PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DENGAN MODEL
PERMAINAN LACAK KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS III SDN BAYEM IV KEC. KASEMBON KAB. MALANG
TAHUN PELAJARAN 2003 / 2004
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
Untuk meningkatkan kualitas
Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika dan prestasi belajar siswa Kelas III SDN Bayem
IV Kecamatan Kasembon
Kabupaten Malang
Nama :
SUHARNI, BA
NIP :
130 419 569
SD NEGERI BAYEM IV KECAMATAN KASEMBON
KABUPATEN MALANG
2003
PENGESAHAN
PENINGKATAN KEMAMPUAN
OPERASI HITUNG BILANGAN
CACAH DENGAN MODEL PERMAINAN
LACAK KARTU BILANGAN
SISWA KELAS III SDN BAYEM IV
KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG
TAHUN PELAJARAN 2003/2004
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran Mata
Pelajaran Matematika
Dan peningkatan
prestasi belajar siswa Kelas III SDN Bayem IV Kecamatan KasembonKabupaten
Malang
Kasembon, 29 September
2003
Mengetahui,
Kepala UPTD
TK,SD & PLS Kepala
Kec. Kasembon SDN Bayem IV,
DJAIT MULYONO,S.Pd SUHARNI, BA
Pembina Pembina
NIP : 130 419 520 NIP
: 130 419 569
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Illahi Rabbi atas limpahan rahmat,
hidayah dan taufikNya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Penelitian
Tindakan Kelas yang berjudul “PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DENGAN
MODEL PERMAINAN LACAK KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BAYEM IV
KASEMBON KAB. MALANG
TAHUN PELAJARAN 2003 / 2004”.
Penulisan PTK ini digunakan
untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika di Sekolah
Dasar Negeri Bayem IV Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang .
Keberhasilan
penulisan laporan Penelitian Tindakan Kelas ini tidak lepas dari bantuan
berbagai pihak. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada :
1. Bapak Djait Mulyono, S.Pd
selaku Kepala UPTD Kecamatan Kasembon.
2. Bapak Pengawas
TK/SDKecamatan Kasembon
3. Ibu Kepala Sekolah SDN Bayem
IV Kecamatan Kasembon
4. J Sakimin, S.Pd selaku
penanggung jawab Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Bayem IV
5. Bapak / Ibu guru Sekolah
Dasar Negeri Bayem IV Kec. Kasembon
6. Siswa-siswi Kelas III SDN Bayem
IV tahun ajaran 2003-2004.
7. Semua fihak yang telah turut
mendukung penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini.
Kami menyadari
bahwa laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, baik isi maupun susunannya.
Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami
harapkan demi perbaikan masa mendatang.
Akhirnya, semoga
laporan ini dapat memberikan manfaat kepada semua pembaca, khususnya
rekan-rekan sejawat.
Bayem, 29 Spetember 2003
DAFTAR ISI
PENGESAHAN............................................................................................ i
ABSTRAKSI................................................................................................. iii
KATA PENGANTAR................................................................................. iv
DAFTAR ISI................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
I.1
Latar Belakang.............................................................................. 1
I.2
Rumusan Masalah......................................................................... 2
I.3
Cara Pemecahan Masalah.............................................................. 3
I.4
Tujuan Penelitian........................................................................... 4
I.5
Manfaat Penelitian........................................................................ 5
I.6
Ruang Lingkup Penelitian............................................................. 5
I.7
Penjelasan Istilah........................................................................... 6
BAB II KAJIAN PUSTAKA
II.1
Bilangan....................................................................................... 7
II.2
Operasi Hitung Bilangan Cacah.................................................. 8
II.3
Model Permainan Lacak Kartu Bilangan .................................... 8
II.4
Sarana Permainan Lacak Kartu Bilangan.................................... 9
II.5
Kartu Untuk Kelompok............................................................... 10
II.6
Cara Untuk Berlomba.................................................................. 10
II.7
Penilaian Hasil Permainan............................................................ 11
II.8
Hipotesis Tindakan...................................................................... 12
BAB III METODE PENELITIAN
III.1
Rancangan Penelitian................................................................. 15
III.2
Subjek Penelitian........................................................................ 16
III.3
Istrumen Penelitian..................................................................... 16
III.4
Pelaksanaan Penelitian............................................................... 17
III.5
Metode Pengumpulan Data........................................................ 17
III.6
Teknik Analisa Data................................................................... 18
BAB IV HASIL PENELITIAN
IV.1
Siklus I....................................................................................... 20
IV.2
Siklus II...................................................................................... 26
BAB V PENUTUP
V.1
Kesimpulan.................................................................................. 33
V.2
Saran............................................................................................ 33
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN - LAMPIRAN
ABSTRAKSI
Suharni, BA , 2003 : Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung
Bilangan Cacah dengan Modeln Permainan Lacak Kartu Bilangan Siswa Kelas III SDN
Bayem IV Kecamatan Kasembon Malang Tahun
Pelajaran 2003/2004.
Kata kunci
: Operasi hitung bilangan, Permainan lacak kartu bilangan.
Latar belakang penelitian ini adalah mutu pendidikan yang dilihat dari
berbagai segi, salah satunya adalah dengan melihat prestasi belajar siswa.
Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya bahan pelajaran,
bakat dan minat, kecerdasan serta factor guru dan instrument lingkungan.
Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : apakah model
permainan lacak kartu bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas
III Sekolah Dasar tentang konsep operasi hitung bilangan cacah.
Tujuan penelitian ini adalah : meningkatkan prestasi belajar siswa kelan
III Sekolah Dasar tentang operasi hitung bilangan cacah.
Metode penelitian : kegiatan penelitian ini menggunakan rancangan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD
Negeri Bayem IV yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian : dari data yang diperoleh dianalisa berdasarkan
ketuntasan belajar siswa, yakni 80 % dari jumlah siswa sudah mencapai 75 %
taraf penguasaan konsep yang diberikan.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional Yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia
seutuhnya maka sangat dibutuhkan peran pendidik yang professional. Sesuai
dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, jabatan guru sebagai pendidik merupakan jabatan
professional. Untuk itu profesionalisme guru dituntut agar terus berkembang
sesuai dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta
kebutuhan masyarakat termasuk kebutuhan terhadap sumberdaya manusia yang
berkualitas dan memiliki kapabilitas untuk mampu bersaing baik regional,
nasional maupun internasional.
Kenyataan di lapangan menunjukan bahwa mutu pendidikan kita masih sangat
rendah dan tertinggal dibanding negara tetangga. Rendahnya kualitas pendidikan
yang dimaksud antara lain :
1.
Kemampuan
siswa dalam menyerap
mata pelajaran yang
diajarkan guru tidak maksimal.
2.
Kurang sempurnanya
pembentukan karakter yang
tercermin dalam sikap
dan kecapan hidup yang dimiliki oleh setiap siswa.
3.
Rendahnya kemampuan membaca, menulis dan berhitung
siswa terutama di tingkat dasar.
(hasil studi internasional yang dilakukan
oleh organisasi Internasional Education Achievement, 1999)
Sehubungan dengan hal tersebut maka tiga aspek kemampuan dasar yang harus
dimiliki oleh siswa SD, yaitu membaca, menulis dan berhitung. Dari ketiga aspek
tersebut pada siswa SDN Bayem IV Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang yang
paling bermasalah adalah aspek berhitung.
Pelajaran berhitung secara garis besar dibagi menjadi empat macam, yaitu
: Penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dari 4 bagian tersebut
pada bagian perkalian dan pembagian adalah yang paling bermasalah pada siswa
kelas III SDN Bayem IV Kecamatan Kasembon – Malang .
Penyebab rendahnya pemahaman siswa terhadap Matematika khususnya
perkalian dan pembagian karena model pembelajaran yang hanya berpusat pada
guru, sehingga siswa pasif dan jenuh dalam menerima pelajaran.
Siswa
cenderung hanya menghafal konsep tanpa disertai pemaham,an yang memadai.
Peneliti mencoba pada operasi hitung bilangan cacah dengan cara permainan
lacak kartu bilangan agar siswa secara aktif, dan menyenangkan tanpa adanya
tekanan dalam belajar, serta meningkatkan kreatifitas siswa sehingga hasil dari
proses belajar menjadi maksimal.
Penerapan permainan lacak kartu bilangan sangat cocok diterapkan pada
operasi hitung bilangan cacah terutama pada operasi perkalian. Model permainan
lacak kartu bilangan akan menggugah siswa kelas III SDN Bayem IV Kecamatan
Kasembon Kabupaten Malang untuk lebih mencintai Mtematika yang selama ini sulit
dipahami dan kurang berhasil. Model permainan lacak kartu bilangan menanamkan
konsep belajar dengan pemahaman tinggi serta menyenangkan melalui permainan yang
menarik.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka diperoleh rumusan masalah sebagi
berikut :
1.
Apakah model permainan lacak kartu bilangan dapat
membuat siswa senang belajar berhitung
?
2.
Apakah model permainan lacak kartu bilangan dapat
meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan cacah ?
1.3 Cara Pemecahan Masalah
Masalah operasi hitung bilangan cacah siswa kelas III SD Negeri Bayem IV
Kecamatan Kasembon – Malang
tahun pelajaran 2003/2004 tersebut digunakan model permainan lacak kartu
bilangan yang direncanakan dalam tiga siklus.
1.
Siklus I
Menentukan hasil perkalian dua bilangan satu angka
sampai dengan 100 dengan menggunakan permainan lacak kartu bilangan.
Pada awal pembelajaran guru menjelaskan tentang :
a.
Pembentukan kelompok
b.
Cara bermain
c.
Cara memberi skor
Sarana permainan
Kartu guru sejumlah 6 macam, terdiri dari hasil kali
dari dua bilangan, misalnya
12, 24, 36, 48, 63, 72.
Kartu siswa terdiri dari :
1.
Jawaban untuk kartu guru 12, yaitu : 2x6, 3x4,
6x2, 4x3.
