penelitian ini adalah “Model
pembelajaran dengan menggunakan kartu soal diduga dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD
Negeri Jeruklegi Wetan 01 Cilacap tahun pelajaran 2007 / 2008 dalam mengerjakan
soal cerita pada mata pelajaran matematika.”
Subjek yang diberi tindakan adalah
siswa kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 tahun pelajaran 2007 / 2008 yang
berjumlah 26 peserta didik dan terbagi atas 6 kelompok. Bentuk tindakan yang
diberikan adalah dengan menggunakan kartu soal yang digunakan untuk menuliskan
soal cerita kemudian dibahas oleh siswa secara berkelompok selanjutnya dibahas secara bersama antara guru dan siswa.
Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam
mengerjakan soal cerita dilakukan tes uji coba yang dilaksanakan dua kali
kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan
bahwa kecenderungan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri
Jeruklegi Wetan 01 ada peningkatan, yakni dengan perolehan skor rata – rata
sebelum diadakan tindakan sebesar 5,97 dan setelah diadakan tindakan menjadi
6.65 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi sebesar 0.68.
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan tanggung jawab
bersama antara pemerintah, masyarakat, dan orang tua. Kerja sama antara ketiga
pihak diharapkan dapat menunjang tercapainya tujuan pendidikan nasional, yaitu
untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia
seutuhnya.
Dalam Undang-undang RI Nomor 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tercantum pengertian pendidikan
sebagai berikut: “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.”
Melalui pembelajaran matematika
diharapkan siswa memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan
sehari – hari. Adapun tujuan pengajaran matematika di Sekolah Dasar sesuai
dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 adalah agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.
Memahami
konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan
konsep atau algoritma secara luwes, akurat dan efisien, dan tepat, dalam
pemecahan masalah,
2.
Menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika.
3.
Memecahkan
masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,
menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.
Mengomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah.
Pendidikan di Sekolah Dasar
menitikberatkan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Kemampuan ini
merupakan modal yang sangat mendasar untuk proses belajar selanjutnya.
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa
kemampuan berhitung siswa khususnya di SD masih rendah. Hal ini dapat dilihat
dari rata – rata hasil penilaian prestasi belajar matematika yang masih belum
memuaskan.
Berdasarkan hasil pengalaman dan
pengamatan permasalahan umum yang dijumpai ternyata peserta didik banyak yang
mengalami kesulitan di antaranya : dalam pengerjaan hitung campuran,
menyelesaikan masalah suku yang belum diketahui, pengerjaan pecahan, serta
pengerjaan soal cerita.
Dengan alasan - alasan yang disampaikan
di atas maka penulis berupaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dengan
mengadakan penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam
Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain
Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten Cilacap Tahun
Pelajaran 2007 / 2008.”
- Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang
telah dikemukakan, maka dibuatlah rumusan masalah yang merupakan masalah utama
pada penelitian ini sebagai berikut : “Adakah peningkatan kemampuan siswa kelas
VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Cilacap tahun pelajaran 2007 / 2008 dalam mengerjakan
soal cerita melalui metode bermain kartu soal pada mata pelajaran matematika ?”
C. Tujuan Penelitian
Dari latar belakang dan rumusan masalah
di atas, maka tujuan penelitian ini
adalah :
- Meningkatkan kemampuan siswa memahami soal cerita.
- Meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan soal cerita.
- Meningkatkan nilai mata pelajaran matematika.
- Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
- Manfaat Penelitian
- Manfaat teoritis
a.
Mendapatkan alternatif
metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.
b.
Mendukung
kegiatan belajar tuntas.
2.
Manfaat
praktis
Dengan menggunakan metode bermain kartu soal, peserta didik
akan mahir dalam menyelesaikan soal cerita.
3.
Manfaat bagi
guru
a.
Sebagai masukan bagi para guru dalam
melaksanakan pembelajaran secara variatif guna memaksimalkan kemampuan peserta
didik.
b.
Pembelajaran
di kelas lebih aktif, kreatif dan menyenangkan
4.
Manfaat bagi
sekolah
a.
Meningkatkan perolehan
nilai rata – rata ujian sekolah.
b.
Meningkatkan
peringkat sekolah di wilayahnya.
0 comments on SDMTK-15 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI JERUKLEGI WETAN 01 KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak