LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN
DENGAN MEDIA
BENDA-BENDA
TERDEKAT PADA PELAJARAN MATEMATIKA
SISWA KELAS
IV SD NEGERI KLUDAN
Oleh
Drs. Akhmad Solik
Nip. 131516928
Kemitraan antara :
Lembaga penelitian
Universitas Malang
Dengan
Ditjen Peningkatan
Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan
SEKOLAH
DASAR NEGERI KLUDAN NO. 111
Jalan Raya Kludan No. 48 Telp. (031) 8955192
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO
November, 2006
KATA PENGANTAR
Puji
Syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan
rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulisan laporan penelitian ini dapat
terselesaikan. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan
terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.
Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan
yang telah
mebiayai penelitian ini.
2.
Bpk. Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M pd. selaku Ketua Lembaga Penelitian
Universitas Malang yang telah memberikan bekal
pengetahuan penelitian tindakan kelas.
3.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo yang
memberikan kesempatan kepada penulis
untuk melaksanakan penelitian.
4.
Ibu Dra. Harti Kartini, M Pd. dan Ibu Dra. Umi Dayati,
M Pd. selaku pendamping dalam penelitian ini.
5.
Bpk. H. Sutomo, Ama Pd. Sebagai Kepala Sekolah SDN
Kludan yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melaksanakan penelitian.
6.
Ibu guru kelas IV SDN Kludan beserta teman sejawat yang
telah membantu pelaksanaan tindakan dalam penelitian.
7.
Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan
namanya satu persatu yang telah membantu kelancaran
penelitian.
Penulis menyadari bahwa laporan
penelitian ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari
pembaca selalu penulis harapkan demi kesempurnaan laporan penelitian ini.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan penelitian ini bermanfaat bagi kita.
Sidoarjo, November 2006
Penulis
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
1. Judul Penelitian : Peningkatan Kemampuan Menghitung
perkalian dengan Menggunakan Media
Benda-benda Terdekat pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kludan
2. Identitas Peneliti
a. Nama lengkap :
Drs. Akhmad Solik
b. Jenis Kelamin :
Laki-laki
c. Pangkat,
Golongan,
dan Nip. : Pembina IVa / 131516928
d. Asal Sekolah :
SDN Kludan
e. Alamat Kantor :
Jl. Raya Kludan, Tanggulangin
f. Alamat Rumah :
Griya Flamboyan RT 15 RW 5 Ds.
Kepadangan Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo
3. Lama Penelitian :
3 bulan/ dari bulan September sampai bulan November.
4. Biaya yang diperlukan
a. Sumber darai Lemlit :
Rp 2.000.000,00 (dua juta rupiah)
b.
Mengetahui Peneliti
Kepala Sekolah SDN
Kludan
H. Sutomo, Ama Pd. Drs.
Akhmad Solik
Nip. 130417540 Nip.
131516928
Menyetujui
Ketua Lemlit UM
Dr. Ibrahim Bafadal, M Pd.
Nip. 131652225
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN
PENGESAHAN ……………………………………. i
ABSTRAK ………………………………………………………… ii
KATA
PENGANTAR …………………………………………….. iii
DAFTAR ISI ………………………………………………………. iv
DAFTAR
LAMPIRAN ……………………………………………. vi
BAB I.
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah ……………………………
1 1.2 Perumusan
Masalah ……………………………….. 2
1.3 Tujuan Penelitian
………………………………….. 3
1.4 Manfaat
Penelitian ………………………………… 4
1.5
Batasan Istilah
…………………………………….. 4
BAB II.
