.

.

SDMTK-06 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN MEDIA BENDA-BENDA TERDEKAT PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI KLUDAN

Share on :


LAPORAN

 PENELITIAN TINDAKAN KELAS
















PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN
 DENGAN MEDIA
BENDA-BENDA TERDEKAT PADA PELAJARAN MATEMATIKA
SISWA KELAS IV  SD NEGERI KLUDAN




Oleh
Drs. Akhmad Solik

Nip. 131516928



Kemitraan antara :
Lembaga penelitian Universitas Malang
Dengan
Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan


SEKOLAH DASAR NEGERI KLUDAN NO. 111

Jalan Raya Kludan No. 48 Telp. (031) 8955192

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO

November,  2006



KATA PENGANTAR


    
       Puji Syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulisan laporan penelitian ini dapat terselesaikan. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan yang telah  
      mebiayai penelitian ini.
2.      Bpk. Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M pd. selaku  Ketua Lembaga Penelitian     
Universitas Malang yang telah memberikan bekal pengetahuan penelitian tindakan kelas.
3.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo yang memberikan kesempatan  kepada penulis untuk melaksanakan penelitian.
4.      Ibu Dra. Harti Kartini, M Pd. dan Ibu Dra. Umi Dayati, M Pd. selaku pendamping dalam penelitian ini.
5.      Bpk. H. Sutomo, Ama Pd. Sebagai Kepala Sekolah SDN Kludan yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melaksanakan penelitian.
6.      Ibu guru kelas IV SDN Kludan beserta teman sejawat yang telah membantu pelaksanaan tindakan dalam penelitian.
7.      Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan namanya  satu  persatu yang telah membantu kelancaran penelitian.    
                Penulis menyadari bahwa laporan penelitian ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca selalu penulis harapkan demi kesempurnaan laporan penelitian ini. Akhirnya penulis berharap semoga laporan penelitian ini bermanfaat bagi kita.
                                                                              
                                                                           Sidoarjo,       November 2006
                                                                                                  
                                                                                        Penulis




HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.  Judul Penelitian            : Peningkatan Kemampuan Menghitung perkalian dengan  Menggunakan Media Benda-benda Terdekat pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kludan
2. Identitas Peneliti          
    a. Nama lengkap           :  Drs. Akhmad Solik
    b. Jenis Kelamin            :  Laki-laki
    c. Pangkat, Golongan,   
        dan Nip.                    :  Pembina IVa / 131516928
   d. Asal Sekolah              :  SDN Kludan
   e. Alamat Kantor           :  Jl. Raya Kludan, Tanggulangin
   f. Alamat Rumah           :  Griya Flamboyan RT 15  RW 5 Ds. Kepadangan Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo
3. Lama Penelitian         :  3 bulan/ dari bulan September sampai bulan November.
4. Biaya yang diperlukan
    a. Sumber darai Lemlit       :  Rp 2.000.000,00 (dua juta rupiah)
    b.


Mengetahui                                                                           Peneliti
Kepala Sekolah SDN Kludan



H. Sutomo, Ama Pd.                                                             Drs. Akhmad Solik
Nip. 130417540                                                                     Nip. 131516928



Menyetujui
Ketua Lemlit UM



Dr. Ibrahim Bafadal, M Pd.
Nip. 131652225





DAFTAR ISI

                                                                                                      Halaman

HALAMAN PENGESAHAN    …………………………………….                i
ABSTRAK   …………………………………………………………               ii
KATA PENGANTAR   ……………………………………………..                iii
DAFTAR ISI   ……………………………………………………….               iv
DAFTAR LAMPIRAN   …………………………………………….               vi    
BAB    I. PENDAHULUAN  
               1.1    Latar Belakang Masalah   ……………………………               1                                1.2    Perumusan Masalah   ………………………………..                2
               1.3    Tujuan Penelitian   …………………………………..                3
               1.4    Manfaat Penelitian   …………………………………                4
               1.5    Batasan Istilah   ……………………………………..                 4
BAB    II. KAJIAN PUSTAKA
              2.1     Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar …             5
              2.2     Peranan Media Pembelajaran   ………………………..              6
              2.3     Variasi Dalam Pembelajaran   ………………………..               8
BAB    III. PELAKSANAAN PENELITIAN
             3.1      Pendekatan dan Jenis Penelitian   ……………………                16
             3.2      Model Penelitian   ……………………………………                16
             3.3      Tempat, Waktu, dan Subjek Penelitian   ……………..                17
             3.4      Data dan Sumber Data   ………………………………               17
             3.5      Prosedur Pengumpulan Data   ………………………..               18
             3.6      Analisa Data   …………………………………………              18
             3.7      Rancangan Penelitian   ……………………………….               19
             3.7.1   Siklus-1
             3.7.1.1  Penyusunan Rencana Kegiatan   ……….. …………..              20
             3.7.1.2  Pemberian Tindakan   …………………………….. .               20
3.7.1.3  Melakukan Observasi         ………………….               21                                                         3.7.1.4  Refleksi     ……………………………………              22
3.7.1        Siklus-2
                        3.7.2.1   Penyusunan Rencana Kegiatan   ………… ….            22
                        3.7.2.2   Pemberian Tindakan   ……………………….             22
                        3.7.2.3   Pelaksanaan Observasi   …………………..  …           22
                        3.7.2.4   Analisis dan Refleksi      ……………………              22
BAB    IV.  HASIL PENELITIAN
4.1              Paparan Hasil Penelitian Siklus-1   ……………………             24
4.1.1   Persiapan Tindakan   ……………………………            26
4.1.2   Pelaksanaan Tindakan   …………………………            27
4.1.3   Observasi   ………………………………………            32
4.1.4   Analisis dan Refleksi   ………………………….             34
            4.2       Paparan Hasil Penelitian Siklus-2   ……………………..            38
                        4.2.1   Penyusuna Perencanaan Penelitian   …………….            38
                        4.2.2   Pelaksanaan Tindakan   ………………………….            39
                        4.2.3   Observasi   ………………………………………             42
                        4.2..4   Analisis dan Refleksi   …………………………              43
            4.3       Pembahasan   …………………………………………..               46
BAB    V.  SIMPULAN DAN SARAN
            5.1       Simpulan   ………………………………………………              50
            5.2       Saran-Saran   ……………………………………………              51
DAFTAR PUSTAKA   …………………………………………………              52
LAMPIRAN-LAMPIRAN   ……………………………………………………..                                       

BAB I
PENDAHULUAN


   1.1      Latar Belakang Masalah

           

         Secara umum matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan tidak disukai oleh siswa. Hal ini sesuai dengan hasil angket siswa kelas IV SDN Kludan  yang menyatakan bahwa 45 % siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan merasa sulit untuk mengikutinya. Oleh karena itu hasil pembelajaran matematika tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan Mulyana (2001) dalam kata pengantarnya menyatakan bahwa nilai matematika berada pada posisi yang paling bawah, sehingga tidak heran kalau nilai matematika dipakai sebagai tolak ukur dari kecerdasan siswa.

           Kalau kita kaji lebih dalam hal tersebut bukan merupakan kesalahan siswa semata tetapi dapat juga disebabkan oleh faktor guru itu sendiri sebagai pendidik .Kekurangan guru yang biasa dilakukan  dalam kegiatan belajar mengajar adalah mengambil jalan pintas dalam pembelajaran, memberi hukuman tanpa melihat lataar belakang kesalahan, menunggu siswa berbuat salah, mengabaikan perbedaan siswa, merasa paling pandai, tidak adil, memaksa hak siswa, (Mulyasa, 2005:20). Namun menurut hasil pengamatan peneliti kesalahan yang biasa dilakukan guru dalam membelajarkan matematika di tempat peneliti hingga siswa cepat menjadi bosan  adalah (1) Dalam membelajarkan matematika guru hanya berpedoman pada buku pegangan. (2) Penyampaian konsep sarat dengan hafalan-hafalan. (3) Kegiatan pembelajaran masih monoton. (4) Kurang memperhatikan keterampilan prasarat.

          Keterampilan prasarat memang sangat diperlukan dalam pembelajaran, hal tersebut seperti yang dikemukakan oeh Gagne (dalam Degeng:1997:4) bahwa setiap mata pelajaran mempunyai prasarat belajar  (learning prerequisites). Dalam hubungannya dengan pembelajaran matematika maka keterampilan prasarat yang harus dikuasai siswa umumnya adalah hitung dasar yang meliputi: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian  .Sebaik apapun konsep matematika yang disampaikan oleh guru pada pembelajaran matematika namun bila siswa tidak menguasai hitung dasar sebagai keterampilan prasaratnya maka hasil pembelajaran kurang memuaskan.
         Berdasarkan hasil ulangan harian siswa kelas IV SDN Kludan tahun pelajaran 2005-2006 smester I tentang perkalian bersusun menunjukkan bahwa 20% siswa menguasai secara tuntas, 35% siswa agak menguasai,dan 45% kurang menguasai pada hal pada pembelajaran matematika sehari-hari guru sudah menjelaskan secara lisan, ditulis di papan tulis, memberi contoh, bahkan memberikan soal-soal latihan tentang perkalian bersusun, dan juga siswa sudah diberi kesempatan untuk bertanya ketika guru mengajar, namun sedikit sekali mereka yang mengajukan pertanyaan. Ketika guru balik bertanya  hanya beberapa siswa yang  dapat menjawab pertanyaan guru dengan benar, itupun karena siswa tersebut  memang pandai di kelasnya. Dan bila diberi tes perkalian rata-rata hasilnya rendah.
         Rendahnya penguasaan kemampuan hitung perkalian kemungkinan besar dikarenakan guru kurang tepat dalam memilih cara atau media dalam pembelajaraan. Siswa kelas IV cara berfikirnya masih pada benda konkrit, sementara guru tidak memperhatikan hal tersebut sehingga dimungkan siswa mengalami kesulitan.
         Berdasarkan masalah di atas peneliti akan berupaya meningkatkan  kemampuan menghitung perkalai dengan media benda-benda sekitar yang dekat dengan siswa antara lain dengan jari tangan dan kartu bilangan. Dengan menggunakan media tersebut diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan hitung perkalian, lebih baktif, kreatif sehingga lebih banyak siswa yang mencapai ketuntasan dalan hafalan perkalian sampai bilangan 100, perkalian bersusun dan operasi perkalian



1.2      Perumusan Masalah         
        Berdasar uraian di atas maka penelitian ini ditekankan pada peningkatan kemampuan menghitung perkalian dengan media benda-benda terdekat pada pelajaran matematikan sisqa kelas IV SDN Kludan. Dengan demikian dapat dirumuskan permasalahan sebagaai berikut:
Bagaimana menggunakan media benda-benda terdekat dapat meningkatkan kemampuan menghitung siswa kelas IV SDN Kludan?

1.3      Tujuan Penelitian
Sesuai dengan pernyataan peneliti yang telah dirumuskan , tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa kelas IV SDN Kludan, dengan menggunakan media benda-benda terdekat.

1.4      Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian tindakan kelas ini adalah:
1)          Bagi siswa penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas belajar
Kerja sama , dan kemampuan menghitung perkalian.
2)          Bagi guru sebagai peneliti untuk meningkatkan profesionalisme dan        mendorong peneliti untuk melaksanakan penelitian serupa lebih lanjut.
3)          Bagi guru sejawat untuk memberikan motivasi serta referensi model-model pembelajaran yang positif.
4)          Dengan adanya guru-guru mengadakan penelitian tindakan kelas berarti pembelajaran di kelas lebih berkualitas sehingga terjadi perubahan positif.

1.5      Batasan Istilah        
Adapun batasan istilah yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1)        Kemampuan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kesanggupan atau   
Kecakapan untuk melakukan sesuatu, Kemisa (1997).
2)        Menghitung perkalian adalah hitung perkalian dan Pembagian yang di ajarkan pada kelas IV SD yang meliputi: Menghafal perkalian dan pembagian sampai bilangan 100, hitung perkalian bersusun, dan operasi perkalian.
3)        Media benda-benda terdekat adalah alat Bantu pembelajaran dengan menggunakan benda-benda terdekat seperti kartu bilangan dan jari tangan.        
      

0 comments on SDMTK-06 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN MEDIA BENDA-BENDA TERDEKAT PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI KLUDAN :

Post a Comment and Don't Spam!

Berkomentarlah secara bijak

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search