2.
Jawaban untuk kartu guru 24, yaitu : 4x6, 6x4,
3x8, 8x3
3.
Jawaban untuk kartu guru 36, yaitu : 4x9, 9x4,
6x6
4.
Jawaban untuk kartu guru 48, yaitu : 6x8, 8x6
5.
Jawaban untuk kartu guru 63, yaitu : 7x9, 9x7
6.
Jawaban untuk kartu guru 72, yaitu : 9x8, 8x9
Penilaian dilakukan setelah permainan selesai
dilaksanakan. Kartu yang dinilai adalah yang benar. Banyaknya kartu benar yang
terkumpul dicatat pada papan penilaian. Pemenang permainan didasarkan pada
banyaknya kartu yang benar yang
dikumpulkan oleh masing-masing kelompok.
Hasil pekerjaan siswa dianalisa secara keseluruhan dan
disimpulkan, apabila ada kekurangan dijelaskan secara rinci untuk digunakan
sebagai dasar penentuan siklus berikutnya.
2. Siklus
II
Berdasarkan hasil analisis dan refleksi pada siklus
I, maka dapast ditentukan permasalahan yang harus dipecahkan pada siklus II
dengan melalui tahapan perencanaan, implementasi, tindakan, observasi, refleksi
dan revisi.
3. Siklus III
Pada
siklus II, jika hasil sudah dianggap baik, maka bisa dihentikan cukup dua
siklus, tetapi jika masih terdapat kekurangan pada pelaksanaan proses belajar
mengajar pada siklus II, maka diperlukan refleksi dan revisi pada siklus III
agar tercapai tujuan yang diinginkan, yaitu meningkatkan prestasi belajar
Matematika siswa kelas III SDN Bayem IV Kasembon-Malang tahun pelajaran 2003/2004.
1.4 Tujuan Penelitian
1.4.1.Tujuan
Umum
Penelitian ini secara umum bertujuan menciptakan proses belajar yang
efektif, menyenangkan dan memberikan motivasi serta daya tarik siswa pada
pelajaran Matematika khususnya tentang operasi hitung bilangan cacah terutama
perkalian, dengan cara permainan lacak kartu bilangan.
1.4.2.Tujuan
khusus
Disetiap pembelajaran, termasuk pembelajaran Matematika harus dapat
mengantarkan anak didik untuk memiliki kompetensi Matematika yaitu :
-
Pemahaman konsep,
-
Ketrampilan menjalankan prosedur,
-
Ketrampilan berfikir logis dan reflektif,
-
Kemampuan
merumuskan, menyajikan dan
menyelesaikan masalah
matematika.
-
Memiliki sikap atau merasakan bahwa Matematika itu
berguna dan akhirnya memiliki kepercayaan diri.
Tujuan
penelitian ini secara khusus adalah sebagai berikut :
1. Mendapat deskripsi tentang belajar berhitung
yang menyenangkan dengan
menggunakan metode lacak kartu bilangan.
2. Mendapatkan
deskripsi tentang peningkatan
kemampuan operasi hitung
bilangan
cacah dengan menggunakan
metode permainan lacak
kartu
bilangan.
1.5 Manfaat
Penelitian
Penelitian ini bermanfaat bagi guru, siswa serta peneliti. Beberapa
karakteristik yang diharapkan muncul dalam pembelajaran Matematika ini antara lain :
- kegiatan berpusat pada siswa,
- pemecahan masalah,
- penemuan,
- bekerja dalam kelompok kooperatif,
- memanfaatkan pengalaman siswa,
- melibatkan aktifitas siswa, seperti
mendengar, menulis,
- kenikmatan belajar,
- bersikap terbuka.
Bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam
melakukan penelitian yang sejenis.
1.6
Ruang Lingkup Penelitian
1.
Penelitian
ini hanya meneliti
tentang kegairahan siswa
dalam operasi hitung bilangan
cacah ( perkalian dua bilangan satu angka
sampai dengan seratus ) dengan menggunakan metode permainan
lacak kartu bilangan.
2.
Penelitian ini hanya meneliti tentang peningkatan hasil
belajar siswa pada operasi hitung bilangan
cacah dengan menggunakan
metode permainan lacak kartu
bilangan.
3.
Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas III SDN
Bayem IV Kecamatan kasembon Kabupaten Malang tahun pelajaran 2003/2004.
1.7 Penjelasan
Istilah
Model permainan lacak kartu bilangan yaitu suatu bentuk cara belajar
matematika dengan menggunakan kartu bilangan sebagai sarananya.
1. Kartu untuk guru bertuliskan hasil perkalian
dari fakta dasar yang dipilih.
2. Kartu untuk siswa yaitu kartu yang berisi
jawaban dari kartu guru.
0 comments on SDMTK-07 PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DENGAN MODEL PERMAINAN LACAK KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS III SDN BAYEM IV KEC. KASEMBON KAB. MALANG TAHUN PELAJARAN 2003 / 2004 :
Post a Comment and Don't Spam!
Berkomentarlah secara bijak