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Strategi
Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar … 5
2.2 Peranan Media Pembelajaran
……………………….. 6
2.3 Variasi
Dalam Pembelajaran ……………………….. 8
BAB III. PELAKSANAAN PENELITIAN
3.1 Pendekatan
dan Jenis Penelitian …………………… 16
3.2 Model
Penelitian …………………………………… 16
3.3 Tempat,
Waktu, dan Subjek Penelitian
…………….. 17
3.4 Data
dan Sumber Data ……………………………… 17
3.5 Prosedur
Pengumpulan Data ……………………….. 18
3.6 Analisa
Data ………………………………………… 18
3.7 Rancangan
Penelitian ………………………………. 19
3.7.1 Siklus-1
3.7.1.1 Penyusunan Rencana Kegiatan ……….. ………….. 20
3.7.1.2 Pemberian Tindakan …………………………….. . 20
3.7.1.3 Melakukan Observasi …………………. 21 3.7.1.4 Refleksi
…………………………………… 22
3.7.1
Siklus-2
3.7.2.1 Penyusunan Rencana Kegiatan ………… …. 22
3.7.2.2 Pemberian Tindakan ………………………. 22
3.7.2.3 Pelaksanaan Observasi …………………..
… 22
3.7.2.4 Analisis dan Refleksi …………………… 22
BAB IV. HASIL PENELITIAN
4.1
Paparan Hasil Penelitian Siklus-1 …………………… 24
4.1.1 Persiapan Tindakan …………………………… 26
4.1.2 Pelaksanaan Tindakan ………………………… 27
4.1.3 Observasi
……………………………………… 32
4.1.4 Analisis dan Refleksi …………………………. 34
4.2 Paparan Hasil Penelitian Siklus-2 …………………….. 38
4.2.1 Penyusuna Perencanaan Penelitian ……………. 38
4.2.2 Pelaksanaan Tindakan …………………………. 39
4.2.3 Observasi
……………………………………… 42
4.2..4 Analisis dan Refleksi ………………………… 43
4.3 Pembahasan ………………………………………….. 46
BAB V. SIMPULAN DAN SARAN
5.1 Simpulan
……………………………………………… 50
5.2 Saran-Saran …………………………………………… 51
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………… 52
LAMPIRAN-LAMPIRAN ……………………………………………………..
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Secara umum matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan
tidak disukai oleh siswa. Hal ini sesuai dengan hasil angket siswa kelas IV SDN
Kludan yang menyatakan bahwa 45 % siswa
tidak menyukai pelajaran matematika dan merasa sulit untuk mengikutinya. Oleh
karena itu hasil pembelajaran matematika tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Bahkan Mulyana (2001) dalam kata pengantarnya menyatakan bahwa nilai matematika
berada pada posisi yang paling bawah, sehingga tidak heran kalau nilai
matematika dipakai sebagai tolak ukur dari kecerdasan siswa.
Kalau kita kaji lebih dalam hal tersebut bukan merupakan kesalahan siswa
semata tetapi dapat juga disebabkan oleh faktor guru itu sendiri sebagai
pendidik .Kekurangan guru yang biasa dilakukan
dalam kegiatan belajar mengajar adalah mengambil jalan pintas dalam
pembelajaran, memberi hukuman tanpa melihat lataar belakang kesalahan, menunggu
siswa berbuat salah, mengabaikan perbedaan siswa, merasa paling pandai, tidak
adil, memaksa hak siswa, (Mulyasa, 2005:20). Namun menurut hasil pengamatan
peneliti kesalahan yang biasa dilakukan guru dalam membelajarkan matematika di
tempat peneliti hingga siswa cepat menjadi bosan adalah (1) Dalam membelajarkan matematika
guru hanya berpedoman pada buku pegangan. (2) Penyampaian konsep sarat dengan
hafalan-hafalan. (3) Kegiatan pembelajaran masih monoton. (4) Kurang
memperhatikan keterampilan prasarat.
Keterampilan prasarat memang sangat diperlukan dalam pembelajaran, hal
tersebut seperti yang dikemukakan oeh Gagne (dalam Degeng:1997:4) bahwa setiap
mata pelajaran mempunyai prasarat belajar
(learning prerequisites). Dalam hubungannya dengan pembelajaran
matematika maka keterampilan prasarat yang harus dikuasai siswa umumnya adalah
hitung dasar yang meliputi: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian .Sebaik apapun konsep
matematika yang disampaikan oleh guru pada pembelajaran matematika namun bila
siswa tidak menguasai hitung dasar sebagai keterampilan prasaratnya maka hasil
pembelajaran kurang memuaskan.
Berdasarkan hasil ulangan harian siswa kelas IV SDN Kludan tahun
pelajaran 2005-2006 smester I tentang perkalian bersusun menunjukkan bahwa 20%
siswa menguasai secara tuntas, 35% siswa agak menguasai,dan 45% kurang
menguasai pada hal pada pembelajaran matematika sehari-hari guru sudah
menjelaskan secara lisan, ditulis di papan tulis, memberi contoh, bahkan
memberikan soal-soal latihan tentang perkalian bersusun, dan juga siswa sudah
diberi kesempatan untuk bertanya ketika guru mengajar, namun sedikit sekali
mereka yang mengajukan pertanyaan. Ketika guru balik bertanya hanya beberapa siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru dengan benar,
itupun karena siswa tersebut memang
pandai di kelasnya. Dan bila diberi tes perkalian rata-rata hasilnya rendah.
Rendahnya penguasaan kemampuan hitung perkalian kemungkinan besar
dikarenakan guru kurang tepat dalam memilih cara atau media dalam
pembelajaraan. Siswa kelas IV cara berfikirnya masih pada benda konkrit,
sementara guru tidak memperhatikan hal tersebut sehingga dimungkan siswa
mengalami kesulitan.
Berdasarkan masalah di atas peneliti akan berupaya meningkatkan kemampuan menghitung perkalai dengan media
benda-benda sekitar yang dekat dengan siswa antara lain dengan jari tangan dan
kartu bilangan. Dengan menggunakan media tersebut diharapkan siswa dapat
meningkatkan kemampuan hitung perkalian, lebih baktif, kreatif sehingga lebih
banyak siswa yang mencapai ketuntasan dalan hafalan perkalian sampai bilangan
100, perkalian bersusun dan operasi perkalian
1.2 Perumusan
Masalah
Berdasar uraian
di atas maka penelitian ini ditekankan pada peningkatan kemampuan menghitung
perkalian dengan media benda-benda terdekat pada pelajaran matematikan sisqa
kelas IV SDN Kludan. Dengan demikian dapat dirumuskan permasalahan sebagaai
berikut:
Bagaimana menggunakan media
benda-benda terdekat dapat meningkatkan kemampuan menghitung siswa kelas IV SDN
Kludan?
1.3
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan pernyataan peneliti yang telah
dirumuskan , tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan
kemampuan menghitung perkalian siswa kelas IV SDN Kludan, dengan menggunakan
media benda-benda terdekat.
1.4 Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat penelitian tindakan kelas ini
adalah:
1)
Bagi siswa penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan
aktivitas belajar
Kerja
sama , dan kemampuan menghitung perkalian.
2)
Bagi guru sebagai peneliti untuk meningkatkan
profesionalisme dan mendorong peneliti untuk melaksanakan
penelitian serupa lebih lanjut.
3)
Bagi guru sejawat untuk memberikan motivasi serta
referensi model-model pembelajaran yang positif.
4)
Dengan adanya guru-guru mengadakan penelitian tindakan
kelas berarti pembelajaran di kelas lebih berkualitas sehingga terjadi
perubahan positif.
1.5 Batasan
Istilah
Adapun
batasan istilah yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1)
Kemampuan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah
kesanggupan atau
Kecakapan
untuk melakukan sesuatu, Kemisa (1997).
2)
Menghitung perkalian adalah hitung perkalian dan
Pembagian yang di ajarkan pada kelas IV SD yang meliputi: Menghafal perkalian
dan pembagian sampai bilangan 100, hitung perkalian bersusun, dan operasi
perkalian.
3)
Media benda-benda terdekat adalah alat Bantu
pembelajaran dengan menggunakan benda-benda terdekat seperti kartu bilangan dan
jari tangan.
0 comments on SDMTK-06 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN MEDIA BENDA-BENDA TERDEKAT PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI KLUDAN :